Tahukah Anda Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis? Berikut Diantaranya

Seperti yang sudah anda tahu, di dunia ini ada banyak sekali bahan alami seperti jeruk nipis yang sebenarnya bisa dimaksimalkan untuk menjadi solusi atas beberapa masalah yang dialami. Misalnya saja masalah kesehatan, masalah kecantikan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, tidak jarang juga rasa malas atau rasa malas datang ketika anda ingin memanfaatkan bahan alami tersebut. Malas karena anda harus meraciknya sendiri, juga ragu apakah benar bahwa manfaat jeruk nipis yang selama ini sudah anda cari tahu dapat menjadi solusi atas masalah tersebut.

Lalu, jika anda tidak mencobanya saat ini juga, kapan anda akan tahu jawaban akan pertanyaan tersebut? Sedangkan di luar sana sudah ada banyak sekali orang yang membuktikan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan, diet dan lain sebagainya?

Nah, agar anda tidak hanya sekedar merasa ragu dan akhirnya tidak jadi menggunakan jeruk nipis, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat jeruk nipis berikut ini.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Wajah

manfaat dan efek samping jeruk nipisSeperti yang sudah disebutkan beberapa kali, jeruk nipis memang benar-benar baik untuk urusan kecantikan seseorang, bahkan juga bisa digunakan bagi pria yang memiliki beberapa masalah pada wajah mereka. Tidak hanya untuk satu masalah, namun banyak masalah yang bisa langsung diselesaikan dengan jeruk nipis. Beberapa masalah tersebut ialah

Jerawat

Masalah ini memang menjadi salah satu masalah kecantikan yang paling menyebalkan untuk orang. Namun tak perlu lagi khawatir karena manfaat jeruk nipis untuk sudah benar-benar terbukti. Cara menggunakan jeruk nipis untuk membasmi jerawat juga cukup mudah, yakni anda bisa langsung mengaplikasikan irisan jeruk nipis saja.

Namun, jika kulit anda cukup sensitif, sebaiknya campurkan jeruk nipis dengan jual madu asli, dimana anda hanya perlu menggunakan air dari perasan jeruk nipis saja. Anda cukup mencampurkan  kedua bahan tersebut dengan skala satu banding satu saja.

Kulit Kusam

Tidak hanya jerawat, kulit kusam juga sering kali menjadi masalah yang juga akan sangat mengganggu penampilan. Namun, hal ini tidak akan lagi anda rasakan jika sudah tahu bagaimana cara memaksimalkan dan cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar.

Untuk masalah satu ini, anda bisa mengoleskan atau mengonsumsi jeruk nipis. Ya, manfaat jeruk nipis untuk kulit yang satu memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa mengambil manfaat minum  jeruk nipis di pagi hari untuk kebutuhan anda yang satu ini.

Flex Hitam

Masalah kulit lain yang juga sering kali jadi menjadi masalah mengganggu ialah adanya flex hitam, terlebih jika flex hitam ini cukup banyak sehingga bisa terlihat jelas. manfaat jeruk nipis untuk kulit ini sudah tidak perlu anda ragukan lagi, karena memang sudah banyak sekali orang yang mmbuktikannya.

Namun, sebaiknya bagi anda yang memiliki masalah flek hitam ini tidak langsung mengoleskan air jeruk nipis, karena ditakutkan  akan ada efek samping jeruk nipis yang akan diterima. Untuk menggunakannya, campurkanlah sedikit air jeruk nipis dengan tepung, baru kemudian ditempelkan pada wajah anda.

Masalah Pori-Pori

Sebagian dari anda mungkin sudah ada yang tahu bahwa jeruk nipis memiliki sifat  astirigent, dimana salah satu manfaat jeruk nipis dari sifat tersebut ialah bisa untuk mengencangkan pori-pori pada wajah anda.

Hal ini dikarenakan jeruk nipis juga memiliki kemampuan untuk mengurangi proses produksi minyak di daerah wajah anda. namun, anda juga harus tahu cara mengkonsumsi jeruk nipis yang benar jika ingin mendapatkan wajah dengan pori-pori yang kencang.

Wajah Cepat Tua

Semakin kotornya udara, sinar matahari yang memiliki sinar UV dan banyaknya kegiatan yang harus dilakukan setiap hari juga sangat bisa mempengaruhi penuaan pada wajah anda. namun, anda juga bisa memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk kecantikan yang satu ini, yakni juga bisa menghambat datangnya penuaan dini.

Anda bisa langsung menggosokkan jeruk nipis pada wajah, atau bisa juga membuat masker alami terlebih dahulu dengan  jeruk nipis untuk wajah anda. jika memang ingin melakukan perawatan yang double sekalian, maka anda bisa menambahkan  madu atau bahan  alami lainnya.


Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk nipis

Jeruk nipis tentu tidak hanya memiliki manfaat untuk kecantikan  dan wajah saja, namun juga untuk kesehatan dimana biasanya lebih banyak orang yang membutuhkan manfaat tersebut. Anda bisa mendapatkan  manfaat minum air jeruk nipis di pagi hari atau manfaat minum air jeruk nipis hangat sebelum tidur jika memang rutin melakukannya.

Ya, jika untuk kecantikan tadi anda lebih banyak langsung mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah atau kulit, kali ini sepertinya anda akan lebih banyak mengkonsumsinya, baik secara langsung atau dijadikan beberapa minuman terlebih dahulu.

Dan tujuh manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu anda tahu ialah

Untuk Diabetes

Penyakit satu ini memang sudah cukup sering ditemukan, terlebih bagi orang Indonesia yang sebagian besar masih belum terlalu peduli dengan keadaan gula di dalam tubuh mereka. Kabar baiknya, menurut American Diabetes Associatin, jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang paling super untuk diabetes.

Kandungan serat baik yang cukup tinggi pada jeruk nipis akan sangat membantu dalam mengatur tubuh dalam urusan penyerapan makanan. Ya, tidak disangka bukan bahwa manfaat jeruk nipis bisa sedahsyat ini?

Namun meskipun begitu, ada baiknya anda tidak langsung boleh mengkonsumsi jeruk nipis sebanyak-banyaknya setiap hari, dikarenakan efek samping jeruk nipis untuk lambung juga cukup mungkin terjadi.

Untuk Pencernaan

Sadarkah anda bahwa jeruk nipis mempunyai aroma yang bisa membuat mulut anda menghasilkan air liur lebih banyak? Ternyata, hal ini juga memberikan manfaat jeruk nipis yang lainnya, yakni untuk pencernaan anda.

Asam alami yang ada pada jeruk nipis tadi akan memecah molekul makro yang ada pada makanan, dimana pada akhirnya akan sangat membantu pencernaan dalam tubuh anda. jika memang memiliki masalah dengan pencernaan hingga harus membeli obat  pencahar dan  lain sebagainya, mulai saat ini tidak ada salahnya untuk rajin mengonsumsi jeruk nipis.

Penyakit Jantung

manfaat jeruk nipis yang ketiga ini masih berhubungan dengan manfaat pertama tadi, dimana serat larut yang sama yang bisa membantu orang dengan masalah diabetes, juga tentunya akan membantu menjaga kadar gula yang ada pada darah.

Nah, dengan itu maka tekanan darah juga akan menjadi rendah dan menghilangkan kolesterol buruk yang bisa muncul di dalam tubuh.  Lalu, serat ini akan membuang kemungkinan peradangan pada darah sehingga bisa mencegah terjadinya gangguan pada jantung seperti serangan jantung dan lain sebagainya.

Mengurangi Demam

Demam memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sudah cukup sering terjadi, sehingga biasanya orang yang mengalami demam tidak langsung dibawa ke rumah sakit, melainkan dirawat di rumah terlebih dahulu. Kabar baiknya, ternyata manfaat jeruk nipis lainnya juga bisa menjadi solusi untuk demam ini.

Jika memang demamnya sudah terasa cukup  tinggi, ada baiknya untuk memberikan air jeruk nipis atau lemon pada orang yang sedang sakit tersebut. hal ini biasanya cukup efektif untuk bisa membuat demam lebih cepat turun. manfaat jeruk nipis yang satu ini bisa didapatkan karena konsentrasi vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis yang bisa menurunkan suhu tubuh secara alami.

Radang Sendi

Sepertinya sudah banyak orang yang mengetahui bahwa salah satu penyebab utama datangnya radang sendi ialah asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Sebenarnya, asam urat merupakan salah satu limbah kencing yang normalnya  akan membersihkan tubuh. Namun jika terlalu banyak, malah bisa menimbulkan masalah seperti ini.

Namun, anda juga bisa memaksimalkan manfaat jeruk nipis yang satu ini, dimana jeruk nipis bisa berperan sebagai pelarut, sehingga jumlah eliminasi pada urine juga akan meningkat.

Anti Kanker

Siapa yang menyangka bahwa manfaat jeruk nipis selanjutnya ialah bisa berperan sebagai anti kanker. Kandungan flavonoid pada jeruk nipislah yang bisa memunculkan peran penting yang satu ini.

Jaringan tersebut akan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel yang juga sangat mungkin berupa sel kanker. Nah, ini juga membuktikan bahwa manfaat minum air jeruk nipis hangat sebelum tidur atau manfaat minum air jeruk nipis di pagi hari benar-benar baik dan terbukti pada tubuh.

Untuk Diet

Sudah ada banyak sekali orang yang memaksimalkan manfaat jeruk nipis untuk diet dikarenakan kandungan asamnya. Anda bisa mengonsumsi air jeruk nipis untuk diet ini pada pagi hari ataupun waktu lainnya.


Efek Samping Jeruk Nipis

Selain memiliki manfaat yang sedemikian banyaknya, anda juga perlu waspada dengan efek samping jeruk nipis. Efek samping ini akan muncul jika anda terlalu sering mengonsumsinya, atau tidak tahu cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar.

Dan beberapa efek  samping jeruk nipis ialah

Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Diet

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis memang membuktikan bahwa salah satu manfaat jeruk nipis yang paling mungkin ialah untuk diet. Namun, jika terlalu sering mengonsumsinya, anda akan sangat sering ke kamar mandi, juga bisa membuat anda menjadi lemas.

Meskipun anda memiliki impian yang besar untuk memiliki tubuh langsing, akan terasa kurang bijaksana rasanya jika anda harus membahayakan diri anda dengan terlalu memaksakan mengonsumsi jeruk nipis setiap harinya.

Efek Samping Jeruk Nipis Pada Wajah

Tidak sedikit orang yang sudah membuktikan manfaat jeruk nipis pada wajah mereka, sehingga orang yang mengetahuinya tak jarang ingin mendapatkan hasil sama sehingga akan langsung menggunakan jeruk nipis membabi buta.

Namun, jika terlalu sering, efek samping jeruk nipis pada wajah yang akan timbul berupa wajah akan terasa panas hingga seperti terbakar, sehingga anda harus benar-benar berhati-hati.

Efek Jeruk Nipis Bagi Lambung

Jika terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan atau kecantikan pun ternyata bisa memberikan masalah pada lambung anda, apalagi yang sudah pernah memiliki masalah dengan asam lambung tinggi.

Ini artinya, anda yang memiliki sakit maag juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jeruk nipis terlalu sering. Jika memang ingin meminum air jeruk nipis sekali-kali, maka pastikan anda sudah makan nasi terlebih dahulu sebelumnya.


Nah, dari manfaat jeruk nipis untuk kecantikan, kesehatan hingga efek sampingnya tadi, diharapkan anda lebih bisa bijaksana ketika akan mengonsumsi atau menggunakan jeruk nipis untuk tujuan tertentu. Memahami bagaimana cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar merupakan cara paling baik untuk tubuh anda sendiri.