10 Makanan Khas Palembang yang Harus Kamu Cicipi Sebelum Mati

Makanan Khas PalembangKota Palembang tidak hanya dikenal dengan wisata budaya dan wisata religi saja. Kota Palembang juga sangat kental dengan makanan khasnya. Kota Palembang ini dibanjiri dengan macam-macam makanan khas. Bagi penikmatan wisata kuliner, kota Palembang menjadi tempat destinasi yang disukai. Mari kita lihat macam makanan khas Palembang.

Pempek

pempek -makanan khas palembang
pempek.online

Pempek berada posisi di atas berbagai macam makanan khas di Palembang. Tidak heran kalau tidak ada seorang pun yang tidak kenal makanan khas ini. Pempek ini terbuat dari ikan, tepung dan sagu. Biasanya pempek ini disajikan dengan cuko kental yang nikmat. Masyarakat di Palembang telah membuat berbagai macam variasi pempek di sini. Misalnya ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan dan lainnya.

Kalau kamu malas untuk membuat pempek sendiri, kini kamu bisa pesan langsung secara online di Pempek Online.

Tekwan

tekwan makanan khas palembang
maksindo.com

Hampir sama bahan yang digunakan untuk membuat pempek dan tekwan. Perbedaannya bentuknya yang bulat kecil-kecil menyerupai bakso ikan. Tekwan disajikan dengan kaldu udang yang nikmat. Selain itu ditaburkan seledri, bawang goreng, taburan daun bawang, bihun, maupun jamur kuping. Tekwan harus disajikan dalam keadaan hangat dan pedas. Tekwan sangat nikmat dan membuat pencicipnya biasa ketagihan.

Laksan

cimplungan khas palembang
kokicafe.com

Laksan juga dibuat dari tepung sagu dan ikan. Tapi perbedaannya yaitu laksan seperti pempek lenjer yang tebal dan dipotong melintang. Laksan disajikan dengan kuah santan.

Celimpungan

laksan makanan khas palembnag
bello.id

Celimpungan mirip dengan laksan. Adonanya seperti tekwan namun lebih besar dan disiram dengan kuah santan. Sebagai bahan pelengkap yaitu bawang putih, kunyit, bawang merah, garam, lada dan daun salam. Kuah santannya terasa sangat nikmat untuk dicicipi.

Martabak HAR

martabak har
lihat.co.id

Martabak ini merupakan makanan khas Palembang yang asal mulanya berasal dari India. Bahan dasarnya yaitu telur ayam, telur bebek, tepung terigu dan disajikan bersama kari ayam dengan kentang. Walaupun asal mulanya dari India martabak HAR ini memiliki keistimewaan yaitu kulitnya lebih renyah.

Kue Maksuba

kue maksuba makanan khas palembang
2.bp.blogspot.com

Makanan khas Palembang yang satu ini dibuat dengan bahan dasar telur bebek dan susu kental manis. Telur yang dibutuhkan untuk satu adonan dapat mencapai sekitar 28 butir. Dalam mengolahnya mirip dengan pembuatan kue lapis. Kue maksuba terasa legit, enak dan manis. Kue ini pada dahulu kala merupakan makanan khas istana Kesultanan di Palembang. Kue ini dahulu sering disajikan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan istana. Namun, sekarang lebih banyak dijumpai pada saat hari raya.

Es Kacang Merah

es kacang merah - makanan khas palembang
ksmtour.com

Banyak pedagang yang menjajakan es kacang merah di kedai mereka. Es kacang merah yang dapat disajikan dengan tekstur yang lembut, sedang ataupun sedikit keras. Biasanya es kacang merah disajikan dengan santan dan gula jawa.

Tempoyak

tempoyak makanan khas palembang
haloborneo.wordpress.com

Daging durian yang ditumis dengan isian cabai dan bawang biasa disebut dengan tempoyak. Tempoyak teksturnya seperti saus dan disantap sebagai pelengkap makanan. Tempoyak rasanya gurih dan unik. Masyarakat Palembang suka untuk menikmati pindang ikan patin dengan tempoyak karena akan memberikan kombinasi cita rasa yang sangat nikmat.

Kue Srikayo

kue srikayo - makanan khas palembang
img-global.com

Kue yang berwarna hijau ini memiliki bentuk hampir mirip dengan pudding. Kue ini dibuat dengan bahan dasar telur dan daun pandan. Biasanya dimakan dengan ditemani ketan putih dan dinikmati dalam keadaan dingin. Kue ini rasanya manis dan legit.

Lenggang

lenggang - makanan khas palembang
nyenyes.com

Lenggang adalah olahan dari ikan yang dicampur dengan telur yang dikocok. Olahan ini diletakkan di atas daun pisang. Lenggang dimasak dengan cara dipanggang. Aroma dari daun pisang yang dipanggang dengan arang hitam membuat lenggang mempunyai aroma yang khas.

Selain makanan khas Palembang yang diuraikan di atas, masih banyak lagi yang belum disebut loh teman-teman. Makanan khas di Palembang sangat banyak. Jadi bagi yang menyukai kuliner belum lengkap jika belum mencoba makanan khas Palembang yang nikmat ini. Selain itu, Kota Palembang kaya akan kerajinan, yang salah satunya adalah Songket Palembang.

1 thought on “10 Makanan Khas Palembang yang Harus Kamu Cicipi Sebelum Mati

Leave a Comment