9 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki

Cukup banyak orang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bau kaki yang paling efektif untuk digunakan. Memang, Anda pasti paham bahwa masalah bau kaki adalah masalah yang cukup mengganggu. Kaki yang mengeluarkan bau tak sedap seringkali menjadi penyebab seseorang merasa tidak percaya diri bahkan minder.

Pada dasarnya, masalah bau kaki muncul setelah Anda mengenakan sepatu atau sandal seharian. Lantas, bagaimana asalnya bau tak sedap pada kaki tersebut muncul? Bakteri yang bercampur dengan keringat dan berada dalam kondisi sepatu yang lembab adalah biang dari bau kaki. Nah, berikut ada beberapa cara tepat untuk menghilangkan bau ini agar tidak mengganggu.

Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Mudah

Berbincang mengenai cara menghilangkan bau kaki, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah di rumah. Beberapa cara ini tidak memerlukan penanganan khusus. Nah, adapun cara yang tepat untuk mengatasi bau kaki tak sedap dengan mudah adalah sebagai berikut:

Cuci Sepatu Secara Berkala

Sebagaimana yang disebutkan di atas bahwa kondisi sepatu atau sandal yang lembab seringkali menjadi biang dari masalah bau kaki. Masalah ini akan bertambah jika sepatu atau sandal jarang Anda cuci. Ya, sepatu dan sandal yang jarang dicuci akan terkontaminasi dengan keringat sehingga bau tak sedap akan semakin pekat.

Oleh karena itu, salah satu cara menghilangkan bau kaki pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci sepatu serta sandal Anda secara berkala. Anda bisa mencuci sepatu atau sandal dengan sabun cuci biasa. Namun, ketika sepatu atau sandal Anda ternyata lebih bau dari biasanya, gunakan tambahan disinfektan saat mencucinya.

Gunakan Kaus Kaki yang Kedap Keringat

Masalah bau kaki juga seringkali muncul karena kaus kaki. Yap, Kaus kaki akan bersentuhan langsung dengan kulit. Nah, ketika kulit berkeringat, maka kaus kaki secara otomatis akan menyerap keringat tersebut dan menimbulkan bau yang mengganggu.

Oleh karena itu, solusi serta cara menghilangkan bau kaki terkait hal ini adalah Anda harus memilih kaus kaki dengan benar. Ada cukup banyak jenis kaus kaki yang ada di pasaran. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih kaus kaki dengan bahan yang kedap keringat. Salah satu bahan kaus kaki kedap keringat terbaik yang bisa dipilih adalah cool max.

Keringkan Sepatu Setelah Digunakan

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau kaki adalah dengan mengeringkan sepatu. Sepatu atau juga sandal yang dipakai seharian pasti akan terkontaminasi dengan keringat yang bercampur dengan bakteri. Jika tidak dikeringkan, maka kondisi sepatu akan menjadi lembab sehingga bakteri bisa tumbuh dan berkembang biak.

Mengeringkan sepatu adalah salah satu cara menghilangkan bau kaki yang cukup efektif dan mudah. Cahaya matahari yang masuk ke celah sepatu bagian dalam akan mengeringkan sisa keringat dan membuat sepatu tidak terlalu lembab. Efeknya, bau keringat akan hilang dan bau tak sedap karena bakteri tidak akan muncul lagi.

Mengoleskan Bedak Pada Kaki

Cara ini mungkin sudah cukup banyak diaplikasikan terutama oleh para wanita. Ya, mengoleskan bedak khusus kaki adalah salah satu cara menghilangkan bau kaki yang cukup efektif dan bisa diandalkan. Kini sudah banyak produk talk khusus kaki yang dijual bebas di pasaran sehingga Anda tidak perlu susah mendapatkannya.

Talk atau bedak khusus ini cukup efektif untuk meredakan bau kaki. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan dalam produk talk ini akan secara efektif menyerap keringat sebagai biang bau kaki yang sangat mengganggu.

Selain itu, cukup banyak produk talk hadir dengan tambahan pewangi dengan bau yang khas sehingga masalah bau kaki tidak akan ada lagi. Penggunaan bedak juga sebenarnya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak, namun dengan produk talk yang berbeda.

Merendam Kaki Dengan Larutan Jeruk

Salah satu cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba adalah dengan merendam kaki dengan larutan jeruk. Cara ini bisa digunakan ketika Anda merasa bau kaki sudah sangat mengganggu dan semakin sulit untuk dihilangkan. Jeruk memiliki aroma segar sehingga bisa menghilangkan bau kaki dengan cukup efektif.

Kabar baiknya lagi, menggunakan jeruk untuk menghilangkan aroma tak sedap ini juga cukup mudah. Anda tinggal menyiapkan air hangat dalam satu baskom. Setelah itu, peras beberapa jeruk dan masukkan ke dalam air hangat tersebut. Aduk hingga tercampur lalu rendam kaki Anda pada air tersebut selama 30 menit. Bilas jika sudah dan rasakan perbedaannya.

Menggunakan Larutan Garam

Larutan garam juga bisa digunakan sebagai pilihan cara menghilangkan bau kaki yang cukup ampuh. Mengapa demikian? Sebab garam memiliki kandungan zat yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap. Selain menghilangkan bau kaki, garam sebenarnya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur-kumur.

Untuk menghilangkan bau kaki dengan garam, Anda hanya tinggal menyiapkan beberapa bahan. Siapkan 1 baskom air hangat lalu masukkan garam secukupnya. Aduk merata lalu gunakan larutan tersebut untuk merendam kaki. Rendam kaki Anda selama 20 menit dan lakukan setiap hari. Nah, Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari cara ini.

Menggunakan Larutan Cuka

Selain garam, cuka juga bisa diandalkan untuk mengatasi bau kaki yang mengganggu. Bahan ini bisa diandalkan karena memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Ya, kandungan asam yang ada pada cuka akan sangat efektif untuk membunuh bakteri dan kuman sebagai biang dari masalah bau kaki tersebut.

Untuk menggunakan cuka sebagai bau kaki, Anda hanya tinggal mencampurnya dengan air hangat. Siapkan 1 baskom air hangat lalu masukkan satu botol kecil cuka. Aduk hingga merata lalu rendam kaki Anda, terutama setelah mengenakan sepatu, selama kurang lebih 15 menit. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Menggunakan Baking Soda

Sebenarnya, baking soda adalah bahan yang biasanya ditambahkan dalam pembuatan kue sebagai pengembang. Namun, untuk penggunaan lainnya, baking soda bisa digunakan untuk cara menghilangkan bau kaki dan juga cara menghilangkan bau badan yang cukup efektif dan aman digunakan.

Hal ini dikarenakan baking soda mampu menyerap keringat dengan baik sehingga bau tak sedap bisa dihilangkan. Untuk menghilangkan bau kaki, Anda bisa mencampur baking soda dengan 1 baskom air. Setelah itu, aduk hingga merata dan gunakan untuk merendam kaki selama 20 menit. Bilas jika sudah dan rasakan manfaatnya.

Pasta Kopi

Apakah Anda suka minum kopi? Ya, minuman dengan kandungan kafein yang cukup tinggi ini memang nikmat. Namun, selain bisa dinikmati dengan membuatnya sebagai minuman, kopi juga bisa diandalkan untuk mengatasi bau tak sedap pada kaki Anda. Sangat menarik, bukan?

Kopi memiliki aroma yang khas yang bisa menetralkan keringat pada kaki Anda. Untuk cara penggunaannya, Anda hanya tinggal mencampur beberapa sendok kopi dengan air dan membuatnya menjadi pasta. Balurkan pasta tersebut pada kaki setelah melepas sepatu. Diamkan 15 menit lalu bilas dan bau kaki akan hilang seketika.

Demikian beberapa cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain bahannya mudah untuk didapatkan, harga dari bahan-bahan tersebut juga sangat terjangkau. Selamat mencoba ya.