Advertisements

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Simpel, Baik dan Benar

Lamaran pekerjaan merupakan salah satu komponen penting jika anda sedang mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan dan diterima pada sebuah perusahaan yang populer dan ternama memang menjadi cita-cita dari siapa saja yang sedang berusaha untuk mencari pekerjaan.

Namun kadang kala para pelamar kerja sama sekali tidak mengetahui bagaimana cara membuat lamaran kerja yang bagus. Tujuannya tentu untuk mendapatkan pekerjaan impian. Sehingga pekerjaan impian bisa segera dimiliki jika anda mengetahui bagaimana membuat lamaran kerja anda membawa impian bekerja pada perusahaan bonafide bisa segera anda miliki. Nominal gaji impian juga bisa anda peroleh dengan mudah jika lamaran kerja anda buat dengan cara yang benar.

Nah, bagi yang ingin mencari pekerjaan impian ada cara membuat lamaran kerja anda membawa pada kesuksesan memperoleh pekerjaan dambaan anda. Berikut caranya:

Baca dengan teliti persyaratan yang dibutuhkan

Membaca persayaratan sangat penting untuk anda yang ingin segera mendapatkan pekerjaan impian. Jika anda tidak membaca persyaratan dengan teliti maka kemungkinan lamaran pekerjaan anda akan ditolak karena tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang anda incar.

Jadi setiap kali anda akan membuat sebuah lamaran kerja maka mengetahui dan membaca detail persyaratan menjasi salah satu yang wajib anda kerjakan sebelum menulis lamaran kerja.

Usahakan jika anda membuat lamaran kerja gunakan bahasa yang baku

Hindari penggunaan kata-kata gaul yang tidak diketahui oleh perekrut. Penggunaan tata bahasa baku dan resmi harus anda lakukan. Sebab anda akan bekerja pada sebuah perusahaan profesional dan resmi. Jika anda sama sekali tidak menggunakan bahasa baku, jangan pernah berharap jika anda akan segera diterima pada perusahaan impian anda.

Perhatikan gambar dibawah ini

susunan cara membuat surat lamaran kerja

Susunan urutan membuat surat lamaran kerja

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran
  2. Kepada Yth. Nama, Gelar, Pangkat / Nama perusahaan dan Alamat lengkap perusahaan
  3. Assalamu’alaikum / salam hormat,
  4. Pembuakaan / Kata Pengantar
  5. Biodata singkat
  6. Pengalaman kerja sebelumnya
  7. Lampiran fotocopy surat2 terkait
  8. Penutupan (ucapan terimakasih)
  9. Hormat saya, nama lengkap & tanda tangan

Selain itu jangan juga membuat lamaran pekerjaan yang terlalu bertele-tele. Usahakan buat lamaran kerja dengan bahasa yang singkat, padat dan juga jelas untuk membuat perusahaan bisa melihat potensi dan juga kepribadian anda serta yang paling penting profesionalitas anda.

Cantumkan alamat tujuan surat lamaran pekerjaan yang anda buat

Cantumkan alamat tujuan dengan jelas, nama perusahaan yang jelas dan juga nama yang dituju. Hal ini penting untuk memastikan lamaran anda tidak salah sasaran atau salah pengiriman. Terutama jika anda memanfaatkan jasa ekspedisi.

Nah, bagi anda yang menulis lamaran dengan tangan, usahakan untuk menggunakan kertas yang bersih, bebas dari lipatan dan juga bebas dari coretan-coretan tidak penting. Sebab keberdihan kertas yang anda gunakan mencerminkan bagaimana anda bekerja dan juga sebagai tolak ukur profesionalitas anda.

Cari Referensi Surat Lamaran Kerja di Internet / Buku

Apabila anda belum mahir dan masih ragu menulis lamaran kerja sendiri, anda bisa membaca referensi yang tersedia di internet, Link dibawah bisa bermanfaat untuk anda guna membuat lamaran kerja juga curriculum vitae sendiri

  1. Kumpulan Surat Lamaran Kerja Pilihan yang Bisa Kamu Jadikan Referensi
  2. Contoh CV yang Baik, Benar dan Menarik

Sertakan lampiran yang dibutuhkan

Tentunya dalam membuat lamaran dibutuhkan lampiran dokumen dokumen yang diperlukan sebegai pelengkap, diataranya yang paling sering

  • fotocopy ktp
  • fotocopy Ijazah terakhir
  • Pas photo 4×6
  • SKCK
  • Curriculum Vitae
  • Sertakan fotocopy sertifikat kompetensi

Tentunya sesuai persayartan yang diajukan lowongan kerjanya, karena terkadang ada juga yang diminta menyertakan kartu kuning, surat keterangan sehata, hasil medical check up dll. Jadi flexsibel aja diseusaikan dengan persyaratan.


Jika anda melakukan setiap cara membuat lamaran kerja dengan baik maka lamaran pekerjaan anda inshaAllah tidak akan ditolak oleh para HRD dari perusahaan. Itulah sebabnya perusahaan akan melihat dengan baik bagaimana kemampuan serta kapabilitas yang anda miliki jika anda melakukan cara ini untuk membuat sebuah lamaran pekerjaan.

Apabila lamaran pekerjaan anda buat dengan baik maka perusahaan manapun akan mempertimbangkan dan tidak ragu untuk mempekerjakan anda sebagai seorang pekerja yang profesional dan dicari oleh perusahaan tersebut. Sebuah surat lamaran pekerjaan yang baik menjadi sebuah langkah awal yang paling baik agar anda bisa segera diterima bekerja di perusahaan impian anda. Nah sudah tahukan bagaimana membuat lamaran anda tidak pernah ditolak perusahaan.

Advertisements