7 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Agar Kulit Lebih Mulus

Area wajah memang rentan terhadap berbagai masalah kulit. Sebut saja masalah wajah kusam, jerawat, bekas jerawat, kulit wajah bersisik, minyak berlebih, dan masih banyak lagi. Salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh pria maupun wanita adalah komedo, sehingga banyak orang yang mencari cara menghilangkan komedo secara alami.

Memiliki komedo seringkali membuat seseorang tidak merasa percaya diri. Pasalnya, benjolan kecil berwarna hitam ini membuat wajah terlihat kurang bersih. Komedo biasanya muncul pada permukaan wajah, leher, dada, punggung, bahu dan juga lengan. Namun, bagian yang paling sering dihinggapi komedo hitam adalah hidung.

Penyebab komedo adalah sel kulit mati serta minyak yang terkumpul di ujung luar folikel rambut. Warna kehitaman yang muncul merupakan akibat dari komedo yang terbuka dan terpapar udara luar yang kotor.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan komedo secara alami. Bahan-bahan yang alami ternyata ampuh mengatasi masalah kulit wajah yang satu ini. Tak hanya itu, prosesnya pun tergolong cepat dan tentunya tidak menimbulkan efek samping.

Lalu, apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan? Langsung saja, check these out!

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Cepat dan Ampuh Menggunakan jeruk Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. selain itu, jeruk yang memiliki rasa masam ini juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas pada kulit. Tak heran jika banyak produk skin care yang menggunakan bahan ini untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Termasuk untuk menghilangkan komedo dengan cepat.

Nah, cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Belah jeruk lemon menjadi dua bagian
  • Peras, lalu oleskan air perasan jeruk lemon ke area wajah yang berkomedo
  • Diamkan 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Dengan Jeruk Nipis

Sebenarnya, jenis komedo ada dua macam, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Jenis yang paling mengganggu penampilan adalah komedo hitam. Sebab, tampilannya kontras dengan warna kulit wajah.

Tak perlu khawatir, segera atasi komedo hitam menggunakan jeruk nipis yang kaya vitamin C. Kemampuannya yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dapat menghilangkan komedo hitam dengan efektif. Jeruk nipis juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami.

Cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis adalah:

  • Belah jeruk nipis lalu peras airnya
  • Air perasan tersebut bisa langsung Anda oleskan ke area wajah yang berkomedo
  • Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Tanpa Efek Samping Dengan Tomat

Tahukah Anda jika tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi? Ya, salah satu jenis sayuran ini mengandung lycopene yang membantu proses pengangkatan sel kulit mati sehingga efektif mengatasi komedo.

Ampuhnya lagi, tomat memiliki tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari langsung. Anda tak perlu khawatir saat menggunakannya, sebab, tomat tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kulit.

Untuk menghilangkan komedo dengan tomat, caranya adalah:

  1. Haluskan tomat menggunakan blender atau ditumbuk secara manual
  2. Aplikasikan pada wajah yang berkomedo
  3. Diamkan kurang lebih 30 menit
  4. Bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Komedo Alami Dalam 1 Hari Menggunakan Putih Telur

Putih telur dijadikan masker andalan oleh salah satu selebgram dan beauty vlogger Nanda Arsyinta. Berkat masker putih telur yang digunakan, akhirnya diperoleh wajah yang bersih, kenyal, dan putih. Nah, Anda juga bisa mengambil inspirasi darinya dengan menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo hanya dalam 1 hari saja.

Putih telur sangat baik untuk mengecilkan pori-pori, sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk. Putih telur juga kaya akan protein dan sumber mikronutrien yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit wajah. Cara menghilangkan flek hitam di wajah juga bisa menggunakan bahan ini.

Cara menggunakannya adalah:

  • Pecahkan telur, ambil putihnya saja lalu masukkan dalam wadah
  • Tambahkan 1 sendok makan jeruk nipis untuk mengurangi bau amisnya
  • Aplikasikan pada wajah yang berkomedo
  • Tunggu beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Menggunakan Madu

Madu memiliki zat yang dapat melembabkan wajah serta mencerahkan warna kulit. Kandungan zat anti oksidan di dalamnya juga bisa mengangkat sel kulit mati. Berlaku juga untuk menghilangkan komedo membandel pada kulit wajah.

Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan 1 sendok makan madu
  • Oleskan pada wajah yang berkomedo
  • Diamkan kurang lebih 30 menit
  • Bilas menggunakan air bersih
  • Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Scrub Kopi dan Gula

Kopi memiliki cita rasa yang gurih sehingga membuat ketagihan. Siapa yang tahu bahwa kopi juga memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo. Beberapa waktu belakangan, scrub kopi dan gula mulai digandrungi oleh para perempuan yang mengidamkan kulit wajah bersih. Khasiatnya kian populer melalui postingan di media sosial. Nah, Anda juga patut mencobanya untuk menghilangkan komedo.

Gabungan kedua bahan tersebut akan mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah menjadi mulus, halus, dan bebas komedo. Cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Campurkan 2 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan gula, dan air. Pastikan teksturnya membentuk pasta
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan scrub kopi dan gula
  • Gosokkan scrub pada wajah secara merata
  • Pijat dengan lembut area wajah selama 1 menit hingga sel kulit mati terangkat.

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Pasta Gigi

Pasta gigi yang beredar di pasaran, mayoritas mengandung fluoride dan mineral yang baik untuk menghaluskan wajah yang kasar akibat komedo. Meskipun begitu, sebaiknya pilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal agar terbebas dari bahan kimia.

Cara yang bisa Anda praktekkan adalah:

  1. Oleskan pasta gigi ke area wajah secara merata
  2. Diamkan hingga 15 menit
  3. Bilas menggunakan air bersih.

Itulah cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami. Anda bisa langsung mempraktekkannya karena bahan yang digunakan mudah untuk Anda temukan.

Masalah lain yang sering dialami oleh sebagian besar orang adalah ketombe, cari tahu cara menghilangkan ketombe di sini.

Nah, penting juga bagi Anda untuk mengetahui faktor pemicu munculnya komedo pada wajah. Seperti berkembangnya bakteri pada permukaan wajah, sel kulit mati yang tertimbun, perubahan hormon, kulit kering, dan menggunakan produk make up waterproof terlalu sering dan berlebihan.

Sebenarnya, alam telah menyediakan berbagai pemecahan masalah bagi Anda. termasuk menghilangkan komedo. Selain murah, menggunakan bahan alami juga sangat aman tanpa efek samping. Banyak orang yang mencari cara menghilangkan komedo secara permanen. Asalkan rutin, kulit wajah Anda akan terlihat lebih bersih bebas dari komedo setiap saat.

Selain itu, hindari penggunaan make up waterproof yang dapat menyumbat pori-pori. Demikian, semoga bermanfaat.