sugar glider kecil lucu

Apa itu Sugar Glider? si Binatang Peliharaan Antimainstream

sugar glider sedang makan
sugar glider sedang makan via pixabay.com

Binatang Sugar Glider – Oke kali ini jempolkaki.com akan membahas tetang binatang peliharaan menggemaskan yang berasal dari indonesia timur. Sebenarnya bingung mau mulai dari mana. Karena ini penjelasan tentang binatang sugar glider kita gunakan saja kaidah dalam pecarian berita 5W1H, apa, kapan, siapa, mengapa, dimana dan bagaimana. Let’s check it out!!

Apa itu sugar glider?

sugar glider gemuk berwarna putih
sugar glider putih via cara.pro

Sugar glider mempunyai nama latin Petaurus Breviceps, kebanyakan orang beranggapan binatang ini sebangsa tikus, kelelawar, bajing (tupai terbang) atau binatang pengerat lainnya, karena sugar glider berukuran kecil dan mempunyai kantong yang menyerupai bajing. Anggapan tersebut sepenuhnya salah karena binatang sugar glider adalah marsupial dari keluarga mamalia.

Marsupial adalah mamalia yang betinanya mempunyai kantung perut, orang biasa menyebutnya binatang berkantung. Contoh mudahnya kangguru, jadi sugar glider termasuk binatang sebangsa kanguru. Sugar glider sangat imut dan menggemaskan, lucu dan juga pintar, tak heran membuat orang menjadikannya binatang peliharaan layaknya kucing/hamster.

Dinamakan sugar glider karena binatang ini menyukai makanan manis dan memberan yang membuat mereka bisa meluncur (glide), jadilah dinamakan sugar glider. binatang ini mempunyai bulu abu-abu dan bewarna krem didadanya, degan garis hitam disepanjang tulang belakangnya. Ekor sugar glider digunakan untuk penyeimbang ketika meluncur.

Bagaimana cara memelihara sugar glider?

sugar glider makan strawberry
sugar glider makan buah strawberry via sunseed.com

Sugar glider termasuk binatang yang mempunyai perawatan mudah. Kamu harus rutin mengecek kandang dan mengajaknya bermain. Ini untuk melatih sugar glider lebih mengenal pemiliknya. Binatang ini juga perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan ketika pertama kai dipelihara. Pelajarilah karekteristik dari sugar glider sebelum memeliharanya, karena tidak sedikit yang mencoba memeliharanya tapi mati karena tidak bisa merawat.

Kandang untuk sugar glider tidak jauh beda dengan kandang hamster, semakin besar semakin baik tentunya. Letakkan kandang ditempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung, perhatikan juga sirkulasi udara. Dalam kandang isi dengan ranting kayu dan wheel (roda) untuk mainan, sugar glider termasuk binatang yang sangat aktif, gunakan mainan dengan bahan dari kayu. Jangan lupa tambakan tempat tidur didalam kandang (cage pouch), jangan lupa juga untuk dicuci teratur.

Sugar glider termasuk binatang pemakan serangga, insektivora. Dan merupakan hewan noktunal, hewan yang cenderung aktif dimalam hari. Makanan manis merupakan makanan favorit sugar glider. Bisa diberi bubur bayi atau buah. Binatang ini termasuk kategori binatang bersih, jadi tidak perlu perawatan layaknya kucing harus ke salon untuk membersihkannya. Cukup dengan mengusap badannya dengan tisu basah (non alkohol) ke badannya.

Dimana habitat asli sugar glider

sugar glider terlihat diantara pepohonan
sugar glider di hutan via pecintahewan.com

Sugar glider mempunyai habitat di daerah Indonesia Timur, Papua, Halmahera dan Maluku, dan juga di Australia. Tapi hewan ini sudah menyebar sampai ke Amerika dan Eropa sebagai hewan peliharaan karena dianggap sangat eksotik. Di alam liar hewan ini biasa ditemukan di pohon eukaliptus dan akasia, dari kedua pohon itu sugar glider liar memakan getahnya. Dan termasuk sulit untuk ditemukan di alam liar, berkisar 1 koloni per 1000 meter di atas pohon. Musuh sugar glider diantaranya burung hantu, iguana, musang dan quoll.

Kapan mulai untuk memelihara sugar glider?

sugar glider kecil lucu
sugar glider kecil lucu via hello-pet.com

Sebaiknya memelihara sugar glider dimulai semejak kecil, berkisar 1.5 – 2 bulan. Dengan begini akan membuatnya lebih jinak ketika dewasa, sedari kecil sudah mengenal aroma badan pemeliharanya. Ketika membeli sugar glider belilah joey (sugar glider kecil), masih jinak kalaupun mengigit tidaklah terlalu sakit. Hindari langsung memelihara sugar glider dewasa, gigitannya sakit.

Siapa saja yang bisa memelihara sugar glider?

mengenal sugar glider
anak mengenal sugar glider via sugarglider-indo.blogspot.com

Hewan peliharaan ini cocok untuk dipelihara semua umur, dari mulai anak 7 tahun sampai orang dewasa. Umur dari sugar glider juga tergolong lama 10-15 tahun, untuk anak-anak tetap perlu diawasi orang dewasa. Seringkali sugar glider mengigit ketika dia belum akrab dengan tuannya. Untuk menghindari sakitnya gigitan pilihlah sugar glider joey (anakan)

Mengapa harus sugar glider?

mengenal sugar glider
mengenal sugar glider lebih dalam via sugarglider-indo.blogspot.com

Bagi kamu yang terbiasa memelihara binatang peliharaan semisal kucing, hamster dll cobalah untuk memelihara sugar glider, dan rasakan perbedaannya. Sugar glider termasuk hewan yang mempunyai tingkatan lebih dari jinak, atau biasa disebut bonding, mempunyai ikatan dengan sang pemilik. Sugar glider ini menghafal bau tubuh pemiliknya. Dia akan mengikutimu kemanapun kamu pergi, menempel dibadan.

Makanan yang diperlukan tidaklah mahal. Sugar glider ini mempunyai daya ingat tinggi. Sebaiknya memelihara dari mulai kecil umur 2 bulan. Dengan begitu lebih mudah untuk menjinakkannya. Karena akan mengenali kita sedari kecil. Kamu bisa mengajaknya kemana-mana dengan memasukkan ke dalam saku baju atau tas khusus.

Kendala memelihara sugar glider

 pocket pets
pocket pets via teropongbisnis.com

Ketika kita mempunyai binatang peliharaan, pasti ada kendalanya, meski kucing sekalipun. Begitu pula sugar glider, banyak yang harus kita hadapi terutama komitmen kita dalam memelihara, sugar glider berumur berkisar 15 tahun itu bukan waktu yang sebentar, bagi kamu yang hanya ‘pecinta dadakan’ yang hanya mencari imutnya saja sebaiknya berpikir ulang jika berkeinginan memelihar sugar glider. berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1. Bau dan kotoran yang ditimbulkan

kamar makan sugar glider
sugar glider makan via ohjiwa.blogspot.com

Sugar glider termasuk binatang yang tidak bisa dilatih untuk buang air di tempat pembuangan layaknya kucing. Kamu harus memperhatikan waktu-waktu dimana sugar glider pup dan pee, berkisar 4-5 jam sekali. Bahkan tak jarang binatang ini akan buang air dibadanmu, sudah menjadi hal biasa bagi binatang dari alam liar menggunakan kencing sebagai wilayahnya, jadi badanmu adalah wilayahnya, jangan kaget kalau sering ‘dikencingi’.

2. Mengigit

digigit sugar glider
digigit sugar glider via www.suggieblues.com

Sejinak apapun sugar glidermu dia terkadang menggigit, itu normal. Gigitannya pun tidak terlalu sakit, ketika dia hanya bermain-main. Tapi ketika pertamakali mengenal manusia sugar glider dewasa yang terbiasa di alam akan mengigit sebagai wujud pertahanan diri, gigitan ini bisa menimbulkan luka serius. Jadi sekali lagi usahakan untuk pertamakalinya peliharalah sugar glider joey, berusia kurang lebih 2 bulan.

3. Mengorbankan waktu

sugar glider bermanja ria
sugar glider bermanja ria via m.tempo.co

Sugar glider merupakan binatang yang manja harus sering-sering ditemani dan dimanjakan. Tentunya akan banyak waktumu yang terisita untuk mengurus binatang satu ini. Resiko ini harus kamu pikir matang-matang sebelum benar-benar memelihara sugar glider. terutama ketika masih belum bonding, belum punya ikatan denganmu. Perlu penanganan dan kesabaran ekstra agar bisa jinak dan bonding.

4. Bising

sugar glider tertidur
sugar glider tertidur pulas via azulzula.blogspot.com

Seperti yang ditulis diatas, sugar glider adalah binatang nokturnal yang beraktifitas di malam hari. jadi sering kali mengeluarkan suara bising dan berisik ketika malam hari. suara seperti gongongan/geraman anak anjing, mungkin karena kesepian. Untuk mengatasinya buatlah kandang yang besar dengan banyak arena bermain dan tempat bergelantung bagi sugar glider, dan akan lebih baik jika kamu memeliharanya berpasangan agar tidak kesepian.

Itu tadi ulasan singkat tentang sugar glider dari a-z jika kamu merasa tertarik dan siap menerima semua resikonya silahkan untuk memelihara, jika perlu ternak sugar glider sekalian, tapi sebaliknya jika dirasa tidak mampu sebaiknya jangan untuk kebikan sugar glider dan diri kita sendiri tentunya.

Tulisan ini masih belum lengkap, Mungkin pembaca ada yang mau menanyakan atau menambahkan silahkan. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment