Tips dan Cara Efektif Menghilangkan Bau Sepatu Anda

Cukup banyak orang mencari cara menghilangkan bau sepatu yang mudah dan efektif untuk dilakukan. Hal ini didasari karena bau sepatu kerap kali muncul, terutama saat sepatu digunakan untuk beraktivitas sepanjang hari. Tentu Anda merasa tidak nyaman bukan dengan bau tak sedap yang keluar dari sepatu tersebut?

Pada dasarnya, penyebab dari bau sepatu tersebut adalah campuran antara keringat kaki dan bakteri. Kondisi sepatu yang tertutup dan lembab menjadi tempat yang pas untuk bakteri berkembang biak. Efeknya, akan timbul bau sepatu yang tak sedap yang terkadang membuat seseorang merasa kurang percaya diri.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu

Memang bau sepatu yang timbul akan sangat mengganggu. Namun, Anda tidak perlu cemas karena sebenarnya ada cukup banyak cara mengurangi bau sepatu yang bisa dilakukan dengan sederhana di rumah. Adapun beberapa cara efektif untuk menghilangkan bau sepatu tersebut adalah sebagai berikut:

Perhatikan Kondisi Sepatu

Penting bagi Anda untuk senantiasa memperhatikan kondisi sepatu saat hendak dipakai. Kondisi sepatu cukup berpengaruh terkait adanya bau sepatu yang mengganggu. Untuk itu, jangan sesekali Anda memakai sepatu yang masih basah setelah dicuci. Sepatu yang basah akan membuat kaki lebih lembab sehingga bau sepatu muncul.

Jika sepatu masih dalam kondisi basah, maka ada baiknya jika Anda mengeringkannya terlebih dahulu atau memakai sepatu lainnya. Sebaliknya, Anda juga perlu memperhatikan kondisi kaki Anda saat hendak mengenakan sepatu. Jangan memakai sepatu jika kondisi kaki Anda basah karena bisa berpotensi membuat sepatu menjadi lebih lembab.

Bungkus Dengan Koran

Membungkus sepatu dengan koran merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bau sepatu. Salah satu cara menghapus bau sepatu ini bisa diterapkan pada sepatu yang sudah kadung bau. Nah, sebelum Anda mencuci sepatu tersebut, Anda bisa mengaplikasikan cara ini.

Jika Anda ingin mencoba cara yang satu ini, Anda hanya perlu mengambil beberapa buah koran bekas. Ambil sepatu Anda yang bau lalu kemudian bungkus dengan koran. Pastikan bungkusan tersebut rapat dan diamkan beberapa saat. Kertas koran tersebut akan secara efektif menyerap bau sepatu sehingga Anda pun akan lebih mudah saat mencucinya.

Menggunakan Kopi

Kopi termasuk bahan yang cukup sering digunakan untuk mengatasi bau pada sepatu yang tidak sedap. Memang, pada dasarnya, kopi memiliki bau yang khas dan cukup enak. Bau asli kopi inilah yang akan meredakan bau sepatu. Lalu, bagaimana langkah untuk menerapkan cara ini?

Dalam hal ini, Anda hanya tinggal membungkus bubuk kopi hitam dengan tisu. Masukkan bungkusan tisu tersebut ke dalam sepatu dan tunggu beberapa saat. Perlu Anda tahu, kopi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Mengkonsumsi kopi secara rutin akan membuat masalah bau mulut teratasi dengan baik.

Menaburkan Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue. Bahan ini biasa digunakan agar kue lebih mengembang dengan sempurna. Nah, tahukah Anda bahwa sebenarnya baking soda juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang mengganggu?

Dalam baking soda terdapat kandungan anti bakteri yang cukup tinggi. Dengan kandungannya ini, baking soda bisa mematikan bakteri dan membuat sepatu lebih kering sehingga bau sepatu tidak akan muncul lagi. Cara penggunaan baking soda adalah dengan menaburkannya di bagian dalam sepatu dan membiarkannya selama semalaman.

Mencuci Sepatu Dengan Teratur

Cara menghapus bau sepatu yang paling efektif untuk dilakukan adalah mencuci sepatu. Dengan mencuci sepatu, maka sepatu Anda akan lebih bersih dan bisa dipastikan bahwa bau sepatu tersebut tidak akan ada lagi. Kali ini, Anda sebaiknya mencuci sepatu maksimal 2 minggu sekali agar bau sepatu tidak muncul.

Berbincang tentang mencuci sepatu, tentu ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan. Anda tentu harus mencari tahu bahan pembersih yang bisa digunakan untuk mencuci sepatu. Selain itu, pelajari cara mencuci sepatu yang benar agar sepatu yang Anda miliki tidak hanya bersih, namun juga tetap tahan lama.

Menggunakan Silica Gel

Silica gel juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang cukup ampuh. Silica gel biasanya diberikan oleh pihak penjual dan ditempatkan di kotak sepatu dan berbentuk sachet kecil. Nah, untuk menghilangkan bau sepatu dengan silica gel, Anda hanya perlu memasukkan silica gel tersebut ke dalam sepatu.

Kandungan yang terdapat dalam silica gel ini termasuk unik. Meskipun berbentuk sachet, silica gel akan mampu menyerap uap air di dalam sepatu yang menjadi biang bau. Dengan demikian, maka bagian dalam sepatu akan lebih kering dan tidak lembab sehingga bau sepatu tidak akan ada lagi.

Menyemprotkan Foot Spray

Pernahkah Anda mendengar tentang foot spray sebelumnya? Foot spray sebenarnya merupakan parfum khusus untuk kaki. Secara kasat mata, produk ini sama dengan produk parfum pada umumnya. Namun, produk ini memiliki kandungan yang berbeda yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki dengan maksimal.

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki, foot spray juga bisa digunakan sebagai alat menghilangkan bau sepatu. Ini adalah salah satu cara menghilangkan bau sepatu yang cukup efektif dan sebaiknya Anda coba. Semprotkan saja foot spray pada bagian dalam sepatu dan tunggu hingga kering. Lihat hasilnya.

Menggunakan Kulit Jeruk

Jeruk adalah buah yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat jeruk, terutama pada kulitnya, adalah untuk menghilangkan bau sepatu. Kulit jeruk memiliki aroma yang cukup menyegarkan sehingga bisa menghilangkan bau sepatu yang tak sedap.

Untuk cara menghilangkan bau sepatu dengan kulit jeruk ini amat sangat mudah danĀ  praktis. Ambil beberapa kulit jeruk lalu masukkan ke dalam sepatu. Kulit jeruk yang ada di bagian dalam sepatu akan menetralkan bau tak sedap sehingga bau sepatu tersebut hilang.

Tidak hanya untuk urusan bau sepatu, bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Untuk menghilangkan jerawat, Anda hanya perlu menggosokkan kulit jeruk perlahan pada bagian wajah yang terkena jerawat secara teratur.

Menggunakan Daun Pandan

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk menghilangkan bau sepatu yang mengganggu adalah dengan menggunakan daun pandan. Daun ini memang terkenal sebagai penyedap aroma makanan. Bau wanginya yang khas akan membuat makanan tampak lebih lezat saat disajikan.

Bau khas pandan inilah yang bisa digunakan untuk menetralkan bau sepatu. Anda hanya tinggal mengambil beberapa helai daun pandan dan memasukkannya ke dalam sepatu. Saat daun terinjak, maka pandan akan mengeluarkan bau wangi sehingga bau sepatu bisa teratasi.

Selain itu, pandan juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki. Bagi Anda yang memiliki masalah bau kaki, merendam kaki dengan air hangat yang sudah dicampur dengan daun pandan bisa menjadi opsi yang tepat.

Nah, demikian beberapa tips serta cara menghilangkan bau sepatu yang mudah untuk dilakukan. Pilih saja salah satu cara yang menurut Anda gampang dan efektif. Semoga berhasil.