Ragam Cara Menghilangkan Bau Mulut Efektif dengan Bahan Alami

Bau mulut memang termasuk masalah yang cukup mengganggu dan bisa menghilangkan kepercayaan diri. Dengan napas mulut yang bau, tentu komunikasi dengan orang lain tidak bisa dilakukan dengan nyaman. Cukup banyak orang yang mencari cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif guna mengatasi masalah ini dengan cepat.

Sebenarnya, ada cukup banyak cara yang bisa digunakan secara efektif untuk menghilangkan bau mulut, terutama secara alami. Memang, saat ini sudah banyak tersedia obat kumur untuk meredakan bau mulut. Namun, menggunakan bahan alami bisa menjadi pilihan terbaik karena selain ampuh, bahan alami juga mudah ditemukan dan murah.

Bahan Alami Untuk Cara Menghilangkan Bau Mulut

Jika Anda mengalami masalah pada bau mulut, ada cukup banyak bahan alami yang bisa digunakan. Nah, beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan beberapa hal untuk menghilangkan bau mulut dengan bahan alami yang bisa Anda gunakan. Simak ulasan di bawah ini.

Menggunakan Kunyit

Berbicara tentang menghilangkan bau mulut dengan bahan alami, kunyit adalah salah satu pilihan yang tepat. Herbal berwarna orange ini cukup sering digunakan sebagai tambahan bumbu memasak setiap hari. Siapa sangka, di balik fungsinya sebagai bumbu masak, kunyit memiliki kemampuan baik untuk menghilangkan bau mulut.

Di dalam kunyit terdapat beragam jenis kandungan, salah satunya antioksidan yang bisa diandalkan untuk mengatasi bau mulut. Kandungan ini akan mematikan bakteri di rongga mulut sehingga bau mulut tidak akan ada lagi. Nah, Anda hanya perlu memeras kunyit dan mencampurnya dengan segelas air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

Minum Kopi

Siapa yang tak kenal dengan minuman yang satu ini? Kopi adalah salah satu minuman paling terkenal dan paling banyak dikonsumsi setiap hari di seluruh dunia. Biasanya, kopi dikonsumsi untuk menghilangkan rasa kantuk yang menjalar. Namun, fakta membuktikan bahwa kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut.

Bagaimana cara menghapus bau mulut dengan menggunakan kopi? Tentu, Anda hanya tinggal mengkonsumsi kopi saja seperti biasa. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi akan melepaskan bakteri penyebab bau mulut. Efeknya, bau mulut yang mengganggu akan menghilang dan Anda akan bebas dari masalah ini.

Mengkonsumsi Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang juga cukup ampuh untuk mengatasi beberapa masalah tubuh. Biasanya, jenis teh ini banyak digunakan dalam program diet karena mampu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Namun, teh hijau juga memiliki kandungan lain yang penting untuk menghilangkan bau mulut yang bandel.

Kandungan di dalam teh hijau yang dimaksud adalah katekin dan anti bakteri. Kedua kandungan ini merupakan zat yang ampuh untuk membunuh bakteri dan membersihkan rongga mulut sehingga bau mulut bisa diatasi dengan mudah. Coba saja konsumsi teh hijau dengan teratur setiap hari dan rasakan manfaatnya.

Konsumsi Buah-Buahan

Mengkonsumsi buah-buahan juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi bau mulut yang cukup efektif untuk dilakukan. Buah-buahan bisa diandalkan guna menghilangkan bau mulut karena memiliki kandungan anti bakteri untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu, ada aroma khas dari buah-buahan yang unik untuk menyamarkan bau mulut.

Ada cukup banyak buah yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi bau mulut. Beberapa buah yang bisa Anda konsumsi adalah jeruk, anggur, pisang, apel, kiwi dan lainnya. Nah, konsumsi saja buah tersebut setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Selain itu, beberapa buah juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Contohnya adalah pisang. Anda bisa membuat masker pisang atau mengoleskan kulit pisang untuk meredakan jerawat yang membandel.

Mengkonsumsi Daun Kemangi

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut adalah daun kemangi. Jenis daun ini biasanya digunakan sebagai lalapan saat makan. Nah, apa yang menarik dari daun kemangi adalah adanya bau wangi yang khas dan segar. Bau wangi inilah yang bisa menghilangkan bau mulut yang kurang sedap.

Untuk menghilangkan bau mulut dengan daun kemangi, Anda bisa mengkonsumsi daun ini secara langsung. Selain ampuh untuk menghilangkan bau mulut, kemangi juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan bau ketiak yang tak sedap. Terlebih, rasa daun ini juga tidak pahit untuk dimakan secara langsung.

Cara ini sebenarnya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Untuk hal ini, Anda tinggal memasukkan daun kemangi ke dalam sepatu dan membiarkannya beberapa saat lalu membuangnya.

Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan alami yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Salah satu cara satu ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Dengan menggunakan sirih, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dan menggunakan air rebusannya sebagai obat kumur alami.

Perlu diketahui bahwa di dalam daun sirih terkandung cukup banyak zat yang baik, diantaranya adalah antioksidan dan anti bakteri. Kandungan inilah yang akan menjadi bagian penting untuk membersihkan bakteri di dalam rongga mulut dan membebaskan mulut dari bau yang tak sedap tersebut.

Menggunakan Kencur

Herbal lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut adalah kencur. Kencur, sama dengan kunyit, merupakan salah satu rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masak. Nah, di dalam kencur, terdapat kandungan anti bakteri yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang membuat rempah ini mampu mengatasi bau mulut membandel dengan baik.

Untuk mengaplikasikan cara menghilangkan bau mulut dengan rempah ini, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana. Kupas kencur, lalu cuci dan potong kecil-kecil. Setelah itu, Anda hanya perlu mengunyah kencur dan menelan airnya dan membuang ampasnya. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

Konsumsi Air Putih

Air putih adalah salah satu elemen yang cukup penting bagi kesehatan tubuh manusia secara umum. Hal ini dikarenakan air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengeluarkan racun yang menjadi biang masalah. Oleh karenanya, ada rekomendasi bahwa Anda sebaiknya mengonsumsi air putih 8 gelas setiap hari.

Nah, selain bisa menjaga kesehatan tubuh, air putih juga bisa digunakan mengurangi bau mulut. Konsumsi air putih secara teratur bisa membersihkan bakteri yang bersarang. Saat Anda mengkonsumsi air putih, maka bakteri tersebut akan terbawa ke lambung bersamaan dengan air putih sehingga bau mulut bisa dikurangi.

Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan cara untuk menghilangkan bau mulut yang cukup mudah dilakukan dan juga cukup efektif. Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu bahwa garam memiliki kandungan anti bakteri yang bisa membersihkan rongga mulut dari bau tak sedap.

Untuk menggunakan cara ini, Anda juga cukup melakukan beberapa hal mudah. Ya, Anda hanya perlu mengambil segelas air putih hangat dan memasukkan garam secukupnya. Larutkan garam dan gunakan air tersebut sebagai obat kumur.

Nah, demikian beberapa cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif dengan bahan alami. Lakukan beberapa cara tersebut dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.