Tidak Tahan Dengan Nyeri Sakit Gigi? Gunakan 7 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Ini Dijamin Cepat Dan Ampuh

Pernahkah Anda mengalami sakit gigi? Bagi sebagian orang tentunya sudah pernah merasakan apa itu sakit gigi. Mengapa? Sebab sakit gigi tidak memandang usia, status sosial, harta ataupun pangkat seseorang. Siapa saja bisa mengalami sakit ini kapan saja dan dimana saja.

Saat seseorang mengalami sakit gigi, maka Ia akan merasakan ngilu, nyeri, gigi terasa senut-senut hingga gusi menjadi bengkak. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengatakan lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi.

Pernyataan ini sepertinya benar, sebab saat seseorang mengalami sakit gigi maka ia akan melakukan apapun untuk menahan rasa sakitnya. Apalagi rasa nyeri dan ngilu pada sakit gigi bisa terasa sangat sakit dan membuat penderitanya tidak bisa berbuat apa-apa.

Sedangkan saat sakit hati, seseorang masih tetap bisa makan, melakukan aktivitas normal dan masih banyak lainnya. Untuk itu, Anda membutuhkan cara menghilangkan sakit gigi yang ampuh dan mudah untuk dicoba.

Lantas, Apa Itu Sakit Gigi?

Sakit gigi adalah suatu kondisi dimana munculnya rasa nyeri di bagian dalam atau pun sekitar gigi dan rahang. Untuk tingkatan rasa nyeri yang muncul ada setiap penderitanya bervariasi, dari mulai rasa nyeri yang ringan hingga muncul rasa nyeri yang parah.

Selain itu, rasa nyeri yang muncul juga bisa datang dalam kurun waktu yang lama atau bahkan hanya muncul pada beberapa saat saja. Rasa nyeri ini juga akan semakin memburuk ketika penderita sakit gigi mengonsumsi jenis makanan atau minuman yang panas atau dingin.

Selain itu, rasa nyeri ini juga akan muncul ketika penderita berbaring saat di malam hari. Ketika seseorang mengalami sakit gigi, maka bagian rahang yang berdekatan dengan gigi juga akan mengalami nyeri yang sama. Selain itu, sumber nyeri yang muncul juga kadang sulit untuk dibedakan.

Misalnya saja Anda mengalami nyeri di bagian telinga namun rasanya juga seperti berada di saluran sinus. Selain munculnya rasa nyeri, beberapa gejala sakit gigi yang muncul seperti demam, using, bengkak di sekitar gigi seta munculnya bau busuk dari dalam gigi. Jika sudah demikian, bukankah hal ini sangat mengganggu Anda dan orang lain yang ada di sekitar.

Apa Sih Penyebab Sakit Gigi?

Bicara soal penyebab, ada banyak hal yang bisa mengakibatkan sakit gigi. Salah satunya ketika pulpa gigi mengalami peradangan. Pulpa adalah lapisan terdalam gigi yang terdiri atas saraf sensitif dan pembuluh darah.

Hal yang membuat pulpa mengalami peradangan seperti gigi retak, gigi busuk, gigi bernanah karena infeksi bakteri, adanya tambalan gigi yang rusak dan masih banyak lainnya. Selain peradangan pulpa, penyebab sakit gigi yang lain seperti tukak gusi, tanda-tanda tumbuh gigi baru, cedera pada sendi temporomandibular, sinusitis dan juga abses periodontal.

Lantas Bagaimana Cara Menghilangkan Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan di Rumah?

Sebenarnya rasa sakit gigi tidak akan bisa hilang selamanya sebelum gigi yang bermasalah tersebut dicabut. Namun, rasa sakit ini bisa diredakan untuk sementara waktu meskipun bisa kambuh kapan saja. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit gigi yang bisa dicoba di rumah.

  1. Berkumur dengan air hangat
  2. Mengoleskan antiseptik
  3. Mengompres pipi dengan menggunakan air dingin
  4. Membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan yang tersangkut.

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara di atas namun sakit gigi belum kunjung sembuh, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan cara yang alami.

Apa Saja Bahan-Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Menghilangkan Sakit Gigi?

Untuk Anda yang sudah tidak tahan dan ingin menghilangkan rasa sakit gigi, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami ini. berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan.

  • Garam

Bahan alami yang bisa Anda coba sebagai cara mengurangi rasa sakit gigi adalah garam. Garam memang dikenal sebagai salah satu bumbu dapur di rumah. namun, siapa sangka jika garam bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi.

Ini karena garam mengandung senyawa sodium yang digunakan sebagai antiseptik alami. Adapun cara menghilangkan sakit gigi dengan menggunakan garam adalah dengan mencampurnya dengan air hangat kemudian digunakan untuk berkumur.

  • Lemon

Buah yang terkenal sebagai salah satu cara menghilangkan minyak di wajah ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi lo. Mengapa demikian? Sebab lemon memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan pH dalam mulut.

Adapun caranya adalah dengan memeras lemon dan campurkan dengan menggunakan satu gelas air hangat. Gunakan air ini untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari untuk menghilangkan bakteri.

  • Jeruk Nipis

Siapa sangka buah yang terkenal sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan sakit gigi. Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga digunakan untuk mengatur pH dalam mulut. Cara menggunakannya juga sama, hanya saja Anda perlu memeras 2 buah jeruk nipis agar hasilnya lebih maksimal.

  • Belimbing Wuluh

Pernahkah Anda memakan belimbing wuluh? Belimbing wuluh adalah buah belimbing yang memiliki ukuran yang kecil. Ternyata buah ini sangat efektif untuk mengatasi sakit gigi lo.

Kandungan antibakteri pada belimbing inilah yang berguna untuk membasmi bakteri dalam mulut. Adapun caranya adalah dengan mengoleskan belimbing wuluh ada bagian gigi yang sakit secara teratur.

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sangat terkenal untuk mengobati diare, siapa sangka jika daun jambu biji juga bisa menghilangkan sakit gigi. Ternyata daun jambu biji memiliki kandungan anti inflamasi, antibakteri, serta analgesi yang kuat. Oleh sebab itu, menggunakan daun jambu biji sangat ampuh untuk menghilangkan sakit gigi lo.

Adapun caranya adalah dengan mengunyah daun jambu biji secara langsung setiap hari. Jika gigi Anda tidak kuat untuk mengunyah, Anda bisa berkumur dengan menggunakan rebusan daun jambu biji.

  • Bawang Merah

Kandungan antiseptik pada bawang merah juga sangat ampuh untuk menghilangkan sakit gigi. Sebab, kandungan antiseptik inilah yang akan membunuh kuman penyebab sakit gigi yang ada di dalam mulut. Adapun caranya adalah dengan menghaluskan satu butir bawang merah dengan 1 sendok teh garam. Tempelkan ramuan ini pada bagian gigi yang sakit.

Istirahat yang Cukup

Seseorang yang mengalami sakit gigi diharuskan memiliki waktu istirahat yang cukup agar proses pemulihan dapat berjalan dengan cepat. istirahat yang cukup juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan stres akibat sakit gigi.

Untuk itu, pastikan Anda tidur yang cukup 8 jam sehari agar proses penyembuhan gigi dapat berjalan dengan cepat dan Anda bisa beraktivitas kembali seperti biasanya.

Bukankah cara menghilangkan sakit gigi di atas sangat mudah? Tentu saja mudah, cara ini akan berhasil jika Anda melakukannya secara teratur. Jika sakit gigi yang dialami semakin bertambah parah, ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Bagaimana Cara mencegah Sakit Gigi?

Untuk Anda yang sudah sembuh dan tidak ingin terkena sakit gigi lagi, Anda bisa melakukan pencegahan yang bisa dilakukan. Caranya sangat mudah yakni hanya dengan menjaga kebersihan gigi saja. Sikatlah gigi minimal 2 kali dalam sehari dan pastikan pula menyikat gigi sebelum tidur.

Mudah bukan? Semoga cara menghilangkan sakit gigi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Pastikan Anda melakukannya secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.