Cara Benar Merawat Rambut dengan Baik Tanpa ke Salon

Cara Merawat Rambut Secara Alami dan Sehat – Memiliki rambut sehat menjadi dambaan setiap manusia, terutama kaum hawa. Menghadapi kehidupan modern yang bisa dibilang sangat mudah tapi rumit ini membuat kita berpikir keras dalam melangkah.

Tak hanya masalah uang dan kerjaan, permasalahan belanja, kesehatan dan perawatan segala hal harus ditentukan secara matang. Memiliki model gaya rambut yang menarik dan bagus tak menjamin kesehatan dan kenyamanan anda dalam berpenampilan.

Untuk itu disini kami selaku admin Jempolkaki akan memberikan tips cara jitu merawat rambut secara alami agar terhindar dari kerusakan rambut seperti rambut rontok, keriting, pecah, bercabang dan kering baik pria maupun wanita.

Cara Merawat Rambut Secara Alami Tanpa Salon

Simak baik-baik ulasan berikut ini supaya anda bisa mempraktikannya dengan baik dan benar. Ingat jangan sampai satu langkah sederhana terlewatkan pada tips kali ini. Karena kesehatan rambut anda dapat mempengaruhi kebugaran badan dan otak anda juga. Kelapa segar aktivitas lancar.

Masker Rambut

Berbicara mengenai perawatan tubuh pasti berkaitan dengan masker, termasuk rambut. Setiap orang yang menginginkan rambut sehat dan nyaman pasti rutin memakai masker tradisional rambut.

Sudah pakai masker tapi masih saja rambut rontok dan kering? Yak, itu masalah yang sering ada pada saat ini. Penggunaan masker sembarangan membuat rambut tak tahan dengan adanya bahan kimia atau bahan dasar masker yang membuat rambut tambah rusak.

Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah beralih ke perawatan rambut dengan masker alami. Bila memang tak memungkinkan dan tak mau bahan alami cobalah cari solusi lain yaitu mencari produk untuk rambut anda secara tepat dan teliti.

Minyak Zaitun

Vitamin kompleks yang ada pada kandungan zaitun tak hanya dapat mengkilapkan rambut saja tetapi juga bisa menjadi solusi mengatasi rambut rontok.

Di masyarakat terdahulu juga telah banyak terbukti sebagai obat seluruh penyakit kecuali kematian. Jadi sangat bagus untuk perawatan kulit, rambut dan organ luar lainnya.

Cara pemakaian masker zaitun untuk rambut sangat simple dan mudah.

  1. Langkah pertama kondisikan rambut anda kering menyeluruh.
  2. Lalu pijat perlahan kulit kepala dengan tangan yang telah terbalur minyak zaitun.
  3. Kemudian setelah kulit kelapa telah terbasahi dengan zaitun,
  4. lakukan pemberian minyak pada rambut anda juga secara merata dan berikan pijatan agar zaitun merasuki pori-pori kulit dan rambut.
  5. Lalu diamkan selama 15-20 menit, hingga dirasa cukup.
  6. Bilas dengan air hangat dengan diurut pelan-pelan.
  7. Kemudian mandi dengan sabun dan sampo agar bekas minyak hilang dari sekujur tubuh..
  8. Lakukan dua kali dalam seminggu dan lihat hasilnya.

Lidah Buaya

Masker rambut kedua adalah dengan lidah buaya. Aloevera sudah ditetapkan oleh banyak ahli sebagai spesialis kesehatan untuk rambut. Dari vitamin A, vitamin C, kalsium, thiamin, protein,  niasin, dan zat besi.

Semua memiliki peran aktif dalam merawat kesehatan rambut, dari penghambat kering, penguat & penyubur akar rambut hingga mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Maka dari itu kenapa sangat disarankan memakai bahan alami saja kalau untuk perawatan tubuh. Agar bebas mercury, timbal dan bahan kimia berbahaya lainnya. Sama-sama menjadi solusi rambut namun tanpa memberi efek samping bagi kesehatan.

Cara memakai masker lidah buaya sebagai perawatan rambut secara alami yakni

  • Oleskan lendir potongan dari lidah buaya hingga merata pada rambut dan kulit kepala.
  • Lalu diamkan 20 menit agar mengering dan meresap pada pori rambut kepala.
  • Kemudian bilaslah dengan sampo dan air bersih untuk menghilangkan lengket lendir aloevera.
  • Lakukan seminggu dua kali.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan campurkan lidah buaya dengan minyak zaitun. Cara pemakaiannya sama saja, hanya terlebih dahulu zaitun dan lendir lidah buaya dicampurkan jadi satu.

Madu dan Jeruk Lemon

Madu sebagai perawatan efektif khusus rambut kering dan kusam. Duet maut dua cairan yang selalu menjadi solusi dari masalah jerawat, kulit, rambut dan sebagai obat dalam (konsumtif).

Madu digunakan untuk kesehatan rambut, kemudian jeruk lemon berguna sebagai pembersih rambut dari minyak dan ketombe. Bila disatukan menjadi masker akan membuat rambut anda terlihat bersih, lembab dan terlihat berkilau karena antidioksida dari madu.

Tips memakai masker madu dan jeruk lemon untuk rambut :

  1. Bersihkan rambut menggunakan air dingin lalu keringkan
  2. Siapkan perasan air jeruk lemon lalu campurkan dengan madu pada satu tempat
  3. Oleskan masker ke seluruh kulit kepala dan rambut secara merata
  4. Lalu diamkan masker dalam 20 menit kemudian sisir perlahan agar lebih lembut
  5. Setelah selesai bilas dengan air bersih dengan sampo
  6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan 3 kali dalam seminggu

Cara Merawat Rambut Rontok, Kering, Rusak dan Bercabang

Tampil dengan rambut mudah patah, kering, kusam, lapuk dan rontok membuat para kaum hawa cepat badmood. Oleh karena itu jangan sampai rambutmu mengganggu suasana hatimu.

Tak ada salahnya Anda mempercayakan kesehatan rambut anda pada salon kecantikan, namun alangkah baiknya mulai berhemat dalam mengeluarkan uang anda agar dapat menabung untuk kebutuhan lain.

Dengan perawatan mandiri di rumah mungkin akan lebih baik dan lebih alami. Berikut beberapa cara merawat dan mengatasi rambut rontok dengan bahan alami, secara mandiri, tanpa efek samping.

Memilih Produk Sampo

Setiap rambut kepala memiliki tekstur yang berbeda mulai dari kadar minyak rambut kepala sampai jenis kerusakan rambut. Bisa dibilang memilih jenis produk perawatan rambut bukan hal yang mudah.

Dari perawatan rambut kusam, kasar, mudah patah dan rontok akan berbeda jenis. Untuk itu sesuaikan produk shampoo, conditioner dan vitamin yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan rambut kepala.

Mengkonsumsi Vitamin Rambut

Perawatan rambut dari luar secara rutin dan teratur belum cukup dari kata sempurna. Maka dari itu Anda juga harus berkomitmen untuk merawat dari dalam. Ya, Vitamin D merupakan sumber kalsium yang dapat menguatkan tulang, gigi dan akar rambut sehingga dapat mengurangi rambut rontok ketombe bahkan menghilangkan kutu.

Vitamin D rambut sudah banyak dikemas secara kapsul dan dapat secara instan kita dapatkan di berbagai apotek dan toko kecantikan di sekitar kita. Lihat disini produk vitamin dan produk rambut terbaik saat ini.

Disamping itu, hal yang harus diperhatikan lainnya yaitu konsumsi makanan harian. Memperbanyak nutrisi makanan dengan kadar kandungan didalamnya vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E akan berdampak kebaikan pada rambut. Nutrisi utamanya yaitu protein sebagai penguat dan pemercepat tumbuhnya sel pada rambut.

Pola makan sederhana lain yang dapat menyehatkan rambut adalah dengan minum air 2 liter setiap hari secara continue, selain itu dengan air putih yang seimbang dapat menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Keramas dengan Baik dan Benar

Dalam bersampo hal pertama yang harus diperhatikan adalah tingkat suhu air. Menurut pakar ahli kesehatan rambut yang di keramas menggunakan air dingin lebih efektif dalam menjaga kekuatan dan berkilaunya rambut. Karena air dingin mampu membuat peredaran darah  lebih lancar sehingga lebih terasa rileks & santai.

Bagi Anda yang sensitif terhadap air dingin, sebaiknya gunakan air yang cenderung bersuhu biasa (tidak hangat). Karena bila menggunakan air yang hangat atau panas akan membuat rambut rontok dan hilangnya keseimbangan kepala. Dari hilangnya minyak rambut secara berlebih dan tekanan darah otak yang tidak stabil.

Note : Setelah berkeramas selesai segerakan untuk berbilas dan langsung keringkan rambut Anda menggunakan handuk. Hindari penggunaan hair dryer secara berlebih agar rambut tetap sehat dan aman dari kusam akibat tiupan panas .

Teknik Menyisir Rambut

Yang perlu diperhatikan ketika Anda menyisir rambut adalah kondisi rambut. Rambut harus keadaan lembab, seimbang tidak basah dan tidak kering. Sebagaimana di dalam sub bab berkeramas dengan baik dan benar diatas sudah kami jelaskan tentang rambut yang basah setelah berkeramas.

Memotong Rambut dengan Benar

Lakukan pemotongan ujung rambut yang mulai mencabang dua bulan sekali. Bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan gunting rambut yang tajam agar rambut terpotong sempurna dan tidak rusak. Dengan mengurangi ujung rambut yang kurang sehat, megar. Akan seimbang pula pertumbuhan rambut dan berkurangnya kerontokan rambut dari ujung rambut.

Cara Merawat Rambut Panjang

Cara merawat rambut agar sehat dan cepat panjang. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna anda harus lakukan dan hindari beberapa tantangan berikut ini:

Hindari hair dryer. Suhu panas dari tiupan pengering rambut tersebut menimbulkan efek buruk pada lapisan struktur rambut di lain hari bila dilakukan menerus.

Konsumsi protein. Tak hanya perawatan dari luar saja, anda perlu perawatan dari dalam juga. Dengan memenuhi menu makanan yang bisa membuat rambut cepat panjang. Contoh protein untuk rambut adalah daging dan susu.

Masker rambut dengan santan. Santan murni yang dioleskan ke rambut sebagai masker selama 15 menit dapat membuat sel-sel pada rambut kepala merespon untuk berkembang tumbuh panjang.

Dengan memberikan nutrisi melalui masker selama sepekan sekali dapat membuat rambut anda cepat bertambah volume dan panjangnya.

Tips Merawat Rambut Keriting

Mungkin perawatan rambut panjang dan lurus terbilang masih level 1 & 2. Nah, untuk perawatan rambut keriting adalah level selanjutnya.

Butuh cara khusus agar rambut keriting anda terjaga dari ketombe, kutu, rontok dan masalah kompleks rambut lainnya. Berikut cara merawat rambut keriting, bergelombang atau gimbal yang baik dan benar.

Keramas

Tidak sedikit orang berambut keriting bila berkeramas mengalami kerusakan pada rambutnya. Bahkan terkadang tak bisa terkena sampo secara merata.

Maka dari itu butuh cara khusus dalam bersampo. Pijatan pada saat meratakan sampo harus secara berlahan dan dilakukan dengan sedikit digosok menggunakan sisir agar merata maksimal.

Gunakan Conditioner dan Vitamin Rambut

Penggunaan conditioner bagi rambut keriting bukan hal sepele. Ritual menuangkan cairan khusus setelah berkeramas ini sangat baik untuk membantu melembabkan rambut anda.

Selain itu juga dapat mengurangi kerusakan rambut yang tak diinginkan semua orang termasuk anda. Maka dari itu selalu rutin untuk berdandan dengan conditioner yang tepat untuk tipe rambut anda.

Sisir dengan Rutin

Sama halnya dengan menyisir rambut lainnya, baca disini. Hanya saja model sisir yang harus anda gunakan sedikit berbeda. Sebaiknya gunakan sisir yang sedikit renggang agar rambut tak patah dan rontok.

***

Jadi, ada banyak aksi yang harus anda perbaiki selama ini. Pola perawatan sederhana diatas mungkin sering diabaikan oleh beberapa orang, termasuk anda bukan? Semoga tidak.

Bila memang anda menggunakan pola perawatan rambut yang masih berseberangan, sebaiknya mulai untuk memperbaikinya agar lebih alami tanpa efek di masa depan.

Lakukan perawatan untuk tubuh secara maksimal dengan biaya minimum supaya suami senang andapun riang. Ingat kecantikan anda dan hematnya dompet pasangan anda adalah kebahagian bersama.

Terimakasih telah mampir di website kami, cukup share & comment jika bermanfaat. Baca juga artikel kami yang lainnya.