Advertisements

Kunci Gitar – Belajar Cara Bermain Gitar Untuk Pemula Praktis dan Mudah + Video Tutorial

Gitar termasuk dalam alat musik yang sering dimainkan, baik untuk sekedar hobi atau memang ditekuni sebagai profesi. Kesan dari orang yang memainkan gitar, apalagi pria, adalah romantis. Tidak heran banyak orang belajar seputar kunci gitar serta cara memainkan gitar.

Untuk bisa memainkan gitar dengan ahli, terlebih dulu memang kita harus paham kuncinya. Jika sudah menguasai kunci-kunci dalam permainan gitar ini, maka akan lebih mudah bagi kita dalam memainkannya. Pengenalan tentang kunci sekaligus akan jadi hal pertama yang dipelajari dalam menggunakan alat musik petik ini.

Berikut adalah dasar-dasar seputar kunci dalam permainan gitar serta tips dan trik dalam memainkannya.

Chord Gitar

Dalam alat musik gitar, terdapat setidaknya enam senar atau dawai. Keenam senar ini diawali dari yang terkecil atau paling bawah hingga yang terbesar berada di posisi paling atas. Baik gitar akustik maupun gitar elektrik akan sama-sama memiliki nada yang mirip pada tiap senarnya.

Perbedaan gitar akustik serta elektrik ada pada tuningnya. Senar 1 yang berada di posisi terbawah akan menghasilkan nada E, senar 2 menghasilkan nada B, senar 3 menghasilkan nada G, senar 4 menghasilkan nada D, senar 5 menghasilkan nada A dan dan senar 6 di posisi teratas menghasilkan nada E.

Kunci Dasar Gitar Untuk Pemula

Kunci dasar pada gitar tersebut akan dibagi 2 yaitu kunci dasar atau biasa serta kunci dasar gitar minor. Yang paling utama digunakan ialah C mayor, G mayor, A mayor, D mayor serta E mayor. Tiap kunci akan memiliki penempatan jari yang berbeda pada senar dan hal ini harus kita perhatikan.

Kita bisa mencontoh pada tutorial gambar atau video permainan gitar. Yang paling utama dari semuanya agar kita bisa menguasai permainan gitar ialah wajib berlatih secara rajin. Latihan bisa dilakukan di waktu luang agar kita semakin menguasai alat musik satu ini.

Setelah tahu dasar-dasar kunci gitar, kita wajib tahu bagaimana caranya menyetem gitar. Ini adalah langkah selanjutnya dalam permainan gitar.

Video Stem Kunci Gitar

Menyetem kunci pada gitar bias dilakukan dengan beberapa metode. Salah satunya adalah dengan tuning standar ataupun menggunakan tuner, yaitu efek gitar atau aplikasi dari Android. Kita juga bisa melakukannya dengan menyesuaikan aneka instrumen yang ada serta penggunaan teknik harmonik.

Seluruh cara menyetem gitar bisa diterapkan baik pada gitar elektrik maupun gitar akustik. Penyetaman gitar juga bisa diterapkan pada alat musik lain seperti bass ataupun ukulele.

Kunci Gitar Dasar Lengkap dan Mudah

Penyeteman pada gitar hanya dapat dilakukan apabila kita sudah paham kunci-kunci dasar gitar. Pelajari terlebih dahulu kunci-kunci dasar pada gitar sebelum mulai melakukan penyeteman. Menyetem gitar secara manual sendiri terbilang sebagai cara yang paling mudah.

Namun, para pemula biasanya akan kesulitan pada langkah ini. Hal ini karena kita harus melakukan pelatihan pada indera pendengaran serta kepekaan terkait nada-nada yang dihasilkan.

Stem gitar manual dilakukan dengan menekan senar tertentu pada fret tertentu. Pada fret kelima, tekan senar 6 dan tanpa menekan fret manapun, sesuaikan nadanya dengan senar 6.

Masih pada fret kelima, tekan senar 5 dan sesuaikan nadanya dengan senar 4. Pada fret kelima, tekan senar 4 dan sesuaikan nadanya dengan senar 3. Lanjutkan pada fret keempat, tekan senar 3 dan sesuaikan nadanya dengan senar 2. Lalu pada fret kelima, tekan senar dan dan sesuaikan nadanya dengan senar 1.

Saat menyesuikan nada, jangan tekan fret manapun dan bunyikan senar yang hendak disamakan nadanya. Stem gitar menggunakan metode manual ini terbilang mudah. Kita hanya cukup ikuti saja langkah-langkah di atas dan telinga harus sealalu mendengarkan nada yang keluar secara cermat.

Chord Gitar Mudah dan Gak Perlu Ribet

Setelah mempelajari kunci gitar dan menguasai semuanya, kita bisa lanjutkan pada cara-cara stem menggunakan tuning standar. Tuning standar banyak digunakan karena sering dipakai oleh para gitaris yang lagu-lagunya sering dimainkan di pasaran. Karena sudah banyak yang memakai, maka kita juga bisa menggunakannya.

Agar kita bisa melakukan penyeteman tanpa alat bantu seperti Tanner, tahapan-tahapannya terbilang mudah karnea kita bisa langsung melakukannya lewat lagu yang sudah pernah didengar. Temukan lagu yang intronya diawali chord E. Dengan chord tersebut, kita akan dapat mengerti nada E walaupun tidak dipetik atau berada pada open string.

Salah satu contoh lagu yang menggunakan chord E pada permulaan lagunya ialah Peterpan dalam lagu Mimpi Yang Sempurna serta Bintang di Surga. Cobalah simak beberapa lagu tersebut dan simak pula chordnya yang pertama.

Setelah mendengarkannya, sesuaikan nada dengan senar keenam pada gitar masing-masing. Jika sudah selesai, tahap berikutnya ialah memakai metode yang tadi sudah dijelaskan, yaitu menggunakan penyeteman manual.

Belajar Kunci Gitar Dengan Lagu Gampang

Penyeteman gitar juga dapat menggunakan instrumen lain. Menyesuaikan instrumen lain ini biasanya akan dilakukan ketika kita sudah memasuki dalam studio. Terkadang, setelan nada dalam gitar akan ada sedikit perbedaan dengan instrumen lain.

Agar terdengar mirip, kita bisa menyesuaikannya dengan suara instrumen lain, contohnya keyboard. Tidak hanya gitar, namun kita juga bisa memainkan bass menggunakan teknik ini. Terutama saat kita sedang berlatih bersama-sama bersama seluruh anggota band.

Menyetem kunci gitar juga bisa dipelajari secara otodidak melalui tahapan-tahapan yang dipaparkan di atas. Setelah kita memahami kunci-kunci dasar pada gitar serta cara menyetem gitar, maka kita bisa melanjutkan pada tips-tips bermain gitar di bawah ini.

Belajar Main Gitar dengan menonton video

Bermain gitar tentu akan melibatkan perasaan dan juga jiwa seseorang. Untuk itu, jika kita hendak belajar memainkan gitar, maka kita juga harus menjiwai panther senar yang dipetik oleh diri sendiri. Agar bisa belajar memainkan gitar dengan lebih ahli lagi, awali dengan memilih instruksi dari internet ataupun buku.

Belajar Gitar Via Internet/Buku

Internet telah menjadi sumber ilmu yang bisa kita manfaatkan. Segala hal bisa dicari di Google. Kita juga bisa menggunakan internet untuk mempelajari gitar secara otodidak. Selain itu, kita masih harus tetap bersikap konsisten dalam belajar serta berlatih agar bisa mencapai hasil yang maksimal.

Rutin – Agendakan Harian Belajar Gitar

Jika perlu, susun agenda harian di mana kita dijadwalkan untuk berlatih bermain gitar. Adanya jadwal berlatih ini akan memudahkan kita untuk mencapai target tertentu dalam pelatihan menggunakan gitar. Jika kita memantapkan niat dalam berlatih gitar, maka alat musik petik satu ini sudah bisa kita kuasai hanya dalam waktu satu bulan saja.

Tonton Musisi Gitar Favorit

Semuanya diawali dari mempelajari kunci gitar dan penyeteman gitar seperti yang dipaparkan di atas. Setelah dapat mengasah chord dasar dari gitar, tambahkan kemampuan dengan membiasakan menonton musisi favorit yang sedang mengadakan pentas. Dari sini akan muncul motivasi agar kita senantiasa berlatih supaya diri sendiri dapat memainkan gitar seahli musisi favorit tersebut.

Pelajari Anatomi Gitar

Belajar memainkan gitar juga dapat diawali dengan mempelajari bagian-bagian dari gitar tersebut.  Hal ini terbilang wajib agar kita tahu komponen-komponen apa saja yang ada pada gitar serta apa fungsinya.

Ke depannya, wawasan kita seputar bagian-bagian gitar akan meningkat dan kita semakin paham bagaimana caranya menghasilkan suara yang enak didengar.

Rajin Praktek Kuncinya

Terakhir, berlatih secara rajin juga pasti akan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam memainkan gitar. Sekadar teori takkan memadai jika belum dibarengi praktek. Latihan secara teratur serta rutin akan membantu dalam membiasakan tangan menekan senar berdasarkan chord dasar.

Pada awal latihan, mungkin kita belum akan terbaisa memetik senar. Namun dengan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang, kita akan semakin terbiasa dan akhirnya menjadi ahli dalam bermain gitar. Kita juga bisa memanfaatkan waktu senggang dalam melatih permainan gitar agar menjadi semakin ahli.

Jika ada kesulitan yang dihadapi, kita dapat belajar secara otodidak dari internet, buku ataupun menanyakannya pada teman maupun keluarga yang sudah lebih ahli dalam permainan gitar. Adanya tutor dalam berlatih gitar akan membuat kita makin paham bagaimana caranya bermain gitar yang bagus agar dapat menghasilkan nada sesuai yang diinginkan.

4 Petikan Gitar Mudah

Hal lain yang tak kalah penting dari belajar memainkan gitar ialah melatih memori otot tangan. Saat kita membiasakan jari tangan sesuai chord gitar, maka latihan berikutnya adalah memainkan gitar tersebut tanpa perlu melihat senarnya sama sekali.

Hal ini bukan tidak mungkin akan dapat dilakukan apabila tangan telah terbiasa dan mengetahui di mana letak senar serta fret. Cobalah untuk berkonsentrasi pada sebauh lagu agar kita bisa memainkan lagu tersebut tanpa melihat senarnya. Kuncinya adalah terus dan terus belajar.

Selain melatih memori tangan, yang harus dilakukan berikutnya ialah mengelola kepalan di ujung jari. Hal ini terutama penting apabila tanganmu berkuran kecil dan tidak bisa memainkan gitar secara penuh.

Tips lain yang  bisa dipraktekkan ialah membangun kekuatan fret tangan. Caranya adalah dengan meremas-remas suatu objek seperti bola selama lima menit. Hal ini akan menjadikan tangan tidak kaku saat bermain gitar nantinya.

Objek lain yang bisa diremas-remas guna melatih kekuatan fret tangan ialah squishy atau spons. Keduanya akan sama-sama dapat melatih kekuatan tangan. Terakhir, awali latihan gitar dengan memainkan satu lagu terlebih dahulu.

Setelah melewati langkah-langkah pelatihan yang panjang, tentunya kita akan mulai terbiasa dalam memainkan gitar. Sekarang waktunya berlatih memainkan satu lagu favorit. Jangan dulu memainkan lagu yang belum dikuasai dan fokuslah pada lagu yang disukai dan mudah untuk dihafalkan.

Setelah ahli memainkan satu lagu favorit tersebut, akan semakin mudah bagi kita dalam memainkan lagu-lagu lainnya, bahkan lagu-lagu yang kurang begitu kita sukai sekalipun. Demikian adalah penjelasan seputar kunci gitar, penyeteman gitar hingga tips dalam bermain gitar untuk pemula.

Cara-cara di atas bisa diterapkan bagi para pemain gitar pemula yang baru saja berlatih bagaimana caranya memainkan gitar.

Dengan terus berlatih dan menambah ilmu seputar cara-cara memainkan gitar, bukan tidak mungkin kemampuan kita akan terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Gitar bisa dimainkan di waktu senggang, saat kumpul bersama teman-teman ataupun saat menyanyikan satu lagu di atas panggung.

Advertisements