jual buah tin kering

29+ Manfaat Buah Tin / Buah Ara [Buah Surga] yang tak Boleh Kamu Lewatkan

Buah tin– Salah satu nama buah yang terdapat dalam Al Quran atau biasa disebut buah surga. Selain buah zaitun, buah tin ini diyakini sudah ditemukan sejak ratusan tahun sebelum masehi. Karena memiliki khasiat yang luar biasa, alangkah baiknya kita mengkonsumsi buah tin ini dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa membelinya di jual buah tin.

jual buah tin
jual buah tin

Ada sebuah hadis shahih yang dikeluarkan oleh Bukhari mengenai apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW bahwasanya buah tin dapat mencegah penyakit wasir dan menyembuhkan gangguan penyakit asam urat. Buah yang tidak bisa bertahan lama setelah dipetik ini bisa di konsumsi dalam keadaan segar maupun dikeringkan setelah dipanen bisa diolah menjadi berbagai olahan seperti selai.

Habitat asal pohon tin berada di kawasan Timur Tengah yang tersebar dari Negara Afghanistan sampai ke Portugal di benua eropa sana. Kandungan dari pohon tin bisa mengeluarkan cairan lateks dari batangnya.

Bentuk cairannya seperti susu dan bisa mengakibatkan iritasi bagi kulit manusia. Pohon tin bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 10 meter dengan daun yang tampak seperti daun ubi atau daun pepaya. Pada saat mentah, buah tin warnanya hijau namun ketika matang berubah menjadi ungu yang apabila digigit akan mengeluarkan harum yang semerbak seperti buah jambu biji. Kandungan zat tannin yang terdapat dalam buah tim membuat teksturnya empuk ketika digigit dan sedikit kesat.

Seperti yang dikemukakan oleh Profesor Dr. Magestuti Agil MS Apt, seorang guru besar Departemen Farmakognosi dan Fitokimia Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, pohon tin atau yang populer dikatakan pohon fig memiliki nama ilmiah Ficus carica dari suku Moraceae.

Setiap 100 gram buah tin yang belum diolah terdapat berbagai macam vitamin dan mineral yang tinggi. Oleh karena itu tin dipercaya memiliki khasiat sebagai antioksidan.

“Secara empiris daun dari buah tin memiliki khasiat mengobati pembengkakan, termasuk penyakit wasir dan gigitan serangga. Manfaat tin lainnya yaitu sebagai anti inflamasi (anti radang) sudah terbukti dalam sebuah penelitian. Penelitian lainnya membuktikan pemberian ekstrak tin yang mengandung senyawa steroid dan flavonoid pada hewan mencit atau tikus kecil bisa menghambat sel kanker hati pada hewan tersebut’’ ujar Mangestuti.

Dalam pengobatan sehari-hari, tin dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit infeksi. Kandungan lateksnya dipercaya sebagai anti bakteri. Ditambah lagi dengan semua bagian dari tin yang bekerja sebagai anti diare. Namun sebeluumnya, silahkan simak dahulu mengenai informasi kandungan buah tin dan nutrisinya.

Nutrisi Dalam Buah Tin

Buah tin dikenal sebagai buah yang kandungan nutrisinya cukup lengkap, baik vitamin maupun mineral. Karena kandungan inilah para ahli memposisikan buah tin sebagai buah super nutrition.

Seperti dilansir oleh California Fig-s Advisory, Nutritional value dalam 100 gram (3.5 oz) buah tin antara lain:

– Energi 250 kcal 1040 kJ – Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
– Gula 47.92 g – Magnesium 68 mg 18%
– Karbohidrat 63.87 g – Vitamin C 1.2 mg 2%
– Lemak 0.93 g – Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
– Dietary fiber (serat) 9.8 g – Zinc 0.55 mg 6%
– Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7% – Iron 2.03 mg 16%
– Protein 3.30 g – Kalsium 162 mg 16%
– Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5% – Potassium 680 mg 14%
– Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4% – Fosfor 67 mg 10%
– Vitamin B6 0.106 mg 8%

Kandungan nutrisi dalam buah tin memang tinggi sekali, namun masyarakat Indonesia sangat jarang yang mengkonsumsi buah surga ini secara rutin.

Biasanya hanya dibeli sebagai oleh-oleh ibadah haji dan umroh saja. Padahal di Indonesia sendiri sudah banyak yang membudidayakan buah tin, akan tetapi banyak yang beranggapan bahwa buah tin terbilang cukup mahal, tetapi jika dibandingkan dengan banyaknya manfaat yang diperoleh harga tidak lagi menjadi masalah.

Khasiat Buah Tin

Khasiat buah tin bagi kesehatan sudah sangat terkenal di masyarakat. Tidak hanya tersohor di kalangan masyarakat biasa saja, namun khasiat buah tin juga disebutkan dalam Al-Qur’an, tepatnya di surat At-tin ayat 1-2.

" Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina," (At-Tin: 1-2)

Abu Darda RA juga meriwayatkan hadis Nabi bahwasanya:

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )"

Firman Allah SWT dan hadist Rasulullah diatas sejatinya telah menunjukan besarnya khasiat buah tin bagi manusia. Nah jika anda yang belum mengetahui khasiat dari buah tin si “Buah dari surga", kali ini akan saya sajikan informasinya khusus untuk anda.

manfaat buah ara segar
manfaat buah ara segar

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

  1. Mangatasi hipertensi dan jantung koroner
  2. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh
  3. Mencegah serangan jantung
  4. Efektif mencegah diabetes
  5. Mencegah Kanker mematikan
  6. Menguatkan tulang dan mencegah nya dari keropos
  7. Penggemuk badan
  8. Peninggi badan
  9. Mengatasi Insomnia
  10. Mengatasi anemia
  11. Sebagai sumber nutrisi yang baik
  12. Mengatasi sembelit
  13. Menyembuhkan wasir/Ambeien
  14. Mencegah tumor
  15. Mengatasi Asma
  16. Mengobati Bisul
  17. Mempercepat penyembuhan luka
  18. Mengobati sakit tenggorokan
  19. Cocok untuk diet
  20. Memperlambat penuaan (anti aging)
  21. Mencegah kanker prostat
  22. Meningkatkan vitalitas pria
  23. Menjaga kecantikan kulit
  24. Mengatasi Jerawat
  25. Cocok dikonsumsi Ibu hamil dan baru saja melahirkan
  26. Bisa dikonsumsi segala usia
  27. Tambahan olahan berbagai makanan
  28. Menurunkan kolesterol tinggi
  29. Mampu meluruhkan batu ginjal
  30. Mengontrol kadar gula darah
  31. Meningkatkan sistem imun tubuh

Berikut berbagai macam manfaat dari buah tin dengan penjelasan singkat yang perlu anda ketahui


1# Mengatasi Hipertensi serta Jantung Koroner

Tekanan darah tinggi (Hipertensi) muncul karena adanya penyempitan bagian pembuluh darah, jika kondisi tersebut terlalu lama dibiarkan maka akan menyebabkan gejala penyakit jantung koroner yang begitu berbahaya.

Buah ini mengandung mineral alami antara lain magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan mineral alami inilah yang berkhasiat menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung koroner.


2# Meminimalisir Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Buah tin dikenal sebagai buah yang mengandung banyak serat larut yang sangat baik. Menurut para ahli, serat larut berupa pektin yang terkandung dalam buah tin berkhasiat untuk meminimalisir kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat ini muncul karena pektin masuk ke dalam tubuh, zat tersebut akan membersihkan semua kolesterol dan membuangnya lewat sistem ekskresi baik itu berupa buang air besar, keringat, atau dalam bentuk air seni.


3# Mencegah Timbulnya Serangan Jantung

Serangan jantung menjadi momok yang menakutkan bagi manusia dan menjadi penyakit paling mematikan nomor 1 di dunia. Setiap kurang dari satu menit, satu orang meninggal dunia dikarenakan penyakit tersebut. Untuk itu, mulailah untuk mencegah penyakit jantung dari sekarang!

Serangan jantung disebabkan kadar natrium di dalam tubuh cukup tinggi sehingga mengakibatkan penyempitan pembuluh serta plak yang akan membuat kerja jantung menjadi berat dalam menyuplai darah ke seluruh bagian tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Arab Saudi, buah tin ternyata mengandung kalium tinggi yang baik untuk menurunkan kadar natrium di dalam tubuh. Para ahli juga berfatwa, jika konsumsi buah tin minimal satu kali sehari akan membantu menekan resiko terkena serangan jantung mendadak.


4# Cocok Bagi Penderita Diabetes

Kemungkinan besar dokter akan menyarankan para penderita diabetes agar tak mengkonsumsi makanan manis. Nah buah tin yang manis ternyata bisa menurunkan kadar gula dalam darah anda karena mengandung glukosa dan fruktosa.

Selain itu buah tin juga memiliki serat larut dan karbohidrat yang akan menghambat proses penyerapan zat gula berlebih pada sistem pencernaan dalam tubuh.

Oh ya buat kamu yang sedang menderit diabetes bisa juga mengkonsumsi kurma ajwa, silahkan beli di jual kurma ajwa atau bisa memblinya di grosir kurma ajwa asli.

Itu tadi penjelasan tentang buah tin dan beberapa manfaatnya. inshaAllah kedepan akan kita update lagi artikel ini. terimakasih. btw jangan lupa share ya 🙂

Leave a Comment