Cara Menghilangkan Keputihan Abnormal Pada Wanita Dengan Bahan Alami

Keputihan adalah kondisi yang umum dialami oleh setiap wanita. Biasanya, keputihan dimulai saat seseorang masuk usia remaja. Sebenarnya, saat Anda mengalami keputihan artinya organ reproduksi dalam keadaan baik. Sebab lendir berwarna putih tersebut berasal dari kelenjar di dalam leher rahim yang berfungsi membersihkan vagina dari sel mati serta bakteri.

Meski begitu, Anda juga perlu waspada jika terdapat tanda-tanda keputihan yang tidak normal. Seperti, keputihan disertai rasa gatal, bau anyir yang menyengat, nyeri di bagian vagina, serta timbul bercak darah saat belum masuk masa menstruasi.

Jika begitu, tentu Anda harus segera mencari cara membersihkan keputihan yang tidak normal. Nah, dalam dunia medis keputihan yang tidak normal disebut dengan keputihan patologis. Penyebabnya bisa berasal dari infeksi bakteri, virus, atau pun jamur. Bahkan, ada beberapa jenis keputihan yang mengindikasikan penyakit yang terkait dengan organ reproduksi.

Masalah lain yang sering dialami oleh wanita adalah ketombe, Anda bisa juga baca cara menghilangkan ketombe disini.

Anda harus segera menanganinya dengan melakukan cara menghilangkan keputihan dengan bahan alami. Kenapa harus menggunakan bahan alami?

Sebab bahan alami bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang tidak menginginkan efek samping dari pengobatan medis. Nah, untuk itu, mari kupas satu per satu cara menghilangkannya dengan bahan alami:

Cara Menghilangkan Keputihan Dengan Jahe

Salah satu jenis rempah yang sering digunakan untuk mengolah makanan ataupun minuman adalah jahe. Herbal ini ternyata juga bisa mengatasi masalah keputihan berlebih. Di dalam herbal ini terkandung zat yang mampu mengusir bakteri yang menyebabkan keputihan menjadi tidak normal.

Anda bisa mengolah sendiri jahe untuk dikonsumsi secara rutin. Cukup rebus jahe menggunakan air, lalu saring air rebusannya. Minum air rebusan jahe yang masih hangat setiap hari. Jika tidak ingin ribet, Anda juga bisa membelinya di kedai-kedai angkringan di sore hari.

Cara Mengatasi Keputihan Dalam 2 Hari Dengan Daun Sirih

Daun sirih mengandung anti bakteri yang baik untuk menjaga kebersihan vagina. Anda bisa menggunakan daun sirih untuk masukkan pada air rebusan untuk mandi. Cara ini dianggap lebih efektif ketimbang menggunakan sabun pembersih vagina yang beredar di pasaran.

Cara kedua adalah dengan meminum air rebusan daun sirih. Kandungan anti bakterinya akan menghalau bakteri yang ada di rongga vagina melalui jalur pembuangan. Hanya dengan mengkonsumsinya selama dua hari, keputihan bisa hilang secara tuntas.

Cara Menghapus Keputihan Dengan Kunyit

Siapa sangka bahan dapur yang biasa Anda gunakan untuk bumbu masakan ini dapat mengatasi masalah keputihan pada wanita? Kandungan anti bakteri di dalamnya ternyata ampuh mengobati keputihan.

Cara mengolahnya adalah dengan memarut kunyit, lalu peras sarinya, lalu tambahkan air matang. Masukkan madu untuk menambah cita rasa. Minumlah dua kali sehari agar keputihan segera teratasi. Tidak hanya dapat menghilangkan keputihan saja, kunyit ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami.

Hilangkan Keputihan Secara Tuntas Menggunakan Biji Fenugreek

Anda mungkin tidak terlalu familiar dengan bahan yang satu ini. Biji fenugreek berasal dari tanaman fenugreek atau sering disebut klabet. Biji fenugreek bisa membantu meningkatkan pH pada vagina.

Untuk mengolahnya, Anda harus merendam 1 sendok makan biji fenugreek terlebih dahulu. gunakan air hangat lalu rendam seharian. Keesokan harinya, Anda saring airnya. Lalu, bisa langsung Anda minum. Rutinlah mengonsumsinya setiap hari sebelum sarapan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membersihkan Keputihan Dengan Bawang Putih

Bukan hanya bisa dijadikan bumbu dapur, bawang putih juga sudah terkenal dengan khasiatnya secara turun temurun. Di dalamnya terdapat zat yang memiliki sifat anti bakteri serta anti jamur. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, bakteri yang masuk ke area kewanitaan dapat dibersihkan dengan mudah.

Anda bisa memakannya secara langsung atau ditambahkan pada masakan. Asal rutin dan teratur, maka bawang putih akan menjadi bahan yang ampuh untuk menghilangkan keputihan.

Cara Menghilangkan Keputihan Dengan Daun Sambiloto

Jika keputihan Anda disertai bau yang tidak sedap, sebaiknya gunakan daun sambiloto untuk mengatasinya. Caranya, rebus beberapa lembar daun sambiloto dengan air sebanyak 2 gelas. Tunggu hingga air menyusut setengahnya. Setelah itu, minum air rebusannya setiap hari.

Atasi Keputihan Setiap Hari Dengan Konsumsi Rebusan Air Beras

Jangan sepelekan rebusan air beras ya. Sering dikenal sebagai air tajin, ternyata rebusan air beras memiliki khasiat untuk menghilangkan keputihan.  Air tajin bisa didapatkan saat Anda sedang merebus beras putih. Setelah mendidih, ambil airnya, lalu taruh ke dalam gelas. Minumlah satu gelas sehari. Lakukan setiap hari agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Dengan Jus Lemon dan Madu

Lemon mengandung senyawa anti bakteri yang baik untuk mengatasi masalah keputihan. Selain itu terdapat juga zat antioksidan yang bisa mengusir racun akibat radikal bebas. Dikombinasikan dengan madu yang kaya khasiat, tentu akan menjadi ramuan yang ampuh mengatasi keputihan pada wanita.

Untuk membuat jus lemon dan madu, caranya cukup mudah. Yaitu peraslah sari lemon, lalu campurkan dengan madu. Minum setiap hari agar keputihan abnormal tidak datang lagi. Anda juga perlu tahu kalau lemon juga bisa menjadi cara menghilangkan komedo secara alami.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Jus Basil dan Susu

Menjaga pH vagina tetap dalam kondisi normal adalah hal yang mesti dilakukan agar bakteri dan jamur tidak mudah berkembang. Dengan begitu, maka keputihan abnormal tidak terjadi pada Anda.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun basil dan susu. Haluskan daun basil menggunakan blender atau ditumbuk secara manual. Setelah itu, campurkan jus basil ke dalam susu. Pastikan untuk menggunakan susu rendah lemak, ya!

Selain menggunakan 9 bahan alami di atas untuk menghilangkan keputihan, Anda juga perlu melakukan kebiasaan yang akan membuat proses penyembuhan menjadi lebih efektif. Meskipun Anda telah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan keputihan tapi tidak bisa menjaga kebersihan organ intim, maka bisa dipastikan kalau usaha yang Anda lakukan akan sia-sia.

Untuk itu, lakukan beberapa hal berikut untuk mempercepat proses penyembuhan dari keputihan yang tidak normal:

  1. Jaga vagina tetap kering dan tidak lembab dengan mengelapnya sehabis buang air kecil atau besar.
  2. Hindari pemakaian sabun pembersih vagina. Untuk membersihkan vagina, cukup menggunakan air hangat atau air daun sirih.
  3. Hindari menggunakan parfum pada vagina.
  4. Jangan pakai detergen beraroma kuat untuk mencuci celana dalam.
  5. Mengonsumsi makanan sehat dan nutrisi yang seimbang setiap hari.
  6. Mengonsumsi yoghurt dan suplemen yang memiliki kandungan bakteri baik lactobacillus.
  7. Jangan berendam terlalu lama pada air hangat.
  8. Mencuci pakaian dalam menggunakan air hangat.
  9. Rajinlah mengganti pembalut ketika sedang haid.
  10. Gunakan kondom saat berhubungan seksual.

Dengan mengkonsumsi berbagai bahan alami serta melakukan kebiasaan baik di atas, tentunya keputihan lebih cepat hilang, Selain itu, dapat menjaga organ intim dari keputihan yang tidak normal dan penyakit terkait organ reproduksi yang berbahaya.