Mengenal Apa Itu Litespeed Web Server dan Ragam Keunggulannya

Dewasa ini, teknologi web server sudah semakin berkembang. Terakhir, telah muncul teknologi baru dengan nama litespeed web server. Beberapa kalangan bertanya apa itu litespeed web server karena masih merasa awam.

Ya, litespeed web server memang belum terlalu banyak digunakan karena beberapa kalangan masih setia menggunakan Apache.

Apache merupakan teknologi web server sebelumnya yang banyak dipilih karena tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar bahkan bisa gratis. Sedangkan litespeed web server memiliki lisensi dan berbayar.

Memahami Apa Itu Litespeed Web Server

Sebagaimana disinggung di awal, bahwa litespeed web server adalah teknologi web server kekinian yang mulai dikembangkan dan dikenal. Teknologi web server ini merupakan pembaruan dan mampu memberikan kecepatan akses server hingga 50 kali lebih cepat dibandingkan dengan server biasanya.

Selain itu, teknologi ini juga menawarkan performa server yang lebih tinggi. Dengan performa yang diusung, maka server tentu saja akan memberikan respons yang lebih cepat, mampu beroperasi dengan lebih stabil dan tentu saja akan lebih andal untuk menangani beberapa pekerjaan dengan skala yang lebih besar.

Jika disimak secara sekilas, teknologi baru ini memang sangat menarik untuk dicoba. Anda yang berkecimpung di dunia web server, tentu ingin merasakan bagaimana performa dari teknologi ini, bukan? Nah, beberapa penyedia hosting murah sudah mulai menyediakannya dan Anda pun bisa mencobanya.

Keunggulan Litespeed Web Server

Saat Anda menanyakan apa itu litespeed web server, tentu Anda juga ingin mengetahui apa keunggulan dari teknologi ini, bukan? Keluarnya teknologi litespeed web server ini dibarengi dengan beberapa keunggulan menarik yang dimilikinya. Beberapa keunggulan dari teknologi ini sudah dibahas di poin sebelumnya.

Namun, ada beberapa keunggulan lain dari litespeed web server yang perlu disimak. Adapun beberapa keunggulan dari teknologi terbaru web server tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi litespeed web server mampu menahan serangan DDOS attack sehingga website akan jauh lebih aman daripada sebelumnya
  2. Mampu memberikan proses PHP dengan kecepatan hingga 50% lebih cepat
  3. Bisa meminimalkan overload server yang biasanya terjadi karena terlalu minim spesifikasi server
  4. Teknologi litespeed web server kompatibel dengan mod_rewrite dan mod_security
  5. Support .htaccess hingga string cache secara otomatis akan ter-create dengan sempurna
  6. Memberikan akses loading time yang lebih cepat hingga 6x daripada Apache.

Dengan beberapa keunggulan di atas, bisa diketahui bahwa litespeed web server sangat cocok untuk digunakan. Teknologi baru ini akan membuat server bekerja dengan lebih maksimal tanpa adanya masalah-masalah yang mengganggu.

Beberapa Fitur Litespeed Web Server

Dalam perkembangannya, litespeed web server memberikan beberapa fitur terbaik yang bisa dinikmati. Dengan mengetahui beberapa fitur tersebut, tentu saja Anda bisa lebih mengenal apa itu litespeed web server.

Adapun beberapa fitur yang ditawarkan oleh litespeed web server adalah sebagai berikut:

  • Kompatibel Dengan Apache

Teknologi litespeed web server sudah dirancang sedemikian rupa guna membaca dan menjalankan file .htaccess ataupun httpd.conf pada Apache. Hal ini berarti tidak ada konfigurasi baru yang diperlukan ketika Anda beralih dari Apache dan menggunakan litespeed web server karena sistem sudah terintegrasi dengan sempurna secara otomatis.

  • Lebih Cepat dan Server Lebih Stabil Dalam 15 Menit

Kecepatan menjadi perkara utama dalam urusan server. Dalam hal ini, litespeed web server dapat diinstal serta diaktifkan dengan Apache dalam waktu sekitar 15 menit tanpa adanya downtime. Setelah terinstal dengan sempurna, litespeed web server akan secara otomatis mengambil pengaturan Apache.

Baca Juga  Mengenal Doa Qunut Yang Dibaca Saat Shalat Subuh dan Waktu Witir

Nah, proses pengambil-alihan pengaturan ini sudah direka sedemikian rupa. Dengan demikian, litespeed web server akan memberikan respons yang sangat cepat dan konsisten. Selain itu, server akan menjadi lebih stabil dan penggunaan memory access menjadi lebih efisien.

  • Kontrol Solusi Panel-Integrasi

Litespeed web server menggunakan kontrol solusi panel-integrasi. Dengan penggunaan kontrol plugin panel untuk Plesk, WHM serta Direct Admin, instalasi bisa dilakukan dengan lebih mudah. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat Anda bisa melakukan instalasi, pendaftaran dan peralihan ke litespeed web server secara langsung.

  • Dukungan HTTP/2

HTTP/2 sudah terbukti mampu memberikan kecepatan yang lebih maksimal saat buka halaman, terutama untuk beragam situs HTTPS yang di enkripsi. Sebagaimana diketahui, enkripsi diperlukan untuk meningkatkan keamanan, terutama mengenai kerahasiaan data pribadi. Nah, litespeed web server memiliki dukungan tersebut.

  • Anti DDOS Advances

Teknologi litespeed web server dilengkapi dengan fitur Anti DDOS Advances. Ini adalah salah satu fitur keamanan yang cukup penting untuk server. Perlu diketahui, serangan DDOS termasuk salah satu hal yang sangat berbahaya untuk server Anda.

Jika serangan ini terjadi, server Anda bisa saja tidak hanya down, namun juga rusak. Nah, litespeed web server akan menangani hal tersebut dengan lebih baik. Meskipun ada serangan DDOS, server Anda akan lebih tahan dan masalah karena serangan tersebut tidak akan terjadi.

Tentu, masih banyak fitur lain yang disediakan oleh litespeed web server yang bisa Anda ketahui lebih lanjut. Namun, dengan adanya beragam fitur di atas, Anda bisa mengetahui bahwa litespeed web server adalah salah satu layanan terbaru yang penting untuk memaksimalkan kinerja server.

Harga yang Cukup Mahal

Untuk penggunaannya, teknologi litespeed web server sangat cocok untuk diterapkan pada hosting berjenis Drupal, Joomla, WordPress dan beberapa website sejenis yang masuk kelas berat. Dengan teknologi ini, kinerja hosting tentu akan sangat stabil dan maksimal.

Nah, perlu diketahui bahwa harga dari litespeed web server ini cukup mahal dan lebih tinggi daripada Apache. Namun, kualitas dan akselerasi yang didapatkan akan lebih baik dan sangat berbeda dari web server yang biasa.

Demikian beberapa hal terkait apa itu litespeed web server. Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi agen hosting terbaik untuk mendapatkan layanan ini. Semoga bermanfaat.