13 Cara Meluruskan Rambut Dengan Mudah Tanpa Rebonding

Meski berambut ikal tetap bisa keren, masih saja banyak orang yang berkeinginan untuk mempunyai rambut lurus, ya kan? alasannya lebih mudah diatur mungkin, berikut ulasan ringan cara meluruskan rambut dengan alami tanpa rebonding.

Pun tidak jarang pria yang berambut ikal atau keriting juga ingin memiliki rambut lurus. Karena rambut yang lurus mudah diapakan saja. Selain itu, rambut yang lurus juga mudah dipotong dengan berbagai model atau gaya saat ini.

Rambut yang lurus bagi beberapa orang kadang akan membuatnya tampil lebih percaya diri. Maka dari itu, tidak jarang beberapa lelaki ingin meluruskan rambutnya. Karena meluruskan rambut dengan cara rebonding bagi lelaki terlalu ekstrim dan mungkin akan terkesan seperti seorang wanita.

Maka dari itu banyak lelaki yang bingung ingin meluruskan rambut dengan cara apa namun selain rebonding.

Cara Mudah Meluruskan Rambut Permanen Tanpa Rebonding

cara meluruskan rambut
keren kan?

Cara meluruskan rambut keriting tanpa rebonding sebenarnya bisa saja dilakukan. Sebab terdapat beberapa langkah untuk meluruskan rambut untuk pria dengan cara alami yang dapat dipraktikkan dengan mudah sendiri di rumah. Selain rambut keriting, cara meluruskan rambut ikal juga bisa Anda lakukan.

Berikut merupakan cara meluruskan rambut pria secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah :


Cara untuk Meluruskan rambut Anda dengan Menggunakan Minyak Zaitun

Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun sebenarnya sangat mudah. Pertama-tama, siapkan minyak zaitun kira-kira dua sendok. Kemudian balurkan sedikit demi sedikit ke rambut kepala Anda sambil disisir.

Setelah itu Anda tetap menyisir rambut Anda selama beberapa menit, jika sudah diamkan hingga minyak zaitun pada rambut kering dan meresap. Selanjutnya bersihkan rambut dengan cara keramas seperti biasanya.


Meluruskan Rambut dengan Minyak Goreng

Sebenarnya meluruskan rambut dengan minyak goreng tidak dibenarkan. Namun ada banyak orang yang menganggap bahwa minyak goreng itu baik untuk meluruskan rambut.

Sebaiknya gunakan minyak goreng dari minyak kelapa asli atau minyak zaitun. Sebab kandungannya dapat membantu untuk merawat rambut. Jangann  gunakan minyak goreng biasa atau minyak goreng curah karena bisa membuat rambut Anda super lepek dan rusak.

Cara meluruskan rambut dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yaitu, pertama siapkan minyaknya terlebih dahulu. Kemudian sedikit demi sedikit oleskan minyak tersebut ke rambut kepala.

Sisir rambut Anda hingga terlihat lurus, lalu biarkan selama beberapa jam. Jika sudah, maka bilas rambut Anda dengan cara keramas.

baca juga


Cara Meluruskan Rambut Dengan Lidah Buaya

Selain minyak zaitun, lidah buaya juga sangat manjur dalam meluruskan rambut.  Sebab lidah buaya memang sudah dipercaya sejak dahulu bisa menjadi bahan dalam perawatan rambut, selain itu lidah buaya memang terbukti khasiatnya untuk menutrisi rambut serta kulit kepala.

Pelurus rambut alami 20 menit ini memang sangat mudah digunakan. Caranya adalah siapkan lidah buaya yang ukurannya cukup besar. Kemudian cuci hingga bersih dan potong menjadi beberapa bagian.

Blender potongan lidah buaya tadi hingga mendapatkan cairannya. Jika sudah, ratakan cairan dari lidah buaya tersebut ke seluruh bagian rambut. Sisir rambut Anda selama beberapa saat dan diamkan.

Selanjutnya bersihkan rambut dengan cara keramas. Sebaiknya Anda lakukan cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu supaya rambut cepat lurus.


Cara Meluruskan Rambut dengan Cuka

Cara alami meluruskan rambut bergelombang menggunakan cuka memang cukup banyak orang yang melakukannya. Dan cara penggunaannya juga sangat mudah. Pertama-tama siapkan cuka dan ambil beberapa tetes saja lalu dioleskan ke rambut yang bergelombang.

Selanjutnya ratakan dengan meremas-remas rambut Anda agar cuka bisa meresap ke rambut. Sisir rambut Anda hingga terlihat lurus selama beberapa menit. Kemudian bersihkan rambut dengan keramas sampai benar-benar bersih.

Cara meluruskan rambut dengan cepat memang dengan melakukan rebonding. Namun beberapa langkah di atas sekiranya bisa membantu Anda untuk meluruskan rambut secara alami. Berikut adalah tips meluruskan rambut kering dijamin manjur untuk Anda.


Memakai Sisir Pelurus Rambut

Sisir pelurus rambut

Sisir pelurus rambut adalah solusi yang tepat untuk Anda guna menyisir rambut hingga lurus. Bahkan lurusnya adalah lurus yang sempurna dan tidak akan bergelombang tadi. Maka dari itu, pemakaian sisir ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Proses meluruskan rambut keriting secara permanen


Memakai Minyak Almond

Minyak Almond juga bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin meluruskan rambut. Caranya yaitu saat Anda memakai conditioner waktu keramas, teteskan dua hingga empat tetes minyak almond ke dalam conditioner tersebut. Setelah itu usap-usap rambut Anda agar minyak almond tercampur merata.

Setelah mandi dan berkeramas, tentu banyak yang ingin meluruskan rambutnya dengan menggunakan produk kondisioner yang bermerk.

Namun, menggunakan kondisioner yang bermerk sekalipun tidak akan memberi efek yang maksimal dan optimal pada rambut Anda, untuk solusinya Anda bisa menambahkan sekitar dua sampai empat tetes minyak almond pada kondisioner yang sudah diambil lalu balurkan secara merata ke rambut Anda.

Sebaiknya jangan mengeringkan rambut Anda menggunakan hairdryer setelah keramas menggunakan conditioner. Cukup keringkan saja menggunakan handuk lalu di anginkan agar kering secara alami. Sebab pemakaian hairdryer bisa membuat rambut rusak dan cepat patah.

Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu agar rambut lurus yang diinginkan cepat terwujud. Lakukan dengan teratur agar hasil yang dicapai maksimal.


Memakai Susu Dan Telur

Susu dan telur adalah bahan alami yang tidak hanya dipakai untuk merawat kulit saja, sebab kedua bahan super alami ini juga bisa dipakai untuk meluruskan rambut. Caranya yaitu dengan mencampur susu dan telur menjadi masker rambut.

Cara membuat masker rambut dari susu dan telur yaitu sebagai berikut :

  1. Sediakan satu hingga tiga butir telur dan ambil putih telurnya saja.
  2. Kemudian masukkan dua hingga tiga cangkir susu putih yang tidak mengandung bahan gula atau pemanis ke dalam putih telur tersebut.
  3. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur dengan rata.
  4. Selanjutnya lapisi tangan Anda menggunakan sarung plastik atau karet, jika sudah oleskan masker dari susu dan telur tadi ke rambut sampai merata.
  5. Biarkan selama 15 sampai 20 menit
  6. Bungkus rambut Anda menggunakan shower cap atau topi mandi

Anda bisa memakai masker rambut ini secara rutin setelah mandi. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat menggunakannya dua kali seminggu.


Menggunakan Santan dan Jeruk Nipis

Santan dan jeruk nipis apabila dicampurkan juga akan menjadi ramuan yang mampu meluruskan rambut dengan cepat. Caranya Anda siapkan perasan jeruk nipis dan santan kelapa.

Kemudian campur keduanya hingga rata dan ratakan pada rambut. Biarkan ramuan ini kering dan bersihkan dengan air sampai bersih, atau Anda bisa membersihkannya dengan cara keramas.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya Anda lakukan cara ini dua kali seminggu. Dan sebaiknya jangan terlalu sering sebab bisa mengganggu produksi minyak alami yang terdapat di rambut Anda.


Meluruskan Rambut Memakai Minyak Kedelai

meluruskan rambut dengan cara alami

Minyak kedelai ternyata juga bisa menjadi alternatif untuk meluruskan rambut secara alami tanpa rebonding. Minyak kedelai juga mengandung  nutrisi sangat baik, sehingga mampu merawat serta menjaga kesehatan rambut.

Minyak kedelai selain untuk memasak memang dipercaya bisa meluruskan rambut dengan cepat. Minyak ini adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin meluruskan rambut, untuk memakainya juga sangat mudah.

Anda hanya cukup mengoleskan minyak kedelai ke rambut secara tipis-tipis saja kemudian biarkan hingga kering. Jika sudah kering, Anda bisa keramas sampai bersih.


Memakai Telur dan Yoghurt

Yoghurt serta telur adalah paduan yang pas sekali guna  membuat rambut Anda tampak indah dan lurus. Kedua bahan ini memang sangat ampuh menjadi masker rambut yang berkhasiat menjadikan rambut Anda tetap lurus.

Meski telur baunya amis, namun baunya tersebut akan hilang setelah ditambahkan dengan yoghurt.

Cara membuat masker rambut dari kedua bahan ini yaitu, siapkan telur dan yoghurt. Kemudian campurkan keduanya hingga kental dan merata. Lalu oleskan secara merata ke rambut dan biarkan selama setengah jam hingga satu jam. Jika sudah, bersihkan rambut Anda dengan keramas sampai benar-benar bersih.

baca juga


Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak atau yang dikenal dengan minyak katsor adalah minyak yang bermanfaat untuk kecantikan. Minyak ini ternyata juga bisa membantu untuk meluruskan rambut yang ikal.

Cara membuat minyak jarak sebagai ramuan pelurus rambut yaitu siapkan minyak jarak secukupnya kemudian panaskan. Selagi masih hangat, oleskan minyak jarak tersebut ke kulit kepala secara merata dan menyeluruh. Lakukan pijatan-pijatan kecil ke kepala Anda selama beberapa saat.

Selanjutnya bungkus rambut Anda menggunakan handuk yang telah direndam pada air hangat. Lakukan cara ini selama 30 menit lalu cuci rambut Anda sampai bersih. Anda bisa melakukan cara ini dengan teratur seminggu sekali supaya rambut lurus cepat didapat.

Selain itu, Anda juga bisa mencampur minyak jarak dengan minyak minyak kedelai untuk meluruskan rambut. Caranya siapkan mangkok dan masukkan satu sendok minyak kelapa serta satu sendok minyak jarak.

Aduk hingga merata dan panaskan campuran minyak tersebut. Setelah dingin, maka ratakan ke kulit kepala hingga ujung rambut. Lalu pijat-pijat kulit kepala Anda dengan perlahan dan lembut. Biarkan selama setengah jam, kemudian bersihkan rambut Anda dengan cara keramas.


Meluruskan Rambut dengan Pepaya dan Pisang

rambut ikal vs lurus

Pisang dan pepaya jika disatukan akan menjadi ramuan penghalus rambut paling manjur. Cara membuat ramuan dari kedua bahan ini sangatlah mudah. Sediakan buah pisang dan buah pepaya yang sudah masak, selanjutnya blender hingga halus kedua bahan ini sampai rata.

Jika sudah, ambil dan ratakan ke rambut sampai merata dan menyeluruh. Biarkan selama satu jam, barulah Anda bersihkan menggunakan air atau keramas hingga bersih.

Atau Anda bisa menggunakan langkah pembuatan yang berikut ini :

  1. Siapkan mangkuk sedang yang bersih
  2. Ambil daging buah pisang dan pepaya yang sudah matang kemudian masukkan ke dalam mangkok tadi
  3. Tumbuk keduanya hingga halus dan aduk hingga rata
  4. Masukkan satu sendok harga madu murni lalu aduk lagi hingga rata menggunakan sarung tangan plastik
  5. Ratakan pada kulit dan rambut kepala Anda kemudian tunggulah hingga keriang
  6. Cuci rambut Anda atau keramaslah menggunakan sampo
  7. Jika sudah bilas lagi dan pakailah conditioner
  8. Biarkan rambut Anda kering secara alami

Cara yang satu ini sangat efektif sekali untuk membuat rambut Anda cepat lurus. Selain itu, rambut Anda juga akan sehat dan terhindar dari kerusakan.


Menggunakan Daun Seledri

Daun seledri memang selalu dipercaya mampu membuat rambut tampak hitam dan juga sehat. Selain itu, manfaat seledri juga bisa membantu meluruskan rambut. Cara membuatnya sangat mudah, sediakan beberapa seledri kemudian blender dengan satu sendok air.

Ratakan seledri pada rambut dan diamkan selama beberapa jam. Jika sudah bersihkan rambut Anda dengan cara keramas.


Itulah beberapa cara meluruskan rambut dengan mudah tanpa perlu melakukan rebonding. Memang tidah mudah untuk mendapatkan rambut lurus permanen, Anda harus melakukan cara-cara di atas secara rutin agar hasilnya maksimal.