Bermasalah dengan Kulit Berminyak Sampai Timbul Jerawat dan Komedo? Gunakan 5 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Ini

Seperti yang Anda tahu, setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda, misalnya saja jenis kulit normal, kulit kering, kulit berjerawat, kulit sensitif dan kulit berminyak. Salah satu jenis kulit yang membuat wanita resah adalah ketika kulit wajah memiliki minyak yang berlebih.

Kulit berminyak adalah salah satu permasalahan kulit yang terjadi akibat produksi minyak yang berlebih pada wajah. Permasalahan kulit ini sering terjadi pada sebagian wanita dan membuat banyak wanita resah dan tidak percaya diri.

Jika sudah demikian, maka wajah akan terlihat mengkilap dan membuat Anda tidak percaya diri. Minyak pada wajah sendiri sejatinya adalah hal yang normal, sebab minyak diproduksi secara langsung oleh kulit.

Sayangnya, di beberapa orang produksi minyak ini terlalu berlebihan, alhasil wajah terus saja terlihat berminyak setiap saat. Jika sudah demikian, bukankah Anda membutuhkan cara menghilangkan minyak di wajah?

Pasalnya terlalu banyak minyak di wajah bisa menyebabkan munculnya masalah-masalah baru yang tidak diinginkan. Beberapa masalah ini seperti timbulnya jerawat, timbulnya komedo, dan berbagai permasalahan lainnya.

Jika sudah muncul permasalahan baru ini, tentunya Anda juga harus membutuhkan cara menghilangkan jerawat dan komedo. Nah, sebelum hal itu terjadi, ada baiknya jika Anda perlu menghilangkan minyak berlebih terlebih dahulu dengan menggunakan cara menghilangkan minyak di wajah ini?

Apa Sih Penyebab Kulit Berminyak?

Sebelum masuk ke cara menghilangkan minyak di wajah, ada baiknya Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan munculnya kulit berminyak. Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya di bawah ini.

  • Perubahan Hormon

Setiap manusia memiliki hormon dalam tubuhnya, dan hormon tersebut bisa mengalami perubahan kapan saja. Biasanya perubahan hormon ini akan terjadi ketika Anda sedang stres atau pada waktu pra menstruasi. Perubahan hormon inilah yang turut berperan terhadap produksi minyak berlebih.

  • Penggunaan Produk Kecantikan yang Salah

Dalam menggunakan produk kecantikan seperti bedak, pelembab, atau apapun itu sebaiknya disesuaikan dengan jenis Anda. Mengapa? Sebab jika salah menggunakan produk kecantikan, hal ini bisa berdampak pada produksi minyak yang berlebih. Alhasil bukan kulit yang cantik yang Anda dapatkan melainkan, kulit wajah yang selalu terlihat berminyak dan mengkilap seharian.

  • Mengonsumsi Makanan yang Berminyak

Anda suka gorengan tapi memiliki kulit wajah yang berminyak? Jika iya, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari mengonsumsi gorengan lagi. Mengapa? Sebab, mengonsumsi makanan yang berminyak juga bisa mengakibatkan wajah berminyak. So, agar wajah Anda kembali normal seperti sedia kala, ubahlah pola makan menjadi lebih sehat salah satunya dengan menghindari makanan yang berminyak.

  • Cuaca

Efek cuaca juga berpengaruh terhadap produksi minyak pada wajah. Terutama pada saat cuaca panas, secara langsung kulit akan memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan dengan biasanya.

Apa yang Bisa Digunakan atau Dilakukan Untuk Menghilangkan Minyak di Wajah?

Untuk Anda yang sudah penasaran, sebenarnya ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan minyak di wajah, yakni dengan cara alami dan bahan kimia. Agar wajah Anda lebih sehat dan minyak tidak kembali lagi tanpa muncul efek samping, ada baiknya jika Anda menggunakan cara yang alami. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa digunakan.

Rajin Membersihkan Wajah

Rajin membersihkan wajah adalah langkah awal yang harus dilakukan sebagai cara mengurangi minyak di wajah. Pasalnya di area wajah terdapat banyak sekali kotoran, sisa make up dan masih banyak lainnya yang bisa mengakibatkan kulit berminyak. Dengan membersihkan wajah secara rutin, Anda bisa mengurangi minyak di wajah sedikit demi sedikit.

Membersihkan Wajah Dengan Menggunakan Air Hangat

Membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat menjadi cara yang paling tepat untuk mengurangi minyak berlebih. Mengapa? Karena menggunakan air hangat dapat membuka pori-pori kulit. Alhasil minyak dapat keluar dan berkurang secara signifikan.

Menghindari stres

Stres juga bisa menjadi salah satu pemicu minyak berlebih pada wajah. Pada saat stres maka hormon-hormon dalam tubuh serta metabolisme akan tidak seimbang. Hal inilah yang akan memicu munculnya produksi minyak berlebih. Dengan berpikir positif dan menjaga pola makan tetap sehat bisa digunakan untuk menghilangkan stres sekaligus menghilangkan minyak di wajah.

Jeruk Nipis dan Putih Telur

Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan dan Vitamin C yang tinggi. kedua kandungan ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami, mencerahkan wajah, dan salah satunya untuk menghilangkan minyak berlebih.

Untuk menggunakan jeruk nipis, Anda bisa mencampurkannya dengan menggunakan putih telur. Mengapa? Karena putih telur memiliki kandungan protein dan kaya akan sumber mikronutrien.

Adapun cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan telur lalu aplikasikan pada wajah. Pemakaian masker ini akan membuahkan hasil yang signifikan apabila digunakan secara teratur.

Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Selain itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas, dengan mengoleskan lemon pada wajah, Anda bisa menghilangkan minyak berlebih secara langsung.

Alpukat

Alpukat memang sangat lezat untuk dimakan, namun tahukah Anda jika Alpukat bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan, Vitamin C, Vitamin E pada buah ini sangat berguna untuk mengurangi minyak pada wajah dan membuat wajah tetap sehat dan kenyal. Adapun caranya adalah dengan menjadikan alpukat sebagai masker wajah.

Dengan menggunakan beberapa bahan tersebut, maka kulit Anda akan kembali normal dan bebas kilap. Sedangkan jika kulit berminyak Anda sudah menimbulkan efek lain seperti berjerawat dan berkomedo bukankah hal ini harus segera diatasi.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Akibat Minyak Berlebih?

Untuk Anda yang memiliki jerawat akibat minyak berlebih, tenang saja sebab cara menghilangkan jerawat di wajah Anda sangatlah mudah. Dengan Anda menggunakan beberapa cara menghapus minyak di wajah yang sudah disebutkan di atas, maka secara tidak langsung jerawat Anda akan terobati.

Lantas, Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami?

Antara jerawat dan komedo memiliki beberapa kesamaan, bahkan keduanya bisa disebut dengan saudara. Mengapa? Sebab komedo adalah jerawat yang kecil, sedangkan jerawat adalah komedo yang besar dan meradang.

Keduanya muncul karena terjadi pengendapan kotoran dalam pori-pori wajah. Oleh sebab itu, cara menghilangkannya juga sama, yakni dengan menggunakan cara menghilangkan minyak di atas, maka secara otomatis komedo Anda juga akan hilang.

Nah, untuk cara menghilangkan mata panda, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara mengurangi minyak di wajah di atas. Mengapa? Sebab bahan-bahan di atas adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai permasalahan kulit wajah Anda.

Bagaimana? Bukankah mudah untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak?

Setelah melihat ulasan di atas, kini Anda tidak perlu khawatir lagi dengan permasalahan kulit berminyak dan kulit lainnya. Hanya dengan menerapkan cara menghilangkan minyak di wajah ini, Anda bisa miliki kembali kulit wajah yang normal dan bebas kilap.

Selain itu, Anda juga akan lebih percaya diri saat menggunakan riasan, jalan-jalan bersama teman dengan wajah yang tetap segar dan bebas kilap. Masih ragu? Cobain dan buktikan sendiri khasiatnya.