buah tin matang

Cara Mudah Budidaya Buah Tin dan Langkah-Langkah Merawatnya

Cara Budidaya Buah Tin – Buah tin merupakan buah yang berasal dari negara Arab, kemudian buah ini banyak menyebar ke negara-negara bagian Eropa, Asia dan Australia. Pohon tin (Ficus carica), figs atau pohon ara merupakan pohon yang terkenal sebagai buah suci dari taman surga. Julukan ini di dapatkan oleh buah tin karena buah ini disebutkan di dalam al-quran. Walaupun begitu harga buah tin juga relatif murah.

pohon tin
news.aces.edu

Cara Merawat Pohon Tin

Buah tin mempunyai karakteristik sama dengan buah yang tumbuh di negara arab, seperti zaitun dan kurma. Tanaman-tanaman ini adalah jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang lebih. Maka dari itu, buah tin lebih susah berbuah di negara yang mempunyai iklim tropis seperti indonesia. Maka dari itu pohon tin juga harus memiliki perawatan yang sama dengan negara asalnya. Perawatan untuk pohon tin adalah sebagai berikut.

Penyiraman

Pohon tin biasa hidup di daerah yang panas, jadi tidak perlu menyiramnya setiap hari. Penyiraman dilakukan secara berkala, seperti 4 hari sekali. Dan pada saat musim penghujanan pohon tin tidak perlu di siram sama sekali. Baiknya, buah tin ditanam saat musim panas sehingga lebih mudah untuk berbuah.

Cahaya Matahari

Karena di negara arab sangatlah panas, jadi pohon tin membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Karena itu, jangan sampai ada sesuatu yang menghalangi cahaya sinar matahari untuk menerangi pohon tin ini. Apabila sinar matahari tidak diberikan sesuai kebutuhannya, pohon tin akan lebih susah tumbuh dan berbuah.

Pemupukan

Pemupukan pohon tin pada awal penanamannya hanya membutuhkan pupuk daun dengan dosis secukupnya. Setelah berumur 2 tahun, barulah pohon tin diberi pupuk kandang. Tujuannya agar daun pohon tin tidak mudah rontok dan untuk mempercepat pembuahan.

Hama dan Penyakit

Gunting daun-daun yang sudah mengering dan menguning. Hal ini biasanya dikarenakan  virus yang ada pada daun, Jadi untuk mencegah menular ke daun lainnya, daun yang telah menguning harus dipotong. Kalau tidak dipotong ada kemungkinan semua daun akan ikut menguning dan pohon tidak dapat melakukan metamoforsis.

Waspadai juga keberadaan hama penggerek batang. Hama ini dapat membuat batang pohon tin menjadi keropos dan mudah patah. Pencegahan untuk hama ini adalah dengan cara menyuntikan obat tanaman pada bagian batangnya. Baiknya, tambahkan nutrisi pembantu berupa perangsang akar dan batang.

buah tin matang
ummi-online.com

Khasiat Buah Tin

Buah tin memiliki banyak khasiat yang sangat dibutuhkan oleh kita. Tetapi masih banyak orang yang tidak tahu akan khasiat dari buah tin ini.

Berikut ini adalah Khasiat dari buat tin yang banyak orang belum tahu :

  1. Buah tin mengandung kalium, Omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu kamu untuk menjaga takanan darah tinggi dan serangan jantung koroner.
  2. Buah tin juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Jadi buah ini sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.
  3. Buah tin juga dapat mencegah terkena kanker payudara dan juga kanker kolon apabila kamu mengkonsumsinya secara rutin.
  4. Buah tin mempunyai serat larut yang disebut pektin, serat tersebut beruna untuk mengurangi kolesterol darah.
  5. Buah tin yang dipanggang bisa diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan radang seperti abses dan juga bisul.
  6. Buah tin mempunyai zat Phenol dan Benzaldehyde yang berguna sebagai anti Tumor dan juga bisa membunuh micro-organisme Pathogen, Jamur dan Virus yang terdapat pada tubuh manusia.

Itu dia cara budidaya pohon tin secara lengkap dan khasiat dari buah tin. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi amal jariyah nantinya.

Leave a Comment