jahe

10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Selain Menghangatkan Tubuh

Tanaman Jahe pertama kali di perkirakan berasal dari India. Namun ada juga yang berpendapat jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari negara India, jahe dibawa untuk rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Jepang,  Tiongkok, hingga Timur Tengah.

jus jahe
bugarfit.com

Kemudian tanaman jahe pada masa kolonialisme, digunakan sebagai rempah baik untuk obat maupun sebagai bumbu masakan, hal tersebut dikarenakan jahe dapat memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan sehingga jahe menjadi komoditas yang cukup populer di Eropa pada masanya.

Tanaman Jahe (Zingiber officinale Rosc.) adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam suku Zingiberaceae. Nama “Zingiber” yang berasal dari bahasa Sanskerta “singabera” (Rosengarten 1973) & Yunani “Zingiberi” (Purseglove et al. 1981) yang berarti tanduk, dinamakan demikian karena bentuk rimpang jahe yang mirip dengan tanduk rusa.

Pada kesempatan kali ini saya akan lebih spesifik membahas tentang jahe gajah, Kenapa dinamakan demikian?

Jahe gajah, dinamakan demikian karena bentuk rimpang jahe ini yang besar dari pada jenis jahe lainnya. Daging jahe gajah  berwarna kuning hingga putih.

Meski namanya demikian, jahe gajah ini merupakan varian jahe yang tidak kalah banyak peminatnya oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis varian jahe yang keberadaannya sangat digemari oleh masyarakat, dan semuanya bermanfaat bagi kesehatan, baik kecantikan bumbu masakan bahkan tidak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai wedang jahe.

Jika dibandingkan dengan jenis jahe pada umumnya Jahe gajah atau disebut juga  jahe badak ini, memiliki bentuk fisik yang cenderung  lebih besar daripada  jenis jahe lainnya. Pada ruas jahe gajah cenderung kembung dibandingkan jahe emprit dan jahe emprit.

Bagian rimpang jahe gajah berwarna kuning serta memiliki serat halus dan lembut. Kebanyakan orang memanfaatkan jahe gajah sebagai minuman herbal dan obat tradisional.

Untuk pemasaran jahe gajah ini terbilang masih perlu stock karena tidak di semua pasar menjual jahe gajah. Salah satu faktor penyebab hal tersebut adalah proses penanaman jahe gajah tidak semudah jenis rimpang lainnya.

Jahe gajah membutuhkan perawatan optimal agar rimpang nya sesuai dengan yang diinginkan. Jahe gajah membutuhkan asupan air yang cukup dan sedang di bulan pertama penanaman jahe gajah tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung.

jahe
manfaatjahemerah.com

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini merupakan 11 bahasan mengenai manfaat jahe, khususnya jahe gajah selain menghangatkan tubuh:

1. Mengkonsumsi jahe gajah dapat membantu menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jahe adalah berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi jahe ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai peran besar untuk dapat menaikkan berat badan.

2. Mengkonsumsi jahe Gajah dapat membantu menjaga kondisi jantung

Jika dalam tubuh terdapat banyak kandungan kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Peran jahe di sini adalah sebagai penurun kadar triglyceride dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

3. Mengkonsumsi jahe dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan

Dengan minum secangkir jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan jahe dapat membantu mencegah mabuk perjalanan karena sifat jahe sebagai anti-mual.

4. Mengkonsumsi jahe dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa nyeri yang timbul menjelang haid dapat diminamiliz dengan mengkonsumsi air jahe secara rutin.

5. Mengkonsumsi jahe dapat membantu mengatasi morning sickness

Di saat Ibu hamil terkadang mengalami mual-mual pagi atau nama  populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu.

Untuk mengurangi rasa mual yang terjadi pada ibu hamil tersebut Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur di pagi hari.

manfaat jahe
cloudinary.com

6. Mengkonsumsi jahe secara rutin dapat mencegah kanker usus

Salah satu universitas di Amerika Serikat (AS) mengemukakan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

7. Mengkonsumsi jahe dapat membantu meringankan sakit kepala

Seharian bekerja kadang merasa penat dan dapat memicu stres berlebih yang dapat berisiko terserang penyakit lain.

Maka dari itu coba sepulang dari bekerja untuk duduk santai di taman sambil menikmati hangatnya secangkir jahe ini dapat membantu otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

8. Mengkonsumsi jahe dapat mengobati alergi

Salah satu manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalam jahe terdapat kandungan senyawa yang efektif dapat mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus dapat mengobatinya.

9. Mengkonsumsi jahe dapat membantu mengobati penyakit rematik

Caranya dengan membakar jahe di atas api panas atau bara setelah agak kecoklatan, tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik.

10. Mengkonsumsi jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas.

Jika antibodi (imun) dalam tubuh kita kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang tubuh dapat di tangkal.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat jahe bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat bagi kita semua

1 thought on “10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Selain Menghangatkan Tubuh

  1. ternyata jahe banyak manfaatnya juga ya, saya kira setau saya selama ini jahe cuma buat masak aja

Leave a Comment