Kalau Dibiarkan Terus Akan Semakin Mengganggu, Ini Lho Cara Efektif Menghilangkan Karang Gigi

Banyak orang yang mencari cara menghilangkan karang gigi karena peduli pada penampilan semata. Padahal, Anda juga perlu tahu bahwa karang gigi bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan gigi yang lebih parah.

Gangguan kesehatan mulut yang mungkin disebabkan oleh adanya karang gigi adalah bau mulut, radang gusi, gigi berlubang, dan periodonitis. Nah, mungkin Anda merasa asing dengan istilah peridionitis.

Peridionitis adalah gangguan kesehatan mulut yang disebabkan karena adanya radang gusi. Jika sudah parah, akan mengakibatkan jaringan lunak serta tulang penyangga gigi menjadi rusak. Pada fase ini, gigi Anda bisa tanggal. Kondisi lebih serius akan terjadi jika bakteri masuk ke aliran pembuluh darah di gusi. Penyakit lain yang lebih berbahaya bisa menyerang Anda kapan saja.

Wah, ternyata karang gigi yang terlihat sepele bisa menimbulkan penyakit yang cukup berbahaya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan karang gigi. Ada banyak opsi untuk mengatasi masalah tersebut. Anda bisa langsung pergi ke dokter gigi, ataupun menghilangkan karang gigi menggunakan cara yang tradisional dan alami. Bahkan, Anda bisa melakukannya dengan mudah di rumah.

Jika Anda lebih memilih opsi kedua, maka Anda bisa menyimak beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami berikut ini:

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Kulit Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya vitamin sehingga dapat menghilangkan noda secara alami. Namun, ternyata tidak hanya buahnya saja. Bahkan, kulitnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karang gigi.

Caranya sangat mudah, tinggal gosokkan saja bagian dalam kulit jeruk segar ke seluruh bagian gigi. Biarkan semalaman, lalu keesokan harinya Anda bisa berkumur seperti biasa. Hasil yang maksimal bisa dicapai jika Anda rutin melakukan treatmen ini setiap malam. Nah, mulai sekarang, jangan langsung buang kulit jeruk setelah memakan buahnya ya?

periksalah gigi anda secara rutin ke dokter gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi yang Membandel dengan Baking Soda

Manfaat baking soda untuk menghilangkan karang gigi sudah cukup populer. Bukan hanya bisa melunakkan karang gigi. Bahan ini juga efektif menghilangkan noda membandel seperti kekuningan pada gigi.

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan karang gigi yang membandel dan telah mengeras adalah dengan menjadikannya pasta gigi secara rutin. Hasilnya, Anda akan mendapatkan gigi putih yang bebas dari karang gigi.

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan antibakteri yang bisa membantu napas agar lebih segar. Selain itu, daun sirih juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi karang gigi yang ada di sela gigi.

Cara menggunakannya adalah dengan mengunyah selembar daun sirih yang telah dibersihkan. Oh ya, jangan lupa untuk mencampurkannya dengan bubuk cengkih. Cara ini sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala oleh nenek moyang. Nah, Anda perlu menirunya untuk mendapatkan gigi bersih tanpa karang yang mengganggu.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Menggunakan Cuka Putih

Cuka putih tidak hanya digunakan untuk mengolah makanan saja lho. Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan mulut dari karang gigi. Caranya dengan melarutkan cuka putih dengan segelas air lalu gunakan sebagai obat kumur. Anda bisa melakukannya usai menggosok gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Keju

Dalam sebuah penelitian di Amerika menghasilkan kesimpulan bahwa mengunyah keju ternyata dapat melunakkan karang gigi serta mencegahnya untuk datang kembali. Kandungan aktif yang memproduksi asam pada keju membuatnya bisa melunakkan karang gigi dengan mudah.

Baca Juga  9 Cara Mudah Menghilangkan Bau Kaki

Cara Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Jambu Biji

Studi yang dilakukan di negara India menghasilkan kesimpulan bahwa jambu biji memiliki bahan aktif yang bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakit periodontal. Selain itu, jambu biji juga bisa membunuh bakteri penyebab plak atau karang gigi.

Anda juga bisa mengkombinasikan jambu biji dengan garam untuk hasil yang lebih maksimal. Cukup kunyah jambu biji dengan sedikit garam pada bagian gigi yang berkarang secara rutin.

Cara Menghilangkan Plak Gigi dengan Cengkih

Cengkih sebenarnya lebih terkenal sebagai obat alami menyembuhkan sakit gigi. Namun, ternyata di dalamnya terkandung senyawa anti plak. Sehingga mampu membantu mengurangi pembentukan karang gigi serta mengurangi peradangan gusi.

Haluskan beberapa butir cengkih lalu campurkan dengan minyak zaitun hingga membentuk pasta. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi setiap hari.

rutin cek gigimu

Cara Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Lidah Buaya

Gel lidah buaya saat ini sedang cukup digandrungi untuk merawat kecantikan kulit. Terutama menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami.  Gel lidah buaya juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe.

Tapi ternyata khasiatnya lebih dari itu, gel lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan karang pada gigi. Bahkan, untuk karang gigi yang telah parah sekalipun.

Caranya mudah sekali, cukup oleskan gel lidah buaya pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama beberapa menit, lalu kumur menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Teh Hijau

Teh hijau juga memiliki khasiat untuk menghilangkan plak yang sudah lama menghuni gigi Anda dan telah mengeras. Kemampuannya yang dapat menghambat bakteri sangat ampuh mengatasi radang gusi. Dua fungsi tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan menjadikan teh hijau sebagai obat kumur. Caranya, rebus teh hijau dengan air, lalu dinginkan. Jadikan obat kumur setiap kali Anda telah selesai menggosok gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Biji Wijen

Minyak atsiri yang terkandung dalam biji wijen bisa menghilangkan karang gigi secara efektif. Juga bisa melawan bakteri Streptococcus mutans yang menjadi penyebab karang pada gigi. Caranya mudah, cukup kunyah saja biji wijen, tanpa ditelan. Buang, lalu berkumur seperti biasa.

Itulah 10 cara menghilangkan karang gigi secara alami. Nah, sembari menggunakan bahan-bahan yang telah dibahas, Anda juga perlu melakukan kebiasaan berikut agar karang gigi semakin mudah dirontokkan, sehingga Anda akan mendapatkan gigi putih bersih sempurna.

  • Flossing atau menggunakan benang gigi setelah menggosok gigi
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Hindari konsumsi makanan manis dan yang mengandung tepung
  • Menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi dan flossing
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, zinc citrate, triclosan, atau pyrophosphates
  • Rajinlah menggosok gigi paling tidak 2 kali sehari.

Cara tersebut bisa juga menjadi langkah pencegahan terbentuknya karang gigi.

Jika Anda tidak cukup telaten untuk melakukan metode menggunakan bahan alami untuk menghilangkan karang gigi. Maka, Anda bisa pergi ke dokter gigi. Di sana, Anda akan mendapatkan tindakan medis yang bernama Scale. Metode ini akan menimbulkan rasa sakit.

Namun, Anda tidak perlu takut, sebab bisa akan diberikan anestesi lokal selama proses Scale berlangsung. Ada juga metode medis yang mungkin dokter tawarkan, yaitu polish atau menghilangkan noda pada gigi.

Baca juga cara menghilangkan keputihan.

Dari semua cara tersebut, Anda pilih yang mana? Apapun pilihan Anda, cara terbaik adalah dengan mencegahnya. nah, demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan karang gigi. Semoga bermanfaat.