Penjelasan Lengkap Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-Kupu

Metamorfosis Kupu-Kupu – Di artikel sebelumnya sudah kita bahas tentang penjelasan metamorfosis beserta jenis dan contoh lengkapnya. Kali ini kita bahas lengkap tentang metamorfosis kupu-kupu. Siapapun akan kagum melihat keindahan kupu-kupu bahkan tak sedikit yang menjadikan kupu-kupu sebagai hewan peliharaan. Namun untuk menjadi kupu-kupu yang indah ia harus melewati proses metamorfosis.

metamorfosis pada kupu kupu
siklus metamorfosis kupu kupu via fungsi.web.id

Proses metamorfosis pada kupu-kupu bisa dibilang cukup panjang dan lama. Secara Sederhana terdapat empat tahapan dalam metamorfosis kupu-kupu ini. Dimulai dari telur kemudian menjadi ulat atau larva, selanjutnya kepompong dan pada akhirnya menjadi kupu-kupu.

Metamorfosis sempurna kupu-kupu

Metamorfosis pada kupu-kupu merupakan jenis metamorfosis sempurna. berikut proses daur hidup pada kupu-kupu dan penjelasannya. Kami sertakan juga video metamorfosis kupu-kupu di postingan. Silahkan disimak uraian di bawah ini.

1. Fase Telur

telur kupu kupu sebagai proses metamorfosis
telur kupu kupu sebagai proses metamorfosis via mister-elf.blogspot.co.id

Kupu-kupu betina sangatlah pemilih dalam hal memilih tanaman untuk dijadikan tempat menaruh telurnya. Alasan utamanya adalah mencarikan calon ulat daun kesukaannya. karena Setiap kupu-kupu mempunyai daun favorit sendiri.

Umumnya kupu-kupu meletakkan telurnya di bagian ujung/bawah daun. Telur ini mempunyai ukuran sangat kecil, dan biasanya berwarna putih. Telur kupu-kupu akan menetas dalam waktu 3 sampi 5 hari. ketika keluar mereka akan membuat lubang kecil di telur tersebut

2. Fase Larva (Ulat)

ulat salah satu tahapan dalam metamorfosis kupu kupu
Larva kupu kupu merupakan proses metamorfosis setelah ulat via insenia-id.blogspot.com

Larva adalah sebutan lain dari ulat kupu-kupu. Pada tahap ini banyak orang merasa jijik melihatnya. Setiap harinya ulat akan memakan daun dan mempunyai pertumbuhan sangat cepat. Seiring pertumbuhan ukuran ulat akan melebih kulitnya sendiri. Sehinga secara alami ulat akan berganti kulit, atau biasa disebut molting.

Biasanya ulat akan berganti kulit 4 sampai 6 kali. Ketika larva sudah mencapai ukuran maksimal dia akan berhenti untuk makan. dan kemudian mencari tempat berlindung, untuk berubah menjadi kepompong.

3. Fase Kepompong (Pupa)

kepompong tahap terakhir metamorfosis sebelum menjadi kupu kupu
kepompong tahap terakhir metamorfosis sebelum menjadi kupu kupu via jee-hijaumuda.blogspot.com

Pupa memiliki struktur kulit yang halus, keras dan biasanya berwarna coklat, hijau. Ini sebagai bentuk kamuflase dengan lingkungan sekitar. Jika diamati dari luar fase pupa terlihat seperti sedang beristirahat, namun sejatinya di dalamnya sedang berlangsung proses pembentukan kupu-kupu selama 7 sampai 20 hari tergantung spesies.

4. Fase Kupu – Kupu (Imago)

kupu kupu selesai metamorfosis
imago kupu kupu setelah menetas via woodlandwondersphotography.com

Setelah berlalu beberapa hari kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu. yang indah. Saat pertama kali keluar dari kepompong sayap kupu-kupu akan terlihat kusut, kecil, basah, dan terlihat menempel di cangkang kepompong. Menurut penelitian, cairan basah yang menyelimuti kupu-kupu ketika baru keluar dari kepompong berfungsi untuk membantu pembesaran sayap dan tubuh kupu-kupu.

Cairan tersebut disebut Hemolymph. Untuk pertama kalinya kupu-kupu akan merangkak ke atas dahan, agar tubuhnya mengering dan sayapnya bisa berfungsi dengan normal. Untuk menunjang pertumbuhannya kupu-kupu dewasa kan mencari bunga untuk menyerap sari atau nektar bunga pada siang hari.

Perilaku kupu-kupu

kupu kupu setelah selesai metamorfosis
kupu kupu bergerombol via bio1091.blogspot.co.id

kupu-kupu betina baru akan siap kawin setelah kurun waktu 5 sampai 6 hari sejak keluar dari kepompong. kupu-kupu hampir tidak pernah terlihat di malam hari karena memang mereka termasuk binatang yang hanya aktif pada siang hari. kupu-kupu hanya bisa terbang pada ketinggian sekitar 2 meter tergantung besar sayap yang dimiliki.

Dalam mencari makan kupu-kupu akan terbang secara sendiri-sendiri. Apabila terlihat mereka sedang bergerombol terbang bersamaan. itu pertanda mereka akan memulai fase reproduksi. kupu-kupu jantan akan membuahi kupu-kupu betina, kemudian kupu-kupu betina akan bertelur di dedaunan, dan terulang lah daur hidup kupu-kupu.

Begitulah, proses panjang yang harus dilalui seekor kupu-kupu dari mulai larva, menjadi ulat yang menjijikkan hingga akhirnya berubah total menjadi kupu kupu yang indah, yang semua orang menyukainya, tentunya. Itu tadi tentang metamorfosis kupu kupu. Jika bermanfaat silahkan di share supaya bermanfaat juga untuk yang lain, terima kasih.

Leave a Comment