22 Hewan Peliharaan Unik dan Lucu yang Mudah Dipelihara di Rumah

Hewan Peliharaan unik dan lucu yang mudah dipelihara di rumah juga di kost – Kebosanan kebanyakan orang akan rutinitas bekerja, dari mulai aktivitas berangkat ke kantor, pulang, tidur dan keesokan harinya berangkat ke kantor lagi membuat mereka mengalami kejenuhan. Salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan memelihara hewan peliharaan di rumah. Tentunya dalam memilih peliharaan ingin punya peliharaan unik yang tidak biasa-biasa saja. Berikut dibawah binatang peliharaan unik yang tidak biasa (anti-mainstream) dan mudah untuk dipelihara.

1. Iguana – Reptil peliharaan yang terkesan ‘Purba’

memegang iguana
memelihara iguana via www.gettyimages.com

Iguana merupakan salah satu hewan reptil dan masuk dalam kelas kadal. Iguana ini banyak ditemukan di wilayah Amerika. Hari-hari ini iguana termasuk dalam jenis hewan kesayangan, banyak dicari untuk dipelihara. Meski tergolong binatang yang tidak mudah untuk dirawat. Jadi pastikan untuk memilih dan membeli iguana dengan keadaan baik dan sehat.

Baca Juga : 5+ Contoh Kata Pengantar yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Banyak orang menjadikan iguana sebagai hewan peliharaan lantaran melihat keunikan tersendiri dari iguan, disamping sang pemelihara memang dari awal adalah pecinta reptil. Iguana mempunyai dara tarik tersendiri diantaranya adalah binatang ini berkesan purba dengan kulit yang eksotis.

Kebanyakan jenis iguana yang dipelihara adalah iguana hijau yang dikenal dengan kelebihan penampilan yang lincah, gesit, dan juga responsif. Iguana hijau juga termasuk binatang yang jinak. Iguana memiliki gelambir kulit yang lebar di lehernya, ini berfungsi untu alat pengatur suhu tubuh. Bagaimana? Tertarik untuk memelihara iguana?

2. Landak mini – Binatang imut lucu yang menggemaskan

memelihara landak mini
landak imut menjadi binatang pliharaan populer via pasangmata.detik.com

Setidaknya di dunia ada 16 spesies landak mini. Berbeda dengan saudaranya yang berukuran lumayan besar, landak mini lebih kecil tidak akan menyakiti kita. Keduanya sama-sama mempunyai duri di seluruh tubuhnya, namun duri landak mini tidak beracun. Landak mini termasuk hewan noktunal, saat siang hari biasa bersembunyi di tempat yang gelap

Landak mini terlihat sangat imut dan banyak orang menjadikannya hewan peliharaan. Mamalia ini berasal dari family Eriaceinae. Hewan ini banyak ditemukan di Afrika, Eropa, Asia, dan Selandia Baru. Landak mini memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan. Menjadikan banyak pecinta hewan peliharaan memeliharanya.

Ketika memelihara landak mini kamu tidak perlu kuatir akan stress karena kesepian. Dikarenakan landak mini merupakan hewan yang suka menyendiri atau soliter. Jadi gak usah kebingungan ketika landak butuh teman, meskipun sendirian dia gak pernah merasakan kesepuan

3. Ubur-Ubur – Peliharaan yang dijadikan penghilang stress dikala suntuk

akuarium mini ubur ubur
akuarium ubur ubur via Kickstarter.com

Masih belum banyak yang mengetahui tentang ubur ubur yang bisa dijadikan hewan peliharaan di dalam akuarium. Tidak semua jenis ubur ubur bisa dipelihara. Saat ini yang paling umum dipelihara adalah jenis ubur-ubur upside-down jellyfish.

Untuk jenis yang lain dan biasa dipeluhara juga diantaranya ubur-ubur bulan, ubur-ubur laguna dan ubur-ubur blue blubber. Dengan keunikan yang berbeda-beda. Biasanya binatang laut ini dimasukkan dalam akuarium khusus yang dilengkapi dengan lampu led untuk mempercantik penampilannya.

Makanan dari ubur ubur adalah hewan kecil dan juga plankton. Bisa dibilang tidak mudah untuk didapatkan. Dengan melihat keindahan dari ubur ubur serta gerakan lucu naik turunnya akan menjadikan kegiatan memelihara ubur ubur sebagai hiburan tersendiri.

4. Kalajengking – Kesan keren kamu dapatkan ketika memelihara hewan ini

kalajengking hitam untuk dipelihara
kalajengking hitam dengan capit besar via photobucket.com

Kalajengking menurut kebanyakan orang adalah hewan yang menakutkan juga mengerikan. Tetapi memelihara kalajengking di kalangan pencinta hewan unik dianggap ‘keren’ untuk dipelihara. Kalajengking terbilang mudah untuk dipelihara, baik untuk yang berpengalaman maupun bagi mereka yang masih pemula.

Hal terpenting dalam memelihara kalajengking adalah kebersihan kandang harus selalu dijaga. Untuk pemula hindari kalajengking yang mempunyai racun/bisa yang berbahaya. Ciri kalajengking berbisa kuat adalah memiliki ekor gemuk dan capit yang kecil. Kalajengking jens ini menggunkan kandungan racun pada ekor untuk melumpuhkan buruan.

Sedangkan kalajengking dengan bisa yang tidak begitu berbahaya, mempunyai ciri ekor kecil dengan capit yang besar kuat. Mereka menggunakan capit sebagai senjata utama untuk melumpuhkan mangsa. Untuk di Indonesia sendiri tidak ada kalajengking yang mempunyai bisa mematikan. Jadi inshaAllah semua jenis kalajengking dari indonesia bisa untuk dijadikan binatang peliharaan.

5. Tarantula – Katanya sih hewan ‘mematikan’

tarantula sebagai binatang peliharaan
tarantula via n24.de

Tarantula adalah jenis laba-laba terbesar di dunia. Mungkin diantara kita heran juga kenapa hewan semenyeramkan tarantula dipelihara. Tetapi bagi pecinta binatang peliharaan alasan utama dari memelihara tarantula adalah keterpikatan mereka terhadap ‘keseraman’ tarantula itu sendiri.

Di tengah masyarakat banyak beredar bahwa racun dari gigitan tarantula bisa menyebabkan kematian. Hal tersebut membuat ketakutan akan binatang exotis ini. Tarantula merupakan binatang peliharaan yang sangat digemari di Indonesia. Terdapat lebih dari 900 spesies tarantula di negeri ini.

Rasa sengatan dari tarantula hampir sama dengan tersengat lebah. Sakit dan dapat mematikan bagi mereka yang alergi terhadap bisa. Jadi sangat tidak disarankan untuk membawa tarantula menggunakan tangan kosong.

6. Axolotl – Kadal anti mainstream yang menyerupai ikan

memelihara tiga axolotl
axolotl bermata gelap via www.caudata.org

Axolotl adalah hewan amfibi setipe dengan salamender, hewan dengan kaki ini benar benar unik. Asal binatang ini adalah Meksiko. Saat ini keberadaan Axolotl sangat dilindungi karena keberadaannya sudah langka. Kadal jenis satu ini bisa mencapai umur 15 tahun dengan panjang mencapai 60 sentimeter.

Seringkali masyarakat mengira axolotl sebagai ikan karena mempunyai tubuh seperti ikan. Keunikan lain terletak pada insang yang berada di luar tubuh, insang ini tepatnya berada di samping kepala, dilihat sepintas menyerupai tanduk. Ikan berkaki yang mempunyai tanduk. Aneh bukan?.

Untuk kamu yang berniat memelihara Axolotl terbilang mudah. Meski tergolong hewan amfibi binatang peliharaan ini lebih banyak menghabiskan waktu hidupnya berada dalam air. Makanan utamanya adalah cacing dan udang beku, jangan menggunakan pakan hidup agar terhindar dari penyakit.

7. Burung Hantu – Hewan cerdas yang ‘menyeramkan’

berfoto bersama burung hantu
berfoto bersama burung hantu via licdn.com

Dalam bahasa inggris dinamakan owl. Di Indonesia disebut Burung Hantu karena burung ini adalah tipe binatang noktunal, binatang yang hidup di malam hari, dan dengan susunan wajah yang sedikit menyeramkan maka disebutlah burung hantu. Untuk pemeliharaannya burung hantu tidak bisa disamakan dengan burung kicauan.

Burung hantu memiliki kecerdasan yang melebihi burung kiacauan. Mereka butuh untuk disapa oleh pemiliknya supaya cepat jinak, untuk menumbuhkan rasa percaya kepada pemilik. Dalam perawatan burung hantu tidak butuh sangkar. Karena jika dimasukkan dalam sangkar membuatnya lebih setres dan semakin sulit untuk dijinakkan.

Gunakan tenggeran/tempat bertengger untuk si burung hantu sebagai rumahnya, jangan lupa mengikat tenggeran dengan kaki burung. Burung hantu yang terbiasa hidup di alam liar sangat berbahaya untuk dipelihara. Mereka termasuk binatang dengan cakar dan paruh yang kuat dan bisa dimanfaatkan petani untuk dilatih menjadi pemburu tikus diarea persawaahan.

8. Musang – Peliharaan liar tapi jinak, eh?

memelihara musang
memelihara musang via komunitascfdsolo.blogspot.co.id

Bagi pehobi musang sangat cocok dijadikan alternatif hewan kesayangan. Buat kamu yang berniat memelihara binatang ini harus berhati-hati. Karena musang memiliki kecenderungan untuk menyerang/mengigit siapapun yang berda di dekatnya. Binatang ini sangatlah aktif, mereka suka mengeksplor menjelajahi hal hal baru.

Binatang satu ini cocok sebagai peliharaan alternatif, yang memiliki kelebihan diantaranya, makanan untuk musang terbilang mudah didapatkan yaitu pisang dan nasi. Selain itu juga musang tidak mengelurkan suara jadi tidak berisik. Kotoran musang juga tidak sebau binatang peliharaan lain.

Jika berniat memelihara disarankan untuk memulainya sejak musang masih bayi. Karena binatang ini termasuk hewan liar, jika memelihara dari tangkapan di hutan akan lebih sukar untuk dijinakkan. Terdapat beberapa varian musang yang bisa dijadikan sahabat. Diantaranya musang pandan, musang bulan, musang rase, dan musang akar.

9. Sugar Glider – Hewan saku paling menggemaskan

sugar glider anakan
sugar glider anakan (joey) via flickr.com

Binatang imut dengan tingkat keakraban melebihi kucing. Binatang nokturnal ini berasal dari Papua Maluku dan wilayah Australia. Hampir semua sugar glider yang diternakkan di dunia berasal dari Indonesia. karena sugar glider asli Australia tidak diperbolehkan diperjualbelikan. Dilindungi oleh negara. Indonesia sendiri sudah melarang perburuan sugar glider liar. Yang diperbolehkan diperjualbelikan hanya SG hasil ternak

Dalam hal perawatan SG terbilang mudah. Oleh karenanya banyak pehobi baru yang memelihara sg. SG termasuk binatang yang pintar membersihkan dirinya sendiri, mereka menjilati bulu pada badannya. SG mempunyai potensi besar untuk bisa bonding (ikatan) dengan pemiliknya.

Sugar glider termasuk binatang marsupial sebangsa dengan mamalia kanguru, dan koala. Binatang berkantung. Juga dikategorikan binatang yang aktif di malam hari, nokturnal. Dinamakan seperti itu karena menyukai nektra (makanan manis/sugar) dan sering meluncur (glide) jadilah disebut Sugar Glider.

10. Semut – Banyak kok yang menjadikannya peliharaan

kandang semut ternak
kandang semut via alicdn.com

Hewan kecil satu ini bisa dibilang tidak populer di Indonesia untuk dipelihara. Namun di Jerman, dihargai mencapai 100 euro atau berkisar 1 juta rupiah untuk satu koloni semut. Memilih semut sebagai hewan peliharaan bukan tanpa alasan. Semut termasuk binatang mandiri dan bisa bekerja keras, dalam perawatan tidak perlu memakan tempat banyak, tidak pula kotor dan berisik.

Bahkan di Berlin terdapat toko khusus yang menyediakan dan menjual semut untuk dijadikan hewan peliharaan, peminatnya pun tidak sedikit. Hal lain yang membuatnya menarik adalah kehidupan sosial semut, mereka menjalin komunikasi permanen diantara sesamanya. Mereka bekerja bersama dalam segala hal.

Dari mulai memperbesar sarang, berbagi makanan, berburu makanan, sistem pembagian kerja yang rapi, dan masih banyak hal lain yang membuatnya menarik. Untuk memeliharanya bagi pemula bisa memulai dengan semut biasa yang terdapat di alam. Sedangkan semut eksotis yang dilindungi biasanya perlu perizinan khusus dari pemerintah setempat.

11. Ular – Hewan eksotis yang tetep eksis

memelihara ular
komunitas pecinta ular via undip.ac.id

Kebanyakan orang mengenal ular sebagai binatang berbisa yang berbahaya. Bukan hanya itu, ular juga identik mempunyai badan yang bau dan amis, makhluk licin yang berlendir. Tapi sesungguhnya semua hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena tidak semua ular berbisa, seperti ular python dan boa. Karenanya hewan ini tetep eksis menjadi reptil yang paling banyak digemari para pehobi.

Ular juga tidak licin dan berlendir, pikiran itu muncul karena rasa takut dan jijik melihat sisik ular yang bercahaya dan mengkilap. Bau amis yang timbul dari ular dikarenakan air seni dan kotoran ular yang mengenai badannya sendiri. bagi kebanyakan pehobi reptil menganggap perawatan ular termasuk mudah dan simple. Misalnya ular hanya perlu diberi makan seminggu sekali.

Ular yang biasa dipelihara oleh pehobi di indonesia diantaranya Ular Sanca/ Python jenis sanca kembang, sanca pohon, sanca albino. Ada juga ular tikus (corn snake) ular cantik ini terbilang sangat jinak dan banyak orang memeliharanya. Ular Pelangi, mempunyai warna kulit hitam dan sedikit terdapat warna pelangi di badannya, jinak dan cocok untuk pemula. Ular Pohon Hijau tergolong unik dengan ciri khas cara tidur yang berbeda dengan ular lain.

12. Kecoa Madagaskar – banyak digandrungi peternak

memelihara kecoa madagaskar
kecoak madagaskar vi aexpi.com

Mendengar nama kecoa yang terlintas di benak kita tentunya binatang bau yang menjijikkan yang ada di sudut-sudut tempat kotor dan lembap. Namun pandangan tersebut hanya berlaku untuk kecoak lokal. Berbeda jauh dengan Kecoa Madagaskar yang tengah digandrungi untuk ternakkan dan dipelihara.

Kecoa Madagaskar dipandang pehobi memiliki keunikan dan tubuh yang eksotis sehingga layak untuk dipelihara. Mempunyai nama latin Grompadorhina Portentosa kecoa ini adalah salah satu spesies kecoa terbesar di muka bumi. Ketika berusia lebih dari setahun panjang Kecoa Madagaskar mencapai 13 cm.

Keunikan lain terdapat pada suara desisan sayap yang ditimbulkan jika kamu menekan badan kecoa ini. Selain dipelihara Kecoa ini juga diternakkan, untuk dijual lagi dan terkadang dijadikan pakan untuk reptil, ikan, tarantula, sugar glider dll. Hewan ini mempunyai kandungan protein lebih tinggi daripada pakan jangkrik.

13. Serangga Batang – Hewan peliharaan anti mainstream

hewan peliharaan serangga batang
serangga batang yang bisa dijadikan hewan peliharaan jejakpenaade.wordpress.com

Serangga batang atau biasa dikenal dengan serangga tongkat terdapat 3.200 spesies serupa yang merupakan anggota ordo serangga yang dikenal dengan nama latin Phasmatodea. Mempunyai tubuh yang menyerupai batang pohon yang difungsikan untuk bersembunyi dari predator dengan menyamarkan diri diantara ranting pepohonan.

Di Vietnam para ilmuwan pernah menemukan binatang ini dengan ukuran panjang mencapai 60 cm. menjadikannya sebagai salah satu serangga terbesar. Untuk memeliharanya pun cukup mudah. Sediakan wadah toples plastik yang lumayan besar dengan tutup yang telah dilubangi sebelumnya.

Makanan mereka adalah dedaunan yang bisa kita dapatan dimana-mana, untuk minuman tak perlu wadah cukup semprotkan air di daun yang kita siapkan. Untuk suhu tetap harus dijaga jangan sampai terlalu panas atau terlalu dingin. Serangga batang hanya berumur pendek maksimal 2 tahun.

14. Burung Macaw – Peliharaan menawan

burung maccaw sebagai burung peliharaan
bermain dengan burung maccaw via parrot-bird.com

Tentunya kalian pernah melihat film Rio, filem petualangan yang menceritakan jenis burung langka bernama Blue sebagai tokoh utamanya. Tokoh blue dalam film tersebut adalah burung berjenis macaw biru (Hyacinth Macaw) berasal dari Brazil. Burung macaw sendiri awalnya berasal dari Amerika Selatan.

Di dunia terdapat banyak jenis burung macaw diantaranya termasuk hewan yang dilindungi dan diatur penjualannya oleh undang-undang dikarenakan terancam punah. Untuk di Indonesia yang biasa dipelihara oleh pehobi adalah blue & gold macaw, burung jenis ini banyak sekali dijual di petshop atau pasar burung biasa dikenal dengan macaw biru kuning / ara ararauna.

Macaw bukan termasuk burung kicau, melainkan jenis burung hias yang dinikmati keindahan warna dan aksinya. Macaw termasuk burung cerdas yang bisa dilatih untuk menghafal tuannya, terbang bebas dan kembali dan melakukan atraksi. Merupakan burung pemakan biji bijian. Burung ini bisa memecahkan jenis biji yang mempunyai cangkang keras dengan paruh bengkoknya.

Baca Selanjutnya

privacy policy