cara-ampuh-menghilangkan-jerawat-1

21 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Alami Tanpa Efek Samping

Cara menghilangkan jerawat dalam sekejap memang tidak mudah, dan tentunya kalau ada sangat diinginkan oleh setiap orang yang memiliki masalah pada wajah mereka. Tak heran diluar sana banyak beredar obat kimia yang nyasar kepada penderita dengan iming iming dapat dengan cepat membasmi jerawat di wajah.

Ada baiknya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, lakukan pengobatan cara mengatasi jerawat dan bekasnya dengan bahan bahan alami yang tidak memiliki efek samping pada wajah kedepannya.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Sebelum membahas hal itu perlu kita ketahui beberapa info penting seputar jerawat. Terdapat dua jenis jerawat, yakni jerawat aktif dan bekas jerawat. Untuk mendapatkan pengobatan dan treatman yang pas kita perlu tahu perbedaan keduanya.

Keduanya memiliki prosedur perawatan yang berbeda. berikut perbedaannya. Jerawat aktif : terlihat menonjol, berwarna kemerahan. menimbulkan rasa sakit. Bekas jerawat : tidak sakit, kempes terkadang berbentuk kawah. terlihat mulai menghitam.

cek-wajah-berjerawatkah
cek-wajah-berjerawatkah-via riacosmetics.kz

Jerawat sendiri dalam bahasa inggris disebut Acne Vulgaris, merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena adanya kelenjar minyak di Foliker bulu halus/rambut. Jerawat sering terjadi pada wanita maupun pria pada masa pubertas. Disebabkan ketika pubertas horman sebaceous mulai tumbuh.

Sebenarnya masih banyak pembahasan dari mulai beberapa fakta mengenai jerawat, penyebab utama jerawat, dan hal hal yang perlu dilakukan ketika timbul jerawat, kita bahas nanti dibawah saja. sekarang langsung ke intinya saja. Cara menghilangkan jerawat

Pertama yang kita bahas adalah cara menghilangkan jerawat dengan herbal / bahan yang ada disekitar kita. Keuntungan yang didapat diantaranya mudah ditemukan dimana saja, tidak ber efek samping, biaya murah, bahkan cenderung gratis hehe..

Berikut ini beberapa bahan alami di sekitar kita yang berguna untuk menghilangkan jerawat tanpa efek samping. Cukup pilih salah satu dengan bahan yang paling mudah di dapat.

1. Madu

manfaat-madu-untuk memelihara kesehatan kulit wajah
manfaat-madu-untuk memelihara kesehatan kulit wajah via beekeepersandiegoca.com

Tak diragukan lagi, madu memiliki banyak manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah untuk membasmi jerawat membandel di wajah. Madu memiliki zat antibiotik tinggi yang dapat membantu kamu mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan pada kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan madu

  1. Bersihkan terlebih dahulu wajahmu menggunakan air hangat, supaya pori pori terbuka, sehingga kotoran yang masuk kedalam pori pori lebih mudah untuk keluar.
  2. Keringkan wajah dengan handuk atau tisu, jangan digosok-gosok, tetapi di tepuk-tepuk pelan saja. Supaya tidak meninggalkan kotoran yang menempel pada kulit.
  3. Oleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat, diamkan sampai mengering, selama 10-15 menit.
  4. Setelah kering bilas wajahmu dengan air sampai bersih, jangan lupa pastikan tidak ada lagi madu yang tertinggal di wajah.
  5. Lakukan hal ini secara teratur 2-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan madu sebagai obat jerawat tidak hanya mudah dan murah. Tetapi cara ini terbilang cukup efektif dalam mengatasi masalah kulit. Kamu juga bisa mencampurkan madu dengan bahan lain semisal kayu manis dll.

2. Bawang Putih

bawang-untuk-mengatasi-jerawat
bawang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat via googleusercontent.com

Bawang putih sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel pada wajah. Bawang putih mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan yang sangat membantu dalam mencegah dan menghilangkan kemunculan jerawat.

Terlebih bawang putih mengandung zat sulfur yang sangat diperlukan dalam proses penyembuhan jerawat membandel.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih.

  1. Mengiris dan memotong 2-3 siung bawang putih
  2. Kemudian menempelkan irisan tersebut ke bagian wajah yang mengalami jerawat atau perdagangan.
  3. Diamkan selama 7-12 menit, setelahnya bilas dengan air bersih
  4. Lakukan perawatan tersebut secara rutin setiap hari. hingga jerawat hilang dan bersih.

Cara tersebut adalah yang paling simple Cara ini sangat efektif tetapi membutuhkan waktu yang lama. Kamu juga bisa menjadikan bawang putih sebagai masker wajah. dengan memblender terlebih dahulu 4 siung bawang putih setelahnya dioleskan pada wajah tipis saja. Hati hati jangan sampai mengenai mata.

3. Jeruk Nipis

jeruk-untuk-mengurangi-jerawat-di-wajah
jeruk herbal alami untuk waajah berjerawat via ytimg.com

Jeruk nipis yang biasa dikenal sebagai bumbu dapur ini memiliki manfaat lain untuk kesehatan, salah satunya untuk wajah berjerawat. Khasiat jeruk nipis ini sebenarnya sudah dikenal sejak dahulu kala. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis inilah yang akan membantu peremajaan sel kulit dn melrutkan kandungan lemak pada jerawat.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan jeruk nipis

Pertama siapkan jeruk nipis jangan terlalu matang, jangan pula terlalu muda, sedang saja. Peras airnya, kemudian campurkan dengan air hangat. Kemudian basuhkan ke seluruh permukaan wajahmu hingga merata setelah kering basuhlah dengan air dingin.

Air hangat berfungsi untuk membuka pori pori wajah sehingga diharapkan air jeruk bisa bekerja secara maksimal pada wajah yang terkena jerawat.

4. Mentimun

timun-untuk-mengilangkan-jerawat-bandel
mentimun bermanfaat untuk wajah via kurdsat.tv

Menggunakan mentimun sebagai masker wajah sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat yang meradang pada wajah. Cara ini terbilang ampuh dan tanpa efek samping. Mentimun bekerja sebagai anti-inflamasi, berguna untuk mengobati jerawat yang mulai memerah dan memberikan efek peradangan.

Cara menghilangkan jerawat menggunakan mentimun

Terdapat dua cara yakni untuk jerawat baru cukup iris mentimun segar, letakkan irisan mentimun pada wajah yang berjerawat. biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin setiap hari, sampai jerawat hilang.

Yang kedua untuk jerawat yang meradang atau membandel. Jadikan mentimun segar sebagai Juice tanpa campuran air. Gunakan juice mentimun sebagai masker layaknya masker pada umumnya. diamkan 30-45 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin.

5. Daun Pepaya

daun-pepaya-untuk-mengobati-jerawat
daun pepaya juga bisa untuk jadi obat jerawat via Tsood.com

Daun pepaya mempunyai banyak manfaat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun pepaya juga dapat dipakai untuk menghilangkan jerawat membandel yang tidak kunjung hilang. kandungan nutrisi dan antioksidan pada pepaya yang bisa memberikan efek tersebut.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya

  1. Siapkan 2 lembar daun pepaya yang sudah tua. Setelah itu jemur sampai menjadi layu.
  2. Tumbuk daun pepaya yang sudah dijemur tadi hingga halus. Setelahnya tambahkan air sedikit saja.
  3. Setelah menyerupai pasta ramuan siap dipakai. oleskan pada jerawat, diamkan selama 15-30 menit.
  4. Bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut pada malam hari. Kamu bisa langsung merasakan Perbedaan selama 1 minggu perawatan.

6. Gel Lidah Buaya

lidah-buaya-sebagai-obat-jerawat
lidah buaya juga berfungsi sebagai obat jerawat via agkwomantips.blogspot.co.id

Sudah sejak lama lidah buaya dikenal sebagai bahan alami ampuh untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel. Zat aktif yang terkandung pada lidah buaya semisal hormon gibberellin dan polisakarida mampu untuk membunuh bakteri jerawat. Lidah buaya jug mengandung antioksidan, vitamin C, mineral dan Vitamin E yang sangat berguna untuk mempercepat penyembuhan kulit berjerawat.

Cara pemakaian lidah buaya untuk jerawat.

Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi dua. hilangkan duri di samping-samping lidah buaya dengan cara memotongnya. Iris bagian atas lidah buaya untuk mengambil gelnya. kemudian masukkan kedalam wadah. Haluskan terlebih dahulu gel lidah buaya.

Kemudian oleskan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan pada area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 3-5 menit. Terakhir bilas dengan air dingin.

7. Air Lemon

air-lemon-untuk-membasmi-jerawat
air lemon salah satunya untuk mengatasi jerawat via www.hk3.com.my

Kandungan asam askorbat-L pada lemon bisa mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat juga mampu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. lemon juga dikenal baik sebagai pencerah kulit dan penghilang nod pad wajah.

Cara pembuatan dengan menyiapkan satu buah lemon, kemudian peras, air perasan lemon dioleskan ke wajah. biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat wajah.

8. Kentang

kentang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat
kentang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat via youthconnect.in

Tak banyak yang mengetahui kentang bisa dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat. Kandungan mineral seperti kalium, sulfur dan fosfor baik untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu kentang juga merupakan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel dan mempercepat penyembuhan infeksi jerawat

Cara pemakaian dengan mengupas kentang kemudian parut kentang tersebut dan kemudian peras kentang . Yang akan kita gunakan adalah airnya saja. untuk dioleskan ke wajah yang berjerawat. biarkan beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin.

9. Kulit Pisang

kulit-pisang-sebagai-alternatif-untuk-menghilangkan-jerawat-1
kulit pisang alternafit mengatasi jerawat via Cambon.id

Kandungan antioksidan pada kulit pisang mampu mengurangi jerawat dan minyak berlebih pada wajah. Kulit pisang mempunyai banyak manfaat lain selain untuk mengurai jerawat diantaranya, sebagai anti jamur untuk mengatasi iritasi dan gatal pada kulit, membantu mengangkat sel kulit mati sehingga mencegah datangnya jerawat baru karena penyumbatan minyak akibat terhalang tumpukan sel kulit mati tadi, Dan mampu mencerahkan kulit sehingga noda bekas jerawat akan memudar.

Cara menghilangkan Jerawat menggunakan kulit pisang

  1. Terlebih dahulu ambil kulit pisang yang berwarna kuning atau sedikit kehitaman, yang hitam lebih efektif mengobati jerawat
  2. Gosokkan Bagian dalam kulit pisang ke wajah yang berjerawat sampai bagian dalam kulit berwarna kehitam hitaman
  3. Jika sudah menghitam ganti dengan kulit pisang yang masih baru
  4. Gosok kulit pisang ke wajah selama 10 menit
  5. Biarkan wajah yang sudah digosok kulit pisang selama 1 jam / 30 menit baru setelahnya dibersihkan menggunakan air
  6. Lakukan pengobatan ini setiap hari hingga terlihat perbedaannya. Biasanya terlihat noda jerawat yang memudar dan tidak ada lagi jerawat yang muncul

10. Kulit Jeruk

kulit-jeruk-untuk-wajah
kulit jeruk untuk jerawat di wajah via banyakbaca.com

Vitamin C dan asam alpha hidroksi yang terkandung di kulit jeruk mampu membersihkan pori pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran juga mengangkat sel kulit mati. Cara menghilangkan jerawat menggunakan kulit jeruk

Keringkan terlebih dahulu kulit jeruk tersebut di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga bener bener kering. Kemudian haluskan, sampai halus benar. Tambahkan air secukupnya saja. kemudian aduk hingga merata menyerupai pasta.

Ramuan siap dioleskan pada wajah yang berjerawat, tunggu beberapa menit sebelum di bilas dengan air hangat.

11. Putih Telur

putih-telur-untuk-mengatasi-masalah-jerawat-dan-bekasnya-1
putih telur untuk mengatasi jerawat

Putih telur berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab utama jerawat. Enzim Lysozyme yang terdapat pada putih telur bisa menghancurkan dinding sel penyebab jerawat. Selain untuk wajah, putih telur juga sangat efektif menghilangkan komedo.

Cara membuat nya, pertama pisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Kocok putih telur hingga mengembag kemudian oleskan pada wajah sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat.

12. Alpukat

alpukat-untuk-menghilangkan-jerawat-membandel-1
alpukat mengatasi jerawat via 2.bp.blogspot.com

Alpukan kaya akan vitamin e yang bisa menembus pori-pori kulit dan bisa mengurangi peradangan pada kulit. berikut cara menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat

Ambil daging dari buah alpukat masukkan kedalam wadah. kemudian haluskan. Tambahkan satu sendok madu, setelah itu aduk hingga merata. Jadikan adonan tersebut sebagai masker untuk wajah yang berjerawat. Ketika pemakaian diamkan selama 20 menit. Setelah lewat bilas wajah dengan air hangat.

13. Baking Soda

baking-soda-untuk-mengatasi-jerawat-bandel
baking soda untuk mengobati masalah jerawat via Bigodino.it

Memang benar akhir akhir ini banyak beredar baking soda bisa dipakai untuk menghilangkan jerawat. Baking soda berguna untuk menetralkan kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak bisa hidup lebih lama pada wajah. Baking soda juga bisa mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat sertea menyerap minyak berlebih pada wajah.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan jerawat

Pertama dengan mencampur 2 sendok baking soda dengan satu sendok air, kemudian oleskan pada area kulit wajah yang berjerawat. Diamkan pada wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat kemudian keringkan

Hal yang perlu diperhatikan yakni, sebelum menggunakan baking soda sebaiknya cek terlebih dahulu pada kulit anda yang lain. Jika tidak terjadi reaksi kulit yang kemerahan maka kamu bisa tetap melanjutkan dengan cara ini

14. Pasta Gigi

pasta gigi untuk titik jerawat
pasta gigi untuk titik jerawat via naturalhealthnewsusa.wordpress.com

Kandungan bahan aktif pada pasta gigi semacam fluoride, triclosan, hidrogen peroksida dapat mencegah iritasi kulit juga mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah. Berikut cara menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat.

Oleskan secara langsung pasta gigi ke jerawat. Jangan mengoleskannya ke seluruh area kulit, cukup pada jerawatnya saja. Biarkan selama 2 jam atau semalaman. Kemudian bilas wajah dengan air dingin dan kering.

Jika memungkinkan gunakan pasta gigi organik atau pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang rendah.

15. Tea Tree Oil

tae-tree-oil-ampuh-untuk-menghilangkan-jerawat-1
tae tree oil untuk jerawat via ecofashioned.com

Tea tree oil atau dalam bahasa indonesia disebut minyak pohon teh merupakan bahan yang mudah ditemui dalam produk-produk anti jerawat. Minya pohon teh adalah minyak daun dari tanaman melaleuca yang berasal dari Australia.

Zat terpenoid pada minyak pohon teh bisa mengusir bakteri penyebab jerawat sehingga bisa cocok untuk mengatasi jerawat membandel. Cara penggunaannya?

Terlebih dahulu campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air kemudian oleskan pada area kulit yang berjerawat menggunakan kapas. lakukan hal tersebut 2-3 kali dalam sehari

16. Cuka Sari Apel

cuka-apel-untuk-memberikan-antioksidan-pada-wajah-1
cuka apel untuk menghilangkan jerawat via sacrengi.com.tr

Kamu bisa mendapatkan cuka sari apel di supermarket, bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat. Kandungan asam malat dan asam laktat pada cuka sari apel dapat mengangkat sel kulit mati juga antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit karena jerawat.

Cara penggunaan cuka sari apel untuk menghilangkan jerawat

Campurkan 5 mili cuka sari apel dengan 95 mili air. Oleskan pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas. Biarkan selama 10-20 menit setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal. lakukan sebelum tidur dan biarkan selama semalam.

17. Gula Murni / Scrub Sugar

cara-membersihkan-kulit-wajah-dengan-gula-murni-1
cara memebrsihkan kulit dengan gula murni via kesehatan-kulit.info

Di dalam gula murni terkandung AHA dan asam glikolat yang baik untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati juga menghilangkan jerawat dan bekas jerawat juga. Gula juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat karena dinding sel bakteri pada dasarnya tidak tahan terhadap gula.

Cara penggunaan gula murni untuk menghilangkan jerawat

Campurkan 2 sendok gula dengan satu sendok air, aduk hingga merata menjadi pasta, oleskan scrub tersebut pada wajah selama 15 menit sampai 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat kemudian keringkan.

19. Es Batu

es-batu-untuk-menghilangkan-jerawat-dan-mencegah-muncul-lagi800x600
es batu untuk mengecilkan pori pori wajah

Mungkin banyak diantara pembaca yang heran bagaimana mungkin jerawat bisa dihilangkan dengan es batu. Es batu berfungsi untuk mengecilkan pori pori pada kulit wajah, tak sampai disitu, es batu juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada daerah sekitar jerawat. Berfungsi juga untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Cara menggunakan es batu untuk menghilangkan jerawat

Caranya cukup mudah, sediakan terlebih dahulu es batu kemudian bungkus dengan kain yang bersih. Tempelkan es batu yang telah dibungkus tersebut pada wajah yang berjerawat dan tahan selama beberapa menit. lakukan secara rutin sampai jerawat sembuh

20. Tomat

tomat untuk masker wajah
tomat untuk masker wajah via 2.bp.blogspot.com

Sayuran tomat tentu tidak asing lagi untuk dipakai dalam perawatan kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. hal ini dikarenakan tomat mengandung vitamin A dan C yang baik untuk tubuh maupun kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat dengan tomat

Sediakan tomat yang matang dan berwarna kemerahan. Potong tomat tersebut tipis-tipis kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat. Biarkan tomat menempel diwajah selama 10 – 15 menit. lakukan hal ini dengan rutin supaya jerawat bisa segera hilang.

21. Pepaya

pepaya-untuk-jerawat-di-wajah-1
pepaya bermanfaat untuk nutrisi wajah via i.ytimg.com

Buah pepaya mengandung enzyme papain yang berfungsi untuk mengikis sel kulit mati dan antioksidan juga vitamin yang mampu untuk mencerahkan kulit, mengatasi kulit kemerah-merahan akibat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Cara menggunakan pepaya untuk mengatasi jerawat yaitu

Bersihkan pepaya kemudian potong menjadi beberapa bagian. Haluskan pepaya tersebut sampai menjadi bubur. Tambahkan satu sendok madu atau lemon (boleh tidak). Setelah tercampur, oleskan pasta pepaya ke wajah yang berjerawat, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air hangat.


Itu tadi bahan bahan yang berada di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai penangkal untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Setelah jerawat dibersihkan terkadang seringkali kita masih menjumpai bekas bekas jerawat yang menempel di wajah. Untuk menghilangkannya kamu bisa membaca artikel cara untuk menghilangkan bekas jerawat

2 thoughts on “21 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Alami Tanpa Efek Samping

Leave a Comment