Masih Ngantuk Saat Kerja? Lakukan 9 Gerakan dan Cara Menghilangkan Ngantuk Berikut Ini, Dijamin Langsung Melek!

Rasa ngantuk memanglah hal yang wajar, tapi jika rasa kantuk yang tidak tertahankan tersebut terjadi saat siang hari di jam kerja atau saat tengah beraktifitas, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Baik karena kurang tidur atau karena kelelahan, rasa ngantuk yang berat tersebut sering diatasi dengan mengonsumsi kopi. Padahal, selain kopi Anda bisa melakukan beberapa gerakan dan cara menghilangkan ngantuk secara alami berikut ini:

Segera Cuci Muka Saat Rasa Ngantuk Datang

Sama seperti mandi yang akan membuat Anda menjadi lebih segar dan bersemangat setelahnya. Mencuci muka selain bisa menjadi cara menghilangkan minyak di wajah juga sangat efektif untuk mengusir ngantuk yang datang di siang hari.

Hal tersebut karena air mengandung mineral dan nutrisi yang tinggi, dimana kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit, menjaga kesehatan tubuh, dan membuat tubuh serta pkiran menjadi lebih fresh. Sehingga mencuci muka bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk yang ampuh.

Sebenarnya, cara ini merupakan cara tradisional dan sudah dilakukan sejak dahulu. Jadi jika Anda tiba-tiba merasakan ngantuk yang tidak tertahankan saat sedang bekerja atau beraktivitas, sebaiknya Anda segera mencuci muka. Jika biasanya Anda sering mencuci muka saat bangun tidur, mandi, dan menjelang tidur saja, cobalah untuk mencuci muka di siang hari untuk mengusir kantuk.

Akan tetapi bagi Anda yang terbiasa mencuci muka dengan sabun wajah, akan lebih baik tidak menggunakannya secara berlebihan. Dengan kata lain Anda bisa mencuci wajah hanya dengan air bersih yang mengalir saja.

Bangkit Sejenak Dari Tempat Aktifitas Anda

Cara menghilangkan ngantuk yang satu ini juga tak kalah bermanfaat dan mudah untuk dilakukan. Karena tanpa harus membutuhkan media apapun, Anda sudah bisa mengusir ngantuk di siang hari.

Sebenarnya rasa kantuk tersebut biasanya datang karena disebabkan oleh pandangan yang monoton, sehingga sedikit banyak akan membuat Anda menjadi bisa dan mempengaruhi mood Anda.

Nah untuk menghilangkan rasa ngantuk dan membangkitkan kembali semangat Anda, Anda bisa mencobanya dengan bangkit sejenak dari tempat duduk Anda, berjalan-jalan disekitar meja kerja Anda atau ajaklah teman Anda mengobrol sebentar.

Hindari Duduk Sambil Bersandar

Memang duduk di kursi yang empuk, ditambah dengan menyandarkan pundak Anda, tentu akan membuat Anda sangat nyaman. Akan tetapi hal tersebut justru bisa membuat Anda menjadi semakin ngantuk.

Karena alih-alih bersemangat, Anda malah akan kehilangan konsentrasi dalam belajar atau bekerja. Duduk bersandar juga membuat Anda menjadi malas beraktifitas. Oleh karena itu, cara menghilangkan ngantuk yang efektif adalah dengan duduk dengan posisi tegak dan hindari bersandar. Maka secara perlahan rasa kantuk Anda akan menghilang dan otak kembali berkonsentrasi.

Makan Permen atau Mengunyah Permen Karet

Cara menghilangkan ngantuk lainnya yaitu dengan memanfaatkan permen sebagai camilan Anda. Saat rasa ngantuk tiba-tiba datang dan Anda tidak bisa melakukan beberapa cara di atas, maka Anda bisa menghilangkan kantuk tersebut dengan memakan permen, terutama permen rasanya tajam, seperti terlalu asam.

Bahkan selain itu, menurut sebuah penelitian dari Chiba University, Jepang, mengunyah permen karet dapat meningkatkan reaksi dan tingkat kewaspadaan hingga 7%. Karena ketika mengunyah permen karet tersebut, otot-otot rahang Anda akan menstimulasi bagian tertentu dari otak Anda, tak terkecuali korteks premotor. Dimana stimulasi dari korteks tersebut mampu meningkatkan reaksi dan gerakan, sehingga performa akan lebih baik.

Tidak hanya itu, cara menghilangkan ngantuk dengan mengunyah permen karet juga karena kandungan guarana di dalamnya. Guarana sendiri merupakan tanaman rambat dari Amazon yang di dalamnya terkandung kafein yang tinggi. Sehingga mengunyah permen karet bisa dikatakan sama halnya dengan Anda meminum kopi.

Baca Juga  Ragam Cara Menghilangkan Bau Mulut Efektif dengan Bahan Alami

Minumlah Air Putih, Terutama Air Dingin

Menurut sebuah penelitian di Amerika, ternyata dehidrasi bisa menimbulkan rasa kantuk pada seseorang. Jadi salah satu cara menghilangkan ngantuk yang bisa Anda lakukan dengan mudah yakni dengan mengonsumsi air putih, terutama air es.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh tentunya sangat diperlukan, karena selain untuk mengusir rasa kantuk, mengonsumsi air putih ternyata juga sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Bahkan air es atau es batu juga bisa menjadi cara menghilangkan sakit gigi yang efektif, karena rasa dinginnya bisa meredakan rasa sakit.

Sempatkan Untuk Ngemil, seperti es krim, coklat, yogurt

Cara menghilangkan ngantuk yang paling mudah dan ‘enak’ yaitu dengan mengonsumsi beberapa camilan. Usahakan agar tidak mudah ngantuk, setiap 3-4 jam Anda harus memakan camilan.

Ada beberapa camilan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir ngantuk, antara lain coklat, es krim, yogurt, dan lain-lain. Kendati demikian, pastikan camilan yang Anda makan adalah camilan yang sehat.

Misalnya, yogurt, camilan yang terbuat dari olahan susu tersebut tidak hanya banyak disukai karena rasanya, tapi juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan sebagai salah satu cara menghilangkan panu dan masalah kesehatan lainnya.

Lakukan Olahraga Ringan

Jika Anda ingin mengusir rasa ngantuk yang berat dengan instan, salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan berolahraga. Karena dengan melakukan gerakan fisik, tubuh Anda akan memompa hormon dan zat-zat kimia dalam darah. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan sistem metabolisme tubuh pun akan meningkat.

Berolahraga sebagai cara menghilangkan ngantuk tidaklah harus melakukan olahraga yang berat. Cukup dengan melakukan peregangan otot, stretching, berjalan-jalan, melompat-lompat atau menghirup udara segar dengan keluar ruangan sejenak.

Jangan Lupa Sarapan Sebelum Beraktifitas

Penyebab lain dari rasa ngantuk di siang hari, selain karena kelelahan dan kurang tidur, juga karena melewatkan sarapan di pagi hari sebelum beraktifitas. Jadi cara menghilangkan ngantuk juga bisa Anda atasi dengan sarapan atau makan terlebih dahulu.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena pada saat perut Anda kosong dan rasa lapar meningkat, dan energi tubuh akan menurun sehingga rasa ngantuk mudah datang.

Menurut sebuah penelitian di Cardiff University, Inggris, menunjukkan bahwa seseorang yang pada pagi hari mengonsumsi sereal atau makanan akan lebih terhindar dari stress. Dimana hal tersebut membuktikan bahwa sarapan mampu meningkatkan mental dan kinerja fisik sepanjang hari.

Namun yang perlu diperhatikan, sebaiknya Anda tidak sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Karena makanan tersebut alih-alih membuat Anda lebih fresh, malah akan membuat Anda mudah ngantuk.

Sempatkan Sejenak Tidur Berkualitas

Cara menghilangkan ngantuk yang mungkin jarang dilakukan adalah dengan mengistirahatkan sejenak mata Anda. Jika Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, tidur siang bahkan selama 10 menit saja sudah bisa membuat Anda semangat dan mengusir rasa ngantuk. Beberapa penelitian terbaru terkait waktu tidur siang yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • 5 menit tidur siang membuat tubuh lebih bugar
  • 10 menit tidur siang mampu memperbaiki kebugaran tubuh hingga 155 menit ke depan
  • 20 menit tidur siang mampu menambah energi selama 125 menit ke depan
  • Sedangkan tidur siang 30 menit ke atas akan menimbulkan gangguan kesehatan, seperti pusing, disorientasi, dan lain-lain.

Nah, dari beberapa cara menghilangkan ngantuk di atas, tentunya harus disesuaikan dengan tempat Anda beraktifitas saat itu. Namun selain cara-cara di atas, Anda juga bisa mencoba cara lain seperti mendengarkan musik, bermain gadget, berjemur, mengatur pola pikir, dan masih banyak lagi.