Advertisements

Gambar Grafiti 3D Unik, Font, Tulisan, Nama dan Cara Mudah Membuatnya

Grafiti atau yang biasa dieja graffity atau graffiti ialah coretan pada dinding dengan menggunakan komposisi warna, bentuk, garis serta volume guna menuliskan simbol, kata ataupun kalimat tertentu. Alat yang digunakan dalam pembuatan graffiti biasanya adalah cat semprot kaleng.

Sebelum cat semprot ini tersedia, graffiti umum dibuat menggunakan sapuan cat kuas ataupun kapur. Walau termasuk bagian dari seni, namun seringkali orang melukis graffiti sebagai bentuk dari vandalisme, terutama di dinding-dinding bangunan yang tak terpakai. Graffiti juga memiliki sejarah serta fungsinya sendiri. Selain itu, ada pula langkah-langkah cara pembuatan yang bisa kita ikuti.


Graffiti (plural of graffito: “a graffito”, but “these graffiti”) are writing or drawings that have been scribbled, scratched, or painted, typically illicitly, on a wall or other surface, often within public view. en.wikipedia.org

Tulisan Gambar Grafiti Keren

tulisan grafiti love

Sejarah tulisan graffiti sudah bermula sejak zaman manusia primitif. Pada masa itu, manusia primitif yang tinggal dalam gua akan melukis di dinding sebagai cara komunikasi perburuan. Di masa ini, graffiti digunakan pula sebagai sarana mistisme serta spiritual guna membangkitkan semangat berburu. Perkembangan kesenian di zaman Mesir Kuno juga turut memperlihatkan aktivitas melukis pada dinding piramid.

grafiti tulisan indonesia
grafiti tulisan indonesia juara

Lukisan-lukisan ini mengkomunikasikan alam lain yang ditemui Pharaoh (Firaun) setelah dimumikan. Kegiatan menulis graffiti juga dilakukan sebagai sarana dalam menunjukkan ketidakpuasan di zaman Romawi. Banyak ditemukan lukisan bernada sindiran di dinding-dinding bangunan milik pemerintahan kota Pompeii. Kota Roma pada masa dulu juga sering dipakai sebagai alat propaganda mendiskreditkan pemeluk Kristen yang dilarang oleh kaisar.

tulisan grafiti wallpaper

Perkembangan grafiti terus terjadi hingga zaman modern seperti sekarang ini. Adanya kelas-kelas sosial turut menimbulkan kesulitan bagi masyarakat dari golongan tertentu dalam mengekspresikan kegiatan seninya. Sebagai akibatnya, ada beberapa individu yang menggunakan sarana dinding yang tersedia hampir di seluruh kota.

grafiti tulisan abstrak

Kurangnya pendidikan kesenian turut membuat objek yang sering muncul pada graffiti biasanya adalah tulisan-tulisan ataupun sandi yang hanya dipahami oleh golongan tertentu saja.Biasanya, karya ini akan muncul sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap keadaan sosial mereka. Walau graffiti umumnya bersifat merusak serta menyebabkan biaya pemeliharaan kebersihan kota meningkat, namun graffiti tetap adalah ekspresi seni serta harus dihargai.

Fungsi Gambar Grafiti

grafiti tulisan tak terbaca

Fungsi dari graffiti sangat beragam. Di antaranya adalah sebagai bahasa rahasia dari kelompok tertentu. Ini terutama karena graffiti juga seringkali dibuat oleh kelompok tertentu dalam menyuarakan pendapat dan pikiran mereka. Kedua, graffiti seringkali digunakan sebagai sarana ekspresi ketidak puasan akan keadaan sosial masing-masing.

grafiti buaya
grafiti buaya

Graffiti juga kerap digunakan sebagai sarana pemberontakan. Fungsi selanjutnya adalah sarana ekspresi ketakutan akan kondisi politik serta sosial yang tengah berlangsung. Banyaknya fungsi dari graffiti ini membuat graffiti lebih dari sekedar corat-coret di dinding. Bahkan, banyak seniman yang dikenal dan mengawali karirnya dari melukis graffiti. Ini membuktikan bahwa graffiti adalah bagian dari seni yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.

Gambar Grafiti Nama

grafiti nama rehan
grafiti nama rehan

Pada perkembangannya, grafiti di tahun 70an terutama di Amerika dan Eropa telah mulai merambah hingga ke wilayah urban. Kala itu, graffiti digunakan sebagai jati diri kelompok yang biasa ditemukan menjamur di perkotaan. Citra graffiti yang kurang bagus ini membuat keberadaan graffiti menjadi momok di kota tersebut.

Alasannya adalah karena keberadaan graffiti dianggap memprovokasi perang antar kelompok atau geng. Selain dilakukan pada tembok kosong, graffiti juga kerap dibuat di dinding kereta api bawah tanah atau subway. Di Amerika Serikat sendiri, tiap negara bagian telah memiliki peraturan tersendiri terkait peredaman graffiti. New York, contohnya, memiliki undang-undang yang menetapkan kegiatan membuat graffiti adalah ilegal.

font grafiti
font grafiti

Agar dapat melakukan identifikasi pada pola pembuatannya, graffiti dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah Gang Grafiti, yaitu graffiti yang dibuat guna identifikasi daerah kekuasaan melalui tulisan nama geng, geng gabungan, atau tulisan apapun yang terjadi dalam geng tersebut. Jenis kedua adalah Tagging Grafiti.

Ini adalah jenis graffiti yang dipakai guna ketenaran seseorang ataupun kelompok. Makin banyak jenis graffiti ini bertebaran, maka makin terkenal juga nama pembuatnya. Graffiti jenis ini membutuhkan tagging ataupun tanda tangan dari pembuatnya atau semacam tanggung jawab atas karya yang dibuatnya.

Cara Membuat Gambar Grafiti

membuat grafiti
membuat grafiti

Ada banyak jenis grafiti, mulai dari abstrak, bubble, 3 dimensi hingga wild style. Untuk graffiti 3 dimensi sendiri dapat dibuat dengan terlebih dahulu membuat sketsa gambar di atas kertas. Setelah sketsa selesai, carilah tembok kosong dan cat menggunakan cat dasar warna putih terlebih dahulu.

Tujuannya agar warna pilox nanti bisa menyatu di tembok. Siapkan sketsa graffiti 3 dimensi yang dibuat dan siapkan juga pilox yang sudah dibawa. Jika kita terbilang masih pemula serta ragu dalam memegang pilox, buatlah sketsa di tembok menggunakan pensil terlebih dahulu. Namun jika kita sudah terbilang profesional, langsung saja gunakan pilox tanpa bantuan pensil. Akan tetapi, sebaiknya jangan dulu gunakan warna hitam.

Siapkan juga mal, yaitu alat yang digunakan sebagai penggaris di tembok. Mal bisa terbuat dari karton, triplek, koran ataupun kertas lainnya. Cara pembuatannya adalah dengan memotong karton menjadi dua bagian lalu dilipat lurus. Ujung yang lurus itu akan digunakan sebagai penggaris di tembok.

Setelah mal siap dan sketsa telah ada di tembok, mulailah mewarnai sketsa yang sudah dibuat pada tembok tersebut. Agar graffiti 3 dimensi ini bisa tampak esensinya, maka gunakan warna yang pas, misalnya warna hijau muda dengan banyakan agak gelap agar warna tampak menyatu dan menghasilkan efek 3 dimensi.

Warnailah graffiti agar tampak rapi serta indah menggunakan mal yang sudah dibuat tadi. Setelah itu, blur hitam putih pada bagian bayangannya. Dari sinilah akan muncul graffiti bentuk 3 dimensi seperti yang diinginkan. Secara umum, proses pembuatan graffiti memang akan diawali dengan outlining terlebih dahulu.

Banyak buku yang secara khusus membahas teknik-teknik outlining canggih. Namun untuk dasar outlining biasanya adalah waktu yang tepat yaitu pada awal serta akhir pembuatannya. Outline di awal pembuatan akan menjadi guide dalam memandu kita membuat graffiti serta tahu di mana filing harus dilakukan.

Pada akhir proses pembuatan grafiti, lakukan retrace oultine guna mendapat gambar yang rapi maksimal. Proses retrace ini sebaiknya dilakukan paling akhir saat kita sudah memastikan proses pembuatannya telah seratus persen selesai. Saat melakukan outlining, posisi spray terbaik adalah paralel dengan tembok atau sekedat mungkin supaya garis tampak tajam serta tegas.

Outline pertama akan menggambarkan hasil akhir dari graffiti yang dibuat. Jangan ragu menghabiskan banyak waktu pada awal outline. Apabila salah dalam mengambil garis, maka buat garis baru serta pastikan garis yang salah akan dapat ditutupi menggunakan filing. Ini akan membuat hasil akhirnya semakin sempurna dan rapi.

Demikian adalah proses pembuatan graffiti 3 dimensi yang bisa kita coba. Kalau ingin lebih mudah silahkan serach di google grafiti maker online untuk membuat grafiti secara online tinggal unduh saja.  Graffiti tetaplah adalah bentuk dari seni, namun penerapannya tak boleh di sembarang tempat agar tak menjurus pada vandalisme.

Baca juga artikel ini

Advertisements