Cara Bayar Listrik Online Supaya Tak Terlewat, Ini Tanggal Jatuh Tempo dan Sanksinya!

Kini pelanggan diberikan berbagai kemudahan pilihan cara membayar tagihan listrik baik melalui loket pembayaran listrik terdekat hingga cara bayar PLN online yang praktis.

Namun terkadang bukannya tak ada dana untuk melakukan pembayaran, melainkan karena terlupa sehingga berakibat telat bayar listrik sehari bahkan hingga sebulan. Nggak enaknya lagi, kamu akan dikenakan sanksi dan denda telat bayar listrik, lho!

Untuk mencegah supaya tidak telat bayar listrik, ada banyak yang perlu kamu perhatikan seperti kapan jatuh tempo bayar tagihan listrik dan sanksi telat bayar tagihan listrik supaya kamu jadi lebih berhati-hati, hingga bagaimana cara bayar bayar PLN online. Simak informasi lengkap kapan jatuh tempo bayar tagihan listrik, sanksi, dan cara membayar tagihan listrik online berikut ini :

Jatuh Tempo Bayar Tagihan Listrik

Cara supaya tidak telat bayar listrik yang pertama ialah tahu betul kapan jatuh tempo bayar tagihan PLN, kemudian buat reminder. Buat kamu yang masih bingung kapan harus bayar listrik, jangka waktu pembayaran listrik adalah mulai tanggal 1-20 setiap bulannya.

Jadi, jatuh tempo bayar tagihan listrik adalah tanggal 20. Jika terlewat menunggak karena telat bayar listrik sehari saja, tentu kamu akan dikenakan sanksi.

Sanksi Telat Bayar Tagihan Listrik

Ada saja memang saat-saat hampir terlupa bayar tagihan listrik setiap bulannya. Entah apapun alasannya, kamu harus siap menerima sanksi telat bayar listrik berupa denda hingga pemutusan aliran listrik. Berikut ini sanksi dan denda telat bayar tagihan listrik yang perlu kamu ketahui:

  1. Untuk kamu yang telat bayar tagihan listrik dari waktu pembayaran yang ditentukan, maka akan dikenakan denda telat bayar tagihan listrik atau disebut dengan Biaya Keterlambatan (BK)
  2. Denda bayar tagihan listrik berupa BK dihitung berdasarkan besaran KwH di rumah per bulan menunggak. Sebagai contoh, daya listrik 1.300 VA akan dikenakan denda Rp 5.000/bulan.
  3. Sanksi telat bayar listrik yang juga diberikan apabila telah menunggak telat bayar PLN 3 bulan ialah berupa pemutusan meteran listrik.
Baca Juga  Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap!

Cara Bayar Tagihan Listrik Online, Praktis!

Cara bayar tagihan listrik bermacam-macam, bisa offline alias ke loket pembayaran listrik terdekat hingga online. Amannya, kamu menyediakan aplikasi untuk bayar tagihan listrik online supaya tak lagi telat sekaligus memudahkanmu untuk melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja.

Terlebih, jika kamu pelupa atau memang punya aktivitas padat setiap harinya, maka cara bayar tagihan listrik online ideal untukmu. Tanpa harus ke loket bayar tagihan listrik, kamu bisa bayar listrik online PLN menggunakan aplikasi hanya tinggal klik.

Hmm, masih bingung cara bayar PLN online? Simak cara bayar PLN online di Traveloka berikut ini:

  1. Buka situs Traveloka atau Traveloka App dan pastikan kamu telah masuk ke akun Traveloka milikmu. Jika belum terdaftar, daftar terlebih dahulu ya. Gratis!
  2. Kemudian pilih Bills & Top Up dan pilih bagian PLN
  3. Setelah itu pilih tipe produk “PLN Bill” untuk bayar PLN online jika menggunakan PLN pascabayar. Kamu juga bisa beli token listrik online di Traveloka.
  4. Masukkan nomor meteran pelanggan PLN dan klik “Lanjutkan”.
  5. Setelah itu, situs Traveloka atau Traveloka App akan mengarahkanmu ke laman pembayaran dengan berbagai channel. Cara pembayaran tagihan PLN online dapat dilakukan melalui sistem berikut ini:
    • Via Uangku
    • Via Transfer Bank
    • Via ATM
    • Via BCA KlikPay
    • Via Kartu Kredit
    • Via Alfamart
  6. Pilih metode pembayaran termudah untukmu, kemudian lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan. Setelah selesai, Traveloka akan mengirimkan verifikasi dan notifikasi bahwa bayar PLN online telah berhasil dilakukan di akun Traveloka milikmu.

Setelah tahu info jatuh tempo, sanksi, dan cara bayar PLN online di Traveloka, bayar listrik jadi tidak telat lagi, dong?