sugar glider mandi

Cara Memandikan Sugar Glider dengan Benar

sugar glider mandi
Sugar glider setelah dimandikan via cara.pro

Cara memandikan Sugar Glider – Sugar Glider adalah binatang mamalia yang masuk dalam kategori binatang noktunal, binatang yang aktif di malam hari. Termasuk binatang marsupial, binatang berkantung, sebangsa dengan kangguru. Sugar glider sangat lucu, imut, pintar dan menggemaskan, membuatnya banyak dijadikan bianatang peliharaan seperti kucing/hamster. Lebih lengkap cek di binatang sugar glider.

Sugar glider juga termasuk binatang omnivora, pemakan segala. Makanan sugar gider bisa berupa serangga kecil, nektar, buah-buahan, sereal juga vitamin khusus sugar glider. Banyak orang yang berniat ternak sugar glider dikarenan makanan yang mudah didapat dan terjangkau, di samping keuntungan yang di dapat tidak sedikit.

sugar glider makan dengan santa
sugar glider joey makan dengan santai www.pets-lover.com

Ketika memelihara sugar glider seringkali bulu sugar glider beralih warna menjadi kuning kusam dan kotor. Kamu bisa membersihkan bulu sugar glider kembali berwarana abu-abu cerah sama ketika bayi, atau terkadang sugar glider mengeluarkan bau yang tidak sewajarnya, keduanya bisa diatasi dengan cara memandikannya. disini kita jabarkan cara memandikan sugar glider dengan benar.

Sugar glider tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan lain semisal kucing, bahkan sugar glider bisa dibilang lebih bersih, mereka membersihkan dirinya dengan menyisir dan menjilati tubuhnya, namun adakalanya noda dan kotoran yang menempel di bulu atau tubuh sugar glider tidak bisa di bersihkan sendiri, jika terjadi hal seperti itu kamu bisa memandikan sugar glider.

Aturan yang perlu diperhatikan

  1. Yang pertama adalah sugar glider tidak perlu sering mandi bahkan sebenarnya sama sekali tidak perlu, karena sugar glider mempunyai aroma khas mereka sendiri yang membuat pemiliknya mengira itu karena kotor. Sebenarnya itu aroma khas dari sugar glider.
    sugar glider
    sugar glider keluar dari kantung via flickr.com
  2. Sugar glider adalah hewan yang bersih, mereka menghabiskan banyak waktunya untuk merawat diri sendiri. tentunya judul cara memandikan sugar glider disini bukan berarti mandi layaknya kita memandikan kucing. Sugar glider termasuk binatang yang tidak suka mandi. Berhati-hatilah ketika memandikanya sebab bisa merusak kepercayaan Sugar Glider kepada tuannya.
    sugar glider anakan
    sugar glider anakan (joey) via flickr.com
  3. Sugar glider binatang yang sangat sensitif terhadap bahan kimia. Hindari pengunaan sampo yang berbahaya, sebaiknya gunakan sampo untuk bayi. Ketika memandikan sugar glider pastikan kondisi sugar glider sedang sehat dan tidak ada tanda sakit. Sugar glider yang akan dimandikan adalah sugar glider yang sudah jinak. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Peratalatan yang dipersiapkan

ternak sugar gider
sugar gider via ingonan.com

Sampo, jangan mempergunakan sampo pada umumnya, gunakan sampo khusus yang sudah diformulasikan untuk sugar glider. atau jika tidak ada gunakan sampo bayi, atau sampo kucing. Persiapkan juga handuk kering untuk mengeringkan dan menghangatkan tubuh sugar glider. kamu juga bisa menggunakan tisu basah non alkohol sebagai pengganti air.

Langkah langkah dan cara memandikan sugar glider

  1. Keluarkan sugar glider dari kandang, masukkan kedalam kantung (pouch) khusus Sugar Glider, atau cari waktu ketika Sugar Glider sedang bermain di luar dan kandang dalam keadaan kosong.
  2. Bersihkan kandang, karena seringkali penyebab timbulnya bau tak sedap dan terjadinya perubahan warna pada bulu Sugar Glider karena kita kurang menjaga kebersihan kandang sugar glider, yang membuat pengap dan Sugar Glider menjadi tidak bersih. Membersihkan kandang bertujuan ketika selesai dimandikan sugar glider bisa segera menempati tempat bersih dan nyaman setelah mandi tanpa kuatir bau lagi.
    sugar glider tertidur
    sugar glider tertidur pulas via azulzula.blogspot.com
  3. Pegang sugar glider jangan dibiarkan lari atau terperosok masuk kedalam air, karena sugar glider tidak bisa berenang.
  4. Cara memandikan sugar glider bisa menggunakan sampo bayi atau sampo kucing, untuk membersihkan warna bulu sugar glider adalah dengan memandikannya menggunakan sampo bayi yang aman jika megenai mata, atau pergunakan sampo kucing. Pengunaan sampo untuk memandikan Sugar Glider hanya boleh ketika Sugar Glider sudah berumur dan menginjak usia dewasa. Karena Sugar Glider bayi (joey) sangat rentan dengan kedinginan.
    sugar glider kecil lucu
    sugar glider kecil lucu via hello-pet.com
  5. Cara memandikan Sugar Glider kedua bisa menggunakan cairan pembersih khusus untu Sugar Glider yang tersedia di toko-toko Sugar Glider, tersediaa juga di marketplace jual beli online. Dan cara ini sangat tidak cocok dilakukan untuk jangka panjang. Jangan mempergunakan cairan ini ketika bulu Sugar Glider tidak benar-benar kotor.
  6. Cara memandikan Sugar Glider bisa juga menggunakan lap atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat, bisa juga menggunakan tisu basah non alkohol. Dengan cara ini tidak bisa serta merta bulu Sugar glider terlihat cerah, butuh beberapa minggu sampai hitungan bulan untuk bisa membersihkan bulu Sugar Glider dengan cara ini. Dan cara inilah yang paling aman.
    sugar glider meringkuk
    temapat aman sugar glider via flickr.com
  7. Kamu juga bisa menggunakan semprotan kaca yang telah diganti airnya dengan intensitas air kecil, seperti ketika orang memandikan burung dengan intensitas air kecil.
  8. Usap perlahan bulu sugar glider dengan handuk atau tisu basah tersebut hingga bulu sugar glider terlihat basah dan kotoran yang menempel telah hilang.
  9. Sebelum dimasukkan ke kandang, ajak sugar glider bermain terlebih dahulu agar badan sugar glider mengering.
sugar glider tidur dalam kantung
sugar glider dalam kantong via flicker.com

Sangat disarankan hanya menggunakan handuk basah atau tisu basah non alkohol untuk memandikan sugar glider. Karena pada dasarnya hanya manusialah yang menggunakan shampo dan kondisioner serta sabun, itu yang membuat kita berpikir bahwa hewan yang kita pelihara perlu mandi juga.

Tetapi hal ini tidak berlaku untuk sugar glider, karena sugar glider memiliki bulu yang padat dan tebal yang telah dikondisikan dengan baik oleh minyak alami dari SG, disamping itu bulu sugar glider jika dimandikan dan dicuci menggunakan sabun akan sulit kering. Karenanya sangat disarankan hanya pergunakan tisu basah non alkohol atau handuk yang sudah dicelup dengan air hangat.

sugar glider tertidur dalam pouch
sugar glider tidur via flickr.com

Air sabun atau shampo mengandung bahan kimia yang mengandung cairan pembersih didalamnya menyebabkan minyak alami sugar glider hilang. Sangat dilarang menggunakan hair dryer/pengering rambut untuk mengeringkan badan Sugar Glider. karena panas dari Hairdryer dapat membakar bagian tubuh Sugar Glider semisal telinganya, yang akan menyebabkan sugar glider kesakitan.

Demikian cara memandikan sugar glider, dan hal hal yang harus kamu ketahui sebelum memandikan sugar glider, semoga bermanfaat. Silahkan bertanya jika kurang jelas. Terima kasih.

Leave a Comment