penyemprotan pupuk cair

Cara Membuat Pupuk Organik Cair Lengkap

Cara membuat pupuk organik cair – Pupuk organik cair selain dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, juga membantu meningkatkan produksi tanaman,  mengurangi penggunanann pupuk anorganik dan sebagai alternatif pengganti pupuk kandang.

Pupuk organik cair juga sebagai pelengkap jika anda menggunakan pupuk organik padat. Karena pupuk organik cair inilah yang akan melengkapi unsur mikro bagi pertumbuhan tanaman, terutama menjelang tanaman panen/berbuah. Dan sebagai catatan pupuk organik cair ini sebagai pelengkap saja, guna mengoptimalkan hasil ketika dikombinasikan dengan pupuk organik padat.

Manfaat pupuk organik cair

tunas tulip siap dipupuk tunas tulip siap dipupuk via pixabay.com

Sebelum dibahas lebih lanjut, berikut kegunaan dan mafaat pupuk organik cair (Nur Fitri, Erlina Ambarwati, dan Nasih Widya, 2007) :

  1. Dapat mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintil akar pada tanaman leguminosae sehingga meningkatkan kemampuan fotosintesis tanaman dan penyerapan nitrogen dari udara
  2. Dapat meningkatkan vigor tanaman sehingga tanaman menjadi kokoh dan kuat, meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan, cekaman cuaca dan serangan patogen penyebab penyakit.
  3. Merangsang pertumbuhan cabang produksi.
  4. Meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah, serta
  5. Mengurangi gugurnya daun, bunga dan bakal buah.

Pupuk organik cair sangat baik jika langsung disemprotkan pada batang, daun, bunga dan buah. Ini berbeda dengan pupuk organik padat yang ditaruh dalam tanah secara langsung. Pupuk organik cair juga sebagai alternatif dari mahalnya berbagai pupuk kimia. Tanaman sayuran yang menggunakan pupuk organik cair sangat sehat untuk dikonsumsi, berbeda dengan penggunaan pupuk kimia.

Harga pupuk organik cair berkisar antara 15.000 sampai 40.000 per liternya. Tentunya biaya itu bisa kita hemat dengan cara membuat sendiri pupuk organik cair. Disini akan kita jabarkan dengan lengkap cara membuat pupuk organik cair dengan sederhana dan biaya murah serta kualitas lebih baik.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

alat dan bahan pembuatan pupuk cair
alat dan bahan pembuatan pupuk cair via skapuganotg.blogspot.com
  1. Limbah rumah tangga sebagai nitrogen semisal sayuran basi, sisa nasi, parutan kelapa, buah busuk dan segala macam limbah rumah tangga organik lainnya
  2. Gedebog/batang pisang yang sudah berbuah daripada teronggok menjadi sampah, lebih baik digunakan untuk bahan membuat pupuk organik cair.
  3. Kotoran hewan ternak (kambing, sapi, ayam dll)
  4. Urine hewan, bekas air cucian beras, air cucian ikan, gula pasir/gula merah, tetesan tebu, dan tambahkan air secukupnya nantinya
  5. Sabut kelapa tanpa kulit, bubuk kayu gergajian
  6. Dekomposer (mikroba pengurai) atau starter SOT, EM4 dll

Sedangkan untuk alat yang dibutuhkan hanyalah ember, pisau potong, jerigen plastik dan kayu untuk mengaduk. Wadah yang berupa ember atau tong plastik diharuskan mempunyai tutup yang kuat. Dalam pembuatan pupuk organik cair alat yang digunakan usahakan terbuat dari plastik karena plastik tidak merubah serta mengurangi kualitas bahan yang sudah terfermentasi didalamnya. Dan perlu diingat jangan menggunakan bahan dari besi yang mudah berkarat, ini akan mengurangi kualitas pupuk organik cair yang kita buat nantinya.

Pencucian bahan

membersihkan bahan
membersihkan bahan via fuelcity.blogspot.com

Sebelum memulai langkah selanjutnya adalah mencuci bahan yang telah kita kumpulkan. Perlu dicuci agar terhindar dari tercampurnya bahan-bahan utama dengan zat berbahaya yang ada dalam limbah rumah tangga tadi karena dapat mengambat proses fermentasi. Gunakan air bersih untuk membersihkannya. Bersihkan dari besi berkarat dan sejenisnya.

Pencincangan dan pencampuran bahan

pelepah pisang debog
pelepah pisang yang telah dicincang via bundaberkebun.blogspot.com

Setelah semua bahan selesai dibersihkan. Langkah berikutnya adalah kita mencincang bahan yang sudah kita cuci. Tujuan agar proses fermentasi berlangsung sempurna. Dalam mencincang bahannya usahakan jangan terlalu besar, semakin kecil cincangan maka proses fermentasi akan berjalan lebih sempurna.

Proses pembuatan pupuk organik cair

cara mudah membuat pupuk organik cair
cara mudah membuat pupuk organik cair via ahmadstip.wordpress.com

Langkah selanjutnya adalah inti dari semuanya, proses pembuatan pupuk organik cair cukup sederhana. Tak perlu repot.

Berikut cara membuat pupuk organik cair.

  1. Larutkan bioaktivator seperti EM4 sebagai mikroba kedalam air secukupnya. Tambahkan pemanis alami gula merah, gula pasir, atau air tebu. Diamkan minimal 20 menit untuk membangkitkan mikroba.
  2. Masukkan kotoran ternak segar kedalam tong/ember plastik
  3. Masukkan bahan bahan yang sudah kita cincang tadi dan campurkan ratakan kedalam tong/ember
  4. Masukkan semua bahan – bahan padat lainnya dan campur rata.
  5. Tuangkan larutan bioaktivator yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kalau perlu tambahkan terasi untuk lebih mempercepat proses pengurain pupuk organik cair.
  6. Masukkan air kencing, air cucian beras, air rendaman ikan dan bahan cair lainya kedalam ember bekas, aduk hingga merata
  7. Tambahkan air secukupnya, perbandingan air adalah 35 persen cair dan 65 persen padat. Aduk perlahan menggunakan tongkat kayu.

Setelah semua langkah diatas selesai. Tutup tong plastik dengan rapat lalu masukkan selang lewat tutup tong yang telah diberi lubang. Rekatkan tempat selang dengan tutup tong plastik sehingga tidak ada celah udara. Biarkan ujung selang yang lain masuk kedalam botol yang telah diberi air. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

pembuatan pupuk kompos
pembuatan pupuk kompos via ragambudidaya.blogspot.com

Pastikan tidak ada lubang sekecil apapun dalam tong dan selang yang mengarah ke botol. Karena reaksinya akan berlangsung secara anaerob. Fungsi selang untuk menyetabilkan suhu adonan pupuk organik cair yang kita buat dengan membuangnya lewat ujung butol yang diberi air tanpa harus ada udara luar yang bisa masu kedalam tong plastik.

Diamkan selama kurang lebih 10 hari, setelah 10 hari lihat apakah pupuk organik cairnya sudah matang, jika ternyata belum matang tutup kembali dengan rapat. Tanda kalau sudah matang adalah apabila bau dari pupuk menyerupai aroma fermentasi tape.

ember tempat membuat pupuk organik cair
ember tempat membuat pupuk organik cair via gresik.co

Sebenarnya tidak ada waktu yang baku berapa lama proses fermentasi menjadi pupuk organik, namun jika lebih dari satu bulan aroma pupuk belum menyerupai tape berarti pembuatan pupuk cair telah gagal, meski kemungkinan gagal sangat jarang terjadi. Semua tergantung komposisi bahan dan suhu udara disekitar tempat fermentasi

Melakukan proses penyaringan

penyaringan pupuk cair
penyaringan pupuk cair via greeningofgavin.com

Setelah fermentasi selesai yang harus kita lakukan adalah memisahkan cairan dan ampasnya. Kita bisa menyaringnya menggunakan kain tipis yang penting ampas dari bahan tadi terpisah dengan cairannya. Masukkan cairan dalam kedalam jrigen dan tutup rapat untuk menghindari pupuk berubah. Untuk ampas kita bisa gunakan sebagai pupuk organik padat.

Penggunaan pupuk organik cair

penyemprotan
penyemprotan via pupuklopedia.blogspot.com

Ketika menggunakan gunakan perbandingan 20 ml pupuk organik cair dicampur dengan 5 liter air. Atau 1 liter pupuk organik cair dengan 100 liter air. Semua itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, mungkin sebagian tanaman mumbutuhkan dosis lebih besar. Jadi silahkan bereksperien sendiri untuk berbagai jenis tanaman serta faktor ketinggian, suhu dan lainnya.

Hindari penggunaan yang berlebihan pada tanaman karena bisa menyebabkan tanaman mati. Tapi penggunaan pupuk organik cair ini relatif aman. Pupuk organik cair diaplikasikan pada daun, bunga atau batang dengan interval waktu satu minggu satu kali, atau tiga hari sekali ketika musim hujan, dosis penyemprotan ini haruslah disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan disemprot.

Begitulah cara membuat pupuk organik cair dengan sederhana dan hasil maksimal. Tapi perlu dicatat untuk membuat pupuk perangsang daun gunakan bahan organik dari jenis dedaunan. Sedangkan untuk perangsang buah gunakan bahan organik dari sisa limbah buah seperti sekam padi atau kulit buah-buahan.

Bagaimana? mudah bukan? ya setidaknya tidak sesulit belajar huruf kanji jepang 😀 wkk.. selamat mencoba, selamat bereksperimen. share di komentar, mari diskusi sehat. 🙂

3 thoughts on “Cara Membuat Pupuk Organik Cair Lengkap

  1. Trimakasih pengetahuannya..
    Pupuk organik cair yg telah jadi disimpan bisa tahan berapa lama pak…?

  2. Takaran untuk bahan seperti pelepah pisang dll kenapa sekalian tidak dijelaskan

    #mohon informasi

Leave a Comment