Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Jerawat termasuk salah satu masalah kulit yang sering terjadi, terutama pada remaja. Masalah kulit ini juga memiliki jenis yang sangat beragam, salah satunya yang tak jarang ditemukan ialah jerawat batu. Jerawat batu pada area wajah terutama akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, terutama karena jerawat ini berukuran besar dan menyebabkan warna kemerahan.

Sensasi rasa  gatal serta perih juga akan semakin membuat penderitanya tidak nyaman, apalagi jika tersentuh baik secara sengaja ataupun tidak. Jerawat batu juga tak jarang akan menyebabkan bekas jerawat yang menghitam sehingga akan dibutuhkan penanganan khusus untuknya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

cara menghilangkan bekas jerawat
cara menghilangkan bekas jerawat

Sebelum membahas bagaimana menghilangkan bekas jerawat, terlebih dahulu kita simak bagaimana cara membasmi jerawat batu itu sendiri. Cara-caranya ternyata terbilang sederhana dan bahkan bisa kita lakukan menggunakan aneka bahan yang ada dalam rumah.

Cara-cara ini juga akan cocok dilakukan apabila kita gemar melakukan perawatan menggunakan aneka bahan alami. Pertama, kita bisa menggunakan kentang. Umbi satu ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional ataupun pasar modern.

Kentang untuk Mengatasi Jerawat Batu

Dalam kentang terutama terkandung mineral alami yang akan mengatasi aneka masalah pada kulit wajah, termasuk jerawat batu sekalipun. Kupas kentang dan jadikan masker alami dengan menempelkannya pada wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

Kunyit untuk Jerawat Batu

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan guna mengusir jerawat batu ialah campuran antara kunyit, madu dan jeruk nipis. Ketiganya adalah campuran sempurna dalam mengatasi jerawat batu secara alami, terutama yang ada di hidung. Curcumin pada kunyit serta vitamin C pada jeruk nipis dan madu akan mengurangi jerawat secara alami. Haluskan kunyit lalu campurkan bersama madu dan jeruk nipis. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah agar jerawat batu bisa segera kempes.

Pengunaan Masker Putih Telur

Masker alami lain yang bisa kita manfaatkan ialah masker putih telur. Baunya memang amis namun masker ini terbukti ampuh dalam mengempeskan jerawat batu. Putih telur terutama kaya akan enzim lusozim yang akan membantu dalam menghancurkan dinding sel penyebab jerawat.

Lidah Buaya untuk Antioksidan

Bahan lain yang bermanfaat dalam mengatasi jerawat ialah lidah buaya. Lidah buaya tak hanya baik untuk rambut namun juga bagi kesehatan kulit wajah. Ini tak lepas dari kandungan vitamin E, vitamin C, antioksidan serta mineral di dalamnya. Semuanya sangat bagus dalam mengatasi jerawat.

Untuk mendapat manfaat dari penggunaan lidah buaya, kita harus manfaatkan gelnya. Belah dua lidah buaya dan ambil gel tersebut untuk dijadikan masker alami. Tunggu beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih. Fungsi lain dari masker lidah buaya ialah melembabkan kulit secara alami sehingga akan baik bagi kulit kering.

Kulit Jeruk untuk Sel Kulit Mati

Terakhir, kita bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi jerawat batu pada area wajah. Kulit jeruk terutama kaya akan kandungan asam alfa hidroksi serta vitamin C. Keduanya tak hanya berfungsi dalam membasmi jerawat namun juga membersihkan pori-pori tersumbat serta mengangkat sel kulit mati.

Cara penggunaannya terbilang sederhana. Kita cukup haluskan kulit jeruk dan gunakan sebagai masker wajah. Pakai secara rutin agar didapat hasil maksimal seperti yang diinginkan. Kita bisa menggunakan kulit jeruk sunkist untuk mendapat hasil maksimal. Setelah mengetahui apa saja bahan-bahan alami untuk membasmi jerawat batu, saatnya kita lihat bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat ini pada wajah.

Baca juga artikel 21 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Alami Tanpa Efek Samping

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

menghilangkan bekas jerawat

Setelah berhasil menghilangkan jerawat batu pada wajah, nyatanya masalah takkan berhenti sampai di situ saja. Bekas jerawat akan meninggalkan noda hitam serta bopeng pada wajah. Hal ini tentu akan turut mengurangi penampilan dan mungkin membuat kita merasa tak percaya diri.

Walau bekas kehitaman dapat ditutupi menggunakan make up, namun mencari cara untuk menghilangkannya secara permanen akan lebih baik lagi. Apalagi, menghilangkan bekas jerawat ini dapat dilakukan menggunakan aneka bahan alami.

Tanpa penggunaan bahan-bahan kimia sama sekali, kita bisa menghilangkan bekas jerawat tanpa sisa. Berikut aneka bahan yang bisa digunakan dan juga cara pengolahannya.

Lidah Buaya untuk Bekas Jerawat

Pertama adalah lidah buaya. Bahan satu ini tak sekedar dapat mengempeskan jerawat batu serta melembabkan kulit, namun juga menghilangkan bekasnya. Tempelkan gel lidah buaya pada bagian kulit yang memiliki bekas jerawat, lalu diamkan tanpa perlu dibilas.

Jika bekasnya cukup parah, tempelkan gel lidah buaya bersama dua tetes minyak pohon teh agar kulit semakin cerah. Bahan lain yang dapat dimanfaatkan dalam menghilangkan bekas jerawat ialah es batu.

Es Batu

Mungkin kedengarannya sangat sederhana atau bahkan tidak mungkin, namun es batu memang dapat membantu dalam menghilangkan bekas jerawat. Bungkus es batu dengan kain bersih lalu tempelkan di bekas jerawat. Diamkan sampai kulit terasa mati rasa.

Jus Lemon untuk Masker

Selanjutnya, kita juga bisa gunakan jus lemon. Campurkan jus lemon serta air dengan perbandingn 50:50 lalu oleskan pada wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan kira-kira 20 menit dan bilas menggunakan air. Sifat jus lemon ialah memutihkan kulit serta akan mengurangi noda kehitaman pada wajah. Hindari mengoleskannya tanpa mengencerkannya terlebih dahulu atau didiamkan terlalu lama pada wajah.

Gunakan Kayu Cenda

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat adalah kayu cendana. Siapkan satu sendok makan bubuk kayu cendana dan campurkan bersama beberapa tetes air mawar. Aduk rata dan oleskan pada bagian wajah yang memiliki bekas jerawat lalu diamkan dan bilas dengan air.

Baking Soda untuk Pergantian Kulit

Kita juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Ambil dua sendok baking soda dan campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pada bagian wajah yang ada bekas jerawatnya diamkan sebentar hingga terasa agak kaku. Bilas menggunakan air dingin. Baking soda akan mengelupas kulit sehingga turut menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

Gunakan Madu untuk Masker

Penggunaan bisa dihentikan apabila tidak ada kemajuan yang terlihat. Terakhir, kita bisa menggunakan madu dengan cara mengoleskannya langsung pada bagian yang memiliki bekas jerawat. Pilih penjual madu alami yang tidak ditambah pemanis. Diamkan sebentar kemudian bilas menggunakan air hangat.  Madu juga efektif dalam mengurangi kemerahan sebagai akibat dari peradangan. Dalam madu terdapat pula antibakteri yang akan melembabkan kulit.

Merawat Kulit Agar Tidak Berjerawat

Perawatan kulit tetap diperlukan bahkan setelah jerawat pada kulit telah hilang sepenuhnya dan bekasnya tak lagi terlihat. Cuci wajah secara teratur menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Apalagi setelah kita beraktivitas di luar ruangan dan terpapar debu serta terik matahari, segera cuci wajah agar pori-pori tak tersumbat kotoran dan minyak.

Jika perlu, gunakan masker saat bepergian ke luar rumah agar wajah tak terpapar debu dan aneka polusi lainnya. Konsumsi makanan yang berminyak juga sebaiknya dibatasi karena akan turut memicu tumbuhnya jerawat. Demikian semoga informasi di atas dapat bermanfaat