13 Kura-kura Terbesar di Dunia yang Pernah Ditemukan Manusia

Kura kura terbesar di dunia – Kebanyakan orang beranggapan bahwa kura-kura itu sama dengan penyu, padahal keduanya sama sekali berbeda. Kura-kura dalam bahasa latin disebut tortoise sedangkan penyu dalam bahasa latin turtle keduanya serupa dan berasal dari Ordo yang sama yaitu Ordo Testudinata, karena kesamaan inilah yang membuat orang awan menganggapnya sama. Beberapa orang menjadikan kura kura sebagai hewan peliharaan mereka.

Kura kura merupakan hewan vertebrata berkaki empat yang bersisik. Cangkangnya terdiri dari dua bagian yakni carapace dan plastron, yang menjadi pelindung bagi kura-kura ketika diserang pemangsa. Kura kura ini terbagi menjadi dua yaitu kura-kura darat (land tortoise) dan kura kura air tawar (freshwater tortoise / terrapins).

Kura-kura / penyu sebagian besar dilindungi oleh pemerintah setempat, hewan ini dikategorikan sebagai hewan langka yang hampir punah populasinya. Kura kura maupun penyu merupakan bangsa reptil yang memliki cangkang kuat sebagai rumah di punggungnya untuk melindungi diri. Ada pula sekelompok orang yang menjadikan kura kura sebagai binatang reptil peliharan layaknya sugar glider ataupun gecko. Tentu yang dijadikan peliharaan kura kura yang tidak dilindungi.

kura kura terbesar di dunia
kura kura raksasa via 4.bp.blogspot.com

Kura kura juga termasuk hewan purba yang masih bertahan sampai saat ini, meski ada beberapa spesies yang sudah punah. Kura kura yang punah disebabkan oleh faktor lingkungan hidup seperti perubahan iklim yang drastis pada jaman dahulu dan juga perilaku manusia. Ukuran normal kura kura adalah dengan panjang badan setengah meter dan berat tida lebih dari 1 kuintal (100 kg), namun ada beberapa kura kura yang memiliki bentuk dan ukuran yang tidak lazim, berikut kita tuliskan beberapa kura kura dan penyu terbesar di dunia. Diantaranya ada yang sudah punah dan ada pula yang masih eksis di dunia.

1. Archelon

fosil kura kura archelon
archelon via wikipedia.com

Archelon berarti Pemimpin para penyu, merupakan penyu prasejarah yang telah lama punah. Dan merupakan penyu terbesar yang pernah didokumentasikan manusia. Ditemukan pada tahun 1895 oleh Dr. G. R. Wieland di Amerika Serikat. Fosil ini hidup 74 juta tahun yang lalu di laut pedalaman atau disebut Wastern Interior Seaway, Amerika Utara

kerangka archelon sebagai kura kura terbesar di bumi
kerangka archelon via wikipedia

Archelon menjadi kura kura terbesar di dunia karena mempunyai panjang sekitar 5,6 meter / 15 kaki. Archelon merupaka jenis kura kura karnivora pemakan cumi-cumi, dan merupakan nenek moyang dari penyu modern. Berat tubuh penyu ini ketika masih hidup diperkirakan mencapai 2.200 kilogram. Yang membuatnya berbeda dari penyu moderen adalah buntut yang cenderung lancip, tulang tengkorak yang lebih sempit, rahang atas yang lebih maju dan cangkang dengan puncak yang lebih tinggi

2. Protostega

kerangka protostega kura kura terbesar di dunia
kerangka protostega sebagai kura kura terbesar di dunia via wikipedia

Kura kura terbesar di dunia ini menempati urutan ke dua setelah archelon, hanya terdapat satu spesies yaitu Protostega gigas. Fosilnya ditemukan di Smoky Hill Chalk (barisan bukit kapur), Kansas Barat. Fosilnya pertama kali ditemukan pada tahun 1871. Dan dinamai oleh Edwar Drinker Cope setahun setelahnya, 1872. Mempunyai panjang 3 meter (9,8 kaki), membuatnya dinobatkan sebagi kura kura terbesar di dunia ke dua. (en.wikipedia.com).

3. Meiolania

gambaran meiolania sebagai salah satu kura kura terbesar
gambaran meiolania sebagai salah satu kura kura terbesar via speculativeevolution.wikia.com

Meiolania berarti pengelana kecil. Kura kura ini sudah lama punah populasi terakhir ditemukan di New Caledonia yang hidup sampai 2.000 tahun lalu. Meiolania memiliki tengkorak kepala yang tidak biasa, dengan bentuk menyerupai tanduk, dengan mengarah ke samping, kanan dan kiri, mempunyai total lebar 60 centimeter, yang membuatnya tidak bisa memasukkan semua kepalanya kedalam cangkang. Mempunyai panjang mencapai 2,5 meter, dengan ekor yang menyerupai duri memanjang, membuatnya dinobatkan menjadi salah satu kura kura terbesar di dunia. Termasuk golongan kura kura air tawar. Kura kura ini diduga kuat hidup di Australia, New Caledonia, Pulau Lord Howe, Vanuatu. (en.wikipedia.com)

4. Colossochelys Atlas

fosil Megalochelys Atlas
kerangka Megalochelys Atlas via frontiers-of-anthropology.blogspot.com

Yang membuat Colossochelys atlas atau biasa disebut Megalochelys Atlas masuk menjadi kura kura terbesar di dunia karena ukurang panjang cangkang mencapai 2.1 meter dengan tinggi 1,8 meter dengan berat badan mencapai 4 ton, menjadikannya kura kura dengan massa terberat yang pernah ada di bumi. Merupakan kura kura herbivora. M. Atlas mempunyai habitat di Indonesia, India Dan Pakistan. Juga merupakan nenek moyang dari kura kura galapagos. (en.wikipedia.com)

5. Stupendemys

Stupendemys dibandingkan dengan manusia
Stupendemys dibandingkand dengan manusia via laignoranciadelconocimiento.blogspot.com

Merupakan jenis kura kura prasejarah dan masuk urutan ke 5 kura kura terbesar di dunia, dan hidup di air tawar. Fosil stupendemys ditemukan di bagian utara Amerika Selatan, diperkirakan eksis 6-5 juta tahun yang lalu. Stupendemys yang ditemukan mempunyai panjang tempurung lebih dari 1,8 meter dengan estimasi total panjang tempurung lebih dari 3.3 meter (11 ft). (en.wikipedia.com)

6. Carbonemys Cofrinii

carbonemys cofrinii
carbonemys cofrinii via wikipedia.com

Kura kura ini juga sudah punah sejak 60 juta tahun lalu. Ditemukan oleh Edwin Cadena, mahasiswa doktoral dari Universitas North Carolina State, ditemukan di sebuah tambang batu bara di kolombia. Dengan cangkang berukuran 1,27 meter sehingga membuatnya menjadi salah satu kura kura terbesar di dunia. Carbonemys memiliki rahang yang besar dan kuat, cukup kuat bahkan untuk memakan buaya. (en.wikipedia.com)

7. Kura kura Galapagos (Geochelone elephantopus)

kura kura galapagos sebagai kura kura terbesar yang masih hidup
kura kura galapagos via allabout.gr

Galapagos atau biasa disebut tortuga salah satu kura kura terbesar di dunia yang masih hidup, spesies satu ini sangat langka diperkirakan jumlahnya hanya 20.000 ekor saja, karenanya diseluruh dunia kura kura ini dilindungi. Kura kura ini bisa mencapai umur 150 tahun yang merupakan umur terlama dari jenis hewan bertulang belakang. Galapagos mempunyai berat tubuh bisa lebih dari 400 kilogram dan panjang mencapai hampir 2 meter.

8. Penyu belimbing (Dermochelys Coriacea)

penyu blimbing didalam laut sebagai yang terbesar di dunia
penyu blimbing didalam laut via www.tamar.org.br/

Adalah jenis penyu raksasa dan merupakan anak keturunan dari suku Dermochelyidae yang masih eksis sampai sekarang. Merupakan jenis penyu terbesar di dunia dengan berat mencapai 700 kg. Penyu ini mudah dikenali dengan adanya tempurung yang bergaris-garis menyerupai belimbing, dengan paruh lemah tapi tajam. Penyu belimbing akan menjunu ke daratan selama 3-6 jam untuk bertelur, setiap kali bertelur mereka akan menuju darata, setiap kali bertelur jumlahnya mencapai 120 butir.

9. Aldabra giant

Aldabra giant sebagai kura kura terbesar dibumi
Aldabra giant via www.landmark-fine-travel.de

Kura kura dengan warna hitam abu abu ini merupakan salah satu dari kura kura terbesar di dunia yang masih ada dan belum punah, mempunyai habitat asli di pulau Atol Aldabra. Pulau tersebut merupakan rumah bagi 100an ribu kura kura tersebut. Kura kura aldabra giant dapat tumbuh hingga lebih dari 1.5 meter dan bisa berumur hingga lebuh dari 200 tahun, mempunyai berat hingga 300 kg.

10. Common Sanpping Turtle (Chelydra Serpentina)

kura kura terbesar di dunia Common Sanpping Turtle (Chelydra Serpentina)
Common Sanpping Turtle (Chelydra Serpentina) via www.smooto.com/

Untuk masalah besar sebenarnya kura kura satu ini masih kalah jauh dibandingkan dengan kura kura yang telah disebutkan sebelumnya. Panjang common snapping turtle ‘hanya’ mencapai 50 cm dengan berat 34 kilogram. Merupakan kura kura air tawar yang biasa hidup di danau dangkal dan sungai. Merupakan hewan karnivora yang memakan apapun yang bisa mereka telan seperti kata, ikan, mamalia kecil, reptil (termasuk ular dan kura-kura yang lebih kecil) bahkan burung.

12. Aligator Sanpping Turtle (Macroclemys Temminckii)

Kura kura ini sedikit mirip dengan common snapping turtle, yang membuatnya berbeda adalah tempurung yang bersisik. Tampilan dari kura kura ini seperti binatang purba dengan sisik di tempurung dan kepala besar dengan rahang yang kuat. Aligator Sanpping turtle merupakan hewan full aquatic (hidup dalam air), mereka tidak pernah keluar dari air kecuali ketika betina kura kura ini akan bertelur, binatang ini akan mencari tanah lapang yang tidak jauh dari perairan untuk menetaskan telurnya. Dengan panjang mencapai 80 cm dan berat berkisar 100 kilogram, serta hidup sampai 120 tahun.

13. Sulcata (Geochelone Sulcata)

kura kura sulcata sebagai kura kura terbesar di dunia
kura kura sulcata via pinimg.com

Merupakan spesies kura kura terbesar di dunia yang masih eksis dan menduduki urutan dibawah aldabra giant tortoise. Dan merupakan kura kura darat terbesar dengan ukuran panjang tempurung mencapai 45 centimeter dengan berat 45 kilogram. Merupakan kura kura yang berasal dari afrika, mereka tidak menyukai air dan tempat lembab. Spesies dari sulcata ini bisa dibilang banyak, dan banyak orang yang memperjualbelikannya untuk dijadikan hewan peliharaan.

Itu tadi kura kura terbesar di dunia baik yang sudah punah, masih dilindungi ataupun yang masih banyak populasinya. Semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat untuk pembaca. Share ya jika kalian suka. Terima kasih

Leave a Comment