sugar glider mandi

Cara Memandikan Sugar Glider dengan Benar

sugar glider mandi
Sugar glider setelah dimandikan via cara.pro

Cara memandikan Sugar Glider – Sugar Glider adalah binatang mamalia yang masuk dalam kategori binatang noktunal, binatang yang aktif di malam hari. Termasuk binatang marsupial, binatang berkantung, sebangsa dengan kangguru. Sugar glider sangat lucu, imut, pintar dan menggemaskan, membuatnya banyak dijadikan bianatang peliharaan seperti kucing/hamster. Lebih lengkap cek di binatang sugar glider.

  1. Keluarkan sugar glider dari kandang, masukkan kedalam kantung (pouch) khusus Sugar Glider, atau cari waktu ketika Sugar Glider sedang bermain di luar dan kandang dalam keadaan kosong.
  2. Bersihkan kandang, karena seringkali penyebab timbulnya bau tak sedap dan terjadinya perubahan warna pada bulu Sugar Glider karena kita kurang menjaga kebersihan kandang sugar glider, yang membuat pengap dan Sugar Glider menjadi tidak bersih. Membersihkan kandang bertujuan ketika selesai dimandikan sugar glider bisa segera menempati tempat bersih dan nyaman setelah mandi tanpa kuatir bau lagi.
    sugar glider tertidur
    sugar glider tertidur pulas via azulzula.blogspot.com
  3. Pegang sugar glider jangan dibiarkan lari atau terperosok masuk kedalam air, karena sugar glider tidak bisa berenang.
  4. Cara memandikan sugar glider bisa menggunakan sampo bayi atau sampo kucing, untuk membersihkan warna bulu sugar glider adalah dengan memandikannya menggunakan sampo bayi yang aman jika megenai mata, atau pergunakan sampo kucing. Pengunaan sampo untuk memandikan Sugar Glider hanya boleh ketika Sugar Glider sudah berumur dan menginjak usia dewasa. Karena Sugar Glider bayi (joey) sangat rentan dengan kedinginan.
    sugar glider kecil lucu
    sugar glider kecil lucu via hello-pet.com
  5. Cara memandikan Sugar Glider kedua bisa menggunakan cairan pembersih khusus untu Sugar Glider yang tersedia di toko-toko Sugar Glider, tersediaa juga di marketplace jual beli online. Dan cara ini sangat tidak cocok dilakukan untuk jangka panjang. Jangan mempergunakan cairan ini ketika bulu Sugar Glider tidak benar-benar kotor.
  6. Cara memandikan Sugar Glider bisa juga menggunakan lap atau handuk yang telah dibasahi dengan air hangat, bisa juga menggunakan tisu basah non alkohol. Dengan cara ini tidak bisa serta merta bulu Sugar glider terlihat cerah, butuh beberapa minggu sampai hitungan bulan untuk bisa membersihkan bulu Sugar Glider dengan cara ini. Dan cara inilah yang paling aman.
    sugar glider meringkuk
    temapat aman sugar glider via flickr.com
  7. Kamu juga bisa menggunakan semprotan kaca yang telah diganti airnya dengan intensitas air kecil, seperti ketika orang memandikan burung dengan intensitas air kecil.
  8. Usap perlahan bulu sugar glider dengan handuk atau tisu basah tersebut hingga bulu sugar glider terlihat basah dan kotoran yang menempel telah hilang.
  9. Sebelum dimasukkan ke kandang, ajak sugar glider bermain terlebih dahulu agar badan sugar glider mengering.
sugar glider tidur dalam kantung
sugar glider dalam kantong via flicker.com

Sangat disarankan hanya menggunakan handuk basah atau tisu basah non alkohol untuk memandikan sugar glider. Karena pada dasarnya hanya manusialah yang menggunakan shampo dan kondisioner serta sabun, itu yang membuat kita berpikir bahwa hewan yang kita pelihara perlu mandi juga.

Tetapi hal ini tidak berlaku untuk sugar glider, karena sugar glider memiliki bulu yang padat dan tebal yang telah dikondisikan dengan baik oleh minyak alami dari SG, disamping itu bulu sugar glider jika dimandikan dan dicuci menggunakan sabun akan sulit kering. Karenanya sangat disarankan hanya pergunakan tisu basah non alkohol atau handuk yang sudah dicelup dengan air hangat.

sugar glider tertidur dalam pouch
sugar glider tidur via flickr.com

Air sabun atau shampo mengandung bahan kimia yang mengandung cairan pembersih didalamnya menyebabkan minyak alami sugar glider hilang. Sangat dilarang menggunakan hair dryer/pengering rambut untuk mengeringkan badan Sugar Glider. karena panas dari Hairdryer dapat membakar bagian tubuh Sugar Glider semisal telinganya, yang akan menyebabkan sugar glider kesakitan.

Demikian cara memandikan sugar glider, dan hal hal yang harus kamu ketahui sebelum memandikan sugar glider, semoga bermanfaat. Silahkan bertanya jika kurang jelas. Terima kasih.

Leave a Comment