Yuk Ikuti, 7 Cara Mudah Membuat Aquarium Ikan untuk Pemula!

Apakah kamu ingin suasana rumah menjadi segar? Tidak hanya dengan memberikan elemen berupa natural saja, tapi cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempunyai hewan peliharaan, atau tepatnya memelihara ikan di akuarium ikan.

Sayang, semua orang tidak berhasil membuat akuarium ikan menjadi terlihat indah. Berbagai jenis permasalahan pun muncul mulai dari, akuarium sering berlumut dan kotor dalam waktu dekat atau ikan tidak bisa hidup terlalu lama.

Padahal cara untuk mewujudkan dan merawat akuarium sebenarnya tidak begitu sulit. Mau tau apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat akuarium? Langsung saja yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan ikan

aquarium tampak dari atas
Sumber: dekoruma

Pada saat kamu memulai membuat akuarium, mempunyai akuarium saja tidak cukup. Kamu juga harus mempunyai peralatan untuk kehidupan di bawah air laut seperti aslinya, agar semua ikan terawat dan hidup.

Persiapan penyaring air juga harus lengkap contohnya seperti penawar racun dalam air, thermometer, dan penghangat air. Tidak lupa juga tambahkan aerator dan lampu  untuk selalu bisa menjaga oksigen dalam air.

2.  Menyiapkan tempat untuk menaruh akuarium

meja untuk tempat aquarium
Sumber: google

Selain memikirkan posisi untuk akuarium di dalam rumah, kamu juga harus memperhatikan akses untuk menambah air dan membuang air. Itu semua dilakukan agar kamu tidak terlalu repot menguras air atau mengganti air akuarium.

Tidak hanya itu juga, kamu harus pastikan akuarium berada di posisi yang mendapatkan akses saklar yang cukup untuk menjalankan berbagai alat akuarium.

3.  Memasukan alas untuk akuarium

alat untuk aquarium
Sumber: dekoruma

Sebelum kamu memulai menata akuarium pastinya kamu juga tau kalau akuarium membutuhkan alas. Alas akuarium bisa berbagai macam jenis. Bagi kamu yang hanya ingin mengisi dengan dekorasi hiasan plastik dan ikan saja, kamu hanya perlu menggunakan batu hias akuarium.

Tapi bagi kamu yang ingin tumbuhan air, pasir malang adalah salah satu alas yang cocok untuk akuarium. Fungsi alas adalah tempat berkembangnya bakteri baik yang akan membunuh racun dalam air.

4.  Dekorasi akuarium

dekorasi dalam aquarium
Sumber: APKpure

Selain alas, kamu harus mendekor akuarium dengan berbagai macam dekorasi. Bagi pemula, cukup menggunakan dekorasi buatan seperti batu-batuan dan tanaman plastic. Tapi kamu juga bisa menggunakan tanaman hidup sebagai dekorasinya. Hanya saja tanaman air harus dirawat lebih rutin.

5.  Memasang instalasi penunjang

menambah lampu untuk mempercantik aquarium
Sumber: dekoruma

Setelah selesai mendekorasi akuarium dengan sempurna, saatnya kamu pasang alat instalasi penunjang seperti lampu, aerator dan filter air. Kamu juga harus mengikuti semua petunjuk dan cara memasangnya agar alat tersebut dapat berguna dengan baik dan terhindar dari korslet listrik di akuarium

6.  Memasukan saringan air serta air yang sudah disterilkan

instalasi filter air dengan baik
thedailyattack.com

Selanjutnya masukan air ke dalam akuarium yang sudah diberikan alat penunjang dan sudah didekorasi. Kamu juga harus memasukan air perlahan lahan agar tidak merusak semua dekorasi dan alat yang sudah kamu pasang.

Ketika air sudah penuh, aktifkan semua alat dan biarkan air tersaring selama beberapa saat agar membuang semua racun di dalam air. Dan hal yang paling harus di ingat, kamu harus tambahkan beberapa tetes obat air agar membuat air lebih cocok untuk ikan.

7.   Masukan semua ikan yang ingin kamu taruh di akuarium

ikan di dalam aquarium
seatechaquariums.com

Setelah air didiamkan selama sehari, akuarium ini sudah bisa di gunakan untuk ikan. Masukan ikan secara perlahan lahan agar ikan bisa beradaptasi dengan air di dalam akuarium.

Nah, tidak sulit kan untuk membuat akuarium sendiri? Yuk, langsung saja praktekan cara-cara di atas agar rumah kamu terlihat lebih segar tanpa harus repot memiliki tumbuhan hidup. Semoga apa yang baru kami bahas diatas bisa bermanfaat bagi kalian semua!