7 Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah, Mobil, Peralatan, Ruko dll

Contoh perjanjian sewa menyewa, baik itu perjanjian sewa rumah, sewa mobil, sewa alat berat maupun perjanjian sewa menyewa barang lain. Perjanjian sewa menyewa telah diatur oleh undang undang KUHP. Menurut KBBI sewa berarti pemakaian sesuatu dengan membayar uang, sedangkan menyewa berarti memakai (meminjam, menampung) dengan membayar uang sewa

Perjanjian ini di buat rangkap 2 (dua) bermaterai cukup.

 

Surakarta, 1 November 2011

PIHAK PERTAMA                                                      PIHAK KEDUA

materai

       ADE SURYA , ST,MM                                          FRISKY TUNGGA DEWI


#3 Surat perjanjian sewa menyewa peralatan

perjanjian-kontrak
perjanjian-kontrak via postimg.org

SURAT PERJANJIAN SEWA PERALATAN

Nomor :………………………..

ANTARA
ARYA GRAHA KENCANA

DAN
SUMBER MITRA JAYA

UNTUK
MENYEWAKAN PERALATAN PELAKSANA KONSTRUKSI

 

PEKERJAAN PEMBANGUNAN JALAN TOL KARTASURA – KARANGANYAR SEKSI 2D.

Surat Perjanjian ini dibuat di Jakarta pada hari Selasa, tanggal 14 April 2015 antara HARIYONO.SE selanjutnya disebut PIHAK KESATU, dan Drs.GOWINDASAMY selanjutnya disebut PIHAK KEDUA, selanjutnya disebut SURAT PERJANJIAN SEWA PERALATAN Tertanggal 14 April 2015

MAKA DENGAN INI Kedua Belah Pihak menyetujui semua ketentuan yang

tercantum dalam pasal-pasal berikut:

  1. Kata-kata dan ungkapan-ungkapan dalam surat perjanjian ini mempunyai arti yang sama sebagaimana yang dituangkan di dalam surat perjanjian di bawah ini.
  1. PIHAK KESATU berkewajiban menyediakan dan atau mengoperasikan peralatan yaitu :.
No.JenisKapasitasJumlahLokasi
1.Excavator0.9 m34 unitKaranganyar
2.Dump Truck4.0 m325 unitKaranganyar

untuk melaksanakan, menyelesaikan, dan memperbaiki seluruh pekerjaan sesuai ketentuan kontrak Paket Pekerjaan Pembangunan Jalan Tol Kartasura-Karanganyar Seksi 2D, sampai diterima dengan baik oleh Pemilik Pekerjaan.

  1. PIHAK KEDUA wajib membayar kepada PIHAK KESATU atas pelaksanaan sewa peralatan sesuai pasal 2.
  1. Surat Perjanjian ini berlaku selama 260 (dua ratus enam puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal 16 April 2015 (saat pemasukan penawaran) s/d tanggal 31 Desember 2015 (akhir pelaksanaan pekerjaan konstruksi), dengan ketentuan mobilisasi peralatan disesuaikan jadwal pelaksanaan yang telah disetujui oleh Pemilik Pekerjaan.
  1. Perjanjian ini tidak dapat dibatalkan secara sepihak baik oleh PIHAK KESATU maupun PIHAK KEDUA sampai dengan berakhirnya masa berlakunya perjanjian ini.
  1. Perjanjian ini secara otomatis menjadi batal dan tidak berlaku lagi bila pelelangan tidak dimenangkan oleh PIHAK KEDUA.

DENGAN DEMIKIAN, Kedua Belah Pihak telah sepakat untuk menandatangani Surat Perjanjian ini pada tanggal tersebut di atas

 

Jakarta, 14 April 2015

PIHAK KEDUA                                                                          PIHAK KESATU

PT.Sumber Mitra Jaya                                                         CV. Arya Graha Kencana

 

 

(Drs.GOWINDASAMY)                                                           (HARIYONO. SE)

Direktur Utama                                                                               Direktur


#4 Contoh surat perjanjian sewa menyewa rumah 2

tanda-tangan-pada-surat-perjanjian-sewa-rumah via esan.edu.pe
tanda-tangan-pada-surat-perjanjian-sewa-rumah via esan.edu.pe

SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA RUMAH

( KONTRAK )

 

Yang bertanda tangan dibawah ini kami masing- masing :

Nama                    : LINDA LIANAWATI SANTOSO

Alamat                  : Jl. Gatot Subroto RT 01 RW 01 Kelurahan Kratonan Kecamatan Serengan , Solo

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Ke I ( Satu) sebagai pemilik rumah

Nama                    : DWI PURWANTO

Alamat                  : Pringgading RT 01 RW 07 Solo – Surakarta Telp. (0271)  6664550 / 08122538079

Selanjutnya disebut sebagai Pihak Ke II (dua) sebagai pengontrak rumah

Pihak kesatu dan Pihak Kedua telah bersama –sama menyetujui dan sepakat mengadakan perjanjian sewa menyewa rumah yang bertempat di Jalan Gedangan Sektor X Blok H No. 3 Solo.

Hal – hal yang menyangkut perjanjian sewa menyewa rumah tersebut diatas dalam pasal – pasal sebagai berikut :

Pasal 1

Pihak Kedua mengontrak rumah tersebut selama 1 (satu) tahun dari Pihak Kesatu terhitung tanggal  15 Februari 2016 – 15 Februari 2019 dengan harga sewa sebesar Rp. 7.000.000 ( tujuh juta rupiah)

Pasal 2

Dalam perjanjian sewa menyewa ini termasuk pula hak pemakaian aliran listrik 900 watt, PAM. Semua rekening aliran listrik  900 watt, PAM, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), dan keamanan selama perjanjian sewa- menyewa berlangsung menjadi tanggungan dana harus dibayar oleh Pihak Kedua.

Pasal 3

Pihak Kedua berjanji memelihara apa yang disewa tersebut dengan baik, memperbaiki segala kerusakan yang terjadi selama satu tahun. Untuk mengadakan perubahan – perubahan, perbaikan – perbaikan dan penambahan – penambahan apapun pada yang disewanya itu, yang akan dilakukan oleh Pihak Kedua atas biaya sendiri maka harus mendapat ijin tertulis terlebih dahulu dari Pihak Kesatu. Penambahan – penambahan, perubahan – perubahan nama tetap menjadi milik Pihak Kesatu, setelah perjanjian ini berakhir.

Pasal 4

Selama perjanjian sewa menyewa berlangsung ini masih berjalan, Pihak Kedua tidak diperbolehkan untuk memindahkan hak sewanya pada orang lain atau Pihak Ketiga.

Pasal 5

Apabila masa berakhirnya sewa kontrak rumah tersebut sudah habis pada tanggal 15 Februari 2016 Pihak Kedua harus segera menyerahkan kembali apa yang disewanya tersebut kepada Pihak Kesatu dalam keadaan kosong penghuninya siapapun dan barang – barang disamping menyerahkan rekening listrik, PAM, PBB dan keamanan lingkungan yang telah dibayar oleh Pihak Kedua.

Pasal 6

Untuk memperlancar jalannya sewa menyewa rumah. Pihak Kedua sebagai penyewa rumah disarankan 2 (dua) bulan sebelum masa kontrak sewa menyewa berakhir untuk memberitahu / keputusan sewa menyewa kontrak berakhir  untuk memberitahu / keputusan sewa menyewa kontrak rumah ini akan dilanjutkan / diperpanjang satu berhenti. 1(satu) bulan sebelum masa kontrak selesai Pihak Kedua bersedia menyerahkan rekengin PAM, PLN dan PBB ke Pihak Kesatu, Pihak Kedua menyerahkan kunci rumah pda akhir masa kontrak kepada Pihak Kesatu beserta pembayaran PLN dan PAM terakhir.

Demikian surat perjanjian sewa menyewa rumah ini dibuat, dan berlaku sejak ditanda tangani oleh kedua belah pihak.

 

Pihak Kedua

 

 

 

DWI PURWANTO

Surakarta, 15 Februari 2016

Pihak Kesatu

 

 

 

( LINDA LISANAWATI SANTOSA )

SAKSI :


#5 Surat perjanjian sewa menyewa kios/ruko

contoh-surat-perjanjian-kontrak-rumah
immoversum.com

SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA / KONTRAK KIOS

 

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama               : Sri Wahyuni

Alamat            : Jl. Lesanpuro No. 20, RT / RW 003 / 005  Kratonan, Serengan, Surakarta

KTP No.          : 3372024502420001

Yang selanjutnya disebut Pihak Pertama

Nama               : Tania Ajani

Alamat            : Dk. Tengklik Rt 01 / XI, Telukan, Grogol, Sukoharjo

KTP No.          : 3311095811900001

Yang selanjutnya disebut Pihak Kedua

Pada hari Selasa, tanggal 01 Desember 2015, kedua belah pihak telah sepakat, setuju dan tidak terikat kepada pihak lain untuk mengadakan sewa menyewa ruang usaha / kios dengan perjanjian sebagai berikut :

Pasal 1

Pihak Pertama menyewakan ruang usaha / kios yang terletak di Lantai I, Blok A9 No. 3 Pusat Grosir Solo (PGS) kepada Pihak Kedua untuk keperluan usaha perdagangan textile / konveksi.

Pasal 2

Lama perjanjian sewa/ kontrak selama 3 (tiga) bulan, terhitung mulai tanggal 01 Desember 2015 sampai dengan 29 Februari 2016 dengan catatan bahwa lama perjanjian sewa menyewa ini dapat diperpanjang apabila ada persetujuan dari Pihak Pertama sebagai pemilik sah ruang usaha / kios

Pasal 3

Besarnya sewa yang telah disepakati oleh kedua belah pihak adalah sebesar Rp. 7.500.000 (Tujuh juta lima ratus ribu rupiah) untuk masa sewa 3 (tiga) bulan.

Pasal 4

Penyerahan kunci ruangan usaha / kios diserahkan ke Pihak Kedua setelah menerima pembayaran uang sewa diterima oleh Pihak Pertama.

Pasal 5

Pihak kedua wajib memelihara dan merawat ruang usaha / kios dengan sebaik-baiknya. Biaya perawatan selama ruang usaha/ kios dipergunakan menjadi tanggung jawab Pihak Kedua, yang dalam hal ini kerusakan fasilitas ruang usaha, rolling door, lantai ruangan, kebocoran dan pengecatan tembok.

Pasal 6

Selama masa sewa menyewa / kontrak berlangsung, Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mengalihkan atau melimpahkan kepada Pihak Ketiga tanpa ijin Pihak Pertama.

Pasal 7

Bilamana perjanjian ini akan berakhir, maka minimal 1 (satu) bulan sebelum masa akhir sewa Pihak Kedua akan memberitahukan kepada Pihak Pertama, dan apabila Pihak Kedua akan memperpanjang sewa menyewa / kontrak, maka akan diadakan perjanjian kembali sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak.

Pasal 8

Selama masa sewa menyewa / kontrak berlangsung semua biaya bulanan antara lain Servis Charges, Biaya Listrik dan Iuran Keamanan yang dibayarkan ke pengelola Gedung Pusat Grosir Solo (PGS) menjadi tanggung jawab Pihak Kedua.

Pasal 9

Setelah masa sewa berakhir, Pihak Kedua berkewajiban memperbaiki lantai, tembok atau pintu rolling door yang rusak dan mengembalikan ruang usaha sesuai kondisi semula dan Pihak Kedua berkewajiban menyelesaikan pembayaran bulanan atas Servis Charges, Biaya Listrik dan Keamanan dari pengelola Gedung Pusat Grosir Solo (PGS) sebelum menyerahkan kembali kepada Pihak Pertama.

Pasal 10

Pihak kedua harus mengosongkan dan menyerahkan kembali ruang usaha / kios beserta kunci rolling door kepada pihak Pertama pada tanggal sewa berakhir.

Pasal 11

Hal –hal yangbelum tercantum dalam Surat Perjanjian sewa menyewa / Kontrak Kios ini yang sekiranya perlu dan bilamana terjadi perselisihan antara kedua belah pihak , maka akan diselesaikan secara musyawarah / kekeluargaan.

Pasal 12

Demikian perjanjian sewa / kontrak ini dibuat dalam rangkap 2 (dua) yang ditandatangani diatas materai oleh kedua belah pihak tanpa ada paksaan / dipengaruhi oleh orang lain dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

 

Ditandatangani di Solo, pada tanggal 01 Desember 2015

Pihak Pertama

 

 

Sri Wahyuni

Pihak Kedua

 

 

Tania Ajani

 

Jika kamu menginginkan file word nya klik File docx

Itu tadi postingan tentang contoh surat sewa menyewa yang bisa kamu pakai sebagaimana mestinya. Jangan lupa baca juga artikel tentang contoh surat perjanjian lain

Leave a Comment