cara merawat gecko dengan memperhatikan gecko ketika berganti kulit

Cara Merawat Gecko dengan Benar Bagi Pemula

cara merawat gecko
leopard gecko via cdn0.vox-cdn.com

Cara merawat gecko – Sebelumnya kita sempat share segala hal tentang Sugar Glider, kali ini kita akan bahas tentang bagaimana merawat Gecko Leopard. Sekedar sharing aja karena banyak pecinta reptil yang tertarik untuk merawat gecko leopard ini, juga masih minimnya buku referensi panduan cara merawat gecko.

Banyak orang beranggapan bahwa merawat reptil itu sulit dan juga takut karena mengerikan. Tapi tidak semua reptil mengerikan, dan juga tidak semuanya ganas. Sama dengan binatang mamalia lain. Jika kamu memperlakukannya semena-mena, mereka akan menjadi ganas. Begitupula sebaliknya. Jika disayangi dan dirawat dengan baik, reptil bisa menjadi teman kita.

merawat gecko
mainan dengan gecko via adikurniawan01.blogspot.com

Teknik merawat gecko leopard terbilang sangat mudah dan tak perlu ribet, bahkan bisa dilakukan oleh kamu yang masih untuk pertama kalinya memiliki gecko leopard. Gecko termasuk binatang yang tenang, tidak perlu perhatian ekstra, tidak berbau, leopard gecko juga terbilang mudah untuk dikembangbiakkan.

Persiapkan dirimu

merawat gecko dengan memperhatikan gecko berganti kulit
gekco berganti kulit via border-studies.tumblr.com

Persiapkan dirimu, dan yankinlah bahwa kamu bisa dan sudah siap untuk merawat dan menentukan pilihan jenis gecko mana yang akan kamu jadikan hewan peliharaan. Karena walau semudah apapun kamu harus tetap bertanggung jawab jangan sampai lalai dalam hal memberi makan, membersihkan kandang, dan menyiapkan keperluan untuk gecko yang kamu rawat.

Menyiapkan kandang

merawat gecko dengan memberinya kandang representatif
akuarium raksasa kandang gecko via leopard-geckos.net

Persiapkan kandang untuk merawat gecko, kamu bisa gunakan kotak yang terbuat dari plastik (tupperware) gak harus yang mahal beli yang murahpun gak papa atau kamu bisa gunakan juga aquarium kaca, ukuran 90x45x45, dengan ukuran tersebut kamu bisa menyimpan gecko hingga 3 ekor. Dengan syarat jangan memasukkan 2 gecko pejantan dalam satu kandang karena akan berkelahi.

Lapisi kandang dengan kertas, koran, handuk, karpet khusus reptil atau gunakan pasir khusus. Juga masukkan dalam kandang tempat untuk sembunyi leopard gecko, kamu bisa gunakan potongan peralon atau bambu. Siapkan juga mangkuk makanan, juga tempat minum, pastikan semua dekorasi aman dan tidak berbahaya untuk gecko.

tokek dalam toples
tokek di dalamt toples via artatama.blogspot.com

Sediakan tempat yang lembab tertutup batu yang berlubang atau dibawah potongan bambu. Masukkan tisu basah sebagai pelembab bisa juga menggunakan potongan kain basah. Tempat lembab ini bermafaat untuk gecko ketika akan berganti kulit. Dengan ciri gecko berwarna sedikit kusam dan dibalut kain tipis, setelah proses ganti kulit warna gecko kembali cerah.

Pemberian makan

merawat leopard gecko dengan memeberi makan jangkrik
leopard gecko sedang makan jangkrik via www.leopardgeckocare.net

Merawat gecko tidaklah sulit, untuk pemberian makan, gecko memakan serangga sebagi menu utamanya. Gecko merupakan hewan malam, jadi masukkan makanan saat malam hari, jangan memberikan gecko dengan serangga yang besar. Gecko ketika bayi dan masih muda berikan 4-8 serangga dalam satu hari, untuk dewasa berikan 10 serangga untuk 3 hari sekali. Jangan lupa selalu sediakan air bersih untuk minum gecko.

Beberapa serangga yang menjadi makanan gecko diantaranya ulat sutra, ulat bambu, belalang dan jangkrik juga. untuk belalang dan jangkrik potong dahulu kaki belakangnya agar memudahkan gecko untuk makan. Untuk memberikan gizi lebih kepada pakan, sebulum diberikan ke gecko, beri makan dulu serangga tersebut dengan sayuran, wortel, kentang dan semisalnya.

Kesehatan gecko

cara merawat gecko leopard
gecko leopard via flickr.com

Leopard gecko jarang terserang penyakit parah. Mereka bisa berumur sampai 20 tahun dan memiliki tubuh kuat. Tetapi untuk mencegah penyebaran penyakit setelah membeli gecko baru pisahkan terlebih dahulu jangan dimasukkan kedalam kandang selama 1 bulan. Suhu yang rendah dan terlalu lembab akan menyebabkan gecko terserang infeksi pernafasan. Biasanya dengan gejala mulut sedikit terbuka dan napas yang terengah-engah, terkadang juga gelembung lendir pada hidung gecko.

Jika terancam gecko akan memutus ekornya, kadang terjadi ketika gecko lain menggigit ekornya. Pisahkan gecko yang terluka ini ke kandang lain, beri makan, minum dan suhu yang hangat. Diatas 32 derajat ketika siang, dan diatas 26 derajat celcius pada malam hari. Apabila gecko tidak diberi cukup kalsium penyakit hipokalsemia atau penyakit metabolik tulang bisa menyerangnya. Berikan bubuk kalsium sejak awal untuk mencegahnya.

cara merawat gecko agar ekor tidak putus
ekor leopard gecko via flickr.com

Penyebab lain penyakit pada gecko adalah kebersihan kandang, lakukan pembersihan kandang dari kotoran, serangga mati dan lainnya secara rutin perbulannya. Bersihkan menggunakan air hangat dan sabun, pastikan benar-benar bersih sebelum memasukkan gecko kembali ke dalam kandang. Ganti juga material yang sudah mulai bau, penggantian matrial biasanya tiap setengah tahun.

Sedikit tips dan fakta tentang cara merawat gecko

cara merawat leopard gecko
leopard gecko via flickr
  • Leopard gecko yang dipelihara dengan baik bisa mencapai umur 30 tahun. Berusahalah untuk menangani dan merawat hewan ini selama itu.
  • Sebenarnya tanaman tidak diperlukan untuk kandang leopard gecko tapi bisa menjadi alternatif dekoarasi untuk tempat. Pilihlah tanaman yang tidak beracun untuk leopard gecko.
  • Untuk pemberian makan ulat lilin/ulat hongkong hanya 3 minggu sekali saja, jika terlalu sering diberi makanan ini bisa jadi tidak tercerna dengan benar
    cara merawat gecko dengan memperhatikan gecko ketika berganti kulit
    leopard gecko berganti kulit via flickr
  • Gecko leopard merupakan hewan yang aktif di senja atau fajar, hewan crepscular.
  • Jangan memasukkan pasir pada kandang anakan gecko. Karena berbahaya. Untuk leopard gecko yang sudah dewasa, campur pasir dengan dedaunan untuk mengurangi resiko yang tidak di inginkan.
  • Bergabunglang dengan komunitas pecinta reptil / pecinta leopard gecko dikotamu untuk menambah wawasan tetang cara merawat gecko dengan benar.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Related Post

Leave a Comment