9 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Paling Ampuh dan Direkomendasikan

Tidak dipungkiri memang bahwa ketiak merupakan daerah tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat dan bau tak sedap. Oleh karena itu, wajar bila cukup banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bau ketiak yang ampuh dan efektif. Nah, apakah Anda termasuk salah satu yang memiliki masalah dengan bau ketiak?

Biang dari bau ketiak sebenarnya adalah keringat berlebih dan tercampur dengan bakteri. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bau ketiak, Anda wajib untuk menghilangkan biangnya terlebih dahulu. Untuk Anda yang sudah penasaran, di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang bisa langsung Anda coba untuk menghilangkan bau ketiak.

Cara Tepat Menghilangkan Bau Ketiak

Berbincang mengenai cara menghapus bau ketiak, maka Anda akan menemukan cukup banyak variasi cara yang bisa dilakukan. Tentu, dengan adanya beberapa cara tersebut, Anda akan bebas memilih mana cara terbaik yang menurut Anda tepat. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bau ketiak menyengat adalah sebagai berikut:

Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu jenis tumbuhan yang cukup sering digunakan dalam keperluan sehari-hari. Hal ini tentu karena fungsi daun ini memang cukup banyak, salah satunya adalah sebagai cara mengusir bau ketiak alami yang mudah. Hal ini cukup beralasan karena di dalam daun sirih terdapat kandungan yang cukup efektif untuk menghilangkan bau ketiak.

Daun sirih dipercaya memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan beragam senyawa lainnya. Senyawa yang ada pada daun sirih bisa menyerap keringat dengan cukup baik. Untuk meredakan bau ketiak, Anda hanya perlu membuat rebusan air daun sirih.

Campur rebusan air tersebut pada air bak dan gunakan untuk mandi. Anda hanya tinggal menggosok perlahan pada daerah ketiak dan lakukan setiap hari minimal sehari sekali untuk hasil maksimal.

Oleskan Campuran Cuka Apel + Air ke Ketiak

Penanganan bau ketiak secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan cuka apel. Ya, cuka apel adalah salah satu bahan alami yang cukup ampuh sebagai cara mengurangi bau ketiak. Bahan alami ini memiliki kandungan senyawa yang bisa bekerja dengan baik untuk mencegah pembentukan bakteri penghasil keringat.

Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu menyiapkan cuka apel, air dan kapas. Ambil segelas air putih lalu masukkan sedikit cuka apel. Campur dan aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan larutan cuka apel tersebut langsung pada ketiak dengan menggunakan kapas. Cara ini cocok digunakan setelah Anda mandi.

Gunakan Deodoran untuk Mengurangi Bau

Deodoran adalah salah satu solusi dan cara mengurangi bau ketiak yang sangat gampang untuk dilakukan. Sebagaimana diketahui bahwa deodoran adalah produk kosmetik yang dibuat khusus untuk mengatasi bau ketiak. Produk ini memiliki kandungan khusus yang bisa mereduksi produksi keringat pada ketiak.

Di pasaran ada cukup banyak produk deodoran yang tersedia. Dengan banyaknya pilihan, Anda bisa bebas memilih mana merek deodoran yang tepat untuk Anda. Selain merek, Anda juga bisa memilih aroma deodoran yang unik. Dengan aroma ini, bau ketiak tentu tidak akan muncul lagi.

Menggunakan Garam

Garam adalah bumbu dapur yang unik. Untuk urusan masak-memasak, garam memang akan menguatkan rasa dari masakan. Selain untuk bumbu masak, garam juga bisa digunakan sebagai salah satu pilihan cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda coba. Bahan satu ini memiliki kemampuan detoksifikasi yang cukup ampuh.

Dengan kemampuan detoksifikasi ini, garam akan mampu membantu tubuh menghasilkan hormon serotonin. Hormon inilah yang akan mereduksi produksi keringat dan meredakan bau ketiak. Cara penggunaan garam untuk mengatasi bau ketiak adalah dengan membuat larutan air garam dan menerapkannya langsung pada ketiak.

Menggunakan Teh Hijau

Untuk mengatasi masalah bau ketiak, teh hijau juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan. Memang, bahan alami ini biasanya digunakan untuk diet karena bisa melancarkan pencernaan dan membakar lemak dengan baik. Namun, kandungan lain yang terdapat pada teh hijau menjadikannya juga bisa diandalkan untuk bau ketiak.

Cara lain dengan menggunakan bahan ini cukup mudah. Untuk hasil yang maksimal, Anda hanya perlu meminum air rebusan teh hijau secara teratur setiap hari. Selain untuk menghilangkan bau ketiak, bahan ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif.

Mengenakan Baju Katun

Pemilihan baju juga berpengaruh untuk mengatasi bau ketiak. Perlu diketahui bahwa munculnya bau ketiak dikarenakan adanya produksi keringat yang berlebih dan terserap oleh bahan baju yang dikenakan. Biasanya, bahan baju yang memiliki kerapatan yang lebih juga akan meningkatkan produksi keringat sehingga bau ketiak akan muncul.

Katun adalah salah satu bahan terbaik untuk mengatasi bau ketiak yang menjalar. Bahan ini menyisakan ruang bagi kulit dan memiliki kerapatan yang lebih renggang. Dengan demikian, kulit akan bisa bernafas sehingga produksi keringat akan menurun. Inilah yang menyebabkan bau keringat setidaknya bisa sedikit diatasi.

Menggunakan Bedak

Bedak juga bisa menjadi bagian dari cara menghilangkan bau ketiak yang cukup ampuh untuk digunakan. Cara ini biasanya digunakan oleh wanita yang memiliki ketiak lebih sensitif dan tidak cocok untuk menggunakan deodoran. Perlu diketahui bahwa bedak sebenarnya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki.

Untuk menghilangkan bau ketiak dengan bedak, Anda hanya perlu mengoleskan bedak tersebut langsung di permukaan ketiak. Oleskan bedak secara merata, terutama setelah mandi. Bedak yang dioleskan tersebut akan mengurangi produksi keringat secara berlebih sehingga bau ketiak bisa ditanggulangi dengan baik.

Jaga pola Makan

Menjaga pola makan juga penting dilakukan sebagai salah satu cara yang membandel. Ya, hal ini cukup beralasan karena pola makan akan berpengaruh pada produksi keringat di seluruh tubuh,  termasuk ketiak. Itu artinya, ada beberapa makanan yang memang sebaiknya Anda konsumsi dan juga hindari.

Untuk makanan yang dikonsumsi, Anda sebaiknya mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah. Selain itu, minum lebih banyak air putih untuk menetralkan metabolisme. Sementara makanan yang sebaiknya dihindari adalah bumbu kari, bawang, dan beberapa makanan yang mengandung lemak, terutama daging merah.

Menggunakan Baking Soda

Bahan alami yang juga bisa digunakan untuk mengatasi bau ketiak adalah baking soda. Bahan ini memang biasanya digunakan untuk pembuatan kue. Namun, fungsi lain dari bahan ini adalah untuk meminimalkan produksi keringat, terutama pada ketiak.

Untuk menggunakan baking soda, Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan air sehingga teksturnya terlihat seperti pasta. Oleskan pasta baking soda pada ketiak dan tunggu beberapa menit lalu bilas. Sebagai tambahan, baking soda juga cukup efektif untuk diterapkan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang mengganggu.

Nah, beberapa poin di atas menjelaskan adanya cukup banyak cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda lakukan. Ada cukup banyak cara yang sebenarnya mudah diaplikasikan di rumah tanpa perawatan mahal. Gunakan salah satu cara tersebut secara teratur dan dapatkan manfaat terbaiknya.