13 Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan, Bisa Langsung Praktek

Apakah Anda pernah mengalami cegukan? Sebenarnya, apa itu cegukan? Dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Nah, ini jawabannya. Cegukan merupakan sebuah reaksi spontan yang diakibatkan karena pita suara yang tertutup secara tiba-tiba. Hal ini dipicu oleh kontraksi diafragma dan menghasilkan bunyi “hik”. Untuk itu, dalam Bahasa Inggris disebut sebagai “hiccup”.

For your information, diafragma adalah membrane otot yang memisahkan rongga dada dan perut. Organ ini perannya cukup penting pada sistem pernapasan. Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami cegukan. Bahkan, hal tersebut juga terjadi pada bayi yang baru lahir. Durasinya bermacam-macam. Bisa sebentar, tetapi ada juga yang sampai berhari-hari.

Cara Efektif Menghilangkan Cegukan

Meskipun cukup normal, tetapi kondisi ini dapat mengganggu aktivitas. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menghilangkan cegukan membandel berikut ini. Pada dasarnya, untuk menghilangkan cegukan, prinsip yang harus dilakukan adalah meningkatkan kadar karbon dioksida dalam darah serta merangsang saraf vagus yang bekerja dari otak ke perut.

Nah, untuk menghilangkan cegukan yang bisa langsung Anda praktekkan di rumah adalah:

Menahan Napas

Poin ini merupakan cara menghilangkan cegukan yang paling praktis. Saat menahan napas, kadar karbon dioksida di dalam tubuh akan bertambah, sehingga cegukan akan berhenti. Anda cukup menahan napas selama mungkin hingga cegukan akan hilang dengan sendirinya. Jika belum berhasil, lakukan berulang-ulang.

Meminum Air Hangat

Air hangat memiliki efek yang baik bagi sirkulasi darah. Sehingga, oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dapat dipenuhi. Nah, dengan begitu, cegukan yang terjadi bisa berangsur hilang.

Cara menghentikan cegukan dengan air hangat adalah meminumnya, lalu tahan napas dengan posisi membungkuk selama beberapa detik. Kemudian, kembalilah ke posisi tubuh semula tanpa menghela napas. Tunggu beberapa detik, lalu Anda boleh menghirup udara kembali.

Julurkan Lidah

Menjulurkan lidah adalah salah satu cara menghilangkan cegukan tanpa minum. Agak aneh memang, tapi ini benar-benar bekerja. Dengan menjulurkan lidah, nasofaring dan saraf vagus akan terangsang.

Kedua saraf tersebutlah yang mempengaruhi otot mulut, tenggorokan, dan juga mengatur kontraksi pada diafragma. Nah, memang berhubungan, kan?

Bernapas pada Kantong Plastik Maupun Kertas

Cara ini sebenarnya bertujuan agar Anda bisa menahan napas, sehingga kadar karbondioksida meningkat. Saat Anda bernapas pada kantong plastik, sebenarnya yang Anda hirup adalah karbon dioksida yang telah Anda hembuskan. Bernapas menggunakan kantong plastik adalah cara menghilangkan cegukan dalam 5 detik. Wah, singkat sekali!

Menahan Napas Sembari Menekuk Kedua Lutut

Cobalah untuk mengatur napas terlebih dahulu. Lalu, tarik napas sedalam mungkin. Setelah itu, tahan dan perlahan tekuk kedua lutut. Anda bisa mempraktekkan metode ini sambil duduk. Nah, tahanlah napas selama yang Anda bisa. Jika sudah, silahkan cek, apakah cegukan masih Anda rasakan? Jika iya, coba lakukan metode ini berulang-ulang.

Headstand

Agak sulit memang melakukan headstand. Bahkan, tidak semua orang bisa mempraktekkannya. Tapi, cara ini tergolong ampuh meredakan cegukan. Sebab, saat posisi tubuh berbalik, maka peredaran darah yang membawa oksigen akan mengikuti arah gravitasi menuju ke kepala.

tarik nafas dalam dalam

Mengatur Pernapasan

Bernapas dengan teratur dan benar nyatanya dapat menghilangkan cegukan. Sebab, oksigen dan karbon dioksida bisa keluar masuk dengan kadar yang tepat. Caranya cukup dengan menghirup udara sekuat mungkin, tahan sebentar, lalu hembuskan perlahan. Lakukan berulang-ulang hingga Anda tidak lagi mengalami cegukan.

Mengonsumsi Gula

Apakah Anda tahu jika mengulum sesendok gula pasir dapat menghilangkan cegukan? Memang terlihat sederhana, tapi gula adalah obat cegukan paling mujarab lho! Sebab gula yang Anda kulum dapat merangsang otot diafragma. Sehingga, cegukan akan berangsur menghilang. Kulum selama 5 menit, setelah itu bisa Anda telan atau dikeluarkan.

Menggunakan Es Batu

Menghentikan cegukan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Langkahnya adalah dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan secara perlahan. Es batu dapat meringankan kerja saraf sehingga menjadi lebih santai.

Minum Air Dengan Sedotan

Isilah cangkir dengan air putih dingin, lalu tutup telinga menggunakan jari lalu telanlah air tersebut menggunakan sedotan. Metode ini cukup mujarab, hanya saja Anda harus meneguk air hingga beberapa kali agar berhasil.

Menggunakan Jeruk Nipis

Si mungil hijau ini memang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. salah satunya adalah Vitamin C yang tinggi. Nah, zat itulah yang akan membantu meredakan cegukan.

Cegukan bisa disebabkan karena adanya gangguan pada saraf vagus. Vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu mengatasi hal tersebut. Anda bisa langsung meminum air perasan jeruk nipis saat mengalami cegukan.

Jeruk nipis juga sangat baik untuk menjaga kecantikan lho! Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami juga bisa menggunakan si hijau yang masam ini.

Menggigit Irisan Lemon

Rasa asam pada lemon dapat merangsang saraf vagus, sehingga bisa menghilangkan cegukan. Anda tinggal mengiris lemon dengan irisan tips, lalu isap jusnya. Jika tidak tahan dengan rasa asam, maka bisa menambahkan sejimpit gula atau 5 tetes Angostura Bitters. Anda juga perlu tahu bahwa lemon juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah lho!

Berobat ke Dokter

Jika cegukan tidak juga berkurang dan terjadi secara terus menerus, serta peristen atau lebih dari 3 jam, Anda perlu menghubungi dokter. Biasanya cegukan jenis ini diakibatkan oleh penyakit tertentu. Biasanya cegukan disertai dengan sesak napas, sakit perut yang parah, demam, meludah darah, dan merasa tenggorokan seperti tertutup.

Itulah 13 cara menghentikan cegukan yang bisa dipraktekkan di rumah. Sedangkan cara yang terakhir bisa Anda lakukan jika mendapatkan gejala cegukan yang berat.

Anda juga bisa membaca cara menghilangkan jerawat secara alami di sini.

Cegukan yang berat ditandai dengan cegukan yang tidak kunjung berhenti. Bisa mencapai berjam-jam, bahkan sampai berhari-hari. Hal ini bisa mengindikasikan adanya penyakit kronis di dalam tubuh. Bisa jadi penyebabnya adalah gangguan pada otak, infeksi, gangguan sistem metabolisme tubuh, atau pengaruh obat-obatan.

Pada cegukan ringan yang sering terjadi, ada beberapa pemicunya. Nah, Anda juga perlu menghindari hal tersebut. Apa saja? Berikut daftarnya:

  • Makanan pedas
  • Makan terlalu cepat
  • Makan terlalu banyak
  • Minuman bersoda
  • Minuman beralkohol
  • Minuman panas
  • Merokok atau menghisap asap rokok

Cegukan juga bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi, seperti masuk angin, perut kembung, dan perubahan suhu ekstrim yang terjadi secara tiba-tiba.

Nah, cegukan yang mengganggu ternyata bisa dihilangkan dengan cara yang mudah dan bisa langsung dipraktekkan. Karena penyebab cegukan lebih banyak berhubungan dengan cara Anda dalam mengonsumsi makanan. Jadi, sebaiknya Anda ubah pola makan menjadi lebih perlahan dengan jumlah kunyahan yang lebih banyak.

Hindari makanan yang terlalu pedas, hindari minuman alkohol, dan tunggu makanan hingga suhunya lebih ramah di lidah. Meskipun terlihat sepele, tapi bisa jadi cegukan Anda mengindikasikan penyakit tertentu. Hal ini terjadi jika cegukan berdurasi terlalu lama dan disertai keluhan lain. Demikian, semoga bermanfaat.