Semarang Juga Punya Kota Lama, Bisa Belajar Sejarah Sambil Berburu Foto Loh!

Kota Semarang memang terkenal banyak lokasi wisata bersejarah yang dapat dikunjungi wisatawan. Tak kalah dari Surakarta, Solo atau Kota Tua Jakarta. Semarang memiliki Kota Lama, yang memiliki desain arsitektur lawas yang bagus dan juga kental akan sejarahnya.

Tak usah khawatir akan bosan saat mengunjungi Kota Lama semarang, tak melulu belajar sejarah, di Kota Lama wisatawan juga bisa menghabiskan waktu untuk berburu spot foto yang bagus. Bangunan tua disini begitu bagus jika dapat diabadikan apik oleh fotografer. Ada beberapa spot wisata yang dapat dikunjungi misalnya:

Wisata Kota Lama Semarang

Gereja Blenduk

Wisata Kota Lama Semarang

Gereja Blenduk ini merupakan bangunan kuno yang telah berusia lebih dari 200 tahun.Juga merupakan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah, namun sampai saat ini Gereja Blenduk masih difungsikan sebagaimana fungsi gereja.

Nama Blenduk sendiri merupakan julukan oleh masyarakat sekitar untuk menyebutkan kubahnya.Gereja Blenduk berlokasi di Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang.

Akses untuk menuju lokasi pantai ini dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor atau memanfaatkan jasa Rental Mobil Jogja. Disamping lokasi Gereja Blenduk ini juga terdapat taman yang bagus yaitu Taman Srigunting, ditaman ini banyak terdapat penyewaan sepeda lawas yang dapat dimanfaatkan untuk property saat hunting foto di sekitar Gereja Blenduk.

Jika akhir pekan sering diadakan acara-acara lokal, mulai dari musik, temu seniman, hingga pameran seni rupa juga pernah terselenggara. Hal ini juga akan mempengaruhi banyaknya pengunjung yang datang.

Pabrik Rokok Praoe Lajar

Ada lagi spot yang tak kalah menarik yaitu Pabrik Rokok Praoe Lajar (Perahu Layar). Pabrik ini memiliki bangunan kuno karena memang dibangun paa masa Hindia Belanda. Namun bangunan ini masih berdiri kokoh dan masih aktif di gunakan sebagai pabrik. Letak pabrik rokok ini berada di Jl Merak Kawasan Kota Lama Semarang atau di sekitar Polder.

Polder Tawang Semarang

Polder Air Tawang semarang ini masih termasuk dalam kawasan Kota Lama Semarang. Adanya Polder Air ditengah bangunan kuno sangatlah menarik. Hanya sekedar santai menikmati suasana atau mencari spot foto yang bagus juga bisa. Polder air ini dulunya adalah pusat pembuangan air di berbagai kawasan sekitar Stasiun Tawang untuk dialirkan yang bertujuan untuk meminimalisir ROB.

Stasiun Tawang

Stasiun tawang adalah stasiun yang memiliki desain arsitektur kuno yang sangat bagus, stasiun ini berlokasi di Jalan Tawang no 1 Kawasan Kota Lama Semarang. Stasiun ini menjadi ikon stasiun di Kota Semarang. Stasiun ini telah menjadi pusat keluar masuknya para wisatawandomestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Semarang dengan menggunakan jasa Kereta Api.

Menengok ke dalam stasiun, untuk para wisatawan bisa menikmati alunan music keroncong yang dinyanyikan oleh para seniman music Semarang. Lagu yang dinyanyikan bisa membawa kita ke dalam suasana yang lalu sambil menikmati indahnya bangunan kuno Stasiun Tawang.

Spiegel Bar and Resto

Merupakan salah satu resto yang berada di Kawasan Kota Lama Semarang. Resto ini memanfaatkan bangunan kuno tak terawat dan di sulap menjadi resto yang sangat menarik tanpa mengurangi keindahan bangunan asli Eropa yang disajikan. Baik exterior maupun interior bangunan ini masih mempertahankan desain ke-Eropaannya.

Tembok, lantai, serta pemilihan furniture nya juga bagus, membuat betah para pengunjung. Terdapat lantai 2 yang dapat dimanfaatkan untuk melihat suasana sekitar resto ini. Selain itu desain kamar mandinya pun masih mempertahankan suasana klasik kuno Eropanya.