Apa, Penyebab & Cara Menghilangkan Stres yang Patut Dicoba

Pernahkah Anda melihat orang yang stres? Di era milenium tentunya Anda sering melihat banyak orang yang stres karena disebabkan banyak hal. Bisa karena kebutuhan hidup, tuntutan gaya hidup, pekerjaan, dan masih banyak lainnya. Ya, stres memang mudah menyerang manusia di era milenium, padahal di era ini semua kebutuhan bisa diakses dengan mudahnya.

Karena kemajuan teknologi dan semua kebutuhan yang bisa diakses dengan mudah inilah yang mengakibatkan banyak orang menjadi stres. Sebab, ketika semuanya sudah bisa diakses dengan mudah, manusia akan mengalami ketergantungan.

Jika sudah mengalami ketergantungan, maka manusia akan melakukan apa saja untuk memenuhi ketergantungannya, dan jika seseorang tidak dapat mengendalikannya, maka ia bisa mengambil jalan apapun agar kebutuhannya terpenuhi. Hal ini sudah menjadi salah satu hal yang menandakan bahwa manusia tersebut mengalami stres. Jika sudah demikian, maka orang tersebut membutuhkan cara menghilangkan stres yang tepat.

Apa Itu Stres?

Stres adalah kondisi fisik seseorang yang bersifat internal yang disebabkan oleh tuntutan lingkungan, fisik, bahkan situasi sosial yang berdampak merusak serta tidak terkontrol. Stres biasanya terjadi karena padatnya suatu aktivitas yang dilakukan hingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan condong ke arah depresi. Kondisi seseorang yang seperti inilah yang disebut dengan stres.

Stres biasanya terjadi pada seseorang yang tidak dapat mengontrol serta mengatasi masalah yang dimiliki dengan baik. Jika sudah demikian, maka ia akan melakukan apapun dalam keadaan tertekan dan semua yang dilakukan akan dianggap sebagai beban.

Lantas, Apa Saja Penyebab Stres?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa stres terjadi karena tuntutan hidup, kebutuhan fisik, situasi sosial yang tidak terkontrol. Sebagai contoh banyak orang yang stres karena terlalu banyak pekerjaan. Namun, banyak pula orang yang stres karena menjadi pengangguran.

Intinya, stres ini bisa terjadi karena kondisi apapun, da setiap orang memiliki penyebab masing-masing untuk mengalami stres. Hal ini juga tergantung dengan tingkat pengontrolan terhadap dirinya sendiri.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stres?

Ada banyak cara mengurangi tekanan pikiran yang bisa diterapkan, seperti berlibur, olahraga, melakukan hobi yang disukai, mendekatkan diri kepada tuhan, hingga mengonsumsi makanan yang bisa menghilangkan stres.

Seperti yang diketahui bahwa makanan bisa mengubah mood seseorang dalam seketika. Hal ini menandakan bahwa makanan bisa digunakan untuk menghilangkan stres dengan baik. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba menghilangkan stres dengan makanan, berikut ini adalah beberapa list makanan yang bisa Anda coba.

Coklat

Bicara sola coklat, tentunya hampir semua orang yang ada di dunia ini menyukai coklat, dimulai dari nak-anak hingga orang dewasa. Ya, mengonsumsi coklat memang sangat baik untuk mengobati suasana hati yang sedang buruk.

Ini karena, coklat memiliki kadar serotonin yang dapat memberikan rasa rileks pada otak. Selain itu, coklat juga memiliki kandungan phenylethylamine yang bisa menghasilkan senyawa dodopamine.

Senyawa inilah yang akan menghasilkan rasa senang dan mampu mengembalikan suasana hati yang baik. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakan coklat sebagai cara mengurangi stres yang mudah.

Yogurt

Manfaat yogurt memang sudah sangat terkenal dalam dunia kesehatan dan kecantikan, bahkan yogurt biasanya digunakan sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Dengan menggunakan yogurt pada wajah secara teratur, maka bisa menghasilkan efek wajah tetap segar. Namun, tahukah Anda jika yogurt bisa digunakan untuk menghilangkan stres?

Ya, yogurt adalah sebuah bahan makanan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak, hal inilah yang membuat otak menjadi lebih rileks. Dengan mengonsumsi yogurt, maka seseorang akan jauh merasa lebih tenang. Hal inilah mengapa banyak orang menggunakan yogurt untuk menghilangkan stres yang dialaminya.

Kacang Almond

Kacang almond juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa stres lo. Ini karena kacang almond mengandung banyak Vitamin, Zat besi, magnesium dan masih banyak lainnya. Kandungan inilah yang dapat meningkatkan serotonin dalam otak yang membuat otak menjadi lebih rileks dan tenang.

Kandungan magnesium dan Vitamin E yang dimiliki oleh Almond juga bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan stres. So, dengan mengonsumsi kacang almond, bukan hanya nutrisi saja yang Anda dapatkan, namun juga stres hilang.

Susu

Mengonsumsi susu juga bisa digunakan sebagai cara yang tepat. Ini karena susu memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk mengurangi ketegangan otot serta menenangkan saraf. Alhasil stres juga berkurang dan Anda bisa beraktivitas seperti sedia kala. Agar lebih bermanfaat, ada baiknya jika Anda memilih susu yang rendah lemak.

Ice Cream

Ini adalah jenis makanan yang harus dikonsumsi paling awal jika Anda mengalami stres. Mengapa? Sebab, mengonsumsi ice cream dapat membuat seseorang bahagia dan nyaman.

Hal ini juga didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh University of California yang menyebutkan bahwa ice cream sangat tepat digunakan untuk menghilangkan stres.

Pasalnya, dalam ice cream terdapat kandungan asam amino thrytopan yang memberikan rasa tenang pada otak. Untuk Anda yang ingin mencoba ice cream namun takut dengan kondisi kesehatan, sebaiknya pilih ice cream yang rendah lemak.

Lemon

Mengonsumsi lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan stres. Ini karena lemon memiliki kandungan Vitamin C yang berguna untuk meredakan stres. Dengan mengonsumsi lemon hal ini juga bertujuan untuk mengembalikan kortisol sehingga tekanan darah akan kembali normal.

Nah, ternyata lemon tidak hanya digunakan untuk menghilangkan stres saja, banyak orang yang menggunakan lemon sebagai salah satu cara menghilangkan sakit gigi juga. Hal ini menandakan bahwa bahwa lemon kaya akan manfaat.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas, stres yang Anda hadapi sedikit demi sedikit akan hilang. Pilihlah makanan yang Anda suka dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan.

Selain Dengan Menggunakan Makanan, Cara Menghilangkan Stres Apa Lagi yang Bisa Dilakukan?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. Salah satunya dengan tetap menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berolahraga lari, puasa gadget, belajar yoga, kurangi kafein, gula, dan daging merah, menulis diary, memelihara binatang, dan juga meminta pendapat dari psikiater.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stres yang Terjadi Pada Ibu Hamil?

Ketika seorang ibu hamil mendekati masa persalinan, biasanya ibu hamil juga akan mengalami stres karena kekhawatiran persalinan yang akan dihadapi. Untuk menyikapi masalah ini, ibu hamil bisa menggunakan cara menghilangkan stres ini.

Adapun caranya adalah dengan pijat 15 menit, banyak mengonsumsi air jahe, mengonsumsi teh chamomile. Selain itu, biasakan ula untuk jalan kaki di pagi hari, banyak membaca dan juga memiliki waktu tidur yang cukup.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam?

Dalam islam, cara yang digunakan untuk menghilangkan stres adalah dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti wudhu, sedekah, shalat sunnah, membaca Al-Qur’an, serta beristighfar.

Semoga dengan adanya cara menghilangkan stres ini bisa membantu Anda yang memiliki beban pikiran yang berat. Jangan lupa terapkan hidup yang sehat dan semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda semua.