9 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Ampuh Secara Cepat

Pernahkah tiba-tiba Anda merasakan gatal yang disertai rasa panas pada kulit kepala? Atau Anda juga merasakan seperti ada sesuatu yang “berjalan” di kulit kepala dan membuat gatal, padahal rambut Anda terbebas dari ketombe, maka kemungkinan rasa gatal tersebut disebabkan oleh kutu rambut.

Kutu rambut yang merupakan parasit yang hidup di kepala manusia dan bertahan hidup dengan menghisap darah tersebut dapat menyebabkan rasa gatal karena adanya lesi kutu dari parasit tersebut. Perkembangbiakkannya yang hanya sekitar 6 hari saja membuatnya semakin mudah berkembang di kepala Anda.

Oleh karena itu, sebelum kutu-kutu tersebut terus bertambah, yuk segera basmi dengan beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami berikut ini:

Basmi Dengan Cara Instan Menggunakan Sisir Kutu (Serit)

Langkah pertama yang umum dilakukan dalam membasmi kutu rambut adalah dengan menggunakan serit atau sisir khusus kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan serit ini sebenarnya tidak bisa membunuh kutu rambut secara alami, tapi lebih tepatnya ‘mengusir’ kutu dari rambut dan kulit kepala.

Pilihlah serit yang jarak antar giginya sekitar 0,2 mm, karena semakin sempit jaraknya, semakin efektif dalam menghilangkan kutu. Nah, sebelum memakainya, usahakan rambut Anda dalam keadaan basah untuk memperlambat gerakan kutu yang mencoba ‘kabur’.

Olesi Rambut Dengan Berbagai Minyak Esensial

Ternyata beragam minyak esensial tidak hanya dimanfaatkan untuk perawatan kulit atau sebagai cara menghilangkan mata panda saja, tapi juga cukup efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak esensial banyak digunakan karena aman dan efektif.

Nah, beberapa minyak esensial yang bisa Anda gunakan, seperti minyak adas, minyak kayu putih, minyak lavender, minyak cengkeh, minyak daun kayu manis, minyak pala, dan masih banyak lagi. Adapun cara menggunakan cukup mudah, yakni:

  1. Campurkan minyak zaitun dengan 15-20 tetes minyak esensial pilihan
  2. Kemudian oleskan pada kulit kepala dengan bola kapas
  3. Diamkan selama kurang lebih 12 jam
  4. Lalu sisir rambut dengan serit, kemudian bilas hingga bersih seperti keramas

Menggunakan Bumbu Dapur Bawang Putih

Cara membasmi kutu rambut selanjutnya juga efektif dan cukup mudah untuk dilakukan. Selain dapat digunakan untuk perawatan kecantikan dan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami, bawang putih yang mengandung zat antibakteri dan antioksidannya mampu membunuh dan mengambat perkembangbiakan kutu rambut.

Sedangkan cara menggunakannya yaitu:

  • Ambil 10 siung bawang putih
  • Kemudian blender atau giling hingga halus
  • Setelah itu, campurkan dengan 3 sdt air perasan jeruk nipis
  • Lalu oleskan secara merata pada kulit kepala
  • Diamkan selama 30 menit dan gunakan handuk atau shower cap untuk menutup rambut
  • Kemudian bilas rambut Anda hingga bersih.

Basmi dan Cegah Pertumbuhan Kutu Dengan Lemon

Buah lemon yang kaya akan kandungan asamnya, ternyata tidak hanya digandrungi oleh kaum hawa sebagai cara menghilangkan lemak di perut saja. Tapi ternyata juga sangat efektif untuk membasmi kutu rambut dan telur kutunya sekaligus mencegahnya datang lagi. Nah, adapun cara menghilangkan kutu rambut dengan lemon sebenarnya cukup mudah, cepat dan aman, caranya yaitu:

  • Siapkan 2 buah lemon, lalu potong masing-masing menjadi 2 atau 4 bagian dan peras airnya
  • Kemudian campurkan air perasan lemon dengan 100 ml air putih
  • Selanjutnya, teteskan air campuran tersebut pada kulit kepala dan lakukanlah pemijatan selama 5-10 menit
  • Tunggu hingga 30-40 menit, lalu keramasi rambut dengan air hangat.

Menghilangkan Kutu dan Telurnya dengan Mayonaise

Tak hanya digunakan untuk saus pelengkap makanan saja, mayonaise yang mengandung sari lemon, minyak, kuning telur, serta cuka tersebut ternyata sangat ampuh dalam membasmi kutu rambut. Berikut cara basmi kutu rambut dengan mayonaise:

  • Ambil mayonaise secukupnya lalu oleskan secara merata pada kulit kepala dan berikan pijatan lembut selama 5-10 menit
  • Kemudian tutupi rambut Anda dengan shower cap atau handuk dan biarkan selama 5-6 jam
  • Setelah itu, keramasi rambut hingga bersih dan sisirlah rambut dengan serit untuk membuang kutu dan bangkai kutu.
Baca Juga  8 Cara Menghilangkan Ketombe Anti Ribet Bahannya Mudah Didapat

Manfaatkan Asam Cuka untuk Membunuh Kutu Rambut

Dengan sifat asamnya yang tinggi, asam cuka diyakini mampu mematikan kutu rambut serta telurnya. Namun penggunaan asam cuka dalam membasmi kutu rambut tidak disarankan bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif, sehingga penggunaan asam cuka memang harus hati-hati.

Untuk mengurangi kadar asamnya, Anda bisa menambahkannya dengan air putih. Adapun cara menghilangkannya dengan asam cuka antara lain:

  1. Siapkan 2 sdm cuka dan 2 sdm minyak kelapa
  2. Kemudian campur kedua bahan hingga merata
  3. Lalu oleskan pada kulit kepala secara merata setiap menjelang tidur
  4. Setelah itu, bungkus kepala Anda dengan shower cap
  5. Biarkan hingga keesokan harinya, lalu keramasi rambut Anda dengan air hangat.

Basmi Dengan Mouth Wash (Obat Kumur)

Cara mengurangi kutu rambut yang satu ini mungkin sangat jarang dilakukan oleh kaum hawa. Obat kumur yang biasanya dipakai setelah menyikat gigi tersebut ternyata mengandung papermint yang bersifat antioksidan. Baunya yang menyengat juga sangat tidak disukai oleh kutu rambut. Nah, cara menggunakannya yaitu:

  • Tuangkan obat kumur pada telapak tangan Anda secukupnya
  • Lalu oleskan secara merata dan lakukan pijatan halus selama beberapa menit
  • Kemudian bungkus rambut Anda dengan handuk atau shower cap
  • Diamkan selama kurang lebih 2 jam
  • Selanjutnya keramasi rambut seperti biasa hingga bersih.

Manfaatkan Alkohol Untuk Membasmi Kutu beserta Telurnya

Manfaat alkohol dalam dunia medis memang bukanlah rahasia umum lagi. Tapi selain itu, ternyata alkohol dengan kadar mencapai 70%, mampu membunuh kutu dan menghambat pertumbuhan telur kutu. Dengan kandungan senyawa isoprofilnya, alkohol dipercaya sangat ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan kutu rambut.

Namun sayang penggunaan alkohol sebagai obat pembasmi kutu rambut tidak bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit kepala sensitif, sebaiknya tidak menggunakan cara ini agar tidak terjadi iritasi.

Selain tidak diperbolehkan menggunakan alkohol pada kulit yang terluka, penggunaan cara ini juga disarankan hanya sekali seminggu saja. Nah, cara penggunaannya yaitu:

  • Tuangkan alkohol secukupnya lalu oleskan pada kulit kepala secara merata
  • Biarkan selama 20-30 menit, kemudian sisirlah dengan serit untuk membuang kutu yang sudah mati atau masih hidup
  • Setelah itu, keramasi rambut seperti biasa.

Menggunakan Metode Manual

Selain menggunakan obat-obatan alami tersebut, Anda juga bisa membasmi  kutu rambut dengan metode manual, seperti membotaki kepala atau mencukur habis rambut Anda dan lakukan pengeringan rambut dengan hair dryer untuk ‘membakar’ kutu dan telurnya.

Namun setelah menggunakan obat kutu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan hair dryer atau catok rambut. Hal tersebut karena beberapa obat kutu akan terbakar ketika berada di suhu yang terlalu panas.

Nah, dari sekian banyak cara menghilangkan kutu rambut, hal yang tidak boleh diabaikan adalah mencegah kutu rambut datang lagi. Lakukan beberapa pencegahan seperti menjaga kebersihan rambut, tidak berbagai sisir, helm, atau aksesoris rambut dengan orang lain, terutama pada seseorang yang juga memiliki kutu rambut.