memberi makan ikan mas koki

Cara Membuat Pakan Ikan Lele agar Cepat Besar

memberi makan ikan mas koki
memberi makan ikan via blog.daum.net

Cara Membuat Pakan Ikan Lele agar Cepat Besar – Ketika membudidayakan ikan tentunya peternak menginginkan dan mendambakan ikan tumbuh besar serta gemuk. Hal yang paling menentukan dalam penggemukan adalah pakan ikan. Kamu bisa menggunakan pakan alami berupa tanaman azolla microphylla atau pakan ikan berupa pelet, pelet bisa pilih yang terapung atau pelet tenggelam, pelet terapung untuk ikan yang beraktifitas di permukaan air, untuk pelet tenggelam tentunya untuk ikan yang beraktifitas di dasar perairan.

Pakan ikan buatan, pelet ini biasanya diproduksi secara besar-besaran oleh pabrik pembuat pelet. Palet menjadi sumber protein utama bagi ikan. Yang menjadi kendala saat in harga pelet semakin hari semakin tinggi, membuat petani ikan perlu mencari cara mengurangi pengeluaran dalam hal pakan ikan. Salah satunya yaitu membuat sendiri pelet. Disini nanti kita akan coba jelaskan cara membuat pakan ikan sendiri.

cara membuat makanan ikan
pelet via flickr.com

Membuat pakan ikan tidaklah sulit, pembuatan pakan ikan sendiri juga akan menghemat biaya dalam memelihara ikan, untuk membuatnya tidak diperlukan keahlian khusus. Semua bahan dapat untuk pembuatan pakan ini dapat dicari di toko atau swalayan terdekat dengan mudah. Kita akan fokuskan cara membuat pakan lele buatan sendiri.

Kandungan Nutrisi Pakan Ikan

nutrisi hewani
setiap bahan makanan mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda via beautifulfani.wordpress.com

Sebelum membuat pakan ikan, kita wajib megetahui kandungan nutrisi yang sesuai untuk ikan yang kita budidayakan. Pakan yang berkualitas tentunya mempunyai nutrisi lengkap dan seimbang, diharuskan mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan ikan yang kita pelihara. Terlebih jenis ikan karnivora semacam lele membutuhkan protein yang tinggi, lebih dari 35% dari pakan ikan.

Protein

Protein adalah senyawa organik majemuk yang tersusun dari banyak asam amino, bisa berasal dari tumbuhan maupun hewan. Protein nabati/tumbuhan biasanya lebih sulit dicerna ikan karena terhalang oleh selulosa, kandungannya pun kurang lengkap sehingga perlu ditambahi protein hewani.

Protein menjadi unsur yang paling penting dalam pakan ikan, mempunyai fungsi utama sebagai pembangun jaringan tubuh hasil dari metabolisme ikan, juga berperan penting dalam reproduksi, mengganti jaringan tubuh yang rusak, menjadi komponen utama penyusun hormon dan enzim. Protein juga berperan dalam proses metabolisme ikan.

Lemak

Lemak berfungsi sebagai sumber energi, membatu daya apung ikan ke permukaan air. Kandungan lemak yang baik berkisar 16% dari pakan ikan. Pakan yang terlalu banyak mengandung lemak tidak baik untuk kesehatan ikan. Kandungan lemak yang banyak pada pakan juga menyebabkan mudah teroksidasi, sehingga baunya tidak enak.

Karbohidrat

Karbohidrat pada pakan menjadi sumber energi bagi ikan, bisa digunakan secara langsung sebagai sumber energi. Ikan herbivora semacam Gurami, Tawes, dan nilem membutuhkan karbohidrat banyak dibandingkan dengan ikan jenis omnivora maupun karnivora. Kebutuhan karbohidrat dari ikan karnivora 20%, Herbivora 40%, Omnivora 35% dari pakan ikan tersebut.

Vitamin

Vitamin sejatinya merupakan senyawa esensial yang hanya bisa dipenuhi dari luar tubuh ikan, ikan tidak bisa memproduksi vitamin sendiri. jadi ditambahkan dalam pakan ikan. Ikan yang makan pakan alami akan memperoleh semua unsur nutrisi termasuk didalamnya terdapat vitamin. Berfungsi untuk mempertahankan kondisi dan daya tahan tubuh. Kebutuhan akan vitamin menurun seiring dengan pertumbuhan besar ikan.

Mineral

Mineral dibutuhkan ikan dalam jumlah sedikit, namun sangat penting. Mineral pada ikan berfungsi dalam proses metabolisme dan pembentukan jaringan. Berperan dalam fungsi pernafasan dan fungsi pembentukan tulang, gigi dan sisik.

protein sangat dibutuhkan dalam pembuatan makanan ikan
protein yang terkandung dalam makanan via suppsislife.com

Semua kandungan diatas harus terdapat pada pakan ikan yang akan kita buat. Semua itu agar kita bisa memanen lele dengan kualitas tinggi. Diantara pakan ikan yang bisa dibuat sendiri adalah pakan pelet, pakan alternatif pengganti pelet, juga pakan lele tambahan.

Cara membuat pakan ikan pelet

berbagai macam ukuran pelet yang bisa kita buat
berbagai macam ukuran pelet via databati.wordpress.com

Pelet merupakan makan buatan untuk ikan yang digunakan untuk menambah nutrisi agar dapat berkembang maksimal. Dalam pembuatan pelet harus memiliki kandungan protein, lemak dan serat yang seimbang dan sesuai untuk perkembangan ikan. Ikan yang berusia 1-3 bulan membutuhkan protein 35-50% dan usia diatas 4 bulan ke atas memerlukan protein 25-40%.

Syarat utama pelet buatan harus mengandung gizi tinggi, mudah diolah dan tidak mengandung racun, mudah diperoleh, harga terjangkau. Pelet biasa dibuat dengan bahan dedak atau bekatul, keong mas, ikan asin BS Super, daun pepaya, vitamin, konsentrat, ragi tempe. Berikut cara membuatnya.

  1. Ambil dedak, keong emas, vitamin, konsentrat dicampur menjadi satu dan aduk merata, kemudian ditambahkan dengan ragi tempe sebanyak 3 sdm atau 125 gram. Aduk perlahan dan merata.
  2. Tutup adonan tersebut dengan rapat, diamkan semalaman agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan baik.
  3. Pagi harinya, adonan fermentasi yang sudah didiamkan semalam dicampur dengan ikan asin dan daun pepaya yang telah digiling terlebih dahulu. Kemudian aduk merata.
  4. Siapkan pencetak pelet, dan masukkan adonan. Pelet yang dihasilkan dipotong-potong berkisar maksimal 1,5 cm, kemudian keringkan.
  5. Pelet tersebut kemudian dijemur hingga kering dengan menggunakan wadah yang lebar agar bisa kering semua, jemur dibawah sinar matahari langsung.
  6. Pelet yang sudah kering ditempatkan di kantong plastik agar kedap air, kemudian simpan di dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara baik.
pelet sebagai makanan pokok ikan
pelet untuk pakan ikan via flickr.com

Jika ingin membuat pakan dengan sekala besar, maka harus menggandakan sesuai perbandingan bahan. Untuk pelet dengan bahan baku lain silahkan dicoba sendiri dengan cara yang sama. Kamu bisa juga menggunakan cacing tanah sebagai bahan baku. Dengan cara menjemur cacing segar diatas seng selama 24 jam dengan suhu berkisar 32-35 derajat celcius. Setelah kering kemudian digiling menjadi tepung.

Pelet bahan cacing dibuat dengan diaduk menjadi satu kemudian ditambah air hangat sampai kenyal, jangan terlalu banyak air. Pencetakan adonan menggunakan mesin penggiling daging/mesin pencetak mie hingga menyerupai mie. Potong kecil-kecil berkisar 0.5 cm kemudian dijemur dan pelet disimpan siap dipakai.

Cara membuat pakan ikan lele alternatif

Cara lain membuat pakan ikan adalah dengan membuat sendiri pakan ikan selain pelet tetapi dengan kandungan yang sama. Dikarenakan tepung ikan mahal kita bisa membuat pakan ikan dengan mencampur bahan – bahan lain dengan kandungan protein sama. Pakan lele alternatif dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan standar ikan lele untuk tumbuh dan berkembang. Yang menjadi bahan acuan alternatif bahan adalah kandungan protein yang ada. Berikut berbagai bahan beserta kandungannya.

kandunagan pakan ikan
bahan pakan ikan via jempolkaki.com

Hitung dengan teliti kandungan protein yang akan kita hasilkan dari membuat pakan tersebut. Minimal kandungan protein yang tersedia di pakan sebesar 30%. Untuk memperkaya kandungan nutrisi kita bisa menambahkan dengan berbagai vitamin ikan yang sudah tersedia di pasaran.

Cara membuat pakan ikan lele tambahan

Membuat pakan ikan tambahan ini hanya bertujuan melengkapi dari pemberian pakan utama. Takaran nutrisi pada pakan ikan tambahan tidak bisa diukur dengan tepat. Namun kandungan pakan ikan ini masih bisa dikira-kira. Pemberian pakan ikan tambahan dalam budidaya ikan lele misalnya, bisa menekan biaya pengeluaran pakan. Sehingga peternak bisa menikmati keuntungan yang lebih besar.

Keong emas atau bekicot

keong mas sebagai alternatif makanan ikan
keong emas sebagai alternatif makanan ikan via plus.google.com

Keong emas merupakan hama bagi petani padi. Kita bisa memanfaatkan keong emas yang kaya protein ini untuk pakan ikan tambahan. Keong emas terbilang mudah untuk dicari, biasanya di daerah persawahan. Cara mengumpulkannya pun tidaklah sulit. Kamu bisa pasang plang, terima keong emas, nego dikit, bayar, keong emas siap dipakai.

Keong tidak diberikan secara langsung, rebus terlebih dahulu dalam air mendidih selama beberapa menit. Agar daging tidak keras, memudahkan melepas cangkang dan membunuh penyakit atau kuman jika ada. Selesai direbus lepaskan cangkang deng dicukil menggunakan garpu, kemudian di dinginkan dan dicincang kecil-kecil, keong siap dijadikan pakan ikan.

Belatung

belatung bisa digunakan sebagai pakan lele alternatif
belatung sebagai pakan lele tambahan via 1.bp.blogspot.com

Belatung (manggot) merupakan sumber protein yang baik buat ikan. Belatung dihasilkan dari lalat, mempunyai kandungan protein kasar mencapai 40%. Untuk membiakkan belatung ini cukup dengan menyediakan, daun pisang, ampas tahu, sisa ikan asin bisa juga dengan menambahkan kotoran ayam.

Masukkan semua bahan kedalam ember, tambahkan air bersih secukupnya aduk hingga rata, tambahkan ikan asin dan kotoran ayam. Kemudian tutup permukaannya dengan daun pisang kering. Tempatkan ember ditempat teduh dan terlindung dari air hujan.

Setelah kurang lebih tiga minggu belatung bisa dipanen. Tambahkan air kedalam ember, belatung akan mengambang kemudian saring belatungnya. Jangan terlalu lama menyimpan belatung segar karena bisa berubah menjadi lalat.

Ikan rucah

pakan ikan tambahan
pakan ikan tambahan berupa ikan curah via carabudidayaikann.blogspot.co.id

Untuk peternak ikan yang berlokasi dekat dengan tempat pelelangan ikan, opsi pakan tambahan ikan rucah ini bisa menjadi pilihan efektif. Ikan rucah atau ikan sisa tangkapan yang kecil-kecil yang tidak dikonsumsi manusia biasanya dijual dengan harga murah, ikan ini bisa dimanfaatkan untuk pakan tambahan, dengan cara dicincang dan diberikan pada lele.

Limbah peternakan unggas

ayam mati bisa untuk pakan ikan
unggas mati yang bisa dijadikan pakan ikan via www.berita8.com

Untuk peternak ikan yang berlokasi di dekat peternakan unggas (ayam ataupun puyuh) Peternakan unggas biasanya menghasilkan limbah berupa unggas mati dalam jumlah yang kontinyue. Limbah ini yang bisa kita manfaatkan untuk pakan lele sebagai hewan peliharaan.

Bangkai unggas tidak bisa diberikan begitu saja. Bulu bangkai dibersihkan dengan cara direbus, untuk membunuh bibit penyakit yang mungkin terkandung dalam bangkai. Setelahnya biarkan dingin terlebih dahulu. Masukkan bangkai ikan kedalam kolam hari itu juga dengan cara digantung dengan tali. Setelah habis angkat kerangka sisa kemudian dibuang, jangan sampai menjadi residu di dalam kolam.

Demikian cara membuat pakan ikan lele. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Cara Membuat Pakan Ikan Lele agar Cepat Besar

  1. Takaran ukuranny kira kira brapa? Bahan bahan yang harus disedikan buat 1sendok ragi tempey gan???

  2. Ijin share info berguna min : Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok. Harga Rp. 2800 bahan kulit kering, Rp. 3500 tepung. Cod lokasi/ loco gudang. PM. Hub : 08987300699/ WA

Leave a Comment