Beragam Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Memiliki bekas luka memang terkadang membuat seseorang menjadi minder. Bekas luka yang terlihat akan cukup mempengaruhi penampilan, apalagi jika bekas luka tersebut berada di wajah. Oleh karena itu, cukup banyak orang yang mencari bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang muncul di wajah tersebut.

Bekas luka di wajah bisa muncul dikarenakan beberapa sebab, seperti terkena luka bakar, peradangan, bekas kecelakaan, bekas operasi dan lainnya. Biasanya, bekas luka di wajah akan memudar dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Namun, ada beberapa jenis bekas luka yang memang memerlukan perawatan khusus untuk menghilangkannya.

Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Berbincang tentang cara menghilangkan bekas luka di wajah, ada beberapa cara dan prosedur yang bisa Anda pilih. Adanya beberapa cara tersebut memberikan keleluasaan mengenai cara mana yang cocok untuk Anda terapkan. Nah, adapun beberapa cara ampuh menghilangkan bekas luka di wajah tersebut adalah sebagai berikut:

Menggunakan Gel atau Krim

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas luka di wajah adalah dengan menggunakan gel atau krim. Pilihan cara menghilangkan bekas luka ini bisa digunakan terutama untuk luka yang diakibatkan oleh benda tajam. Namun, Anda tentu harus menggunakan krim atau gel yang khusus.

Gel atau krim yang digunakan untuk menghilangkan luka di wajah biasanya adalah krim dan gel yang bebas dari campuran steroid. Selain itu, krim atau gel tersebut mengandung vitamin E dan silikon yang tinggi. Kedua kandungan inilah yang akan menutrisi kulit wajah sehingga regenerasi kulit berjalan lebih cepat dan bekas luka akan hilang.

Menggunakan Plester Gel Silikon

Cara lain yang bisa diandalkan untuk menghilangkan luka di wajah adalah menggunakan plester gel silikon. Ini adalah cara mengurangi bekas luka yang tepat, terutama jika Anda memiliki bekas luka yang menimbul di wajah. Beberapa bekas luka menimbul yang sering terjadi adalah keloid ataupun rusaknya jaringan parut hipertonik.

Dengan menggunakan plester gel silikon, ukuran dari luka menimbul tersebut bisa diperkecil. Cara penggunaannya adalah Anda hanya perlu menempelkan plester tersebut pada bagian yang luka dan membiarkannya selama 12 jam sebelum dibuang. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil perawatan yang maksimal.

Selain mengatasi masalah luka seperti keloid, plester ini juga cukup ampuh digunakan untuk mengatasi jerawat, terutama jerawat batu. Ya, ini adalah cara lain selain cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang mungkin sudah Anda lakukan untuk perawatan wajah.

Suntik Kolagen

Pilihan lain agar bekas luka hilang pada wajah adalah dengan suntik kolagen. Ini adalah cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka yang membandel dan menimbul, seperti keloid. Dengan menyuntikkan kolagen, memang dalam waktu lumayan singkat biasanya bekas luka tersebut akan hilang.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait cara penanganan bekas luka yang satu ini. Efek suntik kolagen memiliki sifat sementara. Artinya, bisa saja bekas luka tersebut akan terlihat lagi. Oleh karena itu, Anda diwajibkan melakukan perawatan beberapa kali.

Selain itu, suntik kolagen juga termasuk perawatan wajah dengan biaya yang cukup mahal. Anda pun tidak bisa melakukan suntik kolagen secara bebas di sembarang tempat. Oleh karena itu, pertimbangkan hal-hal tersebut sebelum Anda mengaplikasikan cara ini.

Suntik Corticosteroid

 Suntik corticosteroid merupakan jenis perawatan wajah yang modern dan banyak dipilih untuk saat ini. Pilihan menghilangkan bekas luka di wajah ini memang bisa digunakan sebagai solusi untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat dan membuat wajah menjadi lebih bersinar dan bersih.

Baca Juga  Mau Cantik Tapi Murah? 8 Cara Merawat Wajah Ini Bisa Anda Coba di Rumah

Sebagaimana suntik kolagen, ada prosedur resmi yang harus Anda lakukan untuk menerapkan cara ini. Para pakar mengatakan bahwa cara menyamarkan bekas luka ini bisa diterapkan untuk menghilangkan beragam jenis masalah wajah. Hanya saja, perlu beberapa kali suntikan untuk menghilangkan bekas luka secara maksimal.

Bedah Plastik

Bedah plastik sebenarnya sudah termasuk dalam tindakan operasi yang dilakukan untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Namun, salah satu cara menghilangkan bekas luka ini terkadang terpaksa dilakukan jika beberapa cara sebelumnya tidak memberikan hasil yang signifikan.

Menghilangkan bekas luka dengan bedah plastik dimungkinkan untuk dilakukan, terutama pada luka-luka yang tergolong berat, seperti luka karena terbakar dan lainnya. Cara penanganan ini harus melewati prosedur yang khusus dan harus dilakukan oleh ahli. Tentu menghilangkan bekas luka dengan bedah plastik memerlukan biaya tak sedikit.

Menggunakan Laser

Menghilangkan bekas luka di wajah dengan laser menjadi opsi yang menarik untuk dipertimbangkan. Dewasa ini, sudah ditemukan teknologi laser yang bisa diandalkan untuk mengatasi bekas luka membandel di wajah. Bekas luka karena jerawat batu, goresan benda tajam atau lainnya bisa hilang dengan mudah menggunakan cara ini.

Laser yang digunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah tentu merupakan laser khusus. Laser ini memiliki tingkat radiasi yang sangat rendah dengan frekuensi sinar yang rendah pula. Dengan formula khusus tersebut, tentu laser tidak akan berbahaya bagi wajah selama perawatan berlangsung.

Menggunakan Lidah Buaya

Jika Anda mencari cara menghapus bekas luka yang alami, lidah buaya bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk dilakukan. Tanaman ini memang terkenal karena beragam manfaat baiknya untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Lidah buaya bisa diandalkan karena memiliki beragam zat yang mampu mempercepat proses regenerasi kulit.

Menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya juga bisa dilakukan dengan cukup mudah. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menggosokkan gel lidah buaya secara teratur pada area bekas luka. Biasanya, lidah buaya cukup ampuh untuk bekas luka yang dikarenakan luka goresan atau terjatuh.

Selain bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bulu ketiak secara alami yang ampuh. Kandungan yang ada pada gel lidah buaya akan membuat bulu ketiak bisa rontok dengan lebih cepat.

Menggunakan Cuka Apel

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah adalah cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan asam yang cukup tinggi di mana bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Bekas luka karena goresan benda tajam yang mengering bisa diatasi dengan mudah menggunakan cuka apel.

Untuk menghilangkan luka, Anda hanya tinggal mengoleskan cuka apel secara teratur pada bagian wajah yang terkena luka. Selain untuk menghilangkan luka, cuka apel juga bisa dijadikan cara menghilangkan cegukan dengan mencampurnya pada segelas air dan meminumnya.

Nah, demikian beberapa pembahasan mengenai cara menghilangkan bekas luka baik secara medis maupun cara alami. Dengan beberapa cara tersebut, tentu Anda bisa memilih cara mana yang paling tepat untuk dilakukan. Lakukan penanganan bekas luka tersebut dengan teratur agar hasil yang akan Anda dapatkan lebih maksimal. Semoga bermanfaat.