Inilah Sejuta Manfaat Daun Sirih yang Belum Banyak Diketahui

Siapa yang tak kenal daun sirih, tanaman ini banyak dijumpai di sekitar rumah, berikut kita bahas manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari daun sirih.

Bagi masyarakat Indonesia, daun sirih memang merupakan daun yang cukup akrab dengan beberapa prosesi budaya, dikarenakan sering dimasukkan di dalamnya.

Namun, tak hanya sampai disitu saja, daun sirih juga merupakan bahan alami yang banyak sekali khasiatnya, meskipun masih banyak orang juga yang belum mengetahuinya. Cara yang paling sering digunakan untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini ialah direbus, meskipun masih ada juga cara yang lainnya.

Jika daun sirih yang sering anda temui selama ini berwarna hijau, namun ternyata ada juga jenis daun sirih lainnya yakni berwarna merah. Nah, agar anda bisa lebih tahu mengenai manfaat daun sirih dan bagaimana cara memanfaatkannya, berikut beberapa manfaat daun sirih yang harus anda ketahui


Untuk Kewanitaan

daun sirih untuk kewanitaan

Daun sirih juga merupakan bahan alami yang sangat erat kaitannya untuk kewanitaan. Sudah ada banyak wanita yang menggunakan daun sirih ini untuk menjaga kewanitaan mereka. Dan beberapa manfaat daun sirih untuk wanita ialah sebagai berikut

  1. Bisa Mengobati Keputihan

Bagi wanita, keputihan memang menjadi masalah yang cukup umum, namun masih saja tetap mengganggu, terlebih jika keputihan tersebut bukan merupakan keputihan yang normal. Minum rebusan daun sirih untuk keputihan memang sangat baik dan sudah terbukti sangat membantu. Daun sirih obat keputihan memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jika ingin mendapatkan manfaat daun sirih untuk keputihan, anda harus menyiapkan beberapa bahan tambahan terlebih dahulu, yakni bangle sebanak satu ruas, kunyit sebanyak satu ruas, kulit batang krangean 1 jari, air sebanyak 2 liter dan tentu saja daun sirih sebanyak 10 helai.

Setelah kunyit dan bangle dipotong, cuci bersih seluruh bahan yang sudah disebutkan tadi, dan rebuslah dengan air. Setelah mendidih dan airnya berkurang sedikit, saring air dari bahan-bahan tersebut. terakhir, anda hanya perlu mengoleskannya pada organ kewanitaan anda.

  1. Menghilangkan Bau Tak Sedap

manfaat daun sirih untuk rahim wanita yang selanjutnya ialah untuk menghilangkan aromanya yang kurang sedap. Ramuan manfaat daun sirih bagi wanita ini juga tidak sulit untuk anda buat sendiri, kali ini anda tak perlu menyiapkan beberapa bahan karena memang yang dibutuhkan hanyalah daun sirih dan air.

Pertama, cuci terlebih dahulu daun sirih yang ukurannya sudah besar dan tua sebanyak 10 lembar, lalu anda tinggal merebusnya saja. Jika air yang tersisa tinggal sekitar separuh dari yang awalnya 2 gelas, maka anda sudah bisa mengangkat rebusan tersebut. kini, anda tinggal meminumnya saja.

  1. Bisa Mengobati Gatal Pada Bagian Kewanitaan

Manfaat rebusan daun sirih untuk miss V yang selanjutnya ialah untuk menghilangkan gatal. Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya ialah keadaan miss V yang terlalu lembab, kurang cocok dengan pembalut yang digunakan, jarang mengganti celana dalam dan lain sebagainya. Untuk menggunakan manfaat daun sirih bagi wanita ini, anda membutuhkan bahan tambahan berupa asam kawak dan juga air sebanyak dua gelas.

Jika seluruh bahan tersebut sudah disiapkan, anda hanya perlu mengambil daun sirih sebanyak 7 buah dan kemudian mencucinya. Jika sudah, rebuslah air dengan daun sirih dan asam kawak hingga mendidih dan kemudian dinginkan.

Bagi ramuan ini menjadi dua bagian, dimana setengah bagian untuk diminum, dan setengah bagian lagi dipakai sebagai pencuci organ kewanitaan anda. gunakan ramuan ini setiap harinya hingga organ kewanitaan anda sudah tidak terasa gatal lagi.

  1. Bisa Menghindari Haid yang Mengeluarkan Terlalu Banyak Darah

Datang bulan alias haid memang sudah menjadi hal wajib bagi wanita yang sedang tidak hamil atau sudah manopause. Namun, bagaimana jika ketika haid anda terus menerus mengeluarkan darah yang terlalu banyak? Bukan hanya bisa membuat tidak nyaman, keadaan ini juga bisa membuat anda menjadi lemas dan lain sebagainya.

Tidak perlu terlalu khawatir, anda juga bisa memakasimalkan manfaat daun sirih untuk rahim wanita. kali ini anda membutuhkan tambahan gambir sebanyak 1 potong dan kunyit sebanyak 10 gram. Daun sirih yang digunakan sendiri cukuplah 3 lembar saja.

Kini saatnya anda untuk meramu ramuan daun sirih anda, yakni dimulai dengan mencampur semua bahan tadi dan menumbuknya hingga halus. Jika sudah, peras hasil tumbukan tadi hingga mendapatkan airnya sebanyak setengah gelas. Kini anda hanya meminum air tersebut setiap kali anda merasakan sakit perut karena daerah haid yang dikeluarkan terlalu banyak.

Mengingat banyaknya manfaat daun sirih untuk rahim wanita tadi, tidak jarang juga wanita-wanita menggunakan daun sirih semaunya dan sebanyak-banyaknya. Anda harus tetap berhati-hati ketika menggunakan daun sirih, dikarenakan ada juga efek samping daun sirih bagi rahim jika anda menggunakan atau meminumnya terlalu banyak, atau dengan cara yang tidak tepat.

Beberapa efek samping daun sirih untuk kewanitaan yang bisa terjadi jika anda tidak menggunakaannya dengan tepat ialah munculnya iritasi dan lain sebagainya. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa daun sirih mengeringkan rahim jika anda menggunakannya terlalu sering.

Untuk Kesehatan

manfaat daun sirih untuk kesehatan

Daun sirih sangat berfungsi untuk mengatasi kesehatan, dari mulai obat keputihan dan terutama bagian kewanitaan, daun sirih juga bisa untuk mengatasi jerawat. Meski sangat berkhasiat, daun sirih hampir tidak mempunyai efek samping jika digunakan secara teratur. Berikut dibawah rincian Manfaat daun sirih untuk kesehatan.

  1. Bisa Untuk Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Penyakit pertama yang bisa disembuhkan dengan daun sirih ternyata ialah radang tenggorokan. Penyakit ini memang dikenal sebagai salah satu penyakit yang cukup mengganggu, karena bahkan akan mengganggu anda yang akan makan atau bahkan berbicara sekalipun.

Cara mendapatkan manfaat daun sirih yang satu ini cukup mudah, yakni dengan merebus empat hingga lima daun sirih dengan air sebanyak dua gelas. Jika air sudah tersisa hanya setengahnya saja, maka itu artinya air rebusan sudah siap untuk anda minum. Dalam satu hari, minumlah air ini sebanyak 2 hingga 3 gelas dengan rutin.
  1. Bisa Menyembuhkan Penyakit Asma

Penyakit selanjutnya yang bisa disembuhkan dengan manfaat daun sirih ialah penyakit asma. Asma merupakan penyakit yang cukup berkaitan dengan pernafasan Anda, sehingga bisa dibayangkan bagaimana menyiksanya jika penyakit ini sedang kambuh.

Untuk bisa menggunakan daun sirih, anda hanya perlu merebusnya saja. Ambil dua gelas air lalu masukan 4 hingga 5 daun sirih dan rebus hingga airnya hanya tersisa separuhnya saja. Jika sudah, anda tinggal perlu meminumnya sebanyak 2 hingga 3 gelas setiap harinya.

  1. Bisa Mengobati Batuk

Khasiat minum rebusan daun sirih yang bisa juga anda rasakan ialah mengobati batuk. Batuk memang tidak termasuk dalam penyakit yang cukup berbahaya, namun bayangkan ketika batuk anda semakin parah sedangkan anda harus bertemu dengan banyak orang, juga mengerjakan banyak pekerjaan. Akan sangat mengganggu bukan?

Oleh karena itu, anda tidak bisa meremehkan batuk dan segera mengobatinya dengan manfaat daun sirih ini. lagi-lagi, anda hanya perlu merebusnya dan meminumnya ketika rebusan itu sudah matang.

  1. Bisa Mengobati Mata

Ketika terlalu banyak berada di luar ruangan, tidak jarang mata akan terasa sakit dan juga terjadi iritasi mata. Efek daun sirih pada mata yang bisa anda rasakan ketika sedang dalam keadaan seperti ini ialah bisa membuatnya terasa enak kembali, juga menghilangkan iritasi.

Caranya ialah dengan merebus dua daun sirih dalam segelas air saja. Ketika air rebusan sudah dingin, maka anda hanya tinggal meneteskannya pada mata anda saja. manfaat daun sirih untuk mata ini akan terasa semakin cepat jika anda rajin menggunakannya.

  1. Bisa Mengobati Luka Bakar Ringan

Ketika sedang melakukan aktivitas di dapur seperti memasak, terkena api dan terjadinya luka bakar ringan memang sangat mungkin terjadi. Kabar baiknya, manfaat daun sirih yang juga bisa anda dapatkan ialah bisa mengobati luka bakar ringan seperti ini.

Caranya juga tidak sulit sama sekali, anda hanya perlu mengambil lima lembar daun sirih dan juga madu sebanyak dua sendok teh. Jika sudah, anda hanya perlu mengoleskannya pada luka sebanyak dua kali setiap harinya hingga sembuh.


Untuk Kecantikan

daun sirih untuk kecantikan

Tidak hanya untuk kewanitaan dan kesehatan, manfaat daun sirih juga bisa anda dapatkan untuk kecantikan. Masih belum banyak orang yang mengetahui fakta ini, sehingga anda yang sedang membacanya saat ini merupakan salah satu orang yang beruntung. Dan beberapa masalah kecantikan yang bisa disembuhkan oleh daun sirih ialah

  1. Jerawat

Siapa yang tidak merasa kesal jika terdapat jerawat di wajah yang selama ini dirawatnya sepenuh hati? Ternyata, manfaat daun sirih untuk jerawat juga sangat manjur, sehingga anda tak lagi perlu merasa terlalu khawatir saat ini. daun sirih bisa mengempiskan, menekan dan juga mengobati peradangan yang menyebabkan adanya jerawat.

Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu menghaluskan daun sirih saja, kemudian bisa langsung membalurkannya pada bagian wajah yang terdapat jerawat sedang meradang. Lakukan hal ini pada pagi dan juga sore hari hingga jerawat benar-benar sudah sirna dari wajah anda.

  1. Flek Hitam

Selain jerawat, flek hitam juga sering kali menjadi momok yang menyebalkan pada wajah anda. Apalagi jika semakin diperhatikan, maka flek hitam ini akan semakin jelas terlihat. Namun kini, anda tak lagi perlu bersedih karena manfaat daun sirih selanjutnya akan menghilangkan masalah ini.

Caranya ialah dengan menghaluskan dulu daun sirih dan tambahkan dengan air jeruk nipis. Jika sudah, anda hanya perlu mengaplikasikannya pada bagian wajah anda. jangan biarkan bahan ini melekat lebih dari 20 menit pada wajah anda.

  1. Komedo

Jika flek hitam sudah hilang, lalu bagaimana dengan komedo yang masih saja sering muncul di sekitaran hidung? Ya, anda juga bisa menggunakan manfaat daun sirih pada masalah komedo. Anda hanya perlu langsung membalurkan daun sirih yang sudah halus pada wajah anda yang berkomedo.

Tidak hanya akan membuang komedo yang ada saat ini, daun sirih juga bisa mencegah koedo-komedo yang akan muncul dimasa yang akan datang. Cara ini juga jauh lebih aman dibanding anda memencet komedo setiap harinya.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Masih kurang sempurna rasanya jika anda sudah memiliki kulit yang bebas merawat dan komedo namun masih belum terasa kencang ketika disentuh. Kulit wajah yang kencang juga secara otomatis akan membuat wajah anda menjadi lebih awet muda.

Anda hanya perlu merebus daun sirih, dan ketika suhunya sudah hangat kuku maka basuhlah wajah anda dengan air tersebut. lakukan cara ini dengan rutin, sehingga hasilnya akan menjadi lebih optimal.

Beberapa manfaat daun sirih yang sudah disebut dan dijelaskan tadi semoga saja bisa membantu anda yang sedang mengalami beberapa masalah.

 

Leave a Comment