sugar glider tertidur

Cara Menjinakkan Sugar Glider yang Mengigit dengan Efektif dan Cepat

Cara Menjinakkan Sugar Glider yang Mengigit dengan Efektif dan Cepat – Tentunya kalian sudah tahu apa itu binatang sugar glider. binatang ini sangat cocok untuk dipelihara dan diternak dikarenakan sugar glider mempunyai tingkatan lebih dari jinak, mereka tidak sekedar jinak tetapi juga bisa bounding, lengket dengan tuanya, mengikuti kemanapun tuannya pergi dengan bermain-main di badan pemiliknya. Untuk menjinakkan sugar glider ini tidaklah mudah. Berikut kami berikan tips untuk menjinakkan hewan peliharaan lucu ini.

Handsfeed

handfeeding sugar glider keju
handfeeding sugar glider joey dengan madu via youtube.com

Memberi makan sugar glider langsung menggunakan tangan, tentunya pilihkan makanan sugar glider yang sesuai dengan kadar kesehatan, jangan sembarangan memberi makan bisa berbahaya untuk sugar glider. Gunakan jari-jarimu untuk mengambil makanan yang akan kamu berikan kepada sugar glider.

Ketika sugar glider sudah mulai terbiasa mereka bahakan akan mengejar jarimu ketika sudah waktunya makan dan ketika mereka merasa lapar. Karena kebutuhan adalah naur dasar hewan , dengan kamu yang memberi makan rutin akan menumbuhkan rasa percaya sugar glider terhadap diri kita. Kamu harus melakukannya setiap kali waktu makan untuk mempercepat bounding.

Biasakan dirimu

mengenal sugar glider
mengenal sugar glider lebih dalam via sugarglider-indo.blogspot.com

Kamu bisa melakukannya dengan memasukkan tanganmu ke dalam pouch tidur sugar glider pelharaanmu, lakukan kegiatan ini setiap kali kamu senggang, bisa dilakukan sambil melakukan kegiatan lain, ketika siang hari saat sugar glider mengatuk dan kamu bisa sambil menonton televisi. Masukkan tanganmu kedalam pouch, mereka akan menggigit tanganmu, nikmatin aja gigitannya, anggap terapi gigit hehe.

Lakukan hal tersebut selama berhari-hari sampai mereka terbiasa dan tidak lagi crabbing ketika kamu memasukkan tanganmu kedalam pouch. Ini termasuk cara yang efektif untuk menjinakkan sugar glider.

Genggam sugar glidermu

sugar glider joey dalam genggaman
sugar glider joey via pecintahewan.com/

Dekap sugar glider dalam genggamanmu biarakan dia tertidur lelap didalam genggaman tanganmu. Ini untuk membiasakan sugar glider dengan tanganmu. Atau kamu bisa juga mengajaknya bermain setiap kali ada waktu luang. Ini untuk membangun ikatan antara sugar glider dengan kamu sebagai pemiliknya. Biarkan sugar glider menempel begelantung di tanganmu.

Membawa Sugar Glider kemanapun

cara ternak sugar glider papua
Seorang perempuan memotret dua ekor Sugar Glider milik anggota Komunitas Pecinta Sugar Glider Surabaya, saat car free day Suarabaya via beritadaerah.co.id

Ajak sugar glidermu jalan-jalan kamu bisa menaruhnya dikantung baju atau dipundakmu, jangan lakukan ini jika glidermu masih terlalu liar. Karena bisa saja sugar glider lari, lari mereka sangat cepat soalnya. Jika sugar glider mencoba untuk kabur cobalah untuk mengenggam dan menutup sugar glider kedalam dua tanganmu, cara ini akan menenangkan sugar glider, lama kelamaan akan diam dan tenang dengan sendirinya.

Memanfaatkan kaos

kandang untuk ternak sugar glider
kaos dalam kandang sugar glider via kaskus.co.id

Letakkan kasomu dalam kandang sugar glider, baiknya adalah kaos yang baru saja kamu gunakan, pastikan bajunya kering, tidak kondisi basah karena kringat. Sugar glider adalah binatang tertitorial yang menggunakan bau untuk menandai wilayahnya. Jadi dengan meletakkan baju/kaos yang memiliki bau kringat mu setiap hari akan mempercepat proses penjinakan sugar glider, karena sugar glider sudah terbiasa dengan bau badan kamu. Selalu ganti kain tersebut setiap harinya.

Penempatan kandang

kandang ternak sugar glider
kandang sg via www.sugarglider.com

Tempatkan kandang sugar glider ditempat yang sering dilewati atau anggota keluarga, ini bertujuan untuk membiasakan sugar glider akan kehadiran manusia, dan tahu bahwa manusia tidak berbahaya, namun perhatikan juga untuk dihindarkan dari anak-anak karena biasanya tingkah anak-anak membuat sugar glider takut.

Kesabaran

sugar glider joey makan bareng
sugar glider joey makan berjamaah via jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com

Kamu harus memiliki kesabaran tingkat tinggi agar bisa menjinakkan sugar glider, sebab habitat asli hewan ini di hutan tidak selayaknya kucing atau anjing. Berbeda sugar glider berbeda pula lama jinaknya tergantung karakter. Untuk kamu yang memelihara sugar glider dewasa, maka proses jinak lebih lama dibanding ketika memlihar sugar glider joey.

Pemilihan sugar glider

sugar glider anakan
sugar glider joey anakan via pontianaksugarglider.org

Sebelum membeli sugar glider untuk dipelihara sendiri, pilihlah sugar glider joey, yang memiliki potensi menjinakkan lebih besar. Usia paling muda ialah 2 bulan, sugar glider joey mereka belum mempunyai pengalaman hidup di alam liar tau di pegang orang lain, ini akan lebih memudahkanmu untuk menjinakkannya.

Waktu untuk menjinakkan sugar glider

ternak indukan sugar glider
Sugar glider dimalam hari via hewanindonesia.com

Untuk menjinakkan sugar glider lebih baik dilakukan di siang hari, saat dia sedang lelah dan mengantuk, sugar glider diwaktu ini akan cenderung untuk diam dan tenang. Jikalaupun dia dia mengigit gigitanya tidak sekuat saat waktu malam hari.

Sering menggigitkan jari kita kemulutnya

digigit sugar glider
digigit sugar glider via www.suggieblues.com

Cara menjinakkan sugar glider yang satu ini terbilang ampuh. Kamu harus mempunyai nyali dan keberanian berlebih, dengan ini kamu bisa menjinakkan sugar glider dalam hitungan jam. Masukan jarimu dengan terbalik, kuku berada di gigi bawah sugar glider, karena sugar glider memiliki gigi bawah yang lebih tajam daripada gigi atas. Lakukan hal ini beberapa kali sampai sugar glider tidak menggigit lagi.

Beberapa yang harus diperhatikan dalam menjinakkan sugar glider diantaranya, pemilihan umur yang harus kamu usahakan sg Joey, juka berikan kenyamanan pada kandang dan lingkungan sekitar kandang sugar glider, hindarkan dari kebisingan jalanan atau tempat brisik semisal didekat televisi, sound system dan semacamnya. Jika kamu sudah ahli jangan lupa perhatikan makanan sugar glider. Juga sesekali mandikan sugar glider dengan benar. Bila sudah terbiasa bahkan kamu bisa memulai ternak sugar glider. Happy bounding. Semoga bermanfaat

Leave a Comment