kbm

Aku, Nyantri untuk Pertama Kalinya Part II

santri sintesa
santri sintesa via sintesa.net

Tulisan ini melanjutkan tulisan sebelumnya, yang masih bercerita aku untuk pertama kalinya nyantri, di Pesantren Sintesa, Magetan, Jawa Tengah. Pesantren yang fokus pada Qu’an dan bisnis online. Pesantren ini diprakarsai oleh Mas Ibrahim Vatih, lokasi awal berada di Yogyakarta kemudian berpindah ke Magetan, kota kelahirannya.

Berguru pada Para Mastah

kbm
kbm bareng mastah juki dok sintesa

Setelah pembentukan kelompok, kita mulai pelajaran dan mendapatkan guru Mas Marzuki, teman-teman biasa memanggil mas juki, pemilik website carajuki.com dan 2 kelompok lain diausuh oleh Mas Into, pemilik sarungpreneur.com. Sesekali Mas Vatih (vatih.com, revorma.com dll) selaku pemilik pesantren ini mengajar kami juga.

Mengajar disini maksudnya mengajar Internet Marketing, dari mulai install pengenalan domain, pembelian domian, install wordpress di hosting, mengaitkan domain dengan hosting, sentandarisasi artikel layak baca seperti yang kamu baca saat ini, dan masih banyak lainnya.

Kegiatan Sintesa

kajian sore dok. sintesa
kajian sore dok. sintesa

Disamping materi Internet Marketing diatas, kita juga diajarkan untuk mengenal al-quran, diwajibkan setiap murid untuk menghafalakan surat Ali-Imron dan Al-Kahfi. Hafalan dengan metode talaqqi perhari tiga ayat. Setelah talaqqi dilanjutkan kultum, wajib atas setiap siswa untuk kultum, bergiliran.

Sholat sunnah dhuha wajib untuk semua santri. Juga puasa sunnah senin dan kamis. Jam wajib belajar dari jam 9 pagi sampai menjelang ashar, diselingi tidur siang (qailullah) dan sholat dzuhur. Setelah ashar kajian sore oleh pengurus pondok, terkadang Abah Rosyadi, juga Mas Vatih atau Mas Umar bergantian.

Setiap siswa diwajibkan untuk berolahraga seminggu dua kali. Juga tadzkiyatun nafs setiap Rabu dan Jum’at. Juga diikutkan dalam kegiatan kemasyarakatan, dari mulai lomba tujuh belasan, panitia penyembelihan kurban Iedul Adha, dll

Siswa diharuskan tidur pukul 10 malam. Semua itu adalah hal yang baru untukku, karena sebelumnya belum pernah hidup di pesantren. Dan mengikuti semua kegiatan dengan penuh semangat.

Mulai Keteteran

keteteran
keteteran via segiempat.com

Awalnya aku merasa jadwal disini tidak terlalu padat. Tapi entah mulai kapan aku merasa keteteran dengan tugas yang ada, baik tugas Internet marketing dari Mas Juki atau tugas wajib hafalan dan kultum yang digilir setiap harinya.

Ketika menulis ini saja jam sudah menunjukkan pukul 8, dengan beban yang berjibun. Dari mulai tugas nulis pengalaman, keyword masih banyak yang salah. Esok hari adalah jadwalku kultum dan aku belum persiapan. Serta besok adalah hari sabtu, dimana kita semua harus setoran hafalan.

Oke sampai sini dulu, aku mau menulis artikel selanjutnya, menyelesaikan keyword, menghafal materi kultum besok, dan muroja’ah hafalan. Semoga aku kuat dan artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian. Terima kasih.

Leave a Comment