Advertisements

Bukan Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Inilah Manfaat Bawang Putih yang Lainnya

Bawang putih, bahan alami yang selama ini hanya lebih dikenal sebagai bumbu ini ternyata juga memiliki berbagai macam  manfaat lho. Sayangnya, masih sedikit orang Indonesia yang mau mencari tahu lebih banyak tentang manfaat bawang putih dan memilih untuk langsung membeli obat saja ketika mendapatkan masalah dengan tubuh mereka.

Manfaat Bawang Putih

Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih juga mempunyai banyak manfaat, seringkali digunakan untuk pengobatan alternatif, penggunaan bawang putih mentah maupun yang sudah diolah tentu tidak perlu khawatir akan efek sampingnya karena pure alami, cara mengkonsumsinya pun tidaklah sulit. Seperti contohnya untuk kejantanan pria dan bisa juga untuk kecantikan wajah wanita, dan masih banyak lagi, berikut ulasannya.


Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Tidak tanggung-tanggung, bawang putih sebenarnya memiliki puluhan manfaat dan khasiat. Agar tidak penasaran, simak 22 manfaat bawang putih berikut ini.

Atasi Penyakit Kanker

Rasa panas yang pada bawang putih memang sudah terbukti bisa menjadikannya sebagai pencegah kanker yang cukup  efektif. Kandungan organosulfida lain yang membantu hati untuk bisa menghasilkan senyawa kimia yang bisa mencegah datangnya kanker perut dan kanker usus secara khusus, namun juga bisa mencegah kanker-kanker lainnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, salah satu cara yang paling mudah untuk anda lakukan tentu saja menambahkan lebih banyak bawang putih pada masakan anda. namun, anda bisa memakannya mentah jika tahu bagaimana cara makan bawang putih mentah.

Mengurangi Gula Darah

Penderita diabetes tentu akan merasa sangat terbantu dengan manfaat bawang putih yang satu ini. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan bawang putih untuk menurunkan kadar trigliserida dan juga kadar glukosa. Kandungan kompleks yang ada pada bawang putih sangat memungkinkan pencegahan kadar gula bisa meningkat.

Untuk orang Indonesia memang memakan bawang putih mentah masih terasa cukup asing, namun orang-orang di Korea sudah cukup umum melakukan itu, sehingga tidak ada salahnya juga untuk melakukannya. Karena ternyata khasiat bawang putih mentah memang benar-benar baik untuk mengurangi gula darah,

bawang putih untuk rematik

Bawang Putih untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang biasa mengalami ngidam mungkin akan merasa tidak nyaman untuk mengonsumsi bawang putih. Namun kenyataannya manfaat bawang putih untuk ibu hamil cukup besar, yakni bisa membantu menaikkan berat badan bayi, juga meminimalisir resiko kehamilan pre-eclampsia.

Dengan rajin mengonsumsi dan tahu cara mengonsumsi bawang putih yang bisa membuat ibu hamil merasa nyaman, maka bayi di dalam kandungan akan lebih sehat, juga pertumbuhannya lebih terjamin.

Membantu Mengurangi Reumatik

Reumatik memang merupakan salah satu penyakit yang cukup mengganggu, juga cukup suit untuk menemukan obat yang benar-benar tepat dan cocok. Hal ini dikarenakan reumatik merupakan penyakit yang berhubungan dengan otot dan juga sendi sekaligus.

Kabar baiknya, khasiat makan bawang putih sebelum tidur ternyata sudah banyak dibuktikan bisa membantu mereka yang memiliki masalah reumatik ini. Khasiat baru bawang putih ini seperti obat baru yang pada akhirnya  bisa sangat membantu mereka, dan diharapkan anda juga menjadi salah satu orang yang juga akan merasa terbantu dengannya.

Untuk Mengobati Penderita Anemia

Beberapa masalah yang paling sering dirasakan oleh penderita anemia ialah merasa pusing dan juga lemas hingga mudah pingsan. Kedua keadaan tersebut tentu saja akan sangat membatasi aktivitas seseorang,  sehingga mereka tidak bisa sebebas orang-orang lain yang tidak mengalami masalah anemia.

Kini, anda tidak perlu merasa khawatir karena sudah bisa memaksimalkan manfaat bawang putih. Kandungan vitamin C, vitamin B1, zat besi dan nutrisi lainnya akan sangat membantu anda yang memiliki anemia. Mungkin tidak akan menghilangkan anemia secara permanen, namun akan sangat membantu untuk mencegahnya kambuh.

Obat untuk Masalah Pernafasan

manfaat bawang putih lainnya ialah untuk mengatasi masalah pernafasan pada seseorang. Manfaat ini sudah diketahui dan dibuktikan oleh orang China dan orang Yunani. Beberapa penyakit pernafasan yang sangat mungkin diobati oleh bawang putih ialah asma dan bronkitis.

Kandungan allicin yang pada bawang putih bisa memberikan sensasi yang cukup tajam pada penciuman seseorang, sehingga juga bisa meredakan sakit atau radang pada paru-paru.

Melancarkan Pencernaan

Ada banyak cara memakan barang putih, salah satunya ialah dengan merebusnya terlebih dahulu. ternyata, manfaat makan bawang putih rebus ini salah satunya ialah untuk melancarkan pencernaan anda.

Bawang putih memiliki kandungan yang disebut dengan alicin, dimana kandungan tersebut bisa merangsang agar usus dan dinding perut melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, anda tidak akan  lagi memiliki masalah pencernaan yang selama ini sering terganggu.

Bermanfaat Menjadi Sumber Stamina

Banyaknya kegiatan dan pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari memang mau tidak mau sering kali membuat anda merasa kelelahan. Ternyata, manfaat makan bawang putih di pagi hari yang bisa anda dapatkan ialah memiliki stamina yang lebih. Mengonsumsi bawang putih begitu saja mungkin masih terasa cukup asing, maka ada baiknya anda biasakan mulai dari sekarang.

Manfaat bawang putih yang satu ini dimungkinkan karena bawang putih memiliki cukup banyak protein, yang selama ini memang dikenal sebagai salah satu sumber stamina yang paling penting bagi tubuh.

Merangsang Sel Saraf

Tumbuhnya sel saraf baru merupakan salah  satu proses penting bagi tubuh karena akan sangat membantu perbaikan-perbaikan pada tubuh anda. Apalagi bagi seseorang yang memiliki masalah atau penyakit yang berhubungan dengan saraf.

Senyawa saltivine yang ada pada bawang putih akan merangsang susunan pada sel  saraf agar bekerja dengan lebih cepat dan lebih baik lagi. Khasiat bawang putih tunggal ini akan cepat bekerja jika anda mau mengkonsumsinya dengan  rajin.

Mencegah juga Mengobati Flu

Flu memang sudah menjadi masalah kesehatan yang cukup sering menyerang, terlebih ketika musim hujan datang dimana flu akan menjadi salah satu gangguan yang wajib datang. Namun meskipun begitu, flu tetap saja akan sangat mengganggu aktivitas anda.

Kabar baiknya, khasiat bawang putih mentah juga sangat manjur untuk mencegah dan meredakan flu. Hal ini dikarenakan sifat anti jamur, anti virus dan anti bakteri yang ada pada bawang putih. Jika memang ingin cepat pulih kembali, anda harus rajin mengonsumsi bawang putih tersebut.

Mengatasi Kolesterol

manfaat bawang putih yang ke 11 ialah bisa mengobati kolesterol. Kolesterol yang tinggi memang bisa memberikan banyak masalah pada tubuh anda, salah satu yang paling terasa ialah tubuh anda akan semakin lemas setiap harinya. kabar baiknya, pengobatan manfaat bawang putih ini tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk bisa menyembuhkan kolesterol anda.

Menjadi Anti Penuaan

Khasiat bawang putih untuk wajah yang pastinya akan membuat semua orang senang tentu saja bisa menjadi anti penuaan dini. Hal ini bisa terjadi karena bawang putih mengandung vitamin B1 dan C yang sangat baik untuk meremajakan kembali wajah anda.

Bawang Putih Mengatasi Impotensi Pria

Sedangkan manfaat bawang putih selanjutnya yang berhubungan dengan pria ialah bisa menjadi obat untuk impotensi. manfaat bawang putih untuk pria ini tentu saja akan membuat para pria menjadi lebih percaya diri di depan pasangannya, juga bisa membuat rumah tangga menjadi lebih  hangat dibanding sebelumnya.

bawang putih untuk wajah

Bermanfaat Mengobati Penyakit Hati

Anti oksidan yang ada pada bawang putih juga ternyata bisa membantu anda yang memiliki masalah dengan penyakit hati. Apalagi jika mengingat bahwa hati merupakan salah satu organ yang paling penting, sehingga akan sangat berbahaya jika terdapat masalah padanya. Kabar baiknya, bawang putih merupakan obat yang sangat manjur pada peradangan hati.

Mengobati Maag

Kesibukan yang semakin padat memang mau tidak mau mempengaruhi waktu makan anda, hingga pada ahirnya bisa menyebabkan timbulnya penyakit maag. Kalau sudah begini, memanfaatkan khasiat bawang putih rasanya menjadi pilihan yang tepat. Bawang putih juga bisa menyembuhkan maag kronis.

Menghilangkan Bekas Selulit

Para wanita tentu saja akan merasa sangat terbantu dengan manfaat bawang putih yang satu ini. bawang putih bisa menghilangkan selulit karena mengandung vitamin C, B, E dan juga K, dimana vitamin-vitamin tersebut bisa meremajakan kembali kulit anda.

Dengan manfaat bawang putih yang satu ini, anda yang belum lama melahirkan tentu saja tidak lagi perlu merasa khawatir dengan penampilan anda.

Bawang Putih Mengatasi Jerawat Membandel

Tak banyak diketahui bawang putih bermanfaat untuk menghilangkan Jerawat yang membandel. Kamu bisa membaca artikel khusus cara menghilangkan jerawat dan langkah langkah mengolah bawang putih Menjadi obat ampuh bagi jerawat.

Membersihkan Racun

Jika selama ini anda lebih mengenal buah-buahan untuk mendetok tubuh, ternyata manfaat bawang putih selanjutnya juga bisa melakukan hal serupa. Hal ini tentu saja karena bawang putih memiliki antioksidan yang tidak kalah dengan buah-buahan yang selama ini anda jadikan infused water.

Menghilangkan Bekas Luka

Dikehidupan sehari-hari, ada banyak kemungkinan yang bisa membuat anda terluka, seperti terbentur, terjatuh dan lain sebagainya. Kini, anda juga bisa menggunakan manfaat bawang putih selanjutnya yakni untuk menghilangkan bekas luka. Anda hanya perlu menghancurkan bawang putih dan  mencampurkannya dengan minyak zaitun, lalu tinggal mengaplikasikannya pada kulit yang terdapat bekas luka.

Berkhasiat Mengobati Sinusitis

Kandungan allin yang  sudah  beberapa kali disebutkan tadi juga bisa mengobati penyakit sinusitis. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut membuat bawang putih bersifat anti jamur dan anti bakteri yang pada akhirnya bisa menimbulkan infeksi sinus.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh wanita ialah berat badan mereka yang tidak kunjung turun meskipun sudah banyak melakukan olahraga. Mungkin kini saatnya anda untuk mencoba manfaat bawang putih yang satu ini. dengan sering mengkonsumsi bawang putih, ternyata tubuh anda bisa lebih mengontrol nafsu makan anda.

Bawang untuk Mengobati Kutil

Jika hanya satu buah saja, mungkin kutil tidak akan terasa terlalu mengganggu, namun bagaimana jika semakin hari semakin banyak saja? Kalau sudah begini, maka sudah saatnya anda menggunakan manfaat bawang putih yang satu ini, yakni untuk membasmi kutil dari kulit anda.

Caranya juga sangat mudah, yakni anda hanya perlu menggeprek bawang putih saja hingga menjadi halus, lalu tempelkan pada kulit yang terdapat kutil dan terakhir tutup dengan plester atau bisa juga dengan menggunakan kain kasa.

Menghilangkan Varises

Sedangkan manfaat bawang putih yang terakhir ialah bisa untuk menghilangkan varises yang biasanya muncul di bagian belakang kaki anda. anda bisa langsung saja mengkonsumsi bawang putih mentah, atau bisa mengoleskan bawang putih yang sudah  dihaluskan terlebih dahulu pada bagian yang terdapat varises.

Nah, itulah 22 manfaat bawang putih yang sebaiknya anda tahu, dan bisa digunakan jika suatu saat nanti anda membutuhkannya. Selain  dari manfaat-manfaat yang sudah disebutkan tadi, bawang putih juga tentunya masih memiliki manfaat lainnya. Dan manfaat tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Advertisements