Aku, Nyantri untuk Pertama Kalinya

Nyantri di Pesantren SIntesa dok. Sintesa
Nyantri di Pesantren SIntesa dok. Sintesa

Seumur hidup, aku belum pernah nyantri, meski aku tempatku tinggal didekat pondok,  keluargaku tinggal didekat Pondok Al-Mukmin Ngruki, pondok yang sudah mendunia bahkan Amerika pun kenal hehe. Semua saudaraku pernah nyantri, dan hanya aku satu-satunya yang belum pernah. Sebenarnya aku ingin merasakan menjadi santri juga, hehe, berikut ceritanya

Tanggal 28 sedari pagi aku sudah berada didepan komputer. Untuk menyelesaikan draft 400 kata yang aku tulis, latar belakang dan tujuan mendaftar Pesantren Sintesa. Setelah memeras otak menjelang siang aku sudah selesai menulis semuanya. Dan setelah sholat dzuhur aku mengisi dan segera mengirim form pendaftaran tersebut. Semoga diterima.

Malamnya aku bicarakan semua soal Pesantren Sintesa ini kapada keluarga. Seperti biasa kedua orangtua percaya sepenuhnya kepadaku, gak masalah katanya. Sempat juga bertanya-tanya, kok bisa gratis, dan golongan islam yang bagaimana disana itu?, dan pertanyaan lain yang aku sendiri tidak bisa menjawabnya. Yang kemudian aku sampaikan setelah aku mengetahuinya ketika beberapa hari telah berada disini. Tak lupa mohon doa restu supaya namaku terpampang di pengumuman.

Pengumuman Penerimaan

pengumuman sintesa dok pribadi
pengumuman sintesa dok pribadi

Tepatnya tanggal 3 Agustus, aku mendapatkan panggilan telepon yang mengatasnamakan Pesantren Sintesa, sedikit perntanyaan dan dilanjutkan tes membaca Al-Qur’an surat Ali-Imron, setelah selesai suara diseberang mengatakan akan menelepon orangtuaku nanti.

Sorenya ada telepon lagi dari sintesa kenomor hpku, menanyakan apakah bapak ada? Tapi karena bapak sedang tidak ada dirumah, aku bilang untuk telepon ke kontak bapakku yang sudah aku tulis sebelumnya. Dan penelepon bilang pengumuman masih keesokan harinya, selepas ashar.

Esok sorenya aku cek diwebsite sintesa.net dan disana terdapat namaku. Alhamdulillah. akhirnya aku bisa diterima menjadi santri . Aku akan menjadi seorang santri?! hehe. Segera Aku umumkan ke anggota keluarga, ini berkat do’a mereka juga. Yang aku bingungkan selanjutnya adalah tidak punya laptop. Laptop ini sebagai kwajiban santri yang diterima di Sintesa.

Cari Laptop

acer core i5 via www.pasarlaptop.net
acer core i5 via www.pasarlaptop.net

Setelah mendapat kabar aku diterima. aku membuat list apa saja yang harus aku bawa. Segera kupersiapkan semuanya, dari mulai Al-quran, baju, celana, pecis, jaket, sarung, baju koko, buku catatan, jaket sampai botol minum. Dan yang terakhir adalah Laptop.

Kuhubingi teman-temanku yang bekerja ditoko komputer, dan mencari cari di olx.co.id apa ada yang menjual laptop dengan harga murah dan spek gahar tentunya. Akhirnya aku menemukan barang yang kucari. Core i5 generasi pertama dengan RAM 6 GB HDD 1TB harga tidak lebih dari 3jt hwehehe. Tanpa pikir lama, ambil dah. Sampai rumah kuinstal ulang Operating System dan beberapa software wajib pendukung lainya.

Berangkat

berangkat naik bus
berangkat naik bus via beritadaerah.co.id

Pagi itu aku mengecek semua perlengkapan dan merapikannya kedalam tas. Menambah beberapa barang yang terlewat kupersiapkan. Aku hanya membawa tas gunung tanggung untuk perlengkapan wajib dan satu buah tas gendong kecil berisikan laptop dan dokumen.

Aku berangkat ke Sintesa pada tanggal 9 Agustus. Ini untuk pertama kalinya aku ke Jawa Timur menggunkan Bus. Mungkin lebih cepat kalau aku menunggu dipinggir jalan/halte. Karena tidak tau jalur mana yang dilewati oleh bus jawa timuran jadilah aku ke terminal.

Setelah berpamitan dengan keluarga, cipika cipiki. Aku diantar bapakku ke terminal, beliaunya sekalian mau berangkat kerja shift siang. Aku diturunkan di terminal. Sebelum pergi aku sempat minta untuk doa restu.

bus mira via expertofsomething.wordpress.com
bus mira via expertofsomething.wordpress.com

Segera kucari bus Mira atau Sumber Selamat, dua bus jurusan Jawa Timur itu yang terkenal hehe. Rupanya ada bus Mira yang sudah siap berangkat. Aku segera masuk dan hanya terisa satu kursi dibelakang. Segera kutempati, sebelum keduluan orang lain. Alhamdulillah dapat tempat duduk meski diatas ban.

Sampai Lokasi

Nyantri di Pesantren SIntesa dok. Sintesa
Nyantri di Pesantren Sintesa dok. Sintesa

Selama perjalanan aku memejamkan mata. Mencoba tertidur. Karena semalaman tidak bisa tidur. Mengurusi install ulang laptop yang belum kelar. Kurang lebih perjalanan dua setengah jam aku sampai terminal maospati. Disini aku turun dan mencari tukang ojek. Perjalanan menggunakan ojek kurang lebih 15 menit dengan kecepatan diatas rata-rata.

Aku diturunkan oleh bapak tukang ojek didepan sebuah rumah, yang menurutnya disinilah Pesantren Sintesa berada. Memang tidak ada plakat atau penanda bahawa ini tempatnya. Aku masuk dan bertanya, teryata memang disinilah tempatnya. Setelah ngobrol sebentar aku bertanya dimana letak masjidnya, soalnya aku belum sholat Ashar.

Setelah ditunjukan masjidnya, aku pamit keluar menuju masjid sambil berkeliling melihat-lihat, tempat ini adalah tempat yang akan aku tinggali satu tahun kedepan, inshaAllah. Bersambung sampai sini dulu ya hehe. Lanjut Part II.

1 thought on “Aku, Nyantri untuk Pertama Kalinya

Leave a Comment