Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah dan Cara Menggunakannya

Manfaat madu untuk kecantikan wajah dan cara menggunakannya – madu dapat kamu dapatkan di toko toko terdekat dari rumahmu. Atau kalau ingin mendapatkan manfaat madu lebih banyak dan mendapatkan lebih mudah, juga tentunya yang lebih murah kamu bisa belajar bagaimana beternak lebah madu, ini kalau kamu mau sekalian jualan madu. huhehe

Diantara hasil ternak lebah madu adalah pertama madu itu sendiri kemudian propolis, lilin lebah, pollen / tepung sari dan juga royal jelly. Semua yang dihasilkan dari ternak lebah madu sangat bermanfaat, nantinya akan kita bahas satu satu. Untuk sekarang kita akan fokus pada bab manfaat madu untuk wajah.

manfaat-madu-dalam surah An Nahl 69
manfaat-madu-dalam surah An Nahl 69

Sejak ratusan tahun lalu madu telah digunakan dalam bidang kesehatan, juga pengobatan tradisional juga alami. Selain itu madu juga bermanfaat untuk kecantikan. Dalam surah An Nahl ayat 69 Allah subhanahuwata’ala berfirman :

“….Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang berfikir”.

Di dalam madu terkandung fruktosa, glukosa, sukrosa, maltosa, air dan lainnya. Kamu bisa membiasakan hidup sehat dengan setiap pagi meminum madu yang telah dicampur dengan air hangat untuk menjaga kesehatan. Berikut ini manfaat dan khasiat dari madu


Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Wajah

Bagi wanita yang selalu ingin tampil cantik pastikan kamu mengetahui manfaat madu untuk kecantikan wajah. Karena madu merupakan salah satu bahan alami yang didalamnya terkandung banyak nutrisi bermanfaat untuk kulit. Berikut dibawah ini penjabaran lebih lengkapnya

Madu melindungi kulit wajah

manfaat madu untuk wajah
manfaat madu untuk wajah via tina-apriani.blogspot.com

Hampir semuanya tahu, manfaat madu yang cukup banyak diketahui orang yaitu untuk melindungi kulit. Kandungan antioksidan, anti mikroba dan juga anti-jamur pada madu dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dari bintik merah, infeksi kulit sampai menyembuhkan luka. tentunya juga melindungi kulit wajah dari penyebab hal hal tersebut

Madu mencegah penuaan pada kulit wajah

anti-aging-manfaat-madu-untuk-wajah
anti-aging-manfaat-madu-untuk-wajah via shopify.com

Tanda-tanda munculnya penuaan pada kulit wajah bisa dikurangi dengan menggunakan madu. Dengan memakai madu secara rutin kulit akan terlihat lebih muda karena juga bisa menjadi penangkal radikal bebas. madu juga bisa dijadikan toner dengan mencampurkan beberapa bahan alami lain.

Caranya dengan mencampurkan 2 sdt lemon, 2 sdt madu dan dicampur dengan dengan air secukupnya. kemudian masukkan ke dalam botol, kocok hingga merata dan kamu sudah bisa menggunakannya sebagai toner sebagaimana pada umumnya.

Madu melembabkan kulit wajah

melembabkan-kulit-manfaat-madu-untuk-wajah-
madu untuk melembabkan kulit via kapanlagi.com

Untuk membuat kulit menjadi lebih lembut kamu bisa menggunakan madu secara teratur untuk melembutkan kulit ataupun rambut saat keadaan kering sekalipun. Kamu bisa menambahkan bahan alami lain sebagai campuran.

Kamu bisa mencampurkan 2 sdm susu dan 2 sdm madu, setelah tercampur rata kemudian oleskan pada wajah. biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. cara ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai kulit wajah kering dan kusam.

Madu membersihkan kulit wajah

membersihkan-kulit-wajah-menggunakan-madu
membersihkan-kulit-wajah-menggunakan-madu via seribuhijabers.blogspot.co.id

Setelah seharian beraktifitas di luar ruangan akan membuat wajah terkena debu dan polusi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Oleh karenanya sebaiknya bersihkan wajah secara rutin. Dalam hal ini madu juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit.

Kandungan enzim yang terdapat didalamnya, campuran air dan madu dapat menghasilkan antiseptik yang lembut dan bisa membersihkan kulit. Caranya yakni dengan menyiapkan madu, putih telur, dan gliserin. Campurkan bahan tersebut dengan takaran 1 sendok makan. Setelah tercampur dengan rata oleskan pada wajahmu. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Untuk gliserin bisa dibeli di apotek.

Madu menyembuhkan luka pada kulit wajah

madu-untuk-wajah-memar
madu-untuk-wajah-memar via static.pourfemme.it

Tidak diragukan lagi banyaknya kandungan nutrisi pada madu. Madu juga efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Caranya yaitu sediakan madu alami secukupnya, bersihkan terlebih dahulu area luka, kemudian oleskan madu tadi dengan merata. Diamkan sampai meresap dan kering. Terakhir bilas memakai air dingin sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa mengkombinasikan dengan lidah buaya.

Madu memelihara kecantikan kulit wajah

manfaat-madu-untuk memelihara kesehatan kulit wajah
manfaat-madu-untuk memelihara kesehatan kulit wajah via beekeepersandiegoca.com

Selain menggunakan pada kulit secara langsung. Kamu juga bisa meminum madu secara rutin. Madu memiliki kandungan potasium, magnesium dan kalsium yang dapat membantu untuk meregenerasi sel kulit sehingga akan nampak sehat dan terawat.

Madu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

madu-untuk-mengobati-jerawat-di-wajah-1
madu-untuk-mengobati-jerawat-di-wajah-via 2.bp.blogspot.com/

Dengan menggunkan masker madu, ternyata dapat juga dijadikan sebagai penghilang jerawat. Jadi kamu tak perlu kesal lagi dengan jerawat yang ada. Juga tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli obat lainnya. Kandungan anti-bakteri pada madu yang membuat jerawat dapat terangkat. Untuk penggunaan kamu bisa mengoleskan madu ke jerawat secara langsung.

Cara lain yakni dengan mencampurkan satu sendok makan madu murni, satu sendok makan air jeruk nipis dan satu sendok teh air hangat. Setelah tercampur data tinggal mengoleskannya ke seluruh area jerawat maupun ke seluruh wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilaslah dengan air hangat.


Ada banyak cara untuk merawat kecantikan wajah kamu. Menggunakan madu adalah salah satu dari cara efektif, alami dan pasti tidak perlu mahal. Terima kasih semoga bermanfaat. Jangan lupa share yak 🙂

1 thought on “Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah dan Cara Menggunakannya

  1. Madu ini memang banyak skali kasiatnya, selain bagus untuk pencernaan, antioksidan-nya juga sangat tinggi untuk menunda penuaan. Terima kasih untuk sharingnya

Leave a Comment