8 Cara Menghilangkan Ketombe Anti Ribet Bahannya Mudah Didapat

“Mengganti produk shampoo, sudah dilakukan. Keramas secara teratur juga sudah menjadi kebiasaan. Tapi, ketombe masih saja bandel hadir di kepala.”

Bukan hanya Anda yang memiliki keluhan semacam itu. Banyak orang yang mengalami masalah kulit kepala berupa ketombe. Sebenarnya, ketombe adalah kulit kepala yang mati dan mengering, sehingga menjadi terkelupas dan berjatuhan di sekitar bahu.

Kondisi ini tentu membuat Anda tidak percaya diri. Seperti ada salju yang berjatuhan dan mengotori pakaian. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami. Sebab, menggunakan shampoo saja ternyata tidak cukup ampuh mengatasi masalah rambut tersebut.

Apalagi bagi wanita yang berhijab. Seringkali belum sempat mengeringkan rambut, tetapi sudah harus mengenakan jilbab saat bepergian. Hal tersebut menjadi pemicu munculnya ketombe yang semakin tebal. Nah, solusi yang paling tepat adalah menggunakan bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Silahkan simak pembahasannya berikut ini:

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi masalah kecantikan dan kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Termasuk juga untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Jika segala cara telah Anda lakukan untuk mengatasinya, tapi tak kunjung membuahkan hasil. Mungkin saatnya Anda menggunakan lidah buaya.

Kandungan yang bermanfaat dalam lidah buaya diantaranya protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, protein, zat besi. Serta Vitamin A, B1, dan C. Sehingga tanaman ini sangat baik untuk berbagai masalah rambut. Diantaranya menghitamkan rambut, menguatkan akar rambut, mencegah rambut rontok, serta menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menggunakan lidah buaya untuk ketombe:

  • Ambil gel lidah buaya dengan membelahnya terlebih dahulu
  • Oleskan merata pada permukaan kulit kepala
  • Pijat secara lembut supaya meresap dengan baik pada kulit kepala
  • Biarkan selama 30 menit
  • Bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe yang Parah Dengan Daun Sirsak

Ketombe yang telah parah akan menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Jika terkena panas matahari, gatal yang dirasakan akan semakin menjadi-jadi. Untuk itu, Anda bisa memilih daun sirsak sebagai herbal untuk mengatasinya.

Kandungan Acetogenin dalam daun sirsak dapat membunuh racun dalam tubuh. bahkan, senyawa aktif ini juga ampuh menghancurkan sel kanker. Selain itu, daun sirsak juga dapat mengatasi serangga dan parasit. Untuk itu, daun sirsak bisa digunakan untuk membasmi ketombe yang sudah parah.

Cara mengatasi ketombe dengan daun sirsak:

  1. Siapkan beberapa lembar daun sirsak
  2. Tumbuk hingga halus
  3. Tambahkan air
  4. Gunakan sebagai masker rambut dengan mengoleskannya pada kulit kepala
  5. Tunggu selama 30 menit
  6. Bilas menggunakan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. jika dikonsumsi setiap hari bisa menambah kekebalan tubuh. Ternyata minyak zaitun juga memiliki manfaat yang baik untuk cara menghilangkan ketombe secara alami, permanen, dan cepat.

Cara mengatasi ketombe dengan minyak zaitun:

  • Oleskan minyak zaitun di kulit kepala hingga merata
  • Pijat dengan lembut hingga meresap ke dalam kulit
  • Diamkan selama 30 menit
  • Kemudian bilaslah menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen Menggunakan Baking Soda

Baking soda biasa digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue. Ternyata Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan ketombe secara permanen. Namun, sebagai catatan, Anda tidak boleh menggunakannya terlalu sering dan terlalu banyak. Sebab, efek mencegah ketombe datang lagi bisa lebih lama. Baking soda juga ampuh sebagai cara menghilangkan kutu rambut lho.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan setengah sendok teh baking soda
  2. Larutkan baking soda menggunakan air hingga teksturnya mengental
  3. Oleskan pada kulit kepala dengan merata
  4. Biarkan beberapa menit
  5. Bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Garam

Garam akan menambah rasa nikmat pada makanan yang Anda masak. Namun, sifat scrub yang mampu mengangkat kulit mati ternyata bagus untuk menghilangkan ketombe. Cara menghilangkan komedo secara alami juga bisa menggunakan garam.

Selain mudah didapatkan, garam juga merupakan bahan alami yang sangat ampuh mengatasi masalah ketombe. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan garam dapur beberapa jimpit
  • Gosokkan pada kulit kepala secara merata
  • Diamkan beberapa saat
  • Bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat kaya dengan berbagai vitamin. Bukan hanya vitamin C saja, jeruk yang memiliki rasa masam ini juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, serta serta, karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, dan masih banyak lagi.

Vitamin C yang dikandungnya dapat merangsang pertumbuhan akar rambut. Sehingga, jeruk nipis sangat baik untuk mencegah kebotakan dan rambut rontok. Tidak hanya itu, jika digunakan secara teratur, jeruk nipis akan menjadi bahan alami yang ampuh mengatasi ketombe.

Dalam jeruk nipis juga terkandung senyawa anti bakteri yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan jerawat secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan cara berikut ini:

  • Belah jeruk nipis menjadi dua, lalu peras.
  • Campurkan perasan jeruk nipis dengan air secukupnya.
  • Oleskan pada kulit kepala secara merata
  • Biarkan sebentar supaya meresap ke pori-pori kulit
  • Bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cuka

Cuka yang biasa digunakan pada makanan ini ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe. Anda perlu berhati-hati saat menggunakan cuka untuk mengatasi ketombe. Jangan sampai menggunakannya terlalu banyak.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan cuka 1 sendok teh
  • Oleskan pada kulit kepala secara merata
  • Biarkan beberapa saat
  • Bilas menggunakan air hingga bersih
  • Lakukan 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bawang Merah

Anda pasti sering menjumpai orang tua yang mengoleskan tumbukan bawang merah pada kepala bayi. Hal ini bertujuan untuk melebatkan rambut bayi. Nah, ternyata bawang merah memang baik untuk kesehatan rambut. Termasuk untuk menghilangkan ketombe secara alami.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan bawang merah, kupas kulitnya, lalu haluskan
  2. Oles secara merata pada kulit kepala
  3. Kemudian, diamkan beberapa saat
  4. Bilas menggunakan air bersih.

Mulai sekarang, beralih ke bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe. Selain murah, bahannya juga mudah didapat. Bahkan, beberapa bahan bisa Anda temukan di dapur. Tidak perlu menggunakan shampoo anti ketombe yang justru bisa memicu timbulnya ketombe yang lebih parah.

Nah, Anda juga harus rutin keramas agar ketombe tidak muncul kembali. Keramas yang baik adalah dua hari sekali. jangan terlalu sering keramas, sebab kulit kepala akan menjadi semakin kering. Sehingga ketombe akan datang lagi.

Anda bisa memilih satu diantara cara menghilangkan ketombe di atas yang dirasa paling cocok. Pilih bahan yang paling mudah didapat. Demikian, semoga bermanfaat.