Tips Mudah Investasi Saham untuk Pemula yang Wajib Dipahami

Investasi saham saat ini mulai banyak di lirik, bahkan oleh kalangan pemula. Hal ini dilakukan tidak lain karena mereka menyadari betapa pentingnya investasi tersebut. Khususnya untuk jangka panjang. Namun, investasi ini harus dilakukan dengan hati-hati agar aset Anda tetap aman. Misalnya dengan mempelajari seluk beluk investasi saham terlebih dahulu.

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan sebelum Investasi Saham

Jika tidak dilakukan dengan tepat dan cermat, investasi saham bisa berujung pada kerugian. Hal ini karena risiko investasi saham terbilang besar. Berikut adalah beberapa tips investasi saham yang harus Anda pahami sebelum berinvestasi sebagai pemula.

Jangan Memulai Investasi dalam Jumlah Besar

Sebelum berinvestasi, seseorang harus mengenali dunia saham terlebih dahulu. Terlebih, di pasar saham investor harus memahami software jual beli saham dengan baik. Setelah itu, mereka juga harus belajar analisis saham yang tentunya tidak sebentar.

Agar proses belajar investasi ini tidak merugikan Anda, gunakan modal yang minim. Sehingga, jika kebetulan di tengah jalan mengalami kerugian, tidak akan rugi dalam jumlah besar. Baru setelah merasa mantap dan cukup mahir bermain saham, bisa merambah ke modal lebih besar.

Pastikan Saham yang Dibeli Memiliki Fundamental Teruji

Agar investasi semakin aman dan mudah, pastikan membeli saham yang fundamentalnya telah teruji. Salah satu rekomendasi untuk Anda saham blue chip. Ciri perusahaan saham recommended ini adalah memiliki usaha yang jelas.

Selain itu, perusahaan saham berfundamental baik juga memiliki produk yang laku keras di pasar, sudah dikenal secara luas di publik, tidak memiliki banyak hutang serta memiliki manajemen yang transparan. Dengan demikian, Anda tidak akan membeli saham dengan status fundamentalnya tidak jelas.

Jangan Lupa Melakukan Diversifikasi

Tips investasi saham berikutnya adalah dengan melakukan diversifikasi. Hal ini bertujuan untuk membagi risiko. Berbeda dengan hanya membeli satu jenis saham, jika terjadi kerugian dan sebagainya maka risikonya tentu akan lebih tinggi.

Tujuan lain dari diversifikasi saham ini adalah jika seandainya salah satu saham menurun, saham-saham yang lain kemungkinan bisa naik.

Sering-Seringlah Melakukan Analisis

Belajarlah melakukan analisis serius saat melakukan investasi saham. Ini bertujuan untuk membuat keputusan apakah Anda akan membeli atau menjual saham. Dan yang harus diperhatikan adalah analisis saham dan analisis teknikal.

Kedua analisis tersebut sangat penting agar Anda memperoleh keuntungan yang maksimal. Selain itu, juga untuk menghindari kerugian saat berinvestasi.

Fokuslah untuk Jangka Panjang ke Depan

Saham memiliki sifat yang fluktuaktif. Sehingga, jika dilakukan dalam jangka pendek memiliki risiko yang lebih besar. Investasi saham Anda akan lebih aman jika dilakukan untuk jangka panjang. Bahkan, keuntungannya juga akan semakin besar.

Sejarah telah membuktikan bahwa return dengan besaran 12,9% dapat diperoleh dengan investasi saham jangka panjang.

Lakukan Review Portofolio secara Rutin

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat investasi saham adalah melakukan analisis dan review secara berkala. Ini akan lebih efektif apabila dilakukan tiap 3 atau 6 bulan sekali. Meskipun boleh saja dilakukan satu tahun sekali.

Review ini bertujuan untuk melihat kinerja saham. Sehingga, apabila ada saham yang produknya gagal di pasaran, mengalami kerugian, bahkan kurang bagus kinerjanya, Anda bisa membeli saham lain. Untuk investasi jangka panjang dan berkelanjutan, hal ini sangatlah penting.

Investasi saham bagi pemula memang bukan hal sederhana. Namun, bisa menguntungkan jika dilakukan dengan tepat. Oleh karena itu, beberapa tips di atas dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk investasi.