Apa saja Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan? Yuk simak

Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan cara pengolahannya. Anda mempunyai masalah kesehatan (diabetes, kanker, asam urat dll) atau juga masalah kecantikan wajah? pernah berobat tetapi tak kunjung sembuh? sepertinya Anda perlu membaca artikel ini sampai habis.

Tidak semua orang mengetahui manfaat daun kelor, sebagian orang beranggapan pantang untuk mengkonsumsi daun kelor. Padahal, harus anda ketahui bahwa daun kelor memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan daun kelor memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagi jenis penyakit.

manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan

Daun kelor juga bisa dijadikan teh, dan manfaat teh daun kelor juga sangat banyak. Hal tersebut karena di dalam teh daun kelor terkandung polyphenol tinggi, yang bermanfaat sebagai anti oksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mendetoksifikasi tubuh dari serangan bakteri, virus dan racun.

Bahkan dengan manfaat air rebusan akar kelor telah diakui oleh para ilmuan, dimana ilmuan menyebutkan daun kelor sebagai tanaman ajaib “the miracle three”. Lalu apa yang membuat khasiat daun kelor sangat banyak? Hal ini karena terdapat banyak kandungan di dalam daun kelor yang sangat berguna bagi tubuh.

Moringa oleifera atau tanaman kelor merupakan tumbuhan yang masuk dalam suku Moringaceae dimana biasanya mempunyai tinggi 1 hingga 11 meter, serta memiliki bunga yang berwarna putih kekuningan. 

Aroma bunga tanaman kelor sendiri berbagai semerbak, serta mempunyai buah yang berbentuk segitiga memanjang yang biasa disebut dengan kelentang.

Sebuah penelitian menyatakan, bahwa tanaman kelor, baik daun, akar, kulit, batang, buah hingga bijinya memiliki manfaat. Bahkan penduduk Somalia dan Ethiopia telah menggunakan tanaman kelor sebagai sayuran serta mempercayai bahwa tanaman kelor memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Bahkan hasil pengolahan tanaman kelor telah diperjualbelikan hingga ke beberapa negara di sekitarnya.

WHO sendiri telah menganjurkan agar bayi dan anak-anak mengonsumsi daun kelor untuk menunjang pertumbuhan, hal ini karena khasiat daun kelor, salah satunya adalah untuk mencegah gizi buruk serta menjaga kekebalan tubuh pada anak.

Sebuah penelitian menghasilkan bawa daun kelor memiliki kandungan berbagai jenis asam amino yang sangat berguna bagi tubuh, apalagi pada daun kelor yang telah dikeringkan dan menjadi bubuk  maka kandungan konsentratnya akan lebih tinggi.

Selain itu, beberapa studi juga menunjukkan bawa kandungan daun kelor salah satunya adalah zat besi yang akan membantu untuk menguatkan badan, dimana dengan meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imunitas tubuh. Sehingga jika secara rutin mengonsumsi olahan daun kelor akan terhindar dari penyakit.

Pakar penelitian juga menyebutkan, bahwa manfaat daun kelor lebih besar jika diolah dengan cara dibuat menjadi bubuk, dari pada dikonsumsi secara langsung dengan menggunakannya sebagai sayuran. Namun meskipun begitu, khasiat daun kelor tetap bisa anda rasakan, dengan berbagai cara mengolah daun kelor.

Beberapa hal penting yang harus anda pahami dari nutrisi daun kelor yaitu:

  • Daun kelor memiliki kandungan potasium ,3 kali lipat lebih banyak dari pisang
  • Mmemiliki kandungan kalium, 4 kali lipat lebih banyak dari susu
  • Vitamin C, 7 kali lipat lebih banyak dari jeruk
  • Daun kelormengandung vitamin A, 4 kali lipat lebih banyak dari wortel, serta kandungan protein 2 kali lipat lebih banyak dari susu

Dengan berbagai kandungan yang dimiliki oleh daun kelor, maka tumbuhan ini memiliki banyak manfaat, baik manfaat daun kelor bagi kecantikan  ataupun untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun kelor yaitu:

Manfaat daun kelor bagi kecantikan

Tak hanya manfaat daun kelor untuk kesehatan saja, daun kelor juga bisa dimanfaatkan pada kecantikan. Salah satu manfaat daun kelor bagi kecantikan adalah untuk menutrisi rambut anda, dimana jika anda menggunakan shampoo daun kelor ketika keramas, maka rambut anda akan kuat, lebat, lembut dan mengkilap.

Bahkan ketombe pada kulit kepala anda akan hilang. Bagi anak-anak yang memiliki kutu, manfaat daun ekor untuk kecantikan juga bisa untuk menghilangkan kutu pada rambut. Sehingga rambut anda akan menjadi sehat dan kuat.

Selain itu daun kelor juga bisa menunjang program diet anda, sebab manfaat daun kelor untuk diet adalah membentuk berat badan yang ideal dengan mengatasi obesitas. Manfaat teh daun kelor adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, dimana cara kerjanya adalah dengan merangsang metabolisme untuk melakukan pembakaran kalori dalam tubuh. Hal ini juga karena teh daun kelor mudah diserap oleh usus.

Tak hanya itu, daun kelor juga bisa dimanfaatkan untuk membuat wajah anda menjadi cantik dan putih, khasiat daun kelor untuk wajah yaitu untuk:

  • Menghilangkan jerawat
  • Menghilangkan komedo
  • Menghilangkan noda hitam pada wajah
  • Memutihkan dan mencerahkan wajah
  • Menghilangkan bekas jerawat
  • Mengatasi masalah wajah berminyak

Khasiat daun kelor untuk wajah ini bisa anda dapatkan, sebab di dalam daun kelor terdapat kandungan anti oksidan serta antibiotik yang akan mengangkat sel kulit mati serta membantu meregenerasi sel baru. Sehingga segala permasalahan dalam wajah akan diatasi dengan mudah.

Cara mengolah daun kelor untuk mendapatkan khasiat daun kelor untuk wajah yaitu:

  1. Siapkan beberapa lembar daun kelor
  2. Keringkan daun kelor tersebut
  3. Setelah kering tumbuh hingga halus menjadi bubuk
  4. Larutkan bubuk daun kelor menggunakan air hingga menjadi pasta
  5. Kemudian oleskan masker daun kelor pada wajah secara merata
  6. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat hingga bersih.

Khasiat daun kelor untuk wajah ini bisa anda dapatkan jika anda menggunakan nya secara rutin, yaitu 3 kali dalam seminggu. Dari manfaat daun kelor untuk wajah tersebut, pastinya anda akan bertanya apa efek samping daun kelor untuk wajah?

Sebenarnya efek samping daun kelor untuk wajah hampir tidak ada, sebab daun kelor mengandung nutrisi yang sangat baik untuk wajah. Apalagi daun kelor yang telah dikeringkan dan dibuat menjadi bubuk, memiliki konsentrat yang cukup tinggi.

Untuk mengantisipasi terjadinya efek samping daun kelor untuk wajah, maka sebaiknya anda mencoba terlebih dahulu. Misalnya anda mencoba masker daun kelor pada sedikit bagian wajah anda, jika dirasa tidak memberikan efek yang buruk maka anda bisa melanjutkan penggunaannya.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Cara mengolah daun kelor sangat mudah, bahkan anda bisa membuatnya sendiri. di Indonesia, daun kelor telah dipercaya sebagai penunjang kesehatan. Contohnya ketika ibu menyusui, banyak orang tua yang menyarankan agar ibu menyusui mengonsumsi daun kelor untuk memperlancar ASI.

Bahkan daun kelor juga dipercaya sebagai herbal alami penyembuh penyakit, manfaat daun kelor untuk kesehatan yaitu:

Manfaat daun kelor untuk diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh gagalnya fungsi pankreas, dimana fungsi pankreas adalah untuk mengatur gula dalam darah. Sehingga bila pankreas terganggu, maka kadar gula dalam darah akan menumpuk.

Perlu anda ketahui, bila di dalam tubuh anda terdapat kadar gula darah yang tak normal atau tinggi, maka bisa menyebabkan kegagalan fungsi tubuh. Yaitu dengan mengganggu sistem metabolisme tubuh, yang akan menyebabkan muncul banyak gejala diabetes.

Apabila gejala diabetes tidak ditangani sejak dini maka akan berada pada kondisi yang parah. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa mengharuskan penderita untuk melakukan cuci darah secara rutin.

Untuk mengatasi masalah diabetes anda, maka anda bisa gunakan manfaat daun kleor untuk diabetes. Banyak pengobatan alternatif diabetes yang menggunakan daun kelor sebagai herbal diabetes.

Cara mengolah daun kelor untuk diabetes yaitu dengan:

  • Siapkan daun kelor 10 hingga 15 lembar
  • Rebus menggunakan 3 gelas air
  • Tunggu hingga air rebusan menjadi 1 gelas
  • Minum secara rutin 3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat daun kelor untuk kanker

Daun kelor banyak dijumpai sebagai sayuran, perlu anda ketahui bahwa terdapat khasiat daun kelor untuk kesehatan, dan salah satunya adalah manfaat daun kelor untuk kanker. Daun kelor dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif kanker, karena beberapa kandungan daun kelor seperti berbagai jenis vitamin, zat anti oksidan, mikro dan makro mineral serta puluhan nutrisi lainnya.

Penyakit kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya, bahkan bisa disebut sebagai penyakit yang mematikan. Bila anda memiliki masalah penyakit kanker, maka anda bisa menggunakan manfaat daun kelor untuk kanker. Daun kelor ini bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker servis, kanker hati serta berbagai jenis kanker lainnya.

Cara mengolah daun kelor untuk kanker tentunya sangat mudah, yaitu dengan:

  • Siapkan 2 ikat daun kelor yang telah dibersihkan
  • Kemudian rebus dengan menggunakan air secukupnya
  • Tunggu hingga air rebusan menjadi setengahnya
  • Kemudian angkat dan minum secara rutin

Bagian tanaman daun kelor tentunya memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, bahkan manfaat air rebusan akar kelor juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker

Khasiat daun kelor untuk asam urat

Ketika anda menderita asam urat tentunya harus segera diatasi, sebab jika asam urat dibiarkan saja, maka bukan hanya rasa nyeri yang akan anda rasakan, namun jika terdapat banyak kristal asam urat pada persendian anda, maka akan menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan.

Cara mengatasi asam urat yang bisa anda lakukan yaitu dengan daun kelor. Manfaat daun kelor untuk asam urat adalah dengan menghilangkan rasa nyeri serta penyebab asam urat. Cara mengolah daun kelor untuk asam urat yaitu:

  1. Siapkan 1 ikat daun kelor
  2. Keringkan daun kelor tersebut
  3. Kemudian tumbuk hingga halus menjadi bubuk
  4. Bubuk daun kelor tersebut bisa anda konsumsi dengan mencampurkannya pada makanan atau minuman

Selain diminum air rebusannya, daun kelor juga bisa dijadikan teh. Cara membuat teh daun kelor yaitu dengan merebus daun kelor selama 1 menit. Kemudian saring ampasnya, kemudian simpan ampas tersebut pada toples. Anda bisa menggunakan teh daun kelor tersebut dengan cara diseduh.

dengan berbagai manfaat dari daun kelor, tentunya anda akan bertanya apa efek samping daun kelor? Sebenarnya efek samping daun kelor hampir tidak ada, namun bisa terjadi jika anda mengonsumsi secara berlebihan. Aturan minum daun kelor yaitu diminum 3 kali dalam seminggu.

Anda bisa merasakan khasiat minum daun kelor bila menjalankan aturan minum daun kelor sesuai dengan yang dianjurkan. Efek samping daun kelor yang biasanya akan terjadi yaitu perut kembung mual, dan diare. Namun sekali lagi, efek samping daun kelor hanya terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Lalu apa efek samping daun kelor untuk ibu hamil? Di dalam akar kelor terdapat senyawa aktif yang dikhawatirkan bisa menyebabkan keguguran. Sehingga sebaiknya ibu hamil jangan mengkonsumsi akar atau daun kelor.

Namun belum ada yang bisa membuktikan bahwa efek samping biji kelor atau daun dan akarnya dapat menyebabkan keguguran. Agar lebih memastikan, maka anda bisa konsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsi daun kelor.

Dengan berbagai manfaat dan kekurangan daun kelor ini bias anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika dirasa bahwa maka jangan konsumsi daun kelor, namun jika dirasa aman maka anda bisa menggunakannya. Lebih baik penggunaan daun kelor sesuai dengan anjuran dokter.