Cara Ternak Semut Rangrang untuk Pemula Lengkap!

Cara ternak semut rangrang / semut kroto – Semut rangrang atau banyak orang menyebutnya semut kroto, tentunya kamu sudah tahu apa itu semut rangrang terutama yang punya peliharaan semisal burung kicauan.

Ternak semut rangrang memang belakangan ini sering menjadi bahan pembicaraan orang-orang terutama pehobi burung. semut rangrang bisa dijadikan hewan peliharaan yang menguntungkan.

Dengan meraknya pehobi burung kicau, membuat permintaan semut rangrang ini semakin tinggi dipasaran. Harga semut rangrang sendiri di Jawa Tengah berkisar 150-200 ribu per kilo, untuk kota besar bahkan mencapai angka 300 ribu. Meski fluktuatif budidaya kroto menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk saat ini.

Untuk pemasaran semut rangrang ini terbilang mudah, semut rangrang/kroto memiliki pangsa pasar yang sangat luas, dengan meningkatnya jumlah pehobi burung di Indonesia yang menjadi potensi menjanjikan, semut kroto juga digunakan oleh pehobi mancing.

Bisnis ternak semut rangrang juga bukan bisnis musiman, sulitnya mencari semut rangrang juga menjadi alasan untuk ternak semut rangrang sendiri.

Saat proses budidaya, semut rangrang bisa hidup dengan menggunakan sarang buatan. Sarang dan kadang semut kroto ini bisa dibuat dari paralon, toples, bambu, botol bekas aqua dan lain sebagainya.

Berikut hal-hal yang perlu dan harus kamu perhatikan ketika hendak ternak semut rangrang.

Habitat semut rangrang

sarang semut kroto di alam liar
sarang semut rangrang dialam liar via flickr.com

Semut rangrang adalah hewan yang banya ditemukan disekitar kita, mereka hidup berkoloni atau berkelompok dalam satu koloni bisa mencapai jumlah 500 ribu ekor semut. Juga dalam satu koloni terdapat beberapa sarang, dengan tiap sarang dihuni semut rangrang sejumlah 4.000 ekor semut sampai 5.000 ekor tergantung besar sarang.

Wilayah teritorial atau tempat penjelajahannya mencapai setengah hektar atau 1000 meter persagi. Mereka merupakan hewan teritorial yang sangat menjaga daerah kekuasaannya, ini akan menyerbu lawan jika terdapat serangga atau hewan bahkan manusia yang mengganggu daerah teritorialnya.

Sarang semut rangrang terbuat dari kumpulan dedaunan yang dianyam sedemikian rupa, yang membuat nya disebut sebagai semut penganyam. Semut rangrang sangat menyukai pohon yang memiliki daun lebar yang lentur atau daun kecil tetapi rimbun.

Dilingkungannya semut kroto merupakan hewan yang berbahaya karena ia berperan sebagai predator. Namun di perkebunan seperti kebun apel atau buah buahan lain keberadaan semut rangrang sangat berguna untuk mengendalikan hama.

Perkembangbiakan semut rangrang

sarang semut kroto untuk diternak
sarang semut kroto via i.imgur.com/

Semut rangrang berkembang biak dengan cara bertelur, ketika ada yang bertelur maka seluruh koloni akan bersama menjaga telur tersebut. Telur ini seringkali disebut kroto, jarng yang terdapat pada telur biasannya mereka pergunakan untuk membangun sarang, yang berguna sebagai tempat menumbuhkan telur yang akab berkembangbiak menjadi larva, pupa dan akhirnya imago.

Semut rangrang dalam membuat sarang mereka akan menghindari berbagai gangguan jadi seringkali kita mendapati sarang semut rangrang berada di tempat tinggi dan sulit untuk dijangkau.

Sedangkan ketika musim panas mereka akan berpindah sarang ke tempat yang lebih teduh, tertutup dari sinar matahari langsung.

Anggota Koloni semut

ratu lebah dan koloninya
ratu lebah via childrencare.info

Sama seperti koloni lebah, semut juga berkoloni dan terdiri dari ratu semut, seut pejantan, semut pekerja dan semut prajurit, kesemuanya memiliki peran yang berbeda, berikut peran masing masing semut.

  • Ratu semut, berperan sebagai penghasil telur dalam sekali bertelur dia bisa menghasilkan telur sampai ribuan butir. Ratu semut mempunyai ukuran badan jauh lebih besar daripada semut biasa. Biasanya dia hanya berdiam diri di sarangnya saja.
  • Semut pejantan, semut ini yang berperan untuk mengawini sang ratu semut. Dengan ukuran lebih kecil daripada ratu semut. Memiliki umur paling pendek dibandingakan dengan semut lainnya. Semut pejantan akan langsung mati setelah mengawini ratu semut.
  • Semut pekerja berperan sebagai pembantu semut muda yang dihasilkan oleh ratu semut, biasanya adalah semut betina yang mandul, dengan ukuran hanya berkisar 5-6 milimeter.
  • Semut prajurit biasanya dari semut pekerja berperan penting dalam menjaga telur dan melindungi seluruh koloni semut dari gangguan dan mengatur makanan semut dalam satu musim.

Paling besar Semut Prajurit berukuran kurang lebih 8-10 centimeter, dengan rahang dan kaki yang sangat kuat serta sepasang kepala yang mempunyai antena. Semut prajurit merupakan yang semut dengan jumlah terbanyak dalam satu koloni

Bibit semut rangrang

bibit semut rangrang siap ternak
bibit semut rangrang siap diternak via juragankrotobagus.blogspot.com

Cara terbaik untuk mendapatkan bibit ketika ternak semut rangrang adalah dengan mencarinya langsung di alam. untuk mendapatkannya di alam tidaklah mudah, dikarenakan sekarang ini di alam liar semut rangrang sudah sangat sulit dijumpai.

Jadi untuk mendapatkan bibit semut rangrang dari alam liar kamu harus melakukan pencarian intensif dan pantang menyerah.

Cara kedua untuk mendapatkan bibit semut rangrang adalah dengan membeli dari peternak. Cara ini lebih ramah lingkungan tanpa merusak habitat aslinya. Selain itu bibit hasil ternakan lebih mudah beradaptasi dengan sarang buatan kita. Cara ntuk mendapatknannyapun tidak perlu kesulitan.

Membuat tempat

rak kandang semut rangrang untuk ternak
rak kandang semut rangrang via krotomaniajalancagak.blogspot.com

Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk budidaya semut kroto adalah pembuatan tempat untuk kandang, tempat untuk kandang yang paling umum adalah berbentuk rak. Berikut langkah-langkah pembuatannya

  • Langkah pertama adalah membuat sebuah rak, buatlah susunan rak 2 tingkat atau lebih. Rak bisa dibuat dari bambu, kayu ataupun besi. Ukuran rak memanjang sesuaikan dengan tempat yang tersedia. Dengan lebar kurang lebih 50-60 cm
  • Letakan pada setiap kaki rak tersebut, wadah plastik/piring/mangkuk/kaleng atau sejenisnya. Beri air pada setiap wadah tersebut, atau bisa juga menggunkan oli bekas jika anda punya. Tujuannnya untuk mencegah semut rangrang keluar dari rak.
  • Jangan meletakkan rak menyentuh dinding karena menyebabkan semut rangrang merambat ke dinding dan bersarang ditempat lain.

Cara ternak semut rangrang / kroto

Berikut cara pembuatan dan media media yang bisa digunakan untuk ternak semut rangrang yang bisa kita tempatkan diatas rak yang telah kita buat sebelumnya.

1. Cara ternak semut kroto dengan paralon

ternak rangrang dengan media paralon
ternak rangrang media paralon via alamtani.com

Pembuatan kandang semut kroto dengan paralon memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah paralon lebih tahan lama dibanding media lain, bisa sampai 10 tahun, paralon kedap cahaya sangat cocok untuk semut rangrang yang hanya membutuhkan cahaya sedikit.

Paralon termasuk bahan yang mudah untuk dicari dan untuk membuat kandang semut rangrang dari paralon pun mudah, potongan paralon mudah disusun untuk kandang, dalam proses panen dan pembersihan juga mudah jika menggunakan paralon.

Selanjutnya kita bahas cara pembuatan kandang terbak semut rangrang dengan peralon.

Belilah paralon dengan diameter 12 centimeter, setelahnya potong paralon tersebut dengan panjang centimeter atau sesuaikan dengan lebar rak yang telah kita buat sebelumnya.

Kemudian susun paralon kedalam rak, dan tambahkan dedaunan kedalam paralon untuk meransang semut rangrang membuat sarang dalam paralon, dan tentunya jangan lupa menebarkan bibit koloni semut rangrang ke kandang .

2. Cara ternak semut rangrang menggunakan bambu

ternak semut rangrang media bambu
cara ternak semut rangrang media bambu via budidayanews.blogspot.com

Ternak semut rangrang menggunakan bambu terbilang ekonomis dan cocok bagi kamu yang mempunyai tanaman bambu dekat rumah, tinggal potong dan pakai.

Pembuatan kandang dari bambu sama dengan menggunakan paralon. Media bambu bisa diletakkan diatas kolam secara langsung.

Pemilihan bambu yang hendak dipakai sebagai kandang minimal berdiameter 7 centimeter dan potonglah kurang lebih 40 centimeter, buat lubang di dalamnya jika bambu masih belum berlubang. Kelemahan dengan menggunakan media ini adalah koloni lama beradaptaasi.

Jika menggunnakan media bambu biasanya hasil dari keroto kecil, juga kita tidak bisa melihat secara langsung dari kroto yang dihasilkan semut rangrang dalam sarang tersebut. Jangan lupa memasukkan daun ke dalam bambu tersebut.

3. Cara ternak semut rangrang menggunakan toples

cara ternak rangrang dalam toples
cara ternak rangrang dalam toples via www.preneuria.com

Toples yang digunakan adalah toples transparan berukuran sedang, kita bisa memantau perkembangan koloni semut rangrang setiap saat. Toples kita lubangi bagian bawahnya dengan ukuran 5-7 centimeter.

Lubang ini berfungsi sebagai tempat keluar masuk udara dan pemberian makan pada semut. Tempatkan toples ke atas rak dengan posisi terbalik, lubang berada diatas.

Masukkan pakan semut rangrang kedalam toples setelahnya masukkan koloni semut kedalam toples. Koloni semut yang dimasukkan jangan beserta sarangnya, kamu bisa membuka sarang semut diluar toples dan letakkan diatasnya maka semut dengan sendirinya akan masuk kedalam toples yang telah kita beri makan tadi.

Kemudan tutup rapat toples termasuk lubangnya dengan menggunakan lakban. Ini berfungsi agar semut segera membuat sarang. Setelah terbentuk sarang dengan baik kita bisa membuka lakban pada lubang toples.

Ternak rangrang menggunakan toples terbilang susah dengan tingkat keberhasilan tidak mencapai 60%. Tetapi paling mudah dilakukan, jika sudah bisa panen sekali, inshaAllah kedepan lebih mudah. Jika koloni lama dalam hal perkembangbiakan, berpontensi menimbulkan pengembunan dalam toples yang akhirnya membuat lava dan pupa membusuk.

Pemberian makan semut rangrang

pemberian makan pada semut rangrang
pemberian makan pada semut kroto via www.jualbibitkroto.com

Kamu bisa meletakkan beberapa piring kecil / lepek di sekitar kandang ternak semut rangrang. Untuk makanan semut bisa berupa ulat hongkong, jangkrik, tulang ayam yang telah dihancurkan, kamu juga bisa memberikan remah remah dari makanan yang setiap harinya kita konsumsi. Cukup letakkan pakan di piring yang sudah kita sediakan.

Semut rangrang juga membutuhkan makanan berupa nektar, untuk penggantinya kita bisa buatkan larutan air gula. Cukup siapkan satu gelas air putih kemudian masukkan gula pasir 2 sendok, aduk hingga larut. Kemudian tuangkan sedikit ke semua piring kecil yang sudah kita sediakan di dekat kandang sebelumnya.

Cara panen semut rangrang

kroto hasil panen semut rangrang
hasil panen semut rangrang

Ternak semut rangrang / semut kroto, menurut teori semut ini sudah bisa dipanen setiap 20 hari sekali. Bisa ditandai dengan sarang semut rangrang yang terlihat penuh dengan telur atau kroto berwarna putih. Ini semut rangrang sudah berjumlah banyak dan stabil.

Tapi untuk pertama kalinya, tak perlu dipanen. Biarkan telur / kroto dari semut rangrang ini berkembangbiak agar koloni semut rangrang bertambah banyak. Ini bisa ditunggu sampai 3-5 bulan pertama. Setelah setabil baru akan dilakukan pemanenan.

Untuk pemanenan jangan lupa gunakan sarung tangan untuk menghindari gigitan semut rangrang yang menyakitkan. Sediakan pula wadah gede untuk tempat telur.

Untuk memisahkan semut dengan hasil kroto bisa mengguankan saringan yang nantinya akan membuat kroto/telur jatuh kedalam ember, dan umumnya semut akan tertahan di saringan tersebut. Sebelum digunakan lagi, sarang bisa kamu bersihkan terlebih dahulu.

Mungkin ada yang penasaran pendapatan bersih dari ternak kroto ini, hasil bersih dari ternak kroto pada panen kedua biasanya peternak mendapatkan minimal 10.000.000 per bulan. mengiurkan bukan? bisnis ini pantas untuk ditekuni.

—–

Demikian artikel tentang tata cara ternak semut rangrang / semut kroto. Apabila ada yang masih belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar, nanti akan saya tambahkan di sini. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment