Jenis-Jenis beserta Manfaat Buah Naga serta Efek Sampingnya

Buah naga? tentunya kalian tahu kan. buah bersisik berwarna merah muda ini memang mempunyai rasa unik dan populer, dibalik semua itu buah naga menyembunyikan banyak khasiat, berikut artikel mengenai manfaat buah naga.

Buah naga merupakan buah yang berasal dari Meksiko. Warna Kulit buah naga yaitu merah keunguan. Selain memiliki rasa yang manis dan asam, manfaat buah naga sangat banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Dengan begitu maka tak heran jika harga buah ini cukup mahal.

Buah  naga atau disebut juga dengan nama pitaya memiliki beberapa varian, dan masing-masing jenis buah naga tersebut tentunya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa jenis buah naga diantaranya yaitu:

manfaat dan jenis buah naga

Buah Naga Putih

Hylocereus atau buah naga merupakan buah naga yang memiliki daging buah berwarna putih. Yang menjadi ciri khas buah naga putih yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga merah.

Manfaat buah naga putih tentunya sangat banyak, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Hal ini karena memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan buah naga putih diantaranya yaitu, karbohidrat, vitamin B1, B2, Provitamin A, betakaroten, zat besi, kalsium, fosfor, nalasin dan lainnya.

Manfaat buah naga putih tak berbeda dengan jenis lainnya, kandungan antioksidan dalam buah naga putih, Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah untuk memperlambat penuaan dini.

Bahkan dalam hal kesehatan manfaat buah naga putih sering digunakan untuk pengobatan alternatif kanker. Dimana kandungan buah naga putih yang sangat banyak ini membantu untuk membunuh sel-sel kanker.

Manfaat buah naga putih lainnya yaitu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sehingga dapat mencegah terjadinya komplikasi terhadap penyakit lainnya seperti serangan jantung, diabetes, hipertensi dan stroke.

Buah Naga Merah

Ciri khas buah naga merah yaitu memiliki warna kulit yang lebih merah pekat dibandingkan dengan jenis lainnya, sedangkan daging buahnya berwarna merah maroon. Tekstur daging buah naga merah juga lebih berair dibandingkan dengan buah naga putih.  Harga dari buah naga merah pun lebih mahal dibandingkan dengan lainnya.

Kandungan buah naga merah didominasi dengan kandungan serat yang sangat tinggi, maka tak heran jika manfaat buah naga merah sangat banyak, baik untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Beberapa manfaat buah naga untuk kecantikan dan kesehatan yaitu:

Sebagai penunjang diet

Salah satu manfaat buah naga untuk kecantikan adalah sebagai penunjang diet, sebab buah naga merah memiliki kandungan serat tinggi serta kalori rendah. Dalam 100 gram buah naga merah, mengandung kalori hanya sebanyak 60 kkl, sehingga akan membuat anda kenyang dalam waktu lama tanpa harus mendapat asupan kalori yang banyak.

Perlu anda tahu bahwa untuk dalam menjalankan program diet yang harus anda lakukan adalah mengatur pola makan, bukan mengatur porsi makan. Sehingga manfaat buah naga merah untuk diet untuk membantu mendapatkan asupan serat dan kalori dalam mengatur pola makan selama anda menjalankan program diet.

Cara mengonsumsi buah naga untuk menunjang program diet sangat mudah, cukup dijadikan sebagai cemilan dengan mengupas dan memotong buah naga, atau juga bisa dengan membuat jus buah naga.

Sangat baik untuk kesehatan ibu hamil

Banyak orang yang beranggapan bahwa ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi buah naga, padahal anggapan itu adalah salah. Banyak manfaat buah naga untuk ibu hamil yang jarang diketahui, beberapa diantaranya yaitu:

  • Mencegah terjadinya anemia dengan membentuk sel darah merah. Perlu anda ketahui, bawa ibu hamil sangat rentan terhadap anemia, padahal jika hal tersebut terjadi akan mengganggu kesehatan janin yang dikandung
  • Membatu perkembangan dan pertumbuhan janin. Khasiat buah naga untuk ibu hamil dalam menjaga janin tentunya sangat diperlukan, dengan kandungan folat dalam buah naga, maka dapat menyehatkan janin yang dikandung
  • Membentuk tulang dan gigi pada janin yang dikandung. Manfaat buah naga untuk janin adalah dengan membantu membentuk tulang dan gigi, hal ini karena dalam buah naga mengandung kalsium dan fosfor

Baik untuk kesehatan bayi

Ketika masih bayi, biasanya akan rentan terhadap penyakit, sehingga salah satu yang dapat digunakan untuk menunjang kesehatan bayi adalah dengan pola makan yang baik. Dalam hal ini tentunya asupan nutrisi untuk bagi harus dari bahan makanan yang bernutrisi.

Salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan nutrisi untuk kesehatan bayi yaitu buah naga. Manfaat buah naga merah untuk bayi tentunya sangat banyak yaitu untuk:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga akan terbebas dari penyakit
  2. Membantu bayi dalam masa pertumbuhan
  3. Meningkatkan kecerdasan anak
  4. Membatu dalam memperkuat gigi dan tulang

Manfaat buah naga untuk bayi ini tak dapat diragukan lagi, sebab buah naga mengandung anti oksidan, fosfor, kalsium, dan bahan lainnya yang akan membantu untuk menjaga kesehatan bayi.

jenis buah naga

Buah Naga Ungu

Hampir mirip dengan buah naga merah, namun buah naga ungu ini memiliki warna yang lebih merah pekat, sehingga sering disebut sebagai buah naga ungu.  Jenis buah naga ini merupakan buah naga paling digemari, sebab memiliki tingkat kemanisan yang tinggi yaitu 12-18 bike.

Sama seperti jenis lainnya, khasiat buah naga ungu tentunya juga sangat banyak baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Seperti halnya naga merah, Khasiat buah naga ungu untuk diet juga untuk menunjang asupan serat dan kalori rendah.

Sedangkan khasiat buah naga ungu untuk kesehatan yaitu:

  • Menjaga kekebalan tubuh
  • Melawan penyakit kanker
  • Membantu membentuk tulang dan gigi
  • Menyehatkan mata
  • Melancarkan pencernaan

Khasiat buah naga ungu ini didapatkan dari kandungan buah naga yang banyak dan bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya yaitu vitamin B, fosfor, kalsium, zat besi, serta lainnya.

Buah Naga Kuning

buah naga kuning untuk kesehatan dan kecantikan

Buah naga kuning memiliki ciri khas yang sangat mencolok, jika kulit buah naga jenis lainnya memiliki warna merah, maka jenis kulit buah naga jenis ini memiliki warna kuning, sedangkan bagian daging buahnya berwarna putih.

Dengan nama ilmiah Selenicereus megalanthus, buah naga kuning memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada jenis lainnya. Namun sayangnya, jenis buah naga ini tergolong masing sangat langka. Apalagi dengan ukurannya yang kecil serta dengan harganya yang mahal, maka membuat buah naga kuning tak populer di Indonesia.

Meskipun buah naga kuning jarang ditemukan di Indonesia, namun buah naga kuning tentunya memiliki banyak manfaat. Khasiat buah naga kuning yaitu:

  1. Membantu untuk menjalankan program diet
  2. Melancarkan pencernaan dalam tubuh
  3. Menjaga kesehatan tubuh
  4. Meningkatkan sistem imun tubuh
  5. Menjaga kesehatan gigi dan tulang
  6. Menjaga kesehatan jantung
  7. Meningkatkan nafsu makan
  8. Menetralkan racun dalam tubuh
  9. Melawan sel kanker dalam tubuh

Buah Naga Hitam

Buah naga hitam merupakan buah naga yang baru di Indonesia, sebab tak banyak yang membudidayakan jenis buah naga ini. Ciri khas buah naga hitam adalah dagingnya yang hampir berwarna hitam, namun kulit buah naga hitam ini tetap berwarna merah.

Khasiat buah naga hitam bagi kesehatan sama seperti lainnya, yaitu untuk membantu mengatasi penyakit, menyehatkan badan dan merawat tubuh.

Buah Naga Orange

Masih sejenis dengan buah naga kuning, buah naga orang ini memiliki daging buah yang merah tak seperti pada buah naga kuning yang memiliki daging buah putih. Namun jenis ini masih sangat langka baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kandungan dalam buah naga orange hampir sama dengan buah naga kuning, sehingga khasiat buah naga orange juga untuk kesehatan badan, menyerang penyakit serta menjaga kecantikan badan.


buah naga untuk topping

Dengan banyaknya khasiat buah naga, apakah terdapat efek samping? Sebenarnya jika dikonsumsi secara beraturan, buah naga tidak akan memberikan efek samping. Cara mengkonsumsi buah naga yaitu:

Membuat cemilan

Kulit buah naga memang agak keras, sehingga cara mengkonsumsi buah naga adalah dengan membelah menjadi dua bagian. Kemudian pisahan daging buah dengan kulitnya. Agar mudah untuk dimakan, maka potong buah naga menjadi bentuk dadu. Agar lebih enak,  cemilan buah naga bisa ditambah dengan susu atau selai.

Membuat jus

Apakah anda pernah menikmati jus buah naga? Tentunya pernah bukan. Dengan tingkat kemanisan buah naga yang tinggi, maka buah yang satu ini sangat cocok dijadikan jus. Sehingga cara mengkonsumsi buah naga selanjutnya yaitu dengan membuat jus.

Sama dalam mengupasnya yaitu dengan dibelah kemudian dipisahkan dari kulitnya, kemudian diblender. Anda bisa juga dengan menambahkan jual madu asli atau gula agar rasanya lebih manis.


Efek Samping Buah Naga

Jika anda mengkonsumsi buah naga secara benar, maka efek samping buah naga tidak ada. Biasanya efek samping buah naga akan muncul jika anda mengkonsumsi buah naga dalam jumlah yang banyak.

Dengan demikian, untuk mencegah terjadinya efek samping buah naga, maka sebaiknya konsumsi buah naga dalam jumlah yang wajar, misalnya seminggu 3 kali. Beberapa kemungkinan efek samping buah naga yang akan dialami yaitu:

  • Perut menjadi kembung

Efek samping buah naga yang pertama yaitu perut akan merasa kembung, hal ini karena kandungan mineral pada buah naga sangat banyak. Kandungan mineral dalam buah naga memang sangat baik untuk kesehatan, namun ketika tubuh anda memiliki jumlah mineral yang sangat banyak, maka akan membuat perut menjadi kembung.

  • Pusing

Pusing setelah makan buah naga ini disebabkan karena anda terlalu banyak mengonsumsi buah naga. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan senyawa-senyawa yang bermanfaat untuk tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat anda menjadi pusing.

  • Diare

Mencret setelah makan buah naga mungkin akan dialami pada bayi, sebab organ pencernaan bayi masih belum stabil. Sehingga jika anda ingin mendapatkan manfaat buah naga merah untuk bayi, maka sebaiknya berikan buah naga pada anak secukupnya, misalnya setengah gelas dengan aturan tidak kali dalam seminggu.

  • Bagi ibu hamil

Sama halnya untuk memperoleh manfaat buah naga untuk bayi, khasiat buah naga untuk ibu hamil juga bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi buah naga dengan jumlah yang benar. Sebab Efek samping buah naga untuk ibu hamil salah satunya adalah akan timbul keluhan mencret setelah makan buah naga.

  • Warna bab dan kencing berubah

Di dalam buah naga terdapat kandungan yang akan merubah pigmentasi cairan dalam tubuh. Beberapa keluhan efek samping buah naga yang akan timbul yaitu:

  1. Makan buah naga kencing jadi merah
  2. Makan buah naga BAB jadi merah
  3. Makan buah naga BAB jadi hitam
Meskipun bab dan kencing anda akan berubah setelah mengkonsumsi buah naga, namun kondisi tersebut tidak berbahaya. Sebab salah satu kandungan di dalam buah naga memang mempengaruhi cairan yang akan dikeluarkan oleh tubuh

Sekali lagi, efek samping buah naga ini hanya akan terjadi bila anda mengkonsumsi secara berlebihan. Tentunya anda paham bukan, sesuatu yang berlebihan memang tak baik. Sehingga aturan makan buah naga adalah dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, misalnya 3 kali dalam seminggu. Hal ini agar anda bisa mendapatkan manfaat buah naga yang baik untuk tubuh.

baca juga